Friday, November 18, 2016

Heri Laregrage

Begini Cara Tebus Obat di Luar Rumah Sakit Bagi Peserta BPJS agar Gratis

Begini Cara Tebus Obat di Luar Rumah Sakit Bagi Peserta BPJS agar Gratis
Pernah seuatu ketika berobat ke rumah sakit dan ternyata stok obat yag diresepkan oleh dokter lagi kosong. Terus bagian apotek atau farmasi dengan sudah menyiapkan salinan resep dia bilang, "mas untuk obat yang ini (dengan menunjukkan nama obat yang dituliskan di salinan resep) sedang kosong stoknya, nanti bisa di tebus di apotek terdekat. Mas nya nanti beli  saja sejumlah yang ada di resep dan ini saya serahkan salinan respnya". 


Saat mengalami seperti itu saya manut-manut saja. Untungnya harga obat yang saya tebus diluar masih terjangkau dengan harga dibawah 5.000 rupiah. Beda lagi dengan seseorang yang saya kenal, karena di rumah sakit stok obat kosong, akhirnya diminta petugas untuk menebusnya diluar. Harga obat tersebut seharga 66.000 dan sudah 2x ia menebus obat tersebut. Total Rp 132.000 pun harus keluar untuk mendapatkan obat yang diinginkan. 

Bagi orang yang suka perhitungan seperti saya Rp 132.000 bisa buat beli apa ya? Mungkin ada yang bilang, Uang Rp 132.000 kalau untuk kesembuhan (kesehatan) tidak ada artinya sama sekali. Tapi tahukah kita, jika kita mau pakai jalan lain kita bisa mendapatkan obat tersebut dengan gratis meski harus menebus obat di luar RS. Tentunya ditebus di apotek yang bertanda melayani resep BPJS. 


Bisa jadi orang yang langsung tebus obat diluar tanpa melakukan cara ini, ia menginginkan agar obat  cepat tersedia dan segera dikonsumsi untuk tidak memperparah penyakitnya.  Tapi jika kebutuhannya tidak terburu-buru dan mendesak, mendingan kita urus sebentar agar mendapat obat gratis meski harus menebusnya diluar.
Yang bisa kita lakukan agar bisa menebus resep obat gratis diluar rumah sakit asal adalah sebagai berikut ;
1. Minta salinan Resep dari Apotek asal
2. Minta surat keterangan bahwa obat tersebut sedang kosong dari apotek asal
3. Bawa berkas point 1 dan 2 tersebut ke loket atau petugas BPJS yang ada di RS tersebut. 
4. Sampaikan maksud dan tujuan kedatangan ke Putugas BPJS
5. Tunggu sebentar hingga petugas selesai memverifikasi permintaan kita
6. Petugas BPJS akan megeluarkan surat dan pastikan surat sudah di tandatangani dan diberi stempel.
7. Bawa berkas tersebut ke Apotek yang bertanda menerima resep Obat BPJS dengan mambawa Kartu BPJS Asli dan Fotokopi.

Jika kita kesulitan mencari lokasi apotek yang menerima resep BPJS, kita bisa menebusnya di apotek-apotek rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS. Rumah sakit yang menerima rujukan pasien BPJS maka rumah sakit tersebut otomatis menerima resep obat peserta BPJS.


Perlu diketahui, untuk obat tertentu memang harus menebus di opotek rumah sakit lain dan tidak bisa di tebus di apotek pinggir jalan karena biasanya apotek pinggir jalan tidak menerima beli ecer untuk obat-obat tertentu.  Masak kita cuma butuh 1 tapi harus beli 10 strip? Apalagi harganya lumayan tinggi. Kelebihan apotek pinggir jalan adalah antriannya yang tidak terlalu panjang, bahkan tidak sampai mengantri (langsung dilayani).

Sedangkan jika kita menebus obat dirumah sakit lain, maka kita bisa beli eceran atau beli sesuai yang diresepkan. Menebus obat di RS lain berarti kita juga siap untuk ikut ngantri dengan atrian lain yang cukup panjang.

Nah sekian informasi yang bisa disampaikan, semoga artikel Begini Cara Tebus Obat di Luar Rumah Sakit Bagi Peserta BPJS agar Gratis  ini bermanfaat 

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

10 comments

Write comments
Relita Aprisa
AUTHOR
November 20, 2016 at 2:09 PM delete

Mas heri ki memang joss, selalu memperhitungkan sgl sesuatunya, telaten dan mau bersusah susah. Tapi penting, pengalaman akan mengajarkan kita banyak hal. Pakar bpjs tenan ki :)

Reply
avatar
November 21, 2016 at 9:07 AM delete

haha... pakar makan tanaman :p

Reply
avatar
Andi Setiadi
AUTHOR
April 13, 2017 at 8:14 AM delete

sangat bermanfaat..tpi ijin sedikit menambahkan,rata2 fakta dilapangan sering beda mas.ttp sajah arahannya kr apotek yang bayar karena apotek yg bekerjasama dg bpjs kurang dlm penyediaan obatnya.

Reply
avatar
April 13, 2017 at 10:23 AM delete

terimakasih tambahannya mas Andi..
Benar mas Andi.
Tapi ada jenis obat yang tidak di cover oleh BPJS juga. Jika obat tersebut tidak termasuk dlm daftar yang di cover BPJS. Maka kita harus mengeluarkan uang utk mendapatkannya.

Reply
avatar
May 3, 2017 at 8:27 AM delete

Tambahin lagi ah... Apotik kimia farma juga nggak semuanya terima resep bpjs walau terima prosesnya rumut jadi tambah lier..... Buat apotik kimia farma ayo dong disamakan biar peserta bpjs makin nyaman.....

Reply
avatar
May 3, 2017 at 8:28 AM delete

Tambahin lagi ah... Apotik kimia farma juga nggak semuanya terima resep bpjs walau terima prosesnya rumut jadi tambah lier..... Buat apotik kimia farma ayo dong disamakan biar peserta bpjs makin nyaman.....

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
June 1, 2017 at 3:27 PM delete

Saya udh 2 kali di aoptek kimia farma bogor ketika saya sodorkan resep bpjs petugas nya bilang kosong tapi ketika saya tanya kalau saya bayar cash bilang nya ada,, kok aneh yaa ada pembedaan gtu padahal kimia farma yang saya datangin bisa terima resep bpjs

Reply
avatar
June 2, 2017 at 10:22 AM delete

sabar ya bu/pak... menurut rumor, apotek, dokter atau instansi yang mengajukan Klaim ke BPJS prosesnya agak lama. jadi banyak yang kerjasama hanya sebatas formalitas memenuhi pencapaian BPJS agar dinilai merangkul banyak apotek dan partner lainnya.

Reply
avatar
nrop dekan
AUTHOR
July 13, 2017 at 10:40 PM delete

Mau tanya sodara2..
Kalo seandainya kita berobat secara umum di RS yg tdk bekerja sma dg bpjs. lalu kita menebus obatnya di apotek yg bekerja sma dg BPJS, apa bisa?? (Tanpa bayar)

Reply
avatar
July 14, 2017 at 8:34 AM delete

Saya belum pernah pak..
Tapi setau saya utk bisa nebus ke apotek bpjs harus ada pengantar dari dokter atau rs bpjs

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.