Header Ads

Prosedur/ Cara dan Kelengkapan Berkas yang Harus Disiapkan Jika berobat ke RS Hermina Banyumanik Menggunakan BPJS

 
RS. Hermina Banyumanik Semarang adalah RS tipe C yang dikenal sebagai rumah sakit berkelas (baca :mahal) bagi kalangan pesakitan atau bahkan orang sehat sekalipun. Memang semua itu sepadan dengan fasilitas yang diberikan oleh rumah sakit. Tapi Sekarang dengan adanya rujukan BPJS, berobat ke Hermina Banyumanik Semarang bisa tanpa uang alias gratis loh... Dalam hal ini, biaya berobat dan rawat ditanggung oleh BPJS.

Bagaimana Agar bisa Gartis Berobat Ke Hermina?
Selain pengguna asurasi inhealt atau axa mandiri, peserta BPJS juga bisa berobat gratis di RS. Hermina. Agar bisa berobat ke Hermina dengan BPJS (gratis), tentunya harus ada rujukan dari dokter faskes pertama terlebih dahulu. Dimana dalam surat rujukan tersebut menerangkan pasien di rujuk ke RS Hermina dengan menyertakan keterangan lain dari dokter keluarga (faskes 1). Untuk mendapatkan surat rujukan dokter ini biasanya gampang-gampang susah, tergantung dokternya saja.

dental chair dilengkapi TV
Bagi peserta BPJS, selama dokter keluarga (faskes pertama) merasa mampu menangani penyakit tersebut, maka dokter tidak mudah mengeluarkan rujukan untuk ditindak lanjuti fasilitas kesehatan diatasnya. "Ladang uang kok ya dibuang-buang", mungkin itulah selintas fikiran yang ada. Sehingga tidak jarang, ada yang sampai 3 kali berobat tapi dokter keluarga masih belum mengeluarkan rujukan. Salah satu alibinya ada dokter yang menyarankan untuk cek laboratorium (lab) terlebih dahulu jika mau mendapat rujukan.

RS. Hermina merupakan Rumah Sakit tipe C yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yang bisa digunakan sebagai rujukan jika dokter keluarga / klinik pratama atau fasilitas kesehatan tingkat pertama tidak bisa menangani lebih lanjut.

Syarat dan Prosedur Berobat Pasien BPJS di RS Hermina
Sebelum datang langsung ke rumah sakit, lebih baik dihubungi terlebih dahulu lewat telepon untuk menanyakan hal dasar. Tanyakan Prosedur (persyaratan) teknis peserta BPJS, nama dan jadwal dokter spesialis yang ada. Adapun prosedur yang harus dilalui pasien BPJS adalah sebagai berikut ;

Datang lebih awal untuk mengumpulkan berkas administrasi pasien BPJS, meskipun praktek dokternya siang, sore ataupun malam. Letakkan berkas di samping kanan customer servis (cs). Letakkan pada box yang telah disediakan.

Adapun berkas yang harus ada dan wajib dilampirkan adalah sebagai berikut ;
a. Fotokopi dan Asli surat rujukan Faskes sebelumnya
b. Fotokopi KTP
c. Fotokopi KK
d. Fotokopi Kartu BPJS

Jika berkas sudah dikumpulkan, tunggu sampai nama kita dipanggil. Sebagai informasi saja, Pelayanan di buka jam 09.00 tapi lebih baik datang lebih awal karena beberapa dokter di RS Hermina membatasi pasien yang berobat setiap harinya.

BACA : Nama dan Jadwal Dokter Praktek di RS. Hermina yang Menerima dan  Membatasi Pasien BPJS

Pengecekan berkas pasien BPJS baru dilakukan pukul 09.00 WIB dan biasanya menunggu antrian pasien umum sepi. Jika antrian pasien umum kosong, baru CS bertahap melayani pasien BPJS berdasarkan berkas yang ditumpukan paling bawah terlebh dahulu. Tapi lumayan cepet kok tidak seantri di RS lainnya. Paling nunggu 4-7 antrian.

Setelah nama kita dipanggil, maka cs akan memverifikasi berkas yang sudah kita kumpulkan dan menanyakan dokter spesialis yang dituju. Jadi sebelum datang, pastikan kita sudah mengantongi nama dokter yang akan kita tuju.

