Header Ads

Belajar Sambil Berwisata di Desa Bahasa Borobudur dengan Metode 6 Hari Lancar Cas Cis Cus Bahasa Inggris Ala Desa Bahasa Borobudur

Belajar sambil berwisata di Desa Bahasa Borobudur dengan metode 6 hari lancar  cas cis cus berbahasa Inggris 

Ada yang bilang, 2 (dua) bahasa yang jika kita menguasainya maka kita akan menguasai dunia. Bahasa yang pertama adalah bahasa angka dan yang kedua adalah bahasa asing, dimana bahasa asing ini lebih condong pada penguasaan bahasa inggris.

Semua kehidupan didunia ini tidak terlepas dari bahasa angka. Dalam keseharian aktifitas kita pun pastilah berhubungan dengan bahasa matematika tersebut. Mulai dari menghitung uang receh pengembalian, sampai dengan penghitungan uang ghoib jika berhubungan dengan hitungan akuntansi keuangan. Siapa juga yang tidak kenal angka-angka dalam dunia fisika, kimia dan teman temannya. 

Bahasa inggris sendiri adalah sebuah bahasa yang sudah mendunia dan digunakan di forum-forum internasional, sehingga bahasa inggris adalah bahasa yang wajib dikuasai jika ingin bersaing di era global. Apalagi MEA dan AFTA sudah ada didepan mata, maka bahasa inggris ini menjadi sebuah bahasa wajib yang harus dikuasai.

Kalau tidak salah ingat, zaman saya kecil dulu, bahasa inggris mulai diperkenalkan dan menjadi salah satu pelajaran di Sekolah Dasar (SD) kelas 5. Iya nggak si ? mungkin yang lahir ditahun 88 (delapan puluh delapan) bisa mengoreksi kalau daya ingat saya salah. Jika benar begitu, kita kurang lebih sudah 8 (delapan)  tahun (SD-SMA) belajar bahasa inggris. Pertanyaannya jika  sudah belajar selama itu, berapa orang yang sudah fasih berbahasa inggris diluar ia mengenyam pendidikan informal (tambahan) setelah lulus SMA? bahkan kadang sudah ikut kursus pun ada juga yang belum lancar berbahasa inggris.

Banyak lembaga informal yang menawarkan jasa agar kita menguasai kemampuan bahasa inggris kita. Salah satunya adalah Desa Bahasa Borobudur. Sabtu 24 September kemarin saya berkesempatan mengunjungi Desa Bahasa Borobudur yang letaknya tidak jauh dari icon pariwisata Jawa Tengah yaitu Candi Borobudur.

Pada kesempatan itu juga, bertepatan dengan launcing  buku terbaru dari Founder Desa Bahasa Borobudur yaitu Mr. Hani Sutrisno. Buku tersebut berjudul 6 Hari Lancar Cas Cis Cus Bahasa Inggris ala Desa Bahasa Borobudur. Buku ini ditulis untuk orang-orang yang mau belajar bahasa inggris praktis dalam 6 hari versi Desa Bahasa Borobudur tapi ia belum punya waktu untuk mengikuti pembelajaran langusng di Desa Bahasa Borobudur. Dengan itu, harapannya pembaca bisa memanfaatkan metode yang penulis berikan di bukunya sebagai solusi dari problematika dalam mempelajari bahasa inggris aktif.

Sekilas Tentang Desa Wisata Borobudur
Desa Bahasa Borobudur merupakan sebuah lembaga pembelajaran bahasa inggris yang sudah berdiri sejak 1998 yang mengkhususkan diri pada penguasaan percakapan berbahasa inggris (english conversation). Desa Borobudur terletak di Dusun Parakan, Desa Ngargogondo, Kec. Borobudur Kab. Magelang.

mendokumentasikan diri di gerbang utama Desa Bahasa Borobudur

Founder Desa Bahasa Borobudur Mr. Hani pernah di undang oleh Kick Andy untuk menjelaskan kepada masyarakat Indonesia mengenai lembaga yang ia buat. Profil dan penjelasan singkat Desa Bahasa Borobudur juga pernah tayang (dimuat) di berbagai media cetak seperti Kompas, Suara Merdeka, Kedaulatan Rakyat, Republika, Sindo, Jawa Pos, Majalah Tempo, Koran Jakarta, Majalah Franchise, The Jakarta Post dan Antara. Lembaga ini pada awal pendiriannya diresmikan oleh Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA yang merupakan Menteri Pendidikan Nasional periode 2004-2009 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Desa Bahasa Borobudur mengusung konsep pembelajaran yang cepat, mudah dan menyenangkan yang berbeda dengan konsep yang ditawarkan lembaga lainnya. Bahkan di Desa Bahasa Borobudur juga dapat memilih program wisata, dimana peserta program akan diajak bertamasya intelektual agar mendapatkan sensasi belajar bahasa yang berbeda agar  terekam lebih dalam pada memori otak.

