Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Aktivitas yang Wajib Dilakukan Saat Berlibur Ke Karimunjawa Kab. Jepara, Jawa Tengah


Karimunjawa Kabupaten Jepara Jawa Tengah adalah salah satu destinasi wisata yang ada pada daftar (listing) liburan keluarga. Gugusan pulau-pulanya cukup berdekatan sehingga memungkinkan dalam sehari kita bisa mengunjungi beberapa pulau. Ditambah suasana yang tenang, damai dan lautnya yang masih asri membuat pengunjung semakin betah berada di Karimunjawa. Banyak area snorkling yang bisa kita jumpai disini, dan kita bisa melihat terumbu karang yang eksotis di kepulauan ini. Semoga piknik  ke Karimunjawa ini bisa segera dicoret dari daftar tempat wisata yang akan dikunjungi di tahun 2019.

Pada artikel sebelumnya yang saya tulis pada bulan Agustus 2018, saya menceritakan ada dua tempat wisata impian yang semoga dalam waktu dekat ini bisa kami kunjungi, yaitu Pulau Bali dan Kepulauan Karimunjawa Jawa Tengah. Untuk rencana liburan impian ke Bali, Badung Bali adalah salah satu destinasi wisata utama yang wajib dikunjungi ke Bali. Dan tempat-tempat mana saja yang berencana kami kunjungi ketika di Badung Bali, sudah saya tuangkan dalam artikel yang berjudul 4 Kelompok Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi Saat Berlibur Ke Badung Bali

Kalau rencana ke Bali sudah saya jabarkan tempat-tempat mana saja yang akan saya kunjungi, kini di awal tahun 2019 ini saya akan menceritakan beberapa aktifitas wisata ketika berlibur di Kepulauan Karimunjawa Jepara Jawa Tengah. Semoga saja artikel ini sebagai pembuka rejeki untuk bisa berlibur ke Karimunjawa di tahun ini.

Baca Juga :  Rooms Inc Hotel Semarang, Lifestyle Hotel Untuk Pebisnis, Traveler dan Kaum Millenial  

Sebenarnya secara jarak, Kepulauan Karimunjawa lebih dekat untuk dikunjungi daripada Pulau Dewata. Apalagi sekarang sudah banyak pilihan moda transportasi alternatif untuk bisa bepergian ke Kepulauan Karimunjawa Jepara. Mulai dari jalur laut ataupun jalur udara. Jalur laut sendiri menawarkan beragam pilihan mulai dari lama perjalanannya 1,5 jam hingga 6 jam. Jika ingin lebih cepat, kita bisa menggunakan transportasi udara dari semarang. Dengan menggunakan transportasi jalur udara, perjalanan Semarang-Karimunjawa bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit saja. 

Kita bisa menentukan sendiri kapan berangkat dan sampai kapan berada di karimunjawa, serta objek wisata mana saja yang akan kita kunjungi. Tak perlu pusing dengan penginapan, karena setiap rumah warga yang ada di karimunjawa bisa kita sewa kamarnya sebagai tempat menginap kita. Kalau mau tinggal di penginapan lain yang lebih privat, disana juga sudah banyak hotel yang bisa kita manfaatkan.

Baca Juga : Mencari Suasana Romantis? Ini Daftar Tempat Nongkrong di Pekanbaru yang Asyik dan Gaul

Jika merencanakan sendiri dirasa ribet karena belum tahu spot-spot mana saja yang bisa dikunjungi serta transportasi apa saja yang bisa kita gunakan untuk bisa ke karimunjawa, menggunakan biro wisata menjadi pilihan yang tepat untuk ke karimunjawa. dengan begitu kita bisa mempercayakan semuanya kepada travell agent yang kita pilih. Tarifnyapun beragam, ada yang menawarkan mulai dari 600ribuan dengan titik berangkat dan pulang dari pelabuhan kartini jepara.

Banyak sekali spot wisata di karimunjawa. Tapi karena terbatas waktu dan alokasi keuangan, rata-rata yang sering digunakan adalah berwisata  3 hari 2 malam di Karimunjawa. Berangkat hari jumat dari Semarang ataupun dari Jepara dan pulang dari Karimunjawa minggu pagi atau minggu siang.