Jika baru pertama kali berobat ke Hermina, maka kita akan disodorkan formulir data diri pasien dan penanggungjawab pasien yang harus diisi, sembari cs menginput  data diri kita ke database pasien RS Hermina. Kita juga akan disodorkan form untuk ditandantangi, sebelum tanda tangan, pastikan kita mengetahui berkas atau form apa yang akan kita tandatangani.
Berkas administasi komplit
Setelah berkas komplit maka cs akan menyerahkan berkas tersebut kepada kita dan akan menginfokan jadwal dokter dan ruangannya. Berkas tersebut kita bawa ke ruang perawat jaga yang telah diinfokan oleh cs.

Jika berkas sudah diserahkan ke perawat jaga, maka perawat jaga akan mengingatkan jadwal dokternya agar kita bisa datang sesuai jadwal yang diagendakan. Di ruang perawat tersebut kita juga akan ditimbang dan ditensi sebelum meninggalkan ruangan. Datang kembali sesuai jadwal praktek dan pergi ke cs untuk ambil antrian kecil. CS akan menanyakan nama dan dokter yang dituju kemudian akan menyerahkan antrian kecil tersebut.

 
Kumpulkan antrian kecil tersebut ke perawat jaga untuk memastikan bahwa kita sudah hadir dan sedang menunggu antrian (giliran). Tunggu sampai nama kita dipanggil. Jika kita datang lewat dari jadwal praktek maka tidak akan dilayani dan diminta mengulang registrasi lagi dari awal.

Jika pemeriksaan sudah selesai maka sudah bisa meninggalkan rumah sakit tanpa harus mengantri atau mengunjungi kasir rumah sakit.

Baca Juga : Prosedur atau Cara dan Berkas yang Harus Disiapkan Saat Rawat Jalan (berobat) ke Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) UNDIP

Jika kita dirujuk ke RS lain, tunggu sampai dokter menyerahkan surat rekomendasi rujukan dan bawa surat rujukan dari dokter tersebut ke cs. Setelah rujukan sampai ke cs, maka cs akan mengkonfirmasi ke BPJS bahwa pasiennya akan dirjuk ke RS lain dan tunggu sampai selesai dibuatkan surat rekomendasi dari BPJS. Sehingga kita akan mendapat 2 rujukan (rekomendasi), rujukan dari dokter dan rekom dari BPJS.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat

63 comments:

  1. Kalo oprasi cesar syarat nya apa saja ya? Apakah gratis juga? Soalnya si calon bayi juga sudah terdaftar di bpjs. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syaratnya KTp, kartu bpjs dan surat rujukan dokter.
      Sepertinya cesar di hermina ada penambahan biaya sendiri alias tdk di cover semua. Mungkin bsa di tanyakan ke petugas hermina utk info lbh valid.

      Kalau cesar yg jadi tanggungan tetep ibunya bayi. Bpjs bayi terpakai jika terjadi sesuatu dengan bayi... Semoga selamat dan sehat ibu serta bayinya.

      Delete
  2. Mau tanya... kalau mau priksa kandungan / priksa kehamilan pakai bpjs bisa atau tidak yaa kalau gak pakai rujukan .. soalnya ini saya baru tau kalau hamil anak kedua dan belum saya priksa krna masih cari- cari referensi tmpat priksa kandungan 😁. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak bisa di hermina, hanya bisa di dokter keluarga

      Delete
  3. Kalo mau usg perut utk mengetahui sudah brp cm kista yg saya alami bisa ga? Soalnya waktu itu pernah usg tp bayar karena proses bpjs saya blm mengerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urk bisa usg harus konsul dokter keluarga/ dokter faakes pertama dulu. Bliau yg memutuskan bisa dirujuk dg bpjs atau tdk

      Delete
  4. Kalo lahiran pake BPJS ada ketentuan max hari nya ga? Pernah denger kalo lbh dr 3 hari biaya perawatan ditanggung sndiri??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ndak ada, kan boleh pulang tidaknya tergantung RS dan masih tanggungan BPJS harusnya selama blm diperbolekan pulang

      Delete
  5. Kalo membuat surat rujukan ke rumah sakit rscm, pasien harus di bawa gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah, yg penting ada data penunjang yg harus diberikan dan dijelaskan. Tapi klo bisa dibawa pasiennya,.mending dibawa saja

      Delete
  6. Biaya utk rawat inap bayi umr 1mggu kisaran brp ya kalau pakai umum.prlu pakai inkubator kisaran brp ya habis nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Kurang tau bu.. Bisa telpon ke call center RS saja

      Delete
  7. Kalo mau lahiran di RS Hermina dengan BPJS uhc bisa Ndak terus biaya bayi kira2 berapa soalnya blm dibuatkan BPJS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.. Terkait teknis biaya bisa hubungi call center herimina lgsg

      Delete
  8. Mau tanya klu bru berobat pertama kali untuk anak pake bpjs apa saja berkas yg harus disiapkan. Nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. a. Fotokopi dan Asli surat rujukan Faskes sebelumnya
      b. Fotokopi KTP
      c. Fotokopi KK
      d. Fotokopi Kartu BPJS

      Delete
    2. klo anaknya blm ada ktp? ktp ibu / bapak nya?

