Manfaat Mengelola Bisnis Online Dengan Google Bisnisku

Adakah generasi Y dan Generasi Z yang hari ini tidak menggunakan ponsel pintar dan tidak kenal dengan dunia digital?
Baca Juga : Cara Membuat Link Langsung Menuju Chat Whatsapp 

Orang kantoran, mahasiswa, bahkan anak sekolahan zaman sekarang sudah mendapat "restu" untuk menggunakan smartphone atau gadget. Saking menjamurnya, tak jarang banyak anak SD (Sekolah Dasar) yang merengek minta dibelikan HP Android agar bisa ngegame.

Kemudian kita perhatikan, adakah pengguna ponsel pintar yang tidak pernah  mengakses internet dalam satu minggu? Saya rasa tidak ada. Paket internet hari ini seakan sudah menjadi kebutuhan primer (dasar) para pengguna smartphone, sehingga hati akan gelisah manakala smartphone tidak memiliki paket intenet. Seakan paket internet lebih utama dibandingkan dengan pulsa regulernya.

Mengelola Bisnis Online Dengan Google Bisnisku
Kegelisahan semakin menjadi manakala pulsa internet habis bersamaan dengan adanya deadline  tugas sekolah, tugas kuliah, tugas kuliah atau deadline setoran artikel. Jika  tidak ada pulsa internet, seakan ada rasa rindu untuk membaca ratusan chat dari tiap grup Whatsapp meski hanya menjadi silent reader. Yang pernah merasakan kehabisan pulsa internet pada waktu yang tidak pas, tentunya sudah mengerti dengan keadaan ini.

Baca Juga :  Inilah 3 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis Di Peta Google (Google Bisnisku)
 
Untuk mengobati kerinduannya, beberapa orang akan mencari cara mendapatkan akses internet gratis  (spot wifi/ hotspot) meski harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh hingga menghabiskan bensin. Tak sedikit pula mereka rela basa basi menyeruput segelas es teh atau secangkir kopi agar tidak malu saat bertanya, "Bang Password Wifi-nya apa ya?"

Berita baiknya, era smartphone diimbangi dengan bermunculannya toko online kecil, sedang atau menangah hingga toko online besar. Baik yang baru merintis hingga sudah berpengalaman dalam dunia digital (online). Pertanyaan selanjutnya, siapa yang tidak pernah mendengar sebutan toko online? Menurut saya, semua usaha dagang (jualan) yang menggunakan fasilitas internet sudah bisa dikatakan toko online.

Dalam artian, jika suatu toko atau usaha sudah bisa diakses dari penjelajahan internet atau pernah mempromosikan produk (dagangan) melalui pesan grup atau pesan berantai (broadcast) baik berupa gambar atau tulisan, yang mana dalam pengiriman pesan tersebut menggunakan fasilitas internet atau data meski hanya 1kb, maka usaha tersebut sudah bisa dikatakan usaha berbasis online (toko online).

Bisnis online tidak melulu harus membeli dan mempunyai  website mahal. Kalau posisinya sebagai pendatang baru, mending menggunakan fasilitas gratisan seperti berjualan lewat media sosial. Apalagi sekarang ada media media sosial yang memfasilitasi fitur pembuatan etalase  gratis (pembuatan toko) seperti facebook. Bisa juga mendaftarkan toko atau produknya ke e-commerce atau marketplace yang sedang hits untuk menjaring lebih banyak pembeli. Pilihan lainnya bisa juga  membuat toko online gratis yang difasilitasi oleh google.

Jaman sekarang, sudah banyak orang melihat peta online terlebih dahulu sebelum ia memutuskan untuk berangkat ke suatu lokasi. Begitu juga untuk pencarian lokasi atau toko. Sekali sentuh pada peta online, google dan meminta direction atau petunjuk arah ke tempat (lokasi) yang kita cari sebelum kita memutuskan untuk pergi suatu lokasi.

Dalam kaitannya dengan bisnis, ada peluang agar lokasi bisnis atau usaha kita bisa terlacak dalam google maps, dan bisa menjadi bantuan petunjuk arah agar pelanggan bisa sampai ke lokasi usaha kita. Dimana hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri pada bisnis kita. Selain itu strategi  ini akan menghilangkan sekat geografis antar negara sehingga bisnis kita bisa mudah ditemukan oleh para pengguna internet diseluruh penjuru dunia.
Mengelola Bisnis Online Dengan Google Bisnisku

Penandaan lokasi di google maps bukan hanya untuk bisnis yang sudah besar, tapi juga sangat bermanfaat untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Meskipun bisnis rumahan, bisnis kita bisa berada dan ditemukan di google maps yang nantinya bisa dijadikan informasi tambahan serta petunjuk arah bagi orang yang akan mencari alamat bisnis kita. 

Google Bisnisku Merupakan fasilitas gratis dari google bagi anda yang ingin menambahkan tempat bisnisnya di google maps. Google Bisnisku akan menampilkan nama toko, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, lokasi peta, jenis toko, jam buka toko, website toko dan foto -foto dari produk atau foto disekitar lokasi toko yang semuanya diberikan cuma-cuma oleh google bisnisku. Jika sudah terverifikasi maka anda punya akses penuh atas penanda peta yang anda buat.

Baca Juga : Google Local Guides Semarang : Mengulas dan Berbagi Ilmu Sesama Anggota Komunitas 

Terkait dengan website, google pun akan memberikan website gratis yang ber-ektensikan businnes.site. Jika sudah tayang, website toko tersebut sudah cukup untuk mempromosikan bisnis kita. Website toko yang akan ditampilkan ke publik memiliki URL http://nama tokokita.business.site/. Website gratis dari google pun langsung aktif dan bisa dimanfaatkan. Adapun contoh tampilannya bisa kujungi http://warung-makan-ibu-mas.business.site/ yang merupakan website google bisnis kepunyaan orang rumah.

Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan google bisnisku, kita juga akan diberikan laporan statistik berapa orang yang mencari lokasi kita, berapa orang yang melakukan direction ke lokasi bisnis kita, berapa  orang yang melihat tampilan foto-foto bisnis kita, serta berapa orang yang melakukan panggilan telepon terhadap bisnis kita. Kita juga dapat memantau dan membalas ulasan yang diberikan orang lain terhadap bisnis kita.

Selain dapat memantau statistik toko lewat website, Tersedia juga aplikasi google bisnisku yang bisa di download via apple store atau google play store agar pembuatan tanda dan pemantauannya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui ponsel pintar.

Gimana, mau coba membuat penanda untuk bisnis anda agar bisa di cari oleh pengguna internet dimanapun mereka berada? Jika ia silakan baca artikel selanjutnya 3 Cara Menambahkan Penanda Tempat atau Bisnis di Google Bisnisku.

Jika Artikel Mengelola Bisnis Online Dengan Google Bisnisku ini bermanfaat, silakan dishare atau dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga menemukan artikel lain yang cocok untuk dibaca selanjutnya.

Post a Comment for "Manfaat Mengelola Bisnis Online Dengan Google Bisnisku"