Sunday, May 1, 2016

Heri Laregrage

Mengurus Administrasi Kependudukan Bag. 5 -Membuat KK dan Akta Kelahiran Sekaligus


 

Menambahkan anak yang baru lahir kedalam KK harus segera diurus sebelum lupa dan sibuk dengan urusan yang tak terduga. Maka dari itu sebagai orang tua hendaknya segera mengurus pembuatan KK baru Karena Penambahan Anak dan sekaligus Membuat Akta Kelahiran Anak.

Prosedur terpisah membuat Akta Kelahiran dan KK baru dengan Penambahan Anak [Baca : Mengurus Administrasi Kependudukan Bag. 3 -Menambah Anggota Keluarga dalam KK dan Mengurus KK yang Hilang dan Mengurus Administrasi Kependudukan Bag. 4 -Membuat Akta Kelahiran Anak]. Jika kita mengurus/ membuat terpisah KK dan Akta Kelhiran maka akan memerlukan waktu yang lumayan panjang. Untuk memuat KK sendiri butuh waktu 5-7 hari disambung dangan Membuat Akta membutuhkan waktu  7-10 Hari, sehingga  maksimal memakan waktu 17 hari.

Untuk dapat Sekaligus membuat KK dan Akte (1 Paket) maka ada prosedur yang harus di potong dari pengurusan sebelumnya, tidak usah mampir ke disdukcapil kecamatan atau PErwakilan TPKD setempat (Banymanik, Semarang Barat, Ngaliyan), tapi setelah mendapatkan tandatangan dari kecamatan, pemohon bisa langsung ke Disdukcapil Kota.

Adapun prosedur yang harus ditempuh untuk membuat Paket Akta dan KK sekaligus, pemohon seperti biasa menyiapkan berkas-berkasnya. diantaranya adalah :

Berkas Pembuatan KK
  • Asli FC KTP Orang tua
  • Asli dan FC KK lama
  • FC Akta Lahir Ortu
  • FC ijazah terakhir Ortu
  • Asli dan FC Surat Nikah Ortu
    Seperti Biasa, di Desa / Kelurahan akan diminta mengisi :
  • Form Permohonan Pembuatan KK dengan mengisi Bagian Penambahan Anggota Keluarga
  • Form Pemohonan Pembuatan Surat Keterangan Lahir dari Kelurahan
Persyaratan untuk pembuatan Akta Kelahiran :
1. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Dokter/RS/Bidan .
2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan
3. Asli dan fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan orangtua.
4. Asli dan Fotokopi KK dan KTP-el pemohon.
5. Fotokopi ijasah terakhir.

Sehingga disini ada 2 Berkas yang berbeda, Masukkan ke map masing masing dan diberi Tanda Pembuatan Akta dan Pembuatan KK

Setelah itu berkas tersebut langsung dibawa Dispendukcapil Kota Semarang Jl. Kanguru Raya no.3.

Antri Ke Loket Pendaftaran dan setelah itu akan diberikan formulir pemohonan pembuatan Akta. Setelah diisi, petugas akan memverifikasi berkas dan jika sudah komplit akan dibuatkan bukti penerimaan yang digunakan untuk mengambil KK dan Akta jika sudah bisa diambil. Lama Pembuatan 1-3 Hari.

Dengan begitu kita bisa memangkas waktu 14-16 hari lebih cepat dari cara konvensional.
Pilihan ada pada masing masing tergantung keluangan waktu.
Semoga Bermanfaat.

Untuk wilayah Kota Semarang, selain mengurus di Dinas Kota, warga juga bisa mengurus pembuatan Akte Kelahiran dan Kematian di Kantor Perwakilan Disdukcapil terdekat yang tersebar di 3 tempat yaitu Kecataman Banyumanik, Semarang Barat dan Ngaliyan, tentunya dengan waktu pembuatan yang lebih lama.



Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.