Header Ads

Cara Menggunakan ALT Text dan Title Text Pada Gambar yang ada Di Postingan Kita (Teknik SEO)

atribute alt tag teks dan title tag teks optimasi seo heri heryanto heriheryanto.com heri lare grage
Banyak teknik yang bisa diusahakan agar postingan kita mudah ditemukan oleh mesin pencari (search engine). Gambar atau infografis merupakan salah stu unsur wajib dalam sebuah blogpost atau artikel. Bukan hanya digunakan sebagai ilustrasi artikel yang kita tulis saja, tapi juga bisa sebagi salah satu teknik optimasi (SEO). Dengan begitu,  gambar yang disematkan dalam postingan bisa menjadi kata kunci tersendiri agar bisa ditemukan oleh mesin pencari.


Agar gambar terbaca oleh search engine sebagai sebuah informasi utuh terkait dengan kata kunci yang dimasukkan dalam kotak mesin pencari, maka kita bisa menggunakan  teknik ALT tag  teks dan title tag teks. Menambahkan title dan alt pada gambar akan sangat membantu artikel kita masuk dan mudah ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan mode pencarian image atau gambar. Selain itu, menambahkan title dan alt teks pada gambar akan menambah score SEO kita.

Bagi yang kurang bersahabat dengan bahasa pemograman atau HTML seperti saya, langkah mudah menyematkan alt title teks pada gambar adalah dengan menginput langsung pada properti gambar yang kita tambahkan dalam postingan dengan cara sebagai berikut ;
1. Upload gambar yang sesuai dengan judul artikel
2. klik gambar dan klik properties, maka akan muncul tampilan sebagai berikut
3. Pada kolom title teks, masukan judul psotingan (artikel) kita, dan pada alt teks ; masukkan judul srtilek dan tambahkan alamat blog kita.
4. Selesai dah, tinggal klik OK.

Bagi yang suka ngutak-atik template dan kode html, bisa juga pengaturannya dengan menambahkan scrip melalui perubahan kode html dengan cara ;
1. masuk ke template, kemudian edit html 
2. kode expr:src='data:post.thumbnailUrl' dan expr:src='data:post.thumbnail'
3. tambahkan kode expr:alt='data:post.title' dan expr:title='data:post.title'
4. klik simpan

Selain cara diatas juga bisa dengan cara lain, yaitu penambahan atribute teks pada gambar secara otomatis, caranya ;
1. masuk ke template, kemudian edit html 
2. Cari kode
3. Copy kode script dibawah ini, lalu Paste diatas kode
4. Simpan template

Dengan melakukan cara-cara diatas, maka gambar kita akan lebih mudah dicari oleh mesin pencari. Semoga bermanfaat.

No comments:

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.