Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara atau Prosedur Berobat Pasien BPJS di RS. Kariadi Semarang Jawa Tengah

Tata Cara atau Prosedur Berobat Pasien  BPJS di RS. Kariadi Semarang
Instalasi Rawat jalan Poly Garuda yang merupakan poly privat di RSUP Dr kariadi Semarang jawa Tengah, per bulan februari 2017 menerima kembali Pasien BPJS. Dengan catatan, pasien BPJS membayar biaya tambahan sebesar Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah) setiap kali berobat. Tambahan 200.000 tersebut untuk mengcover pemeriksaan dokter, obat serta tindakan penunjang lainnya.


Perlu diketahui bahwa untuk pasien non BPJS yang berobad di garuda dibebankan biaya Rp 160.000 (seratus enam puluh ribui rupiah). Biaya tersebut hanya untuk pemeriksaan dokter saja, diluar obat dan tindakan lain yang dibebankan pada pasien.

Baca Juga : 
Aplikasi Kariadi Pendaftaran Online 1.2 Alternatif daftar online di RSUP Dr Kariadi Semarang Jawa Tengah 

Adapun Tata cara di RSUP. Dr Kariadi adalah sebagai berikut ;

 


1. Datang ke Instalasi Rawat Jalan Merak atau Garuda

Datang ke Istalasi Rawat jalan (IRJA) merak dan tanyakan kepada petugas yang ada di depan pintu masuk terkait  maksud dan tujuan kedatangan kita. Nanti petugas akan mengarahkan kita seharusnya mengambil antrian di loket mana. Tentunya dengan persyaratan administrasi yang sudah kita siapkan/bawa semua.

Berkas-berkas apa saja yang harus disiapkan saat hendak berobat ke RS Kariadi menggunakan BPJS Baca Persyaratan Wajib Peserta BPJS di RSUP Dr. Kariadi Semarang

2. Meminta stempel Pada Surat Rujukan BPJS

Saat Rumah sakit sebelumnya merujuk pasien ke RS. Kariadi Semarang, Pihak Rumah sakit  telah mengeluarkan surat rujukan dari BPJS namun tidak diberi stempel basah BPJS. Hanya ada tanggal dikeluarkan dan siapa yang menyetujuinya. Agar surat rujukan ini bisa dipakai, maka kita harus mampir ke Loket BPJS  di RS. Karyadi untuk minta stempel basah tersebut.


3. Ambil Nomor Antrian

Sebelum ke Loket BPJS untuk minta stempel basah, baiknya kita ambil antrian terlebih dahulu, untuk mengantisipasi antrian yang terlalu panjang. Setelah ambil antrian, baru kita pergi ke loket BPJS untuk minta stempel.

Jika tidak mau antri panjang, gunakan pendaftaran online maksimal H-1 sebelum tanggal pemeriksaan. Baca juga : Manfaat Mendaftar Online Rawat Jalan (Berobat) di RS. Dr. Kariadi Semarang Jawa Tengah

Setelah mengambil antrian, kita bergegas pergi ke loket BPJS dan mengutarakan maksud dan tujuan ke petugas BPJS. Petugas akan meminta beberapa berkas dari kita (seperti rujukan dokter keluarga dan rujukan-rujukan sebelumnya). Berkas tersebut akan diverifikasi oleh BPJS.

Proses verifikasi dilakukan dengan menggunakan fasilitas aplikasi telegram di lingkungan BPJS. jadi prosesnya bisa lama, tergantung respon dari admin telegramnya. Setelah verifikasi selesai maka petugas BPJS akan memberikan coretan tanggal verifikasi, tujuan poli rujukan, tandatangan dan stempel basah.

Tanggal yang baru dibubuhkan adalah sebagai dasar diberlakukannya surat rujukan dari BPJS. Surat rujukan dari BPJS ini berlaku selama 6 bulan sejak dibubuhi stempel.

Baca Juga : 3 Cara Daftar Online Rawat Jalan (Berobat) di RS. Dr Kariadi Semarang Jawa Tengah

4. Gandakan Surat Rujukan BPJS yang sudah di stempel

Surat rujukan dari BPJS yang sudah di stempel bisa kita gandakan secukupnya diruang sebelah. Setelah digandakan, Kita kembali ke ruang loket pendaftaran dan  tunggu nomer antrian kita dipanggil. Tapi jika sudah terlewat maka kita harus ambil antrian kembali dan menunggu sampai nomor antrian kita dipanggil lagi atau melapor ke bagian pendaftaran yang ada di dekat mesin antrian barangkali bisa langsung maju tanpa mengambil antrian baru.

