Header Ads

OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan

OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan 
Penyakit pernapasan merupakan penyakit yang rawan diderita oleh para perokok, salah satunya adalah bronkitis. Iritasi pada saluran udara, atau bronkus akibat merokok terjadi secara bertahap. Dengan menghisap asap tembakau terus-menerus, bronkus menghasilkan respon peradangan dan lendir yang berlebihan, yang tidak mampu dihilangkan secara alami oleh silia (rambut halus pada lapisan mukus) yang rusak. Jika dibiarkan terus menerus akan terjadi peradangan dan bisa berkembang menjadi Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). PPOK sendiri merupakan penyakit kerusakan paru paru yang sulit untuk disembuhkan.

Jika penyakit bronkitis masih pada level akut, maka dengan pengobatan yang teratur, penyakit ini masih bisa disembuhkan. Tapi jika sudah pada level kronis atau sampai PPOK, maka hal ini butuh perjuangan yang sangat besar untuk menyembuhkannya.

Penyakit bronkitis akut itulah yang pernah dirasakan oleh bapak saya. Dulu bapak bisa dibilang perokok berat. Dari mulai rokok lintingan hingga batangan sudah beliau coba. Tentunya bahan yang dipakai masih dalam koridor yang diperbolehkan oleh aturan yang ada (tidak ada pemakaian zat terlarang). Setelah merasakan "nikmatnya" rokok selama bertahun-tahun. Kini di usianya yang ke 62 tahun, bapak harus menerima kalau ia terkena penyakit saluran pernapasan (bronkitis). Bersyukur penyakit itu masih bisa disembuhkan dan sekarang bapak sudah pulih dan sehat kembali.

Sudah hampir satu tahun ini bapak beberapa kali dilarikan ke IGD Rumah Sakit, karena penyakit bronkitisnya mendadak kambuh dimalam hari. Penyakit itupun terkadang tiba-tiba datang disaat kelelahan atau badan kurang fit.  Saat penyakit itu datang, katanya beliau merasakan dada yang seakan terhimpit. Sebelumnya bapak pernah merasakan batuk yang tak kunjung sembuh disertai panas dingin yang ringan.

Siapa yang tidak panik saat orang tua tercinta yang sebelumnya dalam keadaan baik-baik saja mendadak menggenggam erat apa yang ada disekitar. Hal itu beliau lakukan untuk menahan sakit karena dada seakan sesak dan terhimpit. Beliaupun sangat susah sekali mengambil nafas, meskipun hanya  sekali helaan.

Keluargapun langsung berinisiatif untuk membawanya ke Rumah Sakit. Sesampai di rumah sakit, bapak dipakaikan masker yang pertanda beliau sedang menjalani terapi (pengobatan) dengan cara menghirup uap agar kondisinya bisa membaik. Alhamdulillah kondisi burukpun tidak berlangsung lama, pagi harinya bapak sudah bisa pulang  dan melanjutkan isirahat di rumah.  Dokterpun tak lupa memberikan bekal obat untuk diminum di rumah.

Setelah peristiwa itu, bapak sudah mengurangi konsumsi rokoknya, dari 3 bungkus untuk 2 hari, menjadi 1-2 batas saja dalam sehari. Karena belum berhenti total, suatu  waktu penyakit itupun menghampiri kembali saat dini hari. Saat itu juga, bapak langsung dibawa ke rumah sakit yang sama. Pengobatannya pun dengan metode yang sama yaitu pemberian obat uap agar obat bisa  langsung sampai pada titik yang membutuhkan. Pagi harinya bapak sudah bisa pulang dan bisa istirahat di rumah. Kali ini bapak tidak dibekali obat dari rumah sakit setempat. Sejak peristiwa terakhir itu barulah bapak berhenti merokok 100%. Alhamdulillah Ya Rabb.

Saya pribadipun berfikir, kalau hanya menghirup obat uap apa tidak bisa dilakukan di rumah? Obat pusing, demam dan berbagai macam obat lainnya saja ada yang bisa disediakan di rumah sebagai P3K. Kalau saja obat terapi gangguan pernapasan tersebut bisa tersedia dirumah, jika penyakit gangguan pernapasan bapak kambuh, bisa melakukan penanganan sendiri. Lebih cepat tertangani dan lebih cepat pulih kembali dan tidak ribet, tanpa harus dibawa ke rumah sakit terlebih dahulu. Sehingga perlu ada partner terbaik dirumah untuk mempermudah terapi gangguan pernapasanLagi pula untuk bisa sampai ke rumah sakit, kita juga memerlukan waktu yang lumayan lama untuk sampai disana. Ternyata apa yang saya fikirkan sudah dijawab dengan adanya produk Omron Nebulizer yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

Alhamdulillah sejak kejadian terakhir itu, bapak sudah tidak pernah lagi pergi ke rumah sakit. Paling hanya batuk pilek biasa, dengan istirahat cukup atau dengan obat puskesmas, bapak sudah bisa beraktifitas kembali.

Terapi Gangguan Pernapasan Dengan Obat Uap
Pengobatan penyakit gangguan pernapasan seperti yang dilakukan oleh pihak rumah sakit terhadap bapak saya adalah dengan menggunakan metode inhalasi atau nebulasi. Inhalasi sendiri adalah proses aktif dimana seseorang mengambil udara kedalam tubuh melalui mulut atau hidung dan mendorong ke paru-paru. Dalam istilah medis inhalasi adalah terapi atau pengobatan penyakit saluran pernapasan dengan cara menghirup obat dalam bentuk uap agar obat tersebut bisa langsung menuju titik sasaran (saluran pernapasan). Caranya dengan menghirup obat melalui mulut ataupun hidung dengan bantuan masker, mouthpiece ataupun nosepiece. Untuk bisa melakukan pengobatan dengan cara ini,  kita membutuhkan bantuan alat yang disebut nebulizer. 

Alat nebulizer ini dapat mengubah obat dari bentuk cair menjadi uap (arosol) yang berukuran mikroskopis. Perubahan cair ke uap dimaksudkan agar obat bisa bekerja langsung pada bagian alat pernapasan atau paru-paru yang membutuhkan. Sehingga obat tersebut akan berkerja lebih cepat dan tepat pada saluran pernapasan (paru-paru). Obat yang langsung masuk paru-paru dengan bantuan nebulizer akan bekerja lebih cepat dalam mengencerkan dahak dan mengembalikan saluran pernapasan pada kondisi semula (normal).  Sedangkan pada kasus berat, pemberian nebulizer harus rutin agar tidak terjadi penumpukan dahak. Tentunya hal ini harus dengan petunjuk atau resep dokter terkait.

Sebenarnya terapi gangguan pernapasan seperti ini sudah biasa saya lakukan saat anak (bayi) mengalami flu atau hidung tersumbat. Dimana pada saat itu anak saya diupayakan untuk menghirup uap yang dihasilkan oleh cairan panas dari wadah yang sudah kita beri minyak kayu putih atau sejenisnya terlebih dahulu, agar lebih hangat dan cepat mengencerkan dahak. Dengan teknik penguapan tersebut, diharapkan dahak dapat keluar dengan sendirinya, karena bayi belum bisa mengeluarkan dahaknya sendiri.

Omron Nebulizer, terapi Obat Uap Pribadi, Partner Terbaik Atasi Gangguan Pernapasan
Jika ada orang dekat yang menderita panyakit saluran pernapasan baik bronkitis, asma, maupun penyakit gangguan pernapasan lainnya, mungkin kita perlu menyediakan obat pribadi sebagai pertolongan pertama pada penyakit saluran pernapasan. Karena terkadang penyakit tersebut bisa datang secara tiba-tiba. Omron Nebulizer bisa menjadi partner terbaik dalam mengatasi gangguan pernapasan yang muncul tiba-tiba. Obat dalam bentuk uap akan bekerja lebih cepat dari pada dalam bentuk pil atau obat telan lain. Sehingga keberadan Omron Nebulizer bisa menjadi terapi pernapasan terbaik yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Omron Nebulizer merupakan salah satu produk dari  Omron Healthcare Co. yang berpusat di Kyoto, Jepang. Omron Healthcare Co. terkenal dengan pengembangan dan produksi alat-alat kesehatan yang banyak digunakan oleh rumah sakit baik negeri ataupun swasta.

Mengusung nilai "Healthcare@Home”, Omron memproduksi alat-alat kesehatan yang dapat membantu semua orang karena praktis, mudah dan bisa digunakan dirumah. Sehingga tak salah jika produk Omron menjadi partner terbaik dalam mengatasi permasalahan kesehatan keluarga. Produk Omron terkenal mempunyai kualitas tinggi dan  diproduksi untuk  memenuhi permintaan pasar global.

Omron Nebulizer merupakan alat yang dapat mengubah obat cair ke dalam bentuk uap (aerosol) sehingga obat langsung bisa sampai ke sasaran dengan cepat. Omron Nebulizer merupakan alat bantu yang digunakan sebagai sarana mempercepat penyembuhan penyakit saluran pernapasan pada paru-paru, rongga pleura, tabung bronkial, trakea dan saluran pernapasan bagian atas. Omron Nebulizer dirancang dengan teknologi terbaru dan canggih yang dapat digunakan dengan mudah, cepat, aman dan nyaman. Omron Nebulizer dapat menjadi partner terbaik dalam mengatasi gangguan pernapasan.

Bentuknya yang kecil, cara pengoperasian mudah, ringan, portabel dan suaranya yang hening, maka tak salah jika produk ini menjadi partner terbaik dalam mengatasi penyakit saluran pernapasan. Kompresor Omron Nebulizer menggunakan teknologi  D.A.T dan V.V.T yang akan membuat alat bekerja semakin optimal. Teknologi tersebut akan membuat penggunanya merasa aman dan nyaman. Dengan suara yang hening, dimensi yang kecil lagi ringan membuat Omron Nebulizer bisa dibawa kemana saja dan bisa digunakan dimana saja.

Penggunaan nebulizer memang lebih baik dari pada obat oral karena tidak menimbulkan residu dalam darah. Teknik ini mampu menjadikan obat terserap maksimal dan langsung bekerja pada sasaran. Dengan begitu, efek samping obat sangatlah kecil. Meskipun alat ini bisa digunakan pada orang dewasa maupun anak-anak, tetapi dalam pemakaian dosis atau takaran obatnya, tetap harus dikonsultasikan pada dokter terkait.

Persiapan Pemakaian Omron Nebulizer
Dalam satu paket produk Omron Nebulizer terdiri dari 1 buah Kompresor (unit utama), 1 buah Nebulizer kit, 1 buah Mouthpiece, 1 buah Masker Dewasa, 1 buah Masker anak, 5 buah Filter udara, dan 1 buah Pipa udara 100 cm. Sedangkan untuk nosepiece ketersediaannya opsional.

OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan
Agar bisa digunakan, kita harus merangkainya menjadi satu bagian siap pakai dengan cara :
1. Sambungkan kabel daya ke stop kontak, pastikan alat dalam posisi off.
2. Lepaskan inhalation top dan angkat untuk melepaskan dari tanki obat (gambar a).
3. Masukkan obat kedalam tanki obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter. Pakailah ukuran pada suntikan agar dosis penggunaan tepat (gambar b). 
4. Masukkan kembali vaporizer head ke dalam tanki obat. Satukan kembali inhalation top dan accesory adapter dengan tanki obat. Sejajarkan bagian seperti gambar (d) lalu putar sampai bunyi "klik".
5. Pasang masker dewasa (gambar f)/ masker anak (gambar g)/ mouthpiece (gambar h) atau nosepiece (gambar i) pada nebkit. Pastikan penanda panah pada nebkit berada didepan pasien untuk menghindari  obat dapat terpercik ke kulit atau baju pasien (gambar e).
6. Hubungkan pipa udara. Tekan perlahan pipa udara pada konektor dikompresor ataupun tanki obat. Pastikan pipa udara terhubung dengan kompresor dan nebkit. Lakukan dengan hati-hati agar obat tidak tumpah saat pemasangan.
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan

Proses Inhalasi Omron Nebulizer
Posisi yang tepat dalam pemakaian akan membuat alat bekerja semestinya dan obatpun akan terpakai dengan maksimal. Agar alat dan obat bisa bekerja optimal maka pegang dan tahan nebkit dengan baik (gambar j). Perhatikan kemiringan, pastikan oabat tidak timpah saat pemakaian. Pastikan unit utama sudah tersambung dengan aliran listrik setelah itu posisikan ON tombol pada power. Saat alat sudah menyala, nebulisasi dimulai dan aerosolpun dihasilkan. 

Hirup uap obat seperlunya. Jika ingin menghentikan nebulisasi, tekan ombol off. Saat sedang digunakan, unit utama (kompresor) akan menjadi panas. Jangan menyentuh unit yang sedang digunakan jika memang tidak diperlukan. Setelah selesai, matikan kembali alat dan cabut kabel daya dari sumber listrik.
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan
Pemeliharaan Omron Nebulizer
Setelah pemakaian, pastikan