Header Ads

Tukarkan Kartu BPJS Lama dengan Kartu BPJS Baru. Begini Caranya?

Bagi para peserta BPJS Kesehatan, sudah pada tahu belum kalau sekarang BPJS Kesehatan mengeluarkan kartu BPJS Versi terbaru? 


Sejak kartu versi pertama tidak dikeluarkan lagi oleh BPJS, BPJS memberlakukan e-ID sebagai Kartu BPJS  resmi untuk peserta BPJS. e-ID ini bisa dicetak kapanpun dan dimanapun serta dapat dicetak dengan tinta berwarna ataupun tinta hitam. Biaya produksi e-ID ini tidak sebanding dengan dana yang ada di BPJS sehingga terkesan BPJS menghemat dana (pelit).

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kartu e-ID BPJS

Kartu BPJS Generasi Pertama

Tapi sekarang BPJS Kesehatan mengeluarkan versi terbaru yang lebih bagus dan lebih awet dari kartu BPJS yang telah keluar sebelumnya.

Kartu BPJS Tampilan baru ini lebih kuat dan lebih tahan air, dan yang pasti kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melaminating kartu BPJS kita.

Kartu BPJS Generasi Kedua

Kartu BPJS keluaran terbaru ini  lebih seperti Kartu ATM atau kartu member dari sebuah toko atau merchant belanja.

Baca Juga : Begini Cara Tebus Obat di Luar Rumah Sakit Bagi Peserta BPJS agar Gratis  

Tampilan kartu BPJS terbaru lebih kepada penyamaan dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang merupakan program Bapak Presiden yang terhormat.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu BPJS Versi Terbaru?
Untuk bisa mendapatkan kartu BPJS terbaru, peserta BPJS tinggal datang saja ke Kantor BPJS terdekat untuk menukarkan kartu lamanya dengan kartu terbaru. Jika Peserta adalah Peserta dari Badan Usaha maka datanglah ke BPJS Kesehatan badan Usaha. Untuk kota Semarang kantornya berada di Jl. Dr Wahidin, Sedangkan Untuk Peserta perorangan bisa datang ke kantor BPJS yang ada di Jl. Sultan Agung.

Bagaimana jika kartu BPJS asli hilang ? Baca Juga : Cara Mengurus Kartu BPJS Hilang.

Untuk diketahui bersama, bahwa e-ID hanya berlaku bagi peserta yang belum pernah mencetak kartu BPJS sama sekali di kantor BPJS. Kartu e-ID hanya berlaku untuk berobat ke Faskes tingkat 1 dan 2. Jika peserta atau pasien dirujuk ke Faskes tingkat 3 maka wajib memperlihatkan Kartu BPJS Asli diloket pendaftaran.
Kartu BPJS Generasi Ketiga (Terbaru)

Kartu e-ID bisa menjadi kartu BPJS Asli jika pada kartu tersebut terdapat stempel basah BPJS.

Sekian artikel Tukarkan Kartu BPJS Lama dengan Kartu BPJS Baru ini dibuat semoga bermanfaat.

51 comments:

  1. Aku belum ganti kartu bpjs, tapi pernah lihat memang bagus. Tebal gk kayak kartuku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpah demi Allah,,,, saya gak mau Sakit,,,, mau berupa daun ato kertas, yg penting Sah,,,he,,he

      Delete
  2. Replies
    1. asuransi dari tetangga sebelah juga ok kok mas :D

      Delete
  3. Kita wajib gak sih gabti kartu yang baru itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak wajib. Kartu lama dan batu fungsinya sama saja.

      Delete
  4. Emang pungsinya sama ya mas tp di atas d sebutkan ndak bisa d pake d paskes lanjutan tngkat 3 bener ga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tidak berlaku itu eID yang nyetaknya pake online. Bisa cetak kapan saja dimana saja.

      Tapi kalo pake kartu bawaan asli yg hanya di cetak dikantor bpjs itu masih brrlaku.

