Wednesday, December 7, 2016

Heri Laregrage

UANGKU, Rekening Bersama yang Aman dan Terpercaya Untuk Belanja Online

 

Apa sih yang membuat kita tertarik untuk belanja online dari pada belanja offline? Bagi saya pribadi, sangat banyak keuntungan belanja online dari pada belanja offline, diantaranya
  • Menghemat waktu. Belanja online akan dapat menghemat dan mengefisienkan waktu kita. baik itu waktu dalam menempuh perjalanan pulang pergi ke toko tujuan ataupun waktu untuk memilah milih barang yang kita inginkan.
  • Kepastian Stok barang. Kadang kita sering datang ke toko langsung untuk membeli barang tetapi saat sudah berada di toko, ternyata tidak menemukan barang yang kita inginkan. Tapi dengan belanja online, kita bisa memastikan stok barang tersebut tersedia atau tidak dan jika tersedia, kita juga bisa mengetahui berapa barang yang tersisa.
  • Hemat parkir. Dengan belanja onlie kita bisa menghemat pengeluaran untuk parkir karena aktifitas belanja bisa kita lakukan dirumah atau dimana saja. Banyak tempat yang memberlakukan tarif parkir per-jam atau tarif parkir flat. Meskipun tarifnya tetap tapi  sama saja kita harus mengeluarkan uang meskipun banyak yang menyebut bahwa uang parkir adalah uang receh.
  • Kepastian Harga. Kebanyangkan kalo belanja offline terus harga barangnya sudah naik danternyata kita hanya membawa uang pas sejumlah nominal yang sudah kita rencanakan. atau uang yang kita bawa sudah ada posnya masing-masing.
  • Bisa pindah-pindah dengan cepat. Jika melalui belanja online, jika di toko A tidak ada barang dan harga yang cocok seperti apa yang kita inginkan,  kita bisa pindah ke toko B dan seterusnya dengan mudahnya.
  • Banyak alternatif barang yang ditawarkan, Dengan belanja online kita akan bisa menanyakan langsung atau bisa melihat langsung produk lain yang sejenis yang ada di toko tersebut ataupun produk lain yang akan kita butuhkan dilain waktu.
  • BIsa belanja kapanpun dan Dimanapun, belanja online memungkinkan kita untuk bisa berbelanja dimanapun dan kapanku dengan modal gadget atau laptop atau sejenisnya, tentunya harus juga didukung dengan adanya jaringan dan data.
Lantas amankah jika kita belanja online?
Aman atau tidaknya dalam berbelanja di toko online, memang kita sendiri harus jeli  dalam memilih toko. Karena banyak sekali toko online abal-abal (bodong) yang beroperasi di dunia maya. Berbelanja pada toko online, resiko terburuknya adalah bisa jadi uang kita melayang dan barangpun tak kunjung datang. 

Waktu zaman e-commers belum bermunculan seperti sekarang,  kadang kita masih ragu melakukan belanja online. Dengan modal testimoni dari pembeli, screen shoot resi pengiriman yang diupload penjual, serta kepiawaan penjual saat chating menjadi daya magis tersendiri dalam meyakinkan pembeli, pembeli menjadi lebih mantap untuk bisa terus melanjutkan transaksi hingga melakukan pembelian (mentransfer uang). 
            
Tapi sejak ada teman yang menjadi korban penipuan belanja online oleh salah satu toko ponsel, kekhawatiran berbelanja online muncul kembali. Sejak saat itu sayapun memutuskan untuk mencari referensi perihal rekening bersama dan mulai googling jasa rekening bersama yang sudah berpengalaman dan banyak dipakai oleh para pembeli online. Apalagi menurut hasil survey Kapersky Lab, 26% Konsumen Indonesia adalah korban penipuan online dan B2B International.

Dengan modal nekat, meski belum kenal penjual, belum melihat toko fisik dan belum melihat barang secara fisik, Alhamdulillah beberapa barang yang saya beli dari toko online mulai dari Power bank, Senter police Swat, Jam tangan, perlengkapan bayi, buku, baju lebaran, sepatu dan sandal serta barang-barang lainnya berhasil sampai rumah dengan selamat.

Tapi beberapa bulan setelah melakukan transaksi tersebut, muncul berita bahwa jasa rekening bersama yang sering saya pakai juga tertimpa masalah. Akhirnya sayapun beralih ke e-commers terpercaya yang dalam proses transaksinya sudah menggunakan rekening bersama atau rekening resmi e-commers tersebut. Dimana e-commers tersebut hanya akan mentransfer uang kepada penjual  setelah pembeli sudah dipastikan menerima barang pesanannya.

