Monday, May 11, 2015

Heri Laregrage

Pergerakan Islam TransNasional, Pengantar




 Sebelum runtuhnya kekhilafahan turki utsmani, ada beberapa drama penggulingan yang digawangi KEMAL PASHA. ia membentuk dewan parlemen dan ditunjuk sebagai ketua dewan parlemen ditengah krisis kepercayaan terhadap pemerintahan saat itu yang masih sah berbentuk kekhalifahan. Kekacauan di turki saat itu dan rongrongan kolonial inggris mendorong turki untuk reformasi. 

Kemudian pada tanggal  29 November 1923 Kemal Pasha dipilih parlemen sebagai presiden pertama Turki. Salah satu langkah yang diambil adalah membubarkan khalifahan Utsmani dan diganti dengan mendirikan Republik Turki pada tanggal  3 Maret 1924.

Pasca runtuhnya khilafah turki usmani, para intelektual islam dan ulama berusaha mencari format agar kekhalifahan islam tegak kembali. Beberapa pertemuanpun digagas tapi masih belum maksimal. Sehingga munculah gerakan reformis untuk menegakan kembali kekalifahan islam ke muka bumi dengan tujuan berlaku tegaknya aturan Allah di dunia. Gerakan tersebut lahir atas dasar keprihatinan tentang jauhnya masyarakat dari nilai islam dan telah tercemar pemikiran masyarakat islam oleh pengaruh barat.

Urgensi membentuk gerakan islami yang terorganisir muncul dari pemikiran para ulama yang  peduli akan tegaknya khilafah islamiyah. Baik sebagai penggerak dalam hal mendirikan gerakan islam ataupun masuk kedalam gerakan yang sudah ada. Dari gerakan dengan lingkup dalam negeri, hingga berkembang ide pemikirannya dan bisa diadopsi (diterima) diberbegai negara. Dari pergulatan para ulama tersebutlah muncul gerakan islam transnasional hingga saat ini. Adapun gerakan transnasional yang terdengar hingga hari ini diantaranya adalah Salafy, Hizbut Tahrir, Ikhwanul Muslimin, Jamaah tabligh.


Pergerakan Transnasional sendiri adalah sebuah gerakan yang awalnya hanyak bersikap lokal kedaerahan yang muncul dalam suatu Negara yang mempunyai tjuan sebagai problem solver dari kondisi Negara pada saat itu. Tetapi perkembangan kedepannya, pemikiran gerakan tersebut bisa diterima oleh negara-negara lain sehingga pergerakan tersebut berkembang luas hingga lintas negara tetapi masih dalam 1 komando (komando terpusat).

Bacaan terkait :
Pergerakan Islam TransNasional, Salafy
Pergerakan Islam TransNasional, Hizbut Tahrir
Pergerakan Islam TransNasional, Ikhwanul Muslimin
Pergerakan Islam TransNasional, Jamaah Tabligh


Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.