      Delete
  5. Mas tanya dong. Saya sekeluarga kan baru aja ganti faskes 1 di jkn mobile. Pertanyaan saya apakah saya harus cetak ulang kartu bpjs saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus segera di ganti...
      Selama blm ganti pakai kartu lama dlu meskipun sdh ganti faskes

      Delete
  6. Mohon maaf,info ini telah kami tanyakan langsung ke kantor BPJS,bahwa info ini tidak benar,baik kartu kis baru maupun e-id sama-sama berlaku,baik pada faskes tingkat 1,2,dan 3,kartu e-id tidak perlu di tukar dengan kartu yang baru,perbedaan hanya pada bentuk fisik,fungsihak kegunaanya tidak ada perbedaan,mohon info pada blog ini di perbaharui,atau di hapus,agar tidak meresahkan masyarakat,salam sehat.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sarannya...
      Mohon maaf sampai saat ini saya tdk ada rencana menghapus postingan ini. Karna saya menulis ini berdasarkan pengalaman pribadi saat berobat ke RSUP kariadi.

      Saat pertama daftar baru, saya diminta menunjukkan eID atau kartu BPjS asli. Karna waktu itu sy baru pertama maka petugas memaklumi dan petugas mengancam kalo besok eIDnya tdk berstempel basah maka tidak akan dilayani.

      Petugas registrasi bilang, Jika berbentuk eID pun harus ada stempel basah dari bpjs, bukan hasil print printnan sendiri.

      Sayapun setelah itu pergi ke posko bpjs yg ada di sekitar RS. Disana petugas jg tdk berani menyetempel basah dengan alasan yg berhak memberi stempel atau mencetak stempel pada kartu adalah kantor cabang terdaftar.

      Silakan admin mie sosis berobat jalan ke karyadi di lantai 2 jika ingin membuktikan kevalidannya. Terimakasih.

      Delete
  7. BPJS senang masyarakat pada antrian gitu, trus ada celah dah siapa yang mo cepat wani piro? jarene....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bpjs kayaknya ndak bakal gitu om.
      Nyetak lama karna permintaan banyak tapi tenaga dan mesinnya terbatas.

      Yg paling mungkin tarifnya bakal dinaikkan krna bpjs selama ini defisit

      Delete
  8. Klo mo ganti kartu bpjs baru persyaratanx apa?

    ReplyDelete
  9. Syarat menukar e-id dengan kartu bpjs yang asli apa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa kartu e-id dan nlblm pernah cetak kartu sblmnya. Nanti ngisi formulir

      Delete
  10. Syarat menukar e-id dengan kartu bpjs yang asli apa ya pak?

    ReplyDelete
  11. cara menukar kartu bpjs generasi pertama menjdi kartu bpjs generasi ketiga , gmn caranya ? terima kasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Datang ke kantor bpjs dg membawa kartu lama

      Delete
  12. Berapa dikenakan biaya penggantian kartu lama ke baru?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Kk mau tanya kalo untuk tukar kartu gak perlu bawa ktp kan atau wajib ?

    ReplyDelete
  14. Mas sya mau tnya donk&minta pndpat. . Bhwa orang tua sya mndpt bntuan bpjs dri pmerintah ,tp msih kartu yg lama.
    Trus ktanya hrus ganti yang baru,pas saya tanya dri pngurus bpjs di kampung katanya punya orang tua saya gk ada.
    Tapi wktu sya tlf lngsng ke kantor bpjs trnyata ada daftar orang tua saya. .
    Mohon sya minta solusi hrus bgaimana ya?trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa kartu yang lama, bisa minta di cetakkan ulang kalo tidak ada.
      sebenarnya kartu lama juga masih bisa dipakai, fungsinya sama saja. kalau ada fasilitas kesehatan yang menolak karena bawa kartu lama, tinggal lapor ke BPJS nya

      Delete
  15. makasih infonya ya mas ttng bpjs ini.

    saya sekalian mau tanya mas, kan bulan januari saya resign dari kantor dan bpjs mandiri saya (dulu dibayarkan kantor) skrng sudah diberentikan.
    nah ini gimana cara mengaktifkannya lagi ya mas?