      Delete
    3. akta kelahiran, KTP dan KK, sama BPJS orang tua

      Delete
  9. Kalo mau kontrol tapi gk pake rujukan bisa gk?? Soalnya rujukannya udah kepake....Puskesmas gk ngeluarin lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rujukan berlaku 3 bulan utk diagnosis penyakit yg sama dan dirumah sakit yg sama..

      Utk kontrol yg kedua dg membawa fotokopi rujukan dan surat kontrol dokter

      Delete
    2. Hai, jika dokter tidak memberikan surat kontrol apakah bisa melakukan kontrol ulang pakai rujukan yang sama?

      Delete
    3. Kurang faham klo yg ini.
      Biasanya klo dirasa masih ada tindakan, dokter akan membuat surat kontrol. Klo sdh ada tindakan, dokter akan membuat surat rujuk balik ke faskes 1

      Delete
  10. Saya sudah daftar untuk periksa ke.dr kandungan via aplikasi,pembayaran menggunakan bpjs.nah untuk pengumpulan berkasnya apakah harus jam 9 pagi ya di hari jadwal praktek dokternya?meski jadwal periksanya jam 2 siang seperti yg tertera di aplikasi hermina.trus itu hrs daftar ulang lagi ga ke hermina?atau tinggal ngumpulin berkas bpjs nya aja?mohon dibls segera y.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk yg ini saya kurang faham..
      Tapi hermina membatasi pasien agar pelayanan maksimal, baik pasien umum atau bpjs.

      Jadi lebih baik utk daftar ulang lebih pagi,.karena itu yg menentukan kita dpt no urut dokter berapa

      Delete
  11. Kalau peserta bpjs dari pemerintah sakit biasa minta di rawat inap... Sampai sembuh Masih dikenakan biaya apa gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ada rujukan puskesmas, kecuali masuk lewat igd. Tdk semua penyakit bisa mondok atau rawat inap

      Delete
  12. Harus ada rujukan puskesmas, kecuali masuk lewat igd. Tdk semua penyakit bisa mondok

    ReplyDelete
  13. mau tanya : kaka saya pasien sakit mata yg sudah di periksa dokter RSUD Tangerang status penyakit Matanya 'Katarak' apakah bisa dioprasi Katarak pakai BPJS di RS. HERMINA ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ke rsudnya atau ke herminanya sudah dapet rujukan dari dokter keluarga atau pribadi, bisa saja pakai bpjs

      Delete
  14. Apa bisa bpjs bantul digunakan di rs hermina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, selama rs hermina masih kerjasama dengan bpjs. Tinggal minta dokter faskes pertama untuk merujuk ke hermina

      Delete
  15. Apakah bisa operasi tahi lalat yg berbahaya di RS. Hermina memakai BPJS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsul saja dlu ke dokter pribadinya, bisa apa tidak dirujuk ke hermina

      Delete
  16. Kalo sakit tipes pakai BPJS bisa gg langsung masuk ke IGD, tapi gg dapat rujukan, soalnya faskes 1 dimintain rujukan susah ,masak nunggu sakitnya parah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo panas diatas 40 bisa lgsg dibawa ke igd..

      Ada bbrp tanda tanda yg tdk perlu ke faskes 1 dan bisa lgsg ke igd rumah sakit

      Delete
  17. Maaf mas mau nanya, saya dpt rujukan dari faskes 1 untuk dtg periksan kandungan tgl 7 februari, misal pendaftaran/registrasi sebelum tgl 7 februari, bisa ga ya? Terimakasih

    ReplyDelete
  18. Saya mau k dokter mata d rs.hermina pake bpjs apakah bisa langsung dateng pagi2 langsung k rs (membawa surat rujukan dll) sesuai jadwal praktek dokter mata tanpa telpon dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ngak mas kalu surat kontrol nya sudah lewat bulan tapi surat rujukan masi berlaku,masi bisa digunakan ngak mas

      Delete
    2. Harusnya masih bisa digunakan,karena patokannya adalah surat rujukannya.


