Begini Cara Mengatur Batas Bunyi Meteran Listrik


Orang “normal” biasanya akan merasa terganggu jika mendengar bunyi bip atau alarm yang berasal dari meteran listrik. Biasanya bunyi itu muncul saat kwh meter atau pulsa listrik atau token listrik akan habis dan menandakan harus segera diisi ulang agar lstrik terus menyala (tidak padam).

Tahu tidak sih kalau kita bisa mengatur atau men-setting sendiri kapan meteran listrik akan berbunyi sebagai patokan atau persiapan pengisian pulsa listrik atau token listrik sebelum habis total?

Kebayangkan kalau bunyi bip tit tit tit tit ... diatur saat kwh atau pulsa listrik tinggal 1 kwh, padahal alat elektronik dirumah seperti AC selalu hidup di 4 ruangan, kulkas 2 pintu 108 L dan 2 freezer box 300 L dengan isi penuh sedang dalam posisi digunakan, belum lagi peralatan elektronik lain dan lampu yang masih menyala. Mungkin pulsa listrik 1 kwh tersebut akan cepat habis dalam hitungan jam.

Terus kalau pulsa tinggal 1 kWh dan bunyi BIP meteran listrik itu sudah terdengar pukul 22.00 WIB pada saat semua penghuni sudah terlelap, tapi jam 01.00 WIB harus bangun dengan terpaksa karena kegerahan (kepanasan) karena AC mati yang siebabkan karena token habis! . 

Pas mau diisi pulsa listrik kita kebingungan karena paket data habis, jadinya tidak bisa beli token listrik lewat mobile banking atau toko online. Mau ke indomaret dan alfamart posisi jauh atau sudah malam. Mau minta bantuan tetangga juga tidak enak karena tengah malam dan sedang lelap lelapnya. Alhasil harus puas dan sabar dengan terpaksa menunggu hingga pagi hari menyapa. Ada yang pernah merasakan demikian?

Lantas gimana caranya kalau kita mau mengatur kwh atau pulsa listrik tidak berbunyi saat pulsa tinggal sedikit? tujuannya untuk bisa berjaga jaga jika lupa atau ada sesuatu hal yang tidak diinginkan? Semisal kita mau seting atau atur  diangka 9 kwh, meteran lsitrik baru bisa berbunyi apakah bisa?

Untuk mengatur bunyi meteran listrik sebagai tanda atau pengingat kalau pulsa listrik akan habis dan perlu  segera diisi ulang, kita harus mengingat pengaturan angka 456 pada meteran listrik. Bagaimana caranya?

Setelah posisi kita berada didepan meteran listrik, tekan angka 456 diikuti dengan batas bunyi yang kita inginkan lalu tekan tanda enter. Jadi tekan 456XX dimana XX diisi dengan angka yang merupakan batas minimal peringatan kwh meter kemudian enter.

Misal kita mau mensetting atau mengatur meteran berbunyi saat diangka 9, maka yang perlu kita lakukan adalah menekan angka 45609 dan anter. Ketika pulsa token meteran listrik tersisa 9 kWh,  maka alarm akan otomatis berbunyi. Sedangkan kalau kita mau mengatur bunyi meteran listrik saat pulsa masih 10 kwh maka kita cukup menekan angka 45610 dan enter. Ketika pulsa token meteran listrik tersisa 10 kWh,  maka alarm akan otomatis berbunyi.

Gimana? mudah sekali bukan? Semoga artikel ini bisa membantu teman teman semua yang sedang mencari artikel dengan kata kunci mengatur limit bunyi, mengatur suara meteran listrik, cara mengatur setting bunyi token listrik. Jika artikel yang berjudul Begini Cara Mengatur Bunyi Meteran Listrik ini bermanfaat, silakan disebarluaskan atau dibagikan. Terima kasih atas kunjungannya.

Post a Comment for "Begini Cara Mengatur Batas Bunyi Meteran Listrik"