Header Ads

Klasifikasi dan Morfologii Spirulina platensis


Tingkatan taksonomi Spirulina platensis menurut Smith (1950) dalam Rahayu (2007) adalah sebagai berikut :
Divisi               : Cyanophyta
Kelas               : Cyanophyceae
Ordo                : Oscillatoriales
Sub Ordo        : Oscillatorianeae
Famili               : Oscillatoriacea
Genus              : Spirulina
Spesies            : Spirulina platensis

Spirulina platensis berwarna hijau kebiruan, sel membentuk filament terpilin menyerupai spiral (helig) sehinggga disebut alga hijau-biru berfilamen. Filamen sel-sel spirulina berawal dari sel-sel muda yang membelah pada sisi luar sumbu utama filamen, sehingga terbentuk satu filament yang berisi beberapa sel yang merupakan satu rangkaian. Rangkaian sel tersebut disebut trikom. Spirulina platensis dapat bergerak sepanjang  garis tengahnya dengan cara menggelinding (Isnansetyo dan Kurniastuty, 1995). Bentuk tubuh Spirulina platensis yang menyerupai benang merupakan rangkaian sel yang berbentuk silindris dengan dinding sel yang tipis, berdiameter 1-12 mikrometer. Filamen Spirulina platensis hidup berdiri sendiri dan dapat bergerak bebas (Hariyati, 2008).
Mikroalga ini termasuk sub ordo Oscillatorianeae karena tidak membentuk heterokista dan tidak memiliki septa. Sub ordo ini hanya memiliki satu family yaitu family Oscilliatoriae, sehingga Spirulina platensis merupakan spesies dari famili tersebut (Smith dan Lucas, 1971 dalam Bellina, 2004).

No comments:

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.