Rujukan asli akan diberikan ke petugas, untuk berobat selanjutnya kita menggunakan surat rujukan yang sudah digandakan sebelumnya.

Baca Juga : Cara Mengurus Kartu BPJS Hilang.


5. Serahkan Berkas yang diminta

Jika sudah dipanggil dan sudah berada di loket pendaftaran, Serahkan berkas  berikut ;

Surat Rujukan Dokter (berstempel basah) Asli dan FC 2 lembar. Rujukan dokter yang asli akan diambil saat berobat pertama kali. Berobat selanjutnya menggunakan surat kontrol dari dokter yang diberikan setelah kontrol. Jadi pastikan surat tersebut tidak hilang. Jika hilang maka kita tidak bisa berobat dengan menggunakan BPJS.
Surat Rujukan BPJS (berstempel basah) Asli Jika datang pertama kali, untuk pemeriksaan selanjutnya (kontrol) menggunakan Fotokopian surat rujukan fotokopian.
FC KTP dan Tunjukan KTP Aslinya. Jadi pasikan KTP asli kita bawa saat pergi berobat

FC Kartu BPJS dan Tunjukan Kartu Aslinya. Kartu asli disini adalah kartu yang dikeluarkan oleh Kantor BPJS, bukan e-ID yang bisa kita cetak sendiri.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kartu e-ID BPJS

6. Isi Data Pasien

Pengisian data base pasien ini berlaku bagi pasien baru yang baru pertama kali berkunjung ke RSUP Dr Kariadi. Setelah mengisi data pasien akan diberikan kartu peserta yang wajib dibawa saat berobat ke kariadi baik sebagai pasien umum ataupun pasien BPJS.

Baca juga : Cara dan Kelengkapan Berkas yang Harus Disiapkan Jika berobat ke RS Hermina Menggunakan  BPJS 

7. Tunggu di Ruang Tunggu Poly yang dituju

Tunggu sampai petugas pendaftaran menginput data kita. Setelah selesai maka kita diminta menunggu di depan ruang tunggu poly yang akan kita tuju. Jika sudah berada diruang tunggu pastikan ada aktifitas yang bisa mengusir jenuh, karena kadang akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar sampai nama kita dipanggil oleh perawat yang bertugas.

Baca Juga : Prosedur atau Cara dan Berkas yang Harus Disiapkan Saat Rawat Jalan (berobat) ke Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) UNDIP

8. Masuk Ruangan jika nama kita dipanggil

Setelah nama kita dipanggil maka dokter akan melakukan tindakan kepada kita dan menanyakan riwayat sebelumnya. Nah, disini biasanya kita diminta memperlihatkan hasil lab./rontgen dari pemeriksaan sebelumnya. Jadi pastikan hasil tersebut selalu kita bawa saat berobat (rawat jalan).

9. Pemberian Resep

Setelah selesai maka dokter akan memberi resep jika diperlukan dan diserahkan ke ruang farmasi (apotek). Setelah menerima obat, maka kita bisa langsung pulang kerumah.

Baca Juga : Tukarkan Kartu BPJS Lama dengan Kartu BPJS Terbaru. Begini Caranya? 

Yang perlu diingat, pastikan kita mendapat kartu kontrol yang digunakan untuk pemeriksaan selanjutnya sebelum meninggalkan poly.


10. Cek Lab/ Rontgen Ulang Jika diperlukan

Karena mengingnkan kevalidan atas kondisi penyakit yang diderita pasien, kadang dokter meminta cek lab./ rontgen ulang dengan biaya masih ditanggung BPJS. Sebelum hasil lab/ rontgen keluar, maka dokter belum bisa melakukan tindakan terhadap penyakit si pasien. Si Pasien diminta datang kembali (kontrol) setelah hasil lab./ rontgen sudah keluar dan bisa ditunjukkan ke dokter tersebut.

Demikian artikel mengenai Tata Cara atau Prosedur Berobat Pasien  BPJS di RS. Kariadi Semarang. Jika dirasa bermanfaat, silakan share dan bagikan. Terimakasih atas kunjungannya.