    mohon infonya, makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah otomatis mandiri dan aktif, hanya pembayaranya pribadi

      Delete
  16. Mw tanya mz.. bisa gk kita mengganti bpjs mandiri ke KIS??? dan gmna carax?!! Tlg bantuanx trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang gampang susah...
      Minta surat keterangan dari kelurahan. terus minta rekom puskesmas untuk dibawa ke dinas sosial setempat

      Delete
  17. Mas mau tanya , kartu saya kan masih kartu lama, terus selama 1 thn ni bpjs saya belum saya bayar, apakah bisa saya tukar kartu lama menjadi kartu baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.. Tapi harus bayar premi terhutang alias tunggakannya dlu

      Delete
  18. mohon pencerahan nya gan, sya baru bikin bpjs kls3 yng gratis saya dapet kartu nya cman poto copy trus kata ptugas suruh di laminating. apa emang bgitu ya yng lain juga,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo stok kosong biasanyaa begitu.. Dikasih kartu semetara dlu..

      Atau karna baru bikin, biasanya dapet kartu aslinya paling cepet seminggu setelahnya.

      Tapi fungsinya sama kok..

      Utk jelasnya coba ditanyakan ke petugas klo mnta kartu model baru

      Delete
  19. permisi gan, mohon bantuannya. Saya sudah ke kantor bpjs Kota saya tinggal tepatnya di balikpapan dengan membawa beberapa kartu lama untuk diganti dengan kartu baru. berhubung yang Saya ganti bpjs ketenagakerjaan, Saya disuruh untuk email saja ke alamat email bpjs dan nanti akan langsung dikirim kerumah, yang saya kurang pahami adalah bagaimana format email yang harus Saya kirim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi orang kantor yg menangani bpjs. Krena utk perusahaan terpusat pada satu orang yg dipercaya perusahaan.

      Satu perusahaan punya satu akun email khusus bpjs

      Delete
  20. Mau complen nih pak ,ak mau ganti kartu lama ke baru, harus ad syaratnya kartu kk sama ktp ,juga harus ad tanda bukti setoran terahir ..Ap itu syaratnya pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi sudah ganti kebijakannya.. saya 2 kali ganti kartu terakhir karena hilang memang harus bawa surat hilang, tdak diminta fc KK dan KTP

      Delete
  21. Keuntungan kartu BPJS yg baru cuma lebih bagus aja. Tapi kalau di taruh di dompet dan enggak hati2, bisa2 patah dan kalau terlalu banyak gesekan/sering di keluar masukkan pd dompet, angka atau barcode dan hurufnya ada kecenderungan bisa hilang akibat gesekan yg terlalu sering.
    Itu sih menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, persis nasibnya seperti kartu lain di dompet.. Akan rusak atau memudar seiring berjalannya waktu.

      Delete
  22. Setelah di tukarkan Bentuk fisiknya sama kyk yang gratis dari pemerintah.. Padahal saya bayar dan mendaftar di kelas satu

    ReplyDelete
  23. Kalau kis yg dr pemerintah apa skrg harus ganti yg baru mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak usah.. Kis dari pemerintah sudah pakai kartu yg terbaru

      Delete
    2. Saya bingung deh, kepuskes niatnya mau nanya kalo kartu kis beda alamat dengan ktp gimana?soalnya saya ikut alamat baru dan ikut suami, tapi pas sampai puskes kartu kis saya diganti sama kjn, dan sama sekali ga dijelasin apa2 ? Dia cuma bilang kartu gak ngaruh kalo soal alamat tapi kenapa diganti kjn, ya ga masalah juga soal bayar berbayar tiap bulannya, yg saya tanyain kalo awal pembayaran itu sesuai tanggal dibawah kartunya atau sesuai pertama kali terima kis?

      Delete
    3. Ini bpjs nya mandiri (bayar semdiri), dibayar perusahaan atau dibayar pemerintah?

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.