Thursday, September 22, 2016

Heri Laregrage

Begini 5 [LIMA] Tips Jitu Mendapatkan Harga Domain TLD TERMURAH

 
Mau ganti domain TLD (Top Level Domain) tapi budget didompet atau ATM lagi minim? Atau karena alasan gaptek,  ribet kalau harus ngutak-atik pengaturan? Jangan khawatir Sob.!  Banyak jalan menuju makkah. Simak tips jitu lagi menarik untuk mendapatkan domail TLD murah. Baca sampai tuntas ya!

Banyak loh toko online yang menawarkan domain TLD dan hosting dengan harga menarik, apalagi pas ada promo, bisa dapet harga gila. Bisa-bisa kita dapet harga termurah se-Dunia. 

Kalau kita bener-bener mau ganti domain kita menjadi TLD, sekarang sudah menjamur toko online yang menawarkan jasa  pembelian nama (domain) dan hostingnya, bisa dibeli dua-duanya atau hanya salah-satunya saja. Pilihan ada ditangan kita. 

Sebut saja name.com, godaddy.com, wizcrm.com bagi yang mau order langsung dengan pihak luar. Kalau mau yang ditangani pihak dalam (lokal) bisa hubungi rumahweb.com, niagahoster.co.id, lautanhosting.com jagoanhosting, domainesia.com, dapurhosting.com, masterweb.net idwebhost.com, andalan.netdan masih banyak lagi yang belum saya ketahui.

Waduh, biasanya kalau banyak pilihan gini jadi tambah bingung ya sob, bukan malah makin mantep. Betul apa betul? Terutama bagi yang masih awam seperti saya ini. 

 Tapi tenang saja, kalau hanya untuk konsumsi sendiri kita bisa pilih toko sesuai selera jika kita mau membeli beberapa domain, jadi tidak terikat dengan satu toko atau penyedia jasa. Tapi bagi yang mau ikutan program reseller harus dimantepin bener tuh pada satu toko karena ini berkaitan dengan top up saldo (deposit) dan harga saat kita mau jual lagi ke konsumen. Kalau jual dengan harga terlalu tinggi, bisa-bisa tak ada pelanggan yang mendekat. Kecuali kita sudah punya nama (brand) dimata mereka. Tentunya pengalaman dan reputasi toko juga harus kita pertimbangankan.

kita fokuskan saja jika pemakainnya untuk personal, bukan bisnis. Begini tips jitu mendapatkan harga domain murah.

[SATU] Lihat Media sosial Toko Penyedia
Kenapa harus melihat media sosial siempunya toko? Karena terkadang ada promosi yang berbatas waktu yang dibuat oleh siempunya toko untuk mempromosikan dagangannya. Hampir semua penyedia jasa domain dan hosting punya media sosial dan memasifkan lini masa tersebut untuk menjaring pelangan baru dan meneguhkan keperayaan pelanggan lama. Kalo kita sudah scroll sampe postingan paling bawah tapi tidak menemukan program promo, maka langsung tinggalkan saja.
Tapi yang dapet harga promo juga harus hati-hati  juga dengan tagihan pembaruan domain tahunannya. Jangan-jangan murah diawal tapi mahal saat tagihan tahunan untuk perpanjangan domain atau hosting.

Dengan mengetahui dari timeline media sosial kita juga lebih mudah mengetahui apakah promo tersebut sudah basi (kadaluarsa/ tidak berlaku) atau masih panjang periode programnya. Sehingga kita bisa pantau kapan harus mengeksekusi pembelian.

 [Dua] Cari menu promo pada website resminya
Website resmi suatu toko atau penyedia jasa akan mengusahakan tampilan yang menarik dan dapat menginformasikan semuanya. Termasuk program promo dan artikel tentang belajar SEO. Nah tinggal cari dah Menu promonya, maka kita akan disuguhkan tampilan informasi kapan terakhir toko atau penyedia jasa tersebut mengadakan promo dan dengan kisaran harga berapa promo itu ditawarkan. Tapi kalau sudah satu tahun yang lalu bahkan lebih tidak ada program prom oyang ditemukan, berarti kita jangan mengharapkan akan ada program promo dalam waktu dekat.

 [TIGA] Bandingkan harga dengan toko lain
Setiap toko atau penyedia jasa biasanya memajang harga dan fasilitas yang ditawarkan dari masing masing paketnya. Kita tinggal pilih seseuai kebutuhann mau low end atau yang hight sekalian. Tapi kalau hanya untuk kesenangan dan mengisi waktu luang mending pilih yang sederhana dan termurah dulu, Apalagi kalau dompet lagi kempes.

 [EMPAT] Tanya ke orang lain, biasanya ia Buat atau pesan dimana
Ini juga refrensi yang wajib kita kumpulkan kalau kita serius mau mengganti menjadi domain TLD. Kalau yang mengerjakan personal (bukan perusahaan) bisa jadi kita akan mendapat harga murah, karena tidak ditambah pajak dan tidak ada kewajiban menggaji karyawan. Jangan lupa tanyakan detail, harga domainnya saja berapa, kalau mau mensinkronkan (men-direct)ke blogger ada biaya atau tidak, tambah dan ganti ini itu biayanya berapa, jadi harus jelas diawal. Sebagai penjajakan awal, kita tanya-tanya dulu, jangan langsung memutuskan untuk order sebelum kita dapet harga pembandingnya. Untuk tanya menanya yang yang paling andal, tanya juga sama engkong google.

 [LIMA] Beli Domainnya saja
Banyak orang yang sudah bertahun-tahun ngeblog pake domain gratisan dan ingin berpindah ke akun TLD yang berbayar. Jika kita juga demikian mending kita beli domainnya saja sudah cukup. Sehingga bisa menghemat anggaran. Tidak perlu membeli hosting kalau keperluannya hanya untuk nulis artikel. Banyak juga templete gratisan yang bisa kita pakai untuk optimasi SEO dan Adsense. Kecuali memang sudah mengarah bisnis dan ingin sangat serius dengan dunia adsense atau pendapatan lain dari ngeblog.

Dengan hanya membeli domain langsung dari penyedia jasa via online, kita akan sangat diuntungkan. Karena tidak akan ada tambahan harga untuk mensinkorkan atau men-direct blog gratisan kita yang sudah kita buat bertahun -tahun yang lalu, baik masih aktif ataupun sedang mati suri. Jika kita kesulitan, kita bisa langsung minta bantuan cs nya. Pasti akan dibimbing dan masalah akan terselesaikan.

Jika kita pesannya kepada pihak ketiga dan kita tahunya beres (tayang), otomatis kita akan dikenakan biaya tambahan yang merupakan keuntungan perusahaan atau pihak ketiga. Belum lagi kalau setiap tahun harga domainnya naik,  pihak ketiga juga akan menaikkan keuntungannya dan tagihannya pada kita, jika tidak dibayar, otomatis domain angus. Karena bisa jadi harganya tidak sama dengan tahun sebelumnya.

Perlu diingat ini hanya tips ringan yang super jitu bagi yang budget atau anggarannya minim. Tapi kalau kita berlebih dan bisa membayar lebih dengan fasilitas apik (lebih) yang kita dapat, kenapa tidak memakai jasa tersebut! Ada rupa barang, biasanya dibarengi dengan harga yang pantas dari sebuah pembelian.

Demikian tips yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat.

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

4 comments

Write comments
October 17, 2016 at 10:25 AM delete

Beli nya murah, nanti pas perpanjang biasanya gimana?

Reply
avatar
October 19, 2016 at 9:20 AM delete

cek harga normal di website aslinya. .com paling mahal 115 utk perpanjangannya.

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.