 Baca Juga :  Batik Semarang16, Batik Semarangan di Pinggir Semarang 

Adapun aktifitas wisata atau kunjungan yang wajib kita lakukan saat berada di Karimunjawa minimalnya kita melakukan 4 aktifitas berikut ;

1. Snorklingan di Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Cemara
Snorkling adalah aktifitas wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa. Di karimun hampir semua pantainya berpasir putih yang indah, ditambah dengan pemandangan bawah laut yang tidak kalah menarik.  Yang menarik lagi, karimunjawa ini adalah tempat habitat terumbu karang terbanyak di Jawa.

Banyak biota laut yang bisa kita jumpai disini, dari patric stars, nemo, terumbu karang serta binatang laut lain yang biasa hidup di sekitar terumbu karang. Untuk mengabadikan momen di pulau atau pantai ini, usahakan bawa kamera yang bisa digunakan di dalam laut. Kalu kita ikut paket liburan biro wisata, biasanya foto bawah laut beserta dokumentasinya adalah fasilitas yang sudah termasuk dalam paket liburan ke karimunjawa, tinggal siapkan flash drive untuk memindahkan dokumentasinya. Selain snorkling, di pulau ini juga kita bisa melihat sunset dari pinggir pantai pulau ini.

2. Berenang Bersama Hiu  di Pulau Menjangan Besar
Pulau Menjangan Besar merupakan pulau kedua terbesar setelah Pulau Karimunjawa. Jika ditempuh dari dermaga, perjalannya hanya memakan waktu 5-10 menit. Disini juga banyak masyarakat yang melakukan penangkaran hewan yang dijadikan sebagai objek wisata, seperti kura kura, bintang laut, dan beberapa spesies ikan unik lainya. Kita juga diperbolehkan memegang dan berfoto dengan para biota laut yang cantik ini.

Berenang bersama Hiu, sumber foto kesiniajadotcom
Hiu adalah salah satu biota yang ditangkarkan di pulau ini. Di tempat penangkaran Ikan Hiu, selagi kita berani, tidak sedang haid (bagi perempuan), dan tidak ada luka yang mengeluarkan darah atau nanah, kita bisa berenang di kolam yang diisi oleh banyak Ikan Hiu. Bagi yang berenang di kolam penangkaran hiu, disarankan jangan banyak gerakan yang membuat ikan hiu tidak nyaman. Berenanglah pelan dan tenang, agar ikan hiu tidak merasa terusik dan menyerang.

3. Menikmati Sunset Jalur Darat di Bukit Jati Kerep, Bukit Joko Tuwo  dan Bukit Love.
Selain menikmati sunset dengan jalur laut, di Karimunjawa juga bisa menikmati sunset lewat jalur darat. Lokasi yang bisa digunakan untuk menikmati sunset adalah Bukit Jati Tuwo, Bukit Love dan Bikit Jati Kerep.
sumber gambar itc jepara
Bukit Love terletak di dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa. Bukit ini terletak tidak jauh dari kota. Untuk bisa kesini, kita bisa menggunakan kendaraaan bermotor, baik ojek atau sewa harian. Bukit ini menyuguhkan pemandangan alam yang bagus dan salah satu spot favorit untuk melihat sunset di sore hari. Ada juga beberapa properti yang bisa kita gunakan untuk foto-foto.

sumberfoto backpackerjakarta.com
Bukit Joko Tuwo adalah salah satu bukit yang sudah tersohor yang ada dikawasan wisata Karimunjawa. Bukit ini menjadi salah satu objek wisata ternama yang sering dikunjungi wisatawan yang datang ke Pulau Karimunjawa. Bukit ini menawarkan hal yang sama seperti Bukit Love seperti spot sunset, spot foto yang instagramable dan pemandangan alam yang sangat indah. Banyak gardu pandang dan tempat instagenic di Bukit Joko Tuwo ini.


