Tuesday, October 25, 2016

Heri Laregrage

Peserta Kemah Bakti Nusantara Dukung Pak Suswono Memimpin Brebes

Jum'at, Sabtu dan Ahad 21-23 Oktober 2016, saya mendapat kesempatan mengikuti Kemah Bakti Nusantara III yang dilaksanakan di Islamic Center Kab. Brebes. Agenda kemah bakti nusantara  ini salah satunya adalah memberikan dukungan langsung kepada Bapak Suswono yang akan maju menjadi calon Bupati Brebes.


Para peserta yang tergabung dalam Relawan Indonesia Wilayah Jateng ini datang dari berbagai kota dan kabupaten di wilayah jawa tengah. Jumlah peserta yang ikut dalam kemah bakti nusantara ini berdasarkan informasi panitia berjumlah 1057 orang.  Pernyataan jumlah peserta tersebut disampaikan panitia saat pembukaan kemah bakti nusantara.

Pada hari pertama Relawan diberikan kesempatan untuk mengenal lebih dekat siapa Pak Suswono dan juga diberikan pengetahuan terkait dengan latar belakang kenapa Pak Suswono bersedia maju menjadi calon Bupati Brebes. 

Di awal-awal sebelum gelaran pilkada ini dibuka, pak Suswono sempat menolak ketika beberapa sesepuh dan tokoh Brebes atas nama pribadi menyambangi kediaman beliau di Bogor bada subuh kala itu. Karena kedatangan tokoh dan sesepuh Brebes tersebut terang terangan menginginkan pak Suswono maju menjadi Bupati brebes tanpa latar belakang dukungan lainnya.   Hal tersebut jelas ditolak, karena prinsip beliau yang tidak akan pernah meminta jabatan atau mencalonkan diri tanpa dukungan resmi dari sebuah komunitas atau kelompok lainya, bukan dukungan personal. Meskipun demikian, Pak Suswono menyampaikan alasannya dengan baik, sehigga para sesepuh dan tokoh brebes tersebut memaklumi.

Pengenalan calon di hari pertama adalah sebagai bahan pengetahuan relawan jika ada yang menanyakan siapa sosok Pak Suswono sebenarnya. Bisa juga sebagai bahan untuk menjelaskan kepada pemilih calon bupati brebes baik saat ditanya masyarakat brebes ataupun masyarakat diluar brebes. Setelah pengenalan calon selesai, Sorenya para relawan dikirm ke kecamatan-kecamatan dan dari kecamatan tersebut para relawan akan didistribusikan ke beberapa desa sekitar.
Untuk Mengetahui Profil Pak Suswono bisa baca [REVIEW] Profil Calon Bupati Brebes 2017-2022 Dr. Ir. H. Suswono, MMA

Hari Kedua, Relawan disebar kesetiap kecamatan yang ada di Kabupaten brebes guna mengambil sampel terkait kondisi masyarakat brebes saat ini. Data ini nantinya akan menjadi bahan dasar (data primer) dalam membuat visi dan misi brebes 2017-2022 beserta rencana strategis yang harus dijalankan. Data tersebut akan di godok oleh tim pemenangan menjadi program kerja yang akan ditawarkan masyarakat Brebes

Sehari penuh relawan berinteraksi dengan masyarakat Brebes sembari menggali info sejauh mana sosok Pak Suswono ini dikenal di Masyarakat brebes. Relawan juga menggali, harapan, cita-cita serta keinginan masyarakat Brebes, agar brebes bisa maju dan bersaing dengan kota-kota besar lainnya..

Hari Ketiga, aktifitas pagi relawan diawali dengan kerja bakti disekitar rumah atau masjid yang menjadi tempat singgah para relawan. Selama 3 hari para relawan menumpang dirumah warga sekitar, tidak jarang juga ada yang izin ke takmir setempat agar masjidnya bisa digunakan untuk beristirahat dikala malam, tentunya sekaligus untuk MCK para relawan. Infaq subuhpun digerakan sebagai bentuk syukur kita atas fasilitas yang takmir dan warga setempat berikan. Di sesi akhir, para relawan kerja bakti membersihkan area sekitar yang selama 3 hari 2 malam dipakai sebagai tempat singgah sementara para relawan.

Setelah kerja bakti dan bersih diri, para relawan kembali ke posko utama dan menyampaikan data lapangan ke panitia untuk menjadi bahan menyusun rencana strategis Pasangan Dr. H. Suswono - Ahmad Mustaqim. Data tersebut tentunya akan digunakan sebagai bahan dasar kampanye atau bahan dasar membuat vsisi misi dalam mengemban tugas sebagai Bupati Brebes 2017-2022 jika terpilih.

Setelah data disetorkan kepanitia, ditengah rintik hujan para relawan berkumpul dilapangan untuk melakanakan penutupan. Meskipun kemah bakti ini sudah selesai, tetapi diharapkan para relawan tetap menyampaikan informasi positif terkait pak Suswono dan pasangan kepada rekan, keluarga, teman atau siapapun yang berpotensi mempengaruhi pemilih Brebes agar memilih pasangan Dr.H Suswono - Ahmad Mustaqim. Doa Para relawan untuk kemenangan Pak Sus dan Pasangan juga sangat diharapkan selepas acara kemah bakti ini hingga tiba saatnya perhitungan suara.


Dalam orasinya, secara pribadi Pak Sus menginginkan Brebes MAJU (Makmur, Adil, Jujur, dan Unggul). Dengan Slogan tersebut, Pak Sus akan berusaha mengoptimalkan potensi yang ada untuk kemakmuran masyarakat Brebes. Selain itu, Indeks Pembangunan Manusia Kab. Brebes juga harus ditingkatkan agar bisa mengentaskan kemiskinan masyarakat Brebes. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Brebes menempati peringkat ke 35 dari 35 Kab-Kota sebagai daerah termiskin di Jateng. Dengan meningkatnya IPM Kab. Brebes, maka akan meningkatkan sektor lainnya dan Brebes bisa setara dan bersaing dengan Kota besar lain di Jawa Tengah.


Dari hasil penetapan Nomor urut di Kantor KPUD brebes hari ini, Selasa 25 Oktober 2016, Pasangan Dr. Ir.  H. Suswono MMA - Ahmad Mustaqim mendapat nomor urut 1. Selamat bertarung di Pilkada pak Suswono semoga Allah memenangkannya.

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.