40 comments for "Tata Cara atau Prosedur Berobat Pasien BPJS di RS. Kariadi Semarang Jawa Tengah"

  1. Assalamualaikum, saya baru saja dirujuk ke RS Kariadi karena sakit hiperteroid kata dokter harus Ablasi dan bisa di RS Kariadi, saya tinggal di Purwokerto. Bagaimana prosedurnya supaya saya cepat ditangani dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rawat jalan dlu sekali. Bisa daftar online. Ada artikel lain yg membahas daftar online di kariadi.
      Cepat tidak nya tergantung keputusan dokter dan ketersediaan kamar

      Delete
  2. Saya sudah berobat ke RS Kariadi tp di Merpati karena sama satpam diarahkan kesana, kebetulan bulan depan harus kontrol lagi biasakan pas kontrol pindah ke Garuda, bagaimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.. Lgsg ke poli garuda saja saat dokter yg sama jadwal praktek d kaiadi

      Delete
  3. Kurangnya karena obat habis (lagi kosong) atau memang dibatasi oeleh BPJS ? karena obat tertentu tidak semua dicover sesuai resep

    ReplyDelete
  4. Saya dari kudus,mau tanya bisakah pasien dari garuda dgn bpjs pindah ke merpati dgn bpjs.trimakasih.

    ReplyDelete
  5. Mau tanya, apakah akan ada biaya tambahan jk mau rawat inap di Garuda utk peserta bpjs kelas 1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja ada, karena biaya atau plafon kelas 1 dan kelas vip berbeda,.pasti ada selisih dan selisihnya ditanggung pasien.

      Garuda biasanya kelas VIP, VVIP atau Presiden.. Ada sih kelas 1, tp selalu penuh

      Delete
  6. saya kan udah daftar online lewat aplikasi trs ada balesan sama kode chek in. Pertanyaannya :
    1. Apakah harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu apa langsung ke poli yg dituju
    2. Apa harus menunjukkan bukti sms apa cuma memberitahu kode chekin ke petugas pendaftaran seandainya yg berobat bapak tp yg ngedaftarin online anaknya karena bapak ngga bisa pake hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep ambil antrian diloket, pilih mesin antrian yg daftar online. Karena harus pemberkasan di loket pendaftaran.

      Nanti petugas menanyakan. Ada absen khusus di petugas bagi yg daftar online. Nanti dicocokkan sama petugas. Tinggal sebut nama dan nomor antrian onlinenya

      Delete
  7. Saya sudah daftar sejak 2minggu yang lalu dipoli Merpati. Setelah H-2 jadwal kontrol ada pemberitahuan bahwa dokter tsb pindah atau melayani dipoli Kasuari per Mei ini.Pertanyaanya, apakah saya harus daftar online lagi? Padahal daftar onlime untuk kedua kalinya ditanggal yang sama itu tidak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, belum pengalaman kalau yg ini.
      Coba dimention akun humas kariadi ditwitter atau hubungi cs via telpon🙏

      Delete
  8. maaf mau nanya , bisa minta kontak telfon Pav. Merpati gak? dan tempatnya sebelah mana? karna saya melihatnya pav. garuda saja. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telpon ke call center nanti akan diarahkan ke merpati.
      Kalau ke merpati bisa lewat garuda ikuti jalan satu arah, nanti akan ketemu parkiran poli merpati.

      atau bisa masuk lewat pintu belakang orang nyebutnya.. dibelakang Pav garuda.

      Pav Garuda pintu masuk di Jl Dr Soetomo, sedangkan ,merpati pintu masuk di jl kariadi

      Delete
    2. kalo tes lab urin ada syaratnya gak? semisal puasa gitu..

      Delete
    3. ada jadwal lab nya di hari apa & jam berapa? thanks

      Delete
    4. lab dARI JAM 8 S.D 15.00
      utk bisa k lab harus melalui dokter kariadi dlu

      Delete
  9. Mau tanya,saya dr Tegal mw ke poli mata kata dokter harus dilaser,berhub disini tdk ad alatnya mk dirujuk ke RS.kariadi.
    Sebelum kesana langkah pertama apa yg harus dilakukan?biar g bolak-ik berhub jauh
    Untuk surat2 Sdh lengkap..trms

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bawa Kartu BPJS fto kopi dan asli sama surat rujukan BPJS asli dan fotokopi...

      Utk hal lain lain bisa disiapkan di semarang.

