Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Patuh Pada Murobbi



Jangan Patuh Pada Murobbi
Perjalanan komunitas tarbiyah sekarang telah menginjak di era ketiga dalam mihwar dakwah kita, mihwar muwasasi. Selangkah lagi kita menuju tahapan keempat yaitu mihwar dauly. Semakin berkembang suatu komunitas maka tantangannya semakin besar. Permasalahan itu diantaranya ada yang mengeluh kekurangan orang ataupun ada yang mengeluh karna kualitas kader dakwahnya yang berbeda dengan generasi sebelumnya.
likulli marhalatin rijaluha”. Dengan statemen ini terkadang orang terjebak dalam beragumen bahwa itu adalah masalah yang wajar. Karna ada perbedaan kapasitas pemuda yang terdahulu dengan pemuda sekarang yang katanya tidak bisa disamakan. Yang sebenarnya dimaksud disini adalah setiap massa itu ada pemudanya, pemuda itu harus mengetahui medan dan mempunyai keahlian spesifik agar bisa menyelesaikan permasalahann di massanya sehingga akan mewarnai masa itu dengan warna yang jelas dan menjadi penggerak pada massanya itu.
Munculnya permasalahan SDM dan Kualitas kader dakwah, salah satunya tidak lepas dari ketaatannya terhadap jamaah atau pemimpinnya. Kalau semua ketentuan itu dijalankan maka persoalan itu bisa kita selesaikan dan kita bisa beranjak untuk menerima dan menyelesaikan permasalahan lainnya.
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.”(Al-insyiroh : 7)
Komunitass (jamaah) ini ada dengan segala perangkat yang tersistem dengan baik. Agar itu terimplementasi dengan baik maka butuh ketaatan kadernya, baik dari segi aturan jamaah atau aturan qiyadah.
Kapada Siapa Kita Harus Taat
 “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.” (An-Nisa : 59)
Ulil Amri menurut versi Ibnu Taimiyah terbagi dalam 2 kategori, sebagai Ulama dan sebagai Umaro’. Kemudian yang bisa disebut sebagai pemimpin, yang pertama adalah kepala-kepala negara, masyayikh dan yang kedua yang dikatakan pemimpin adalah semua orang yang memiliki pengikut. Kedua pemimpin diatas wajib kita taati selama perintahnya tidak menyalahi aturan islam.
Taat terhadap jamaah tarbiyah dan qiyadahnya, masuk pada point yang kedua. Dalam jamaah tarbiyah, kita mengenal sarana utama pembinaan yaitu halaqoh, yang mana setiap halaqoh terdiri 5-12 orang yang dipandu atau dipimpin seorang Murobbi. Sehingga posisi murobbi disini berhak disebut sebagai pemimpin oleh semua orang dalam satu kelompok halaqoh tersebut dan permintaan seorang pemimpin wajib untuk kita laksanakan. Meskipun kita harus dperintahkan ke negeri antah berantah sekalipun, karna pada dasarnya setiap perintah mempunyai maksud dan tujuan sendiri yang sesuai dengan kebutuhan atau kondisi.
Untuk mengatasi masalah jumlah SDM terkadang murobbi menugaskan (menyuruh) kita mencari minimal 1 orang yang akan di ajak gabung dengan barisan kita. Untuk masalah kualitas kader dakwah, murobbi menyuruh kita untuk ikut kajian ini-kajian itu, dauroh ini-dauroh itu, silaturahim sini-silaturahim situ, baca buku ini-baca buku itu, serta instruksi-istruksi yang lainnya, mana instruksi itu pada akhirnya juga akan kembali pada orang yang diperintah. Sudahkah kita memperhatikan dan menjalankan perintahnya? Baik keuntungan itu untuk kita, murobbi atau jamaah itu sendiri.
“Adalah wajib bagi seorang muslim untuk mendengarkan dan taat terhadap perintah yang disukainya ataupun yang dibencinya selamanya dia tidak diperintahkan melakukan hal tersebut (maksiat) maka dia tdak wajib mendengarkan atau mentaatinya”. (HR Bukhari dan Muslim)
”Dengarkanlah dan taatilah (para pemimpinmu) meski engkau dalam keadaan sulit, mudah, semangat, terpaksa dan membuatmu banyak melakukan pengorbanan.” (HR Muslim)
Dalam syarah An-Nawawi menjelaskan hadist diatas adalah sebagai berikut : Dengarkanlah dan taatilah meskipun para pemimpin itu hanya mementingkkan masalah dunia dan kurang memenuhi hak-hakmu yag menjadi tanggung jawab mereka. Selama tidak bertentangan dengan Syariat.
“Dengarkanlah dan taatilah! Walaupun yang diangkat kepadamu menjadi pemimpin adalah seorang budak berasal dari ethiopia yang bentuk kepalanya seperti kismis (biji kurma).” (HR Bukhari)
Tidak  bisa tidak, setiap jamaah harus memiliki seorang pemimpinTaat berarti mendengarkan, menaati serta berpegang teguh pada batasan-batas yang diperintahkan dan yang dilarang adalah sesuatu yang sangat penting dalam menjalankan dakwah islam, bahkan termasuk yang harus diprioritaskan dari beberapa kewajiban yang ada.
Tanda-Tanda Taat
Orang yang taat berarti orang yang mendengarkan, mentaati, serta berpegang teguh pada batas-batas yang diperintahkan dan yang dilarang. Ketaatan merupakan sesuatu yang penting dalam pilar-pilar menjalankan dakwah islam. Tanpa ada ketaatan dan kedisiplinan, semua organisasi atau jamaah tidak akan bisa berjalan sesuai tujuan.
Kita jangan seperti orang munafiq pada massa perang Khandak. Ketika diseru oleh Rasul membuat parit, mereka memilih untuk menghindar dari pekerjaan itu dengan berbagai alasan. Sedangkan orang mukmin dengan sekuat tenaga dan kesungguhan hati karna Allah membantu Rasulnya menyelesaikan penggalian parit. Bahkan orang mukmin yang punya udzur syar’i enggan meninggalkan lokasi penggalian parit, hanya sebagian saja yang meminta izin. Peristiwa itupun diabadikan Allah dalam Al-Quran :
Sesungguhnya yang sebenar-benar orang mukmin ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan apabila mereka berada bersama-sama Rasulullah dalam sesuatu urusan yang memerlukan pertemuan, mereka tidak meninggalkan (Rasulullah) sebelum meminta izin kepadanya. Sesungguhnya orang-orang yang meminta izin kepadamu (Muhammad) mereka itulah orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, maka apabila mereka meminta izin kepadamu karena sesuatu keperluan, berilah izin kepada siapa yang kamu kehendaki di antara mereka, dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (An-Nur : 62)
            Hal yang perlu dicetak tebal adalah berusaha memenuhi panggilan qiyadah dalam kondisi apapun disetiap seruannya dan memimnta izin jika benar-benar tidak bisa memenuhinya. Bukan  berusaha mencari 2011 alasan bagaimana agar bisa terhindar dari penugasan (perintah) tersebut.
Allahu’alam bishowab.

Post a Comment for "Jangan Patuh Pada Murobbi"