Akhirnya untuk transaksi belanja online selanjutnya saya memilih menggunakan salah satu rekening bersama yang sudah banyak direkomenadisikan oleh salah satu forum jual beli online. Keputusan itupun yang semakin memantapkan hati saat ingin bertransaksi online kembali. Tapi beberapa bulan setelah melakukan transaksi tersebut, muncul berita bahwa jasa rekening bersama yang sering saya pakai juga tertimpa masalah. Akhirnya sayapun beralih ke e-commers terpercaya yang dalam proses transaksinya sudah menggunakan rekening bersama atau rekening resmi e-commers tersebut. Dimana e-commers tersebut hanya akan mentransfer uang kepada penjual  setelah pembeli sudah dipastikan menerima barang pesanannya

Semua orang memang tidak mau tertipu dan menjadi korban penipuan. Untuk berjaga-jaga memang kita harus ekstra hati-hati dalam melakukan belanja online. Kalau sudah urusan uang dan urusan perut terkadang banyak oknum yang tidak peduli dengan area hitam (haram). Sehingga orang tersebut langsung  main sikat, main tipu dan main embat.  

Rekening Bersama Trobosan Baru PT. Smartfren Telecom Tbk
Semakin banyak orang yang menekuni manjadi penjual dan pembeli online maka memang harus ada fasilitas rekening bersama yang digunakan untuk memfasilitas transaksi. Era toko online menjadikan semua orang bebas menjadi penjual online hanya dengan bermodalkan media sosial seperti facebook, twitter dan instagram. Tiga media sosial itulah yang biasanya sering dimanfaatkan penjual dalam hal mempromosikan barang dagangannya. Sehingga sekarang toko online bukan hanya dikuasi oleh e-commers yang disokong dengan pendanaan yang besar tapi juga ikut diramaikan oleh media sosial. Dimana penjual yang menggunakan media sosialpun dalam segi besarnya modal yang digunakan juga berbeda-beda, dari penjual dengan modal kecil hingga bermodal besar. Belanja di Media Sosial menjadi alternatif tersendiri bagi para pembeli yang lebih suka mencari barang didunia maya (secara online).

PT. Smartfren Telecom Tbk pun membuat trobosan baru dengan meluncurkan produk (layanan) barunya yang menjadi jawaban atas kegelisahan bersama para pembeli online terkait dengan kejelasan dan keamanan dari sistem pembayaran yang ia lakukan. Dengan adanya layanan ini setidaknya para pembeli mempunyai kepastian keamanan yang jelas dan jika barang tidak kunjung datang maka uang yang sudah terlanjur ditransfer pembeli akan dengan mudah kembali ke rekening kita.

Untuk menjadi solusi bersama dan menghilangkan kegundah gulanaan para buyer, kini hadir rekening bersama UANGKU yang bisa dipakai dan diandalkan oleh para pembeli online di seluruh Indonesia. UANGKU adalah sebuah mobile wallet yang dapat di gunakan untuk membayar transaksi belanja online di sosial media, chatting dll. Dengan menggunakan UANGKU, transaksi pembayaran akan menjadi lebih aman dengan jaminan uang kembali. UANGKU merupakan salah satu produk dari PT Smartfren Telecom Tbk. Ditambah lagi UANGKU sudah mengantongi lisensi atau izin resmi dari Bank Indonesia untuk sistem security yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi dengan nasib uang kita jika kita melakukan transaksi menggunakan perantara UANGKU. Sehigga nama besar Smartfren akan menjadi jaminan dan taruhan jika suatu saat ada ketidakjelasan dalam layanan rekening bersama yang ia luncurkan.

UANGKU, Rekening Bersama yang Aman dan Terpercaya Untuk Belanja Online
Payment request UANGKU hadir memberikan ketenangan disaat tidak sedikit para pembeli yang sudah tidak percaya dengan adanya rekening bersama dan takut menjadi korban penipuan saat belanja online. Dengan hadirnya UANGKU yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli, maka pembeli cukup mentransfer ke rekening UANGKU sejumlah nominal yang sudah ditentukan oleh pihak penjual. Setelah mendapat kiriman uang dari pembeli, UANGKU akan menkonfirmasi pihak penjual dan barangpun akan dikirim oleh penjual ke alamat pembeli. Pembeli akan menerima pembayaran sejumlah nominal yang ditransfer ke penjual setelah pembeli dipastikan telah menerima barang dipesan. Lantas bagaimana jika barang yang katanya sudah dikirim tidak kunjung datang? , jika dalam waktu yang telah ditentukan barang belum diterima oleh pembeli, maka UANGKU akan mengembalikan uang pembeli 100% ke rekening pembeli. UANGKU jelas memudahkan dan Aman bukan?