      Delete
  19. Kalu mau kontrol tapi bulan kontrol nya sudah lewat tapi surat rujukan ny msi berlaku,masi bisa dgunakan ngak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya masih bisa. ASal rujukannya belum lewat.
      Atau pada saat ke RS utk berobat minta dibuatkan ulang atau minta lagi sama perawat dokter yang bersangkutan atau di poli yang bersangkutan.

      Delete
  20. anak saya demam dari hari senin sampe sekrg twrus ada muntah dan ga mau makan,, bibirnya merah dan kakinya suka dingin tapi suhu badannya tinggi,,,kalau saya bawa ke ugd itu bisa pake bpjs atau akan dikenakan biyaya.. soalnya waktu itu nene juga punya pbjs karna sakitnya tergolong tidak berat jadi bayar.. nah kalau kasus anak saya gmn,,kalau cek lab,obat,dan ugd kira2 saya harus bawa berpa.. semisalkan hasil darah anak saya bagus atau masih bisa rawat jalan..soalnya takut ke ugd bawa uangnya cuma paspasan soalnya kalau rs lain biasanya di cover kalau pun tidak paling hanya beberapa obat yg beli itupun kalau kosong nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalo demamnya sampai 39 derajat bisa dicover BPJS, jika pas di periksa sana sudah turun, tinggal bialgn saja sudah diminumkan paracetamol, jadi demamnya sedikit menurun.

      untuk biaya masing masing RS beda beda..
      jika ke UGD minimal siapkan 150 untuk biaya daftar dan tindakan. tidak termasuk cek lab dan resep.

      Delete
  21. siang ka, mau tanya d RS. hermina kalau dokter kandungannya udah tau hasil hemoglobin kita rendah. apakah tindakan selajutnya ya? transfusi darah/d ksih obat pnambah darah?
    klo dilakukan transfusi, apakah bs d cover sm bpjs mandiri(bukan dari pemerintah/byar tiap bulan)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya diresepi obat, tapi beda dokter beda penanganan, tergantung seberapa banyak penurunannya..

      Utk hermina, lab dan transfusi dikenakan biaya pribadi

      Delete
  22. Kl daftar si pasiennya tdk ikut bisa atau tidak?daftar lebih awal jam 10 an bisa tdk?karna jadwal dokternya jam 2

    ReplyDelete
  23. Kalau mau konsultasi dokter spesialis mata prosedur nya gimana ya min tolong bantu rs Hermina Bekasi soalnya baru pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tanpa bpjs, tinggal daftar saja dan pilih jadwal dan dokter yg pas..

      Kalau mau pake bpjs, harus ke faskes 1 dlu minta rujukan. Dapet atau tidak rujukannya tergantung dokter masing masing.. Disampaikan saja keluhannya pada dokter faskes 1

      Delete
  24. Maaf mau nanya syaratnya mau periksa kedokter spesialis gigi anak bgmn ya,n cr mendaftarnya gmn,mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa daftar online bisa lagsg datang di pendaftaran poli gigi. Klo tanpa bpjs bisa daftar lgsg. Klo dg bpjs harus ada rujukan

      Delete
  25. Kalau mau berobat pakai Ks bekasi di rs hermina galaxy bagaimana ya syarat2 dok nya? Soalnya blm buat bpjs kota bekasi. Kalau ktp dan kk sudah lengkap semua. Terimakasih bantu info nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada bpjs atau kis dan tidak ada rujukan dokter bpjs/ kis maka tidak bisa. Hanya bisa pakai pribadi (berbayar).

      Delete
  26. Kalau mau transfusi darah menggunakan BPJS apakah ada biaya lain atau di cover BPJS semuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau transfusi darah kurang faham, bisa telpon bagian informasi terlebih dahulu

      Delete
  27. Mau tanya, saya dsuruh balik kontrol lagi tgl 25 mei 2019.. Saya pake jaminan askes.. Mau tanya untuk dpt nmr antrian hrs melalui call center atau bsa dtg langsung?

    ReplyDelete
  28. Kalau cek lab bisa pakai bpjs?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo diherkina ndak bisa, harus bayar sendiri. Tapi kalo di Rs lain biasanya sekalian mengcover cek lab juga

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.