Baca Juga : Empat Museum Instagenic di Jakarta

sumber foto itc jepara

Bukit Jati Kerep Karimunjawa merupakan lokasi wisata santai yang bisa dijadikan pilihan alternatif destinasi wisata pecinta sunset karimunjawa. Bukit ini terletak  di desa alang-alang karimunjawa, Berbeda dengan bukit joko tuwo maupun bukit love, bukit jati kerep ini tidak memasang tarif retribusi pada pengunjung. 

4. Wisata Tracking Hutan Mangrove

Selain keindahan pantai dan lautnya, Karimunjawa juga terkenal dengan ekosistem hutan mangrovenya. Spot wisata ini tersebar di beberapa pulau yang ada di karimunjawa seperti di pulau Karimunjawa, Kemujan, Cemara Kecil, Cemara Besar, Krakal Kecil, Krakal Besar, Mrico, Menyawakan, dan Sintok.
sumber foto itc jepara

Hutan Mangrove terluas terdapat di Pulau Kemujan dan Karimunjawa seluas 396, 90 Ha yang didominasi oleh jenis Exoccaria agallocha sedangkan jenis Rhizophora stylosa menyebar di seluruh wilayah. Mangrove di Kepulauan Karimunjawa sendiri terdiri atas 26 spesies mangrove sejati dan 13 spesies mangrove asosiasi.

Empat aktifitas liburan di karimunjawa diatas sangat sayang dilewatkan. Jika memilih menggunakan biro jasa perjalanan wisata, pastikan 4 aktifitas ini sudah ada dalam agenda kita. Jika kita memilih backpaker-an ke Karimunjawa, paket karimunjawa traveloka  bisa menjadi pilihan. Kita bisa memilih mau menggunakan transportasi apa ke semarang dan kita bisa pesan hotel lewat aplikasi.

Sekian sedikit ulasan mengenai aktifitas wisata yang wajib kita lakukan saat berada di karimunjawa biar liburan di karimunjawa lebih berkesan dan bermakna. Jadi liburannya, tidak hanya menghabiskan waktu untuk istirahat di hotel atau penginapan. Kan jarang-jarang kita ke karimunjawa. 

Jika artikel yang berjudul 4 Aktifitas yang Wajib Dilakukan Saat Berlibur Ke Karimunjawa Kab. Jepara, Jawa Tengah ini bermanfaat, silakan di bagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya, dipersilakan juga untuk baca-baca artikel lainnya.

8 comments for "4 Aktivitas yang Wajib Dilakukan Saat Berlibur Ke Karimunjawa Kab. Jepara, Jawa Tengah"

  1. Ternyata pantainya bersih banget ya, jadi bisa snorkeling di mari. Itu berenang sama hiu serem juga, gimana kalo tiba-tiba si hiu bertingkah ya. Bahaya nih kalo punya luka berdarah dan berenang di kolam hiu, bisa jadi santapan makanannya. Eh... kalo luka tapi tak berdarah, masih boleh berenang di kolam hiu juga gak? #SeriusNanya hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak boleh mas... Bau daging segar akibat lukanya bisa terendus dan bisa disantap sama si uih alias hiu

      Delete
  2. Dari kesemua area keren di Karimunjawa, paliiing pengen banget kulakukan .. renang sama ikan hiu.

    Cuma yang aku pernah diceritain temanku, betul2 kita harus tak punya luka di badan sedikitpun.
    Kalau ngga ..., bakalan langsung diserang.
    Hiiii syerem juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bagian tubuh yg luka ibarat aroma daging segar bagi si hiu..

      Delete
  3. wah, menantang banget tuh berenang dengan ikan hiu. eh, tapi tetap ada penjaga yang standby disitu kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penjaganya ada, dan akan di introgasi penjaga dlu klo mau berenang. Utk keamanan dan keselamatan

      Delete
  4. berenang bersama Hiu, bikin penasaran banget nih Mas. Saya jadi ikut-ikutan masukin ini ke wishlist nih. hhe

    ReplyDelete
  5. Berhubung saya orangnya suka yang nekat-nekat, jadi pengen nyoba berenang bareng hiu.kira-kira bakal digigit enggak ya?

    ReplyDelete