UANGKU telah bekerjasama dengan online shop terpercaya yang akan membuat kita lebih nyaman dan lebih banyak pilihan dalam berbelanja online di media sosial, chating dan lain sebagainya. Bukan hanya sebatas itu, uangku akan terus menambah merchant favorit sehingga memanjakan penggunanya dalam memakai aplikasi UANGKU.

 Untuk security terbaik, semua akun UANGKU terlindungi dengan 6 digit PIN rahasia yang dibuat oleh pengguna dan wajib dimasukan setiap kali log-in. Sehingga apabila kamu kehilangan smartphone kamu, tidak perlu khawatir karena akun kamu tidak akan bisa diakses tanpa PIN rahasia tersebut, dan kamu tetap bisa log-in di smartphone lain dengan nomor handphone UANGKU kamu dan PIN rahasia tersebut.

PT Smartfren Telecom Tbk sebagai penerbit UANGKU telah mendapat ijin resmi dari Bank Indonesia untuk sistem security yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan.            

Sebagai the safest mobile wallet, security adalah prioritas utama kami di UANGKU. Agar setiap pembayaran dan transaksi terjamin aman, UANGKU menggunakan enkripsi security yang sesuai dengan standar security bank untuk melindungi informasi log-in dan data transaksi kamu dari akses yang tidak resmi.

Kami selalu siap untuk kamu. Jika kamu merasa ada hal yang mengganggu keamanan pembayaran atau akun UANGKU kamu atau jika kamu memiliki pertanyaan seputar security, silahkan hubungi kami kapanpun.

Bagaimana sih cara menggunakan UANGKU?
Bagi  yang ingin menggunakan UANGKU sebagai rekening bersama saat bertransaksi jual beli onlie, berikut tatacaranya ;
  1. Mintalah sistem pembayaran dengan menggunakan UANGKU kepada penjual, jika penjual tidak menawarkan sistem pembaranan UANGKU.
  2. Kirimkan alamat lengkap dan nomor telepon pembeli ke penjual, nomor telepon yang dikirimkan akan mejadi salah satu fasilitator pendukung dalam transaksi
  3. Penjual akan mengirimkan SMS berisi request pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli 
  4. Top up melalui transfer sejumlah pembayaran.
    • Jika menggunakan ATM, mobile banking atau internet banking,
      • Pilih menu transfer dan masukkan kode bank 153 (Bank Sinarmas) 
      • Masukkan 8881+nomor handphone pembeli yang selanjutnya disebut sebagai virtual account yang digunakan sebagai rekening tujuan.  Contoh virtual account 0888108881234567. 
      • Masukkan jumlah yang ingin ditop up sesuai dengan request pembayaran
      • Pembayaran berhasil dilakukan dan penjual akan menerima konfirmasi pembayaran kamu secara otomatis.
    • Pembayaran langsung melalui galeri smartfren
      • Sebutkan nomor handphone kamu, nama dan jumlah nominal yang ingin di top up
      • Bayar sesuai dengan nominal tersebut di kasir
      • Jika pembayaran berhasil, kamu akan menerima konfirmasi melalui SMS, dan penjual juga akan menerima konfirmasi otomatis atas pembayaran kamu.
    • Pembayaran melalui top up atau saldo aplikasi UANGKU.
      • Pilih menu payment request, dan pilih pending payment request yang ingin kamu bayar
      • Klik pada bagian “PAY NOW ”untuk mengkonfirmasi pembayaran
      • Apabila pembayaran berhasil, maka payment request akan berubah status secara otomatis menjadi “PAID”
       

Dengan adanya UANGKU, pembeli dan penjual juga merasakan keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi online.

Ulasan lengkap mengenai  UANGKU dan Manfaat belanja online bisa baca tulisan saya di  Blog Kompasiana dengan judul yang sama UANGKU, Rekening Bersama yang Aman dan Terpercaya Untuk Belanja Online

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

2 comments

Write comments
Relita Aprisa
AUTHOR
December 7, 2016 at 2:20 PM delete

Baru tau ni kalau ada uangku, jadi lebih aman dan nyaman yaa mas saat belanja ol

Reply
avatar
December 7, 2016 at 2:44 PM delete

he em, jadi semakin aman kalo belanja online meski tidak lewat e-commers

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.