      Lebaih baik lagi download aplikasi pendaftaran kariasi di play store. Daftar beroobat via aplikasi. Prosedur ada di artikel yg lain.

      Semoga bermanfaat dan semoga dimudahkan dan cepat sembuh

      Delete
  10. Tindakan dokter untuk poli garuda kira2 nyampe berapa yah?untuk daftr umum??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hanya konsul sekitar 150ribu, belum termasuk tebus resep (obat) dan tindakan lainnya

      Delete
  11. Pak tanya,ketika daftar online kita kan pasien baru untuk rekam medisnya diisi no rekam medis dari rm asal rujukan atau gimana ya?
    Soalnya baru pertama kali
    Terimakash

    ReplyDelete
    Replies
    1. rekam medisnya harus yg dari kariadi...
      Pasien baru baiknya melalui telepon saja bu, atau aplikasi

      Delete
  12. Pak tanya,untuk yg daftar online.kalo pasien baru kan belum dapet nomor rm nya.lah di daftar online ada kolom rm, itu yg dimaksud rm karyadi atau rm asal rujukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari Kariadi...
      Daftar online tidak disarankan mendaftar lewat online... harus daftar langsung atau lewat telepon dlu

      Delete
  13. siang.. tgl 28 may rencana saya ada jadwal periksa sama dr, spesialis di MERPATI, tapi quota sudah penuh lalu saya daftar online ke GARUDA pake BPJS dan saya sudah daftar { berhasil}, yang saya tanyakan apa yg harus saya lakukan ketika saya datang ke GARUDA ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapkan surat rujukannya dan berkas lainnya.. Nanti lgsg ke pendaftaran di garuda

      Delete
  14. saya pasien rujukan dari luar daerah jawa (Kalimantan) d rujuk k rsup kariadi, bagaimana cara daftarnya. Tmks

    ReplyDelete
  15. Maaf, saya mau bertanya saya sudah terlanjur mendaftar di pav garuda untuk poli penyakit dalam nah apakah bisa pindah ke instalasi merpati untuk konsul dokter selanjutnya? Prosedurnya bagaimana ya

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran periksa sekaligus konsul, jika ingin pindah konsul berarti harus daftar kembali

      Delete
  16. Maaf, mau tanyaa kak. Aku dapet rujukan dari brebes ke rs kariadi. Untuk penyakit jantung masuknya ke poli apa yah? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klinik spesialis jantung di garuda atau poli jantung di merpati

      Delete
  17. Ibu saya pasien CA MM, kontrol di Ruang Kasuari bulan lalu diminta untuk cek lab sebelum kontrol berikutny, sebaiknya dilakukan berapa hari sebelum kontrol dan bagaimana prosedurny? Terimakasih sebelumny ��

    ReplyDelete
  18. alamat saya purwodadi
    mau tanya anak saya sudah beberapa kali saya periksakan ke rs kariadi poli anak di garuda karna di evaluasi kejang nya.. sudah EEG jg dan tgl 9 nanti jadwal MRI..
    saya pakai umum.. kalau mau pindah bpjs bisa atau tidak ya.. karna ada rencana mau buat bpjs..
    untuk terapi di purwodadi dan tiap bulan harus ketemu dokter di kariadi..
    sebelumnya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semisal bisa tata cara menggunakan bpjs nya gimana

      Delete
  19. Kak mau nanya..saya kan kmren SDH kontrol pertama..tp kontrol kedua GK d kah surat kontrol...sedangkan saya masuk dr Rs swasta tanpa bpjs faskes pertama...tetapi Sy di rujuk lngsung ke RS Kariadi dgn bpjs dr Rs swasta tsb..
    Yg Sy tanyakan apakah bisa ya kontrol kedua tanpa mnta rujukan dr faskes pertama..

    ReplyDelete
  20. Untuk pelyanan lebih bagus mana poli garuda atau merpati kak??
    Seandainya periksa s poli garuda tapi jika d sarankan oprasi trus pindah ke merpati bisa tidak?

    ReplyDelete
  21. Bismillah, mau tanya..biaya USG dan aborat untuk periksa hipertiroid kisaran berapa ya?

    ReplyDelete
  22. Kak mau tanya,saya dpt rujukan ke rs kariadi
    Kalo mau kesana utk pertama kali daftarnya hrs ke rs kariadi langsung apa online dulu ya kak

    ReplyDelete