Agar target pembelajaran bisa diserap 100% oleh para peserta, sebelum memulai materi belajar bahasa inggris, para peserta dimotivasi terlebih dahulu. Motivasi ini berguna untuk membuka pikiran positif dan menghilangkan segala ketakutan dan keraguan dalam belajar bahasa inggris. Dengan open mind set ini harapannya peserta lebih nyaman tanpa beban dalam melakukan aktifitas pembelajaran di Desa Bahasa Borobudur, karena belajar bahasa inggris bukan lagi menjadi sebuah momok atau ketakutan besar yang mesti ditakuti.

Bukan hanya motivasi, metodologi yang diterapkan juga harus benar, sesuai target dan tidak rumit sehingga peserta dapat menyerap ilmu tanpa merasa diperas otaknya saat mengikuti pembelajaran tersebut. Cara penyampaian di Desa Bahasa Borobudur tanpa rumus ribet yang sudah banyak beredar. Mengenai metode pembelajaran, Desa Bahsa Borobudur mempunyai lebih dari 100 macam metode pembelajaran bahasa inggris yang sudah dipatenkan dan sudah mendapat sertifikat hak cipta dari kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Dengan banyaknya metode tersebut akan lebih tepat sasaran dalam membidik peserta dari berbagai kalangan (anak-anak, remaja, orang tua, tenaga pendidik, karyawan maupun mahasaiswa) baik pemula ataupun yang ingin memperdalam penguasaan bahasa inggrisnya.

Sistem yang disiapkan di Desa Bahasa Borobudur pun sudah kuat dan solid, yang siap diterapkan dan siap bersaing dengan lembaga bahasa inggris lainnya. Tak jarang banyak permintaan dari beberapa daerah untuk menawarkan kerjasama atau menginginkan agar Desa Bahasa Borobudur  bisa membuka kelas atau pembelajarannya di kota mereka (di luar Kab. Magelang).

Desa Bahasa Borobudur lebih mengedepankan praktek dalam gaya pembelajarannya. Ditambah aksi-aksi gerakan tubuh dan nyanyian menjadikan pembelajaran lebih mudah, nyaman dan cepat diingat tapi tidak gampang lupa. Memotivasi peserta agar bisa conversation yang lebih menekankan logat ASINDO (Bahasa Asing yang dilafalkan dengan pengucapan bahasa Indonesia). Menilik masyarakat Indnesia yang bersuku-suku dan berbahasa-bahasa, otomatis kekhasan dialek lokal (daerah) akan terbawa dalam dialek bahasa inggris yang disampaikan dan itu adalah hal yang wajar. Sama halnya ada bahasa inggris versi Amerika dan bahasa inggris versi Inggris, Sehingga pengucapan bahasa inggris dengan logat indonesia (ASINDO) itu juga sah-sah saja.
 
Desa Bahasa Borobudur, I am Coming.. !
Kedatangan saya dan rombongan rupanya sudah ditunggu oleh tuan rumah Desa Bahasa Borobudur.  Proses penyambutan, pembelajaran dan outbound nantinya akan dilaksanakan di Kedai 3 Bahasa. Kedai 3 Bahasa ini merupakan resto  dengan konsep alam terbuka. Rangkaian bangunan dari bambu dan kayu nampak asri nan serasi, plus atapnya dibuat dari rajutan jerami. Pohon sekeling yang menghijau dan angin semilir nan segar menjadikan suasana teduh, nyaman lagi menyenangkan. Menu yang disajikan  merupakan buatan dari alumni desa bahasa loh, dengan menu khasnya adalah mangut beong.

Iringan musik saat penyambutan dan saat suasana santai

Alunan musik angklung dan alat  tradisional lainnya menyapa dari kejauhan, seraya rombongan melangkah maju menuju gapura penyambutan. Kalau pengunjung mau request lagu bahasa jawa, bahasa inggris  dan bahasa indonesia mereka siap menyanyikan spesial untuk anda.

Sambutan Mr Hani sebagai founder desa bahasa menandakan acara pembelajaran sebentar lagi akan dimulai. Disusul dengan sambutan ketua rombongan oleh Ketua genk ibu-ibu penulis Semarang. Yup, aslinya  kegiatan yang saya ikuti ini adalah hajat eduwisatanya Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) Semarang bersama Komunitas Blogger Perempuan Semarang (GandjelRel). Lah, terus kenapa laki-laki tulen seperti saya bisa nimbrung diacara? Wah, kalau itu panjang ceritanya. Yang jelas dalam acara tersebut saya masih dibawah pengawasan seorang wanita cantik yang saya cintai... hehehe... :)

Setelah pengenalan sekilas tentang desa bahasa seperti yang saya utarakan diatas, saya dan rombongan diajak berkeliling kawasan pembelajaran Desa Bahasa Borobudur. Mulai dari home stay-nya, tempat pembelajaran intensif, ruang informasi, ruangan pengajar Desa Bahasa Borobudur, mushola, kelas khusus tahfidz alquran, galeri desa borobudur dan tempat lainnya. Ada juga tempat binatang ternak yang dijadikan sebagai latihan uji berbahasa inggris. 

Salah satu kegiatan yang harus dilakukan  peserta sebelum terjun ke lapangan menemui turis asing di kawasan wisata Candi Borobudur atau turis yang akan didatangkan langusng ke Desa Bahasa Borobudur, peserta harus praktek berbahasa inggris terlebih dahulu saat memberi makan hewan ternak, dan itu dipantau langsung sama coach-nya.
Daftar Paket 1 Hari Eduwisata Kedai Bahasa Borobudur
Setelah berkeliling lokasi pembelajaran, kami kembali ke Kedai 3 Bahasa, alunan musik pengiring pun menyapa telinga dan berhenti saat suara adzan berkumandang. Saat selesai shalat, hidangan makan siang nan lezat sudah berjejer dimeja santap.  Menu andalan kedai tiga bahasapun tak ketinggalan sebagai menu utamanya.
Suasana gala santap

Saatnya pelajaran cas cis cus Lancar Bahasa Inggris Ala Desa Bahasa Borobudur
Isi perut sudah berat alias kenyang, angin segar yang menggelitik indra, ditambah tempat belajar lesehan membuat gerakan kaki semakin leluasa untuk diluruskan (baca: selonjoran). Tapi ketika Mas Abdul (pengajar) datang, suasana kantuk dan ingin bermalas-malasan mejadi hilang. Suara yang keras dan bersemangat dengan ekspresi sersan (serius tapi santai) tertransfer dengan mudah dan kitapun sudah kembali seirama.
Belajar sambil berwisata di Desa Bahasa Borobudur dengan metode 6 hari lancar  cas cis cus berbahasa Inggris
Ilustrasi gerakan tubuh saat materi pronouns
Gerakan tubuh, praktek  hingga bernyanyi saat pelajaran pronouns (ilustrasi gerakan lihat gambar) membuat peserta semakin bersemangat dan antusias. Pelajaran yang sudah didapat akan melekat dengan kuat dengan metode tersebut, InsyaAllahYang penasaran dengan gaya bernyanyi, praktek dan macam-macam gerakannya langsung saja datang ke Desa Bahasa Borobudur untuk menghilangkan rasa penasarannya.
Suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan

Saat sesi penjelasan dengan gerakan tubuh dan nyanyian selesai, maka setiap peserta diminta mencari 10 lawan bicaranya untuk melakukan percakapan bahasa inggris sesuai instruksi yang ada di Buku 6 Hari Lancar  Cas Cis Cus Bahasa Inggris Ala Desa Bahasa Borobudur.  Jika sudah mendapatkan satu orang, maka lawan bicara kita diminta menuliskan nama dan tanda tangannya di kolom yang sudah disediakan.  Begitu juga dengan pelajaran-pelajaran dilembar buku selanjutnya, gaya pembelajarannya akan sama dengan pembelajaran pertama. Tentunya dengan modifikasi gerakan tubuh dan nyanyian yang digunakan.
Praktek berpasangan dengan 10 target lawan bicara

