Header Ads

Mengenal NoFollow, DoFollow, OutBound Link dan Inbound Link Beserta cara Penggunaannya


Dalam dunia blogging kadang sering mendengar dan bersliweran istilah Inbound Link,outbound link, DoFollow dan NoFollow yang biasanya dikaitkan dengan teknik SEO. Lalu apa sih apa yang dimaksud Inbound Link,outbound link, DoFollow dan NoFollow itu sendiri?

Padasarnya bagi yang sering ngeblog sudah sering menggunakan teknik ini, hanya saja tidak terlalu prosedural dengan definisi yang dijabarkan. Kalau back Link mungkin semuanya pada tahu kan ya..? Nah, Inbound Link,outbound link, Do Follow dan No Follow merupakan back link itu itu sendiri. lalu dimana letak perbedaannya?

Inbound link adalah sebuah teknik dimana alamat url artikel atau tullisan kita digunakan oleh kita sendiri ataupun oleh orang lain pada tulisannya. Jika di klik maka akan mengarah kepada halaman awal kita (beranda) atau langsung ke tulisan atau halaman dengan judul artikel yang dituju.

outbound link adalah sebuah  teknik dimana kita memasukkan alamat url tulisan dari blog atau website orang lain pada artikel kita sebagai referensi atau rujukan tulisan.

Dari sini bisa disimpulkan, baik outbound link maupun inbound link akan menghasilkan back link pada sebuah artikel. Lalu DoFollow dan NoFollow itu apa?

Banyak artikel yang membahas NoDoFollow biasa-biasa saya tanpa efek menyeramkan. Tapi banyak juga artikel yang membahas tendang dampak buruk, terutama efek dari DoFollow.

Agar mudah dipahami, Bagi orang awam seperti saya bahasakan NoDoFollow adalah backlink saja titik, agar tidak terpapar ketakutan dari info yang berkembang selama ini mengenai nofollow atau dofollow.

NoFollow sendiri mudahnya adalah sebuah link yang tidak menunjukkan laman atau halaman utama jika di klik oleh pengunjung atau bahasa lainnya link yang tidak berfungsi sebagai penegas atau rujukan jadi jelas-jelas dibuat fungsinya bukan untuk spam.

Sedangkam Link DoFollow sendiri adalah sebuah back link yang digunakan untuk mereujuk suatu laman atau halaman tertentu yang tujuannya agar orang berkunjung ke situs tersebut dan merupakan ajakan untuk melihat suatu halaman rujukan.

Jadi ternyata pengertiannya tidak ada beda Inbound Link,outbound link, Do Follow dan No Follow.

Untuk mengetahui link tersebut merupakan link nofollow atau do follow gampangnya pakai aplikasi addOn Mozila yang namanya AddOn NoDoFollow. Aplikasi tambahan tersebut bisa mendeteksi apakah link sisiipan disebuah blog termasuk no follow apa Do Follow. Jika doFollow maka link akan berwarna hijau atau biru. Tapi kalau link no follow maka akan ber warna merah (lihat gambar)

Sekian penjelasan dari saya, semoga tidak menambah kebingungan setelah membaca artikel ini.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.