Header Ads

Cara mengganti domain blogspot menjadi .com /.net/.web/.id dan domain TLD Lainnya

Gimana caranya mengatur atau mensinkronkan atau men-direct atau mengganti domain lama kita di blogspot menjadi domain  berbayar ? Setelah membeli domain tanpa hosting, terus apalagi yang harus saya lakukan? Pertanyaan ini yang muncul pertama kali setelah  saya membeli domain heriheryanto.com.

Karena ada promo gendeng yang ditawarkan oleh jagoan hosting, maka sayapun langsung kalap ikut promo yang digelar di facebooknya. Alhasil sayapun mentransfer sejumlah uang untuk membeli domain heriheryanto.com.

heriheryanto.com ini diambil berdasarkan nama panjang saya heri heryanto. Meskipun nama domain ini tidak sefamiliar dengan domain lainnya, tapi itulah tantangannya, bagaimana membranding nama sendiri agar dikenal di dunia tulis menulis online atau dunia perbloggeran.

Untuk mengubah alamat blogspot lama menjadi .com/.id/.web/.net maka kita perlu masuk pada menu pengatuan  blog kita terlebih dahulu. Pilih blog mana yang akan kita ganti url atau alamatnya.

1.Pilih setelan dasar  

2. Klik [+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda - Mengarahkan URL terdaftar Anda ke blog Anda].

3. Masukkan nama domain yang sudah kita beli, dengan menambahkan www didepannya. Pastikan kita sudah memverifikasi domain yang kita beli dan domain sudah aktif.

 4. klik simpan.

Prosesnya belum selesai, setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


Setelah itu kita login ke situs web penyedia domain dengan email dan password yang kita ajukan saat melakukan pembelian domain. Karena belinya di jagoan hosting klik disini untuk login

Jika sudah masuk, klik active Domain - manage domain - manage name server


Setelah itu kita akan diarahkan untuk masuk ke WIZCRM untuk mengubah CNAME agar blogspot kita terdirect ke domain yang kita pesan.
Jika sudah seperti gambar diatas, maka kita kembali lagi ke pengaturan blog kita dan klik simpan.
Sampai disini pengaturan selesai, kita tinggal menunggu beberapa saat sampai bloger menyetujuinya.

Jika sudah berhasil ter-direct maka akan menjadi seperti ini

Sudah mencoba tapi kesulitan? Tinggal layangkan tiket saja pada CS-nya. Sampaikan problem atau masalahnya dimana, tanpa menunggu lama maka customer care akan segera merespon dan memberi solusi. Jika memang setelah mencoba beberapa kali tidak juga berhasil, nanti admin akan membantu mensikronkan tanpa biaya tambahan.

Demikian tutorial singkat dari saya semoga membantu bagi yang sudah ikutan promo gendeng dari jagoan hosting.

Setelah melihat pratinjau dan ditayangkan artikel ini, ternyata gambarnya kurang jelas karena memakai potongan gambar dari hasil print screen. Mohon dimaklumkan :).

2 comments:

  1. Urusan yg kaya begini mah emang mas ku ini jagonya. Barakallah mas, smg makin produktif nulisnya

    ReplyDelete
  2. Urusan yg kaya begini mah emang mas ku ini jagonya. Barakallah mas, smg makin produktif nulisnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.