Materi Dikemas Dalam Bentuk Permainan atau Outbond
Pembelajaran dikelaspun selesai, selanjutnya peserta akan dibawa ke lapangan terbuka untuk mengikuti permainan dengan menggunakan bahasa inggris. Keseruan inipun sangat disambut antusias peserta. Games singkat, ringan dan menarik membuat suasana belajar menjadi menarik dan lebih menyenangkan. Namanya permainan pasti ada yang menang dan kalah dan ini merupakan bagian keseruan dari permainan outbond Desa Bahasa Borobudur.
Suasana riang gembira saat permaianan lapangan (outbound)
Sekilas Tentang Buku 6 hari lancar  Cas Cis Cus Bahasa Inggris Ala Desa Bahasa Borobudur
Buku 6 Hari Lancar  Cas Cis Cus Bahasa Inggris ala Desa Bahasa Borobudur ini lebih menekankan pada percakapan populer sehari hari. Penulis sengaja meniadakan cara baca dari setiap kata, meskipun diawal sempat dimunculkan sedikit. Tujuannya untuk lebih mengekspresikan percakapan sesuai logat masing-masing. Tapi jika salahnya terlalu jauh, maka akan dibenarkan oleh pengajar dari Desa Bahasa Borobudur dengan syarat belajar langsung di Desa Bahasa Borobudur. 

Daftar materi 6 hari casciscus lancar bahasa Inggris
Dengan terbitnya buku ini, orang-orang yang berminat melakukan kegiatan belajar di Desa Bahasa Borobudur, tapi mempunyai keterbatasan waktu atau kesempatan waktu yang kecil. Dengan begitu ia  bisa belajar sendiri dirumah berdasarkan panduan yang ada di buku 6 hari lancar  cas cis cus bahasa Inggris ala Desa Bahasa Borobudur. 

Sebelum memulai pembelajaran maka akan ada penyamaan mind set oleh penulis agar target pembelajaran yang ada di buku bisa tuntas dan tepat sasaran. Materi pelajaranpun sudah disusun harus tuntas dalam 6 hari dengan pembagian-pembagian materi yang sudah ditentukan. Kalau sekedar baca, mungkin buku tersebut akan cepat selesai hanya beberapa jam saja. Tetapi untuk menguatkan memori, maka ada baiknya dilakukan praktek juga meskipun tidak diawasi oleh staff pengajar Desa Bahasa Borobudur.

Doorprize menarik
Selain materi pelajaran dari desa bahasa borobudur, dalam buku ini juga dibekali bonus video pelajar bahasa inggris agar mudah, cepat dan mnyenangkan ala Desa Bahasa Borobudur dengan men-scan QR Code yang ada dibuku, maka kita akan diarahkan ke video menarik dari Desa Bahasa Borobudur.


Selain bonus video, didalam buku juga sudah diselipkan kupon atau voucher liburan ke Singapura agar diisi oleh pembeli dan nantinya akan dilakukan pengundian siapa yang berhak mendapatkan liburan ke Singapura dari desa bahasa borobudur.

Yang masih penasaan dengan buku 6 hari lancar cas cis cus bahasa inggris dan desa bahasa borobudur bisa berkunjung ke website resmi desa bahasa borobudur klik  disini 

Semoga informasi ini bermanfaat, happy bloging :)



8 comments:

  1. Metodenya keren banget desa bahasa borobudur ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren banget mba... anak-anak aja sampai betah berlama lama

      Delete
  2. Ndak nyesel kan bi ikut k desa bahasa? Yuks kita programkan belajar bersama disana

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. haha salah satu sesi yang juga ditunggu-tunggu #makanmakan

      Delete
  4. Terima kasih untuk partisipasi dan reviewnya mas. Semoga acara kemarin bermanfaat dan kita bisa ketemu lagi di program-program menarik lainnya. Oya, salam kenal dari saya. Ini nomor kontak WAku ya mas (081328094274).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas sambutan dan jamuan dan ilmunya mas.. Sangat berkesan dan bermanfaat sekali.

      Semoga bisa bersilaturahim lagi dilain kesempatan.

      Salam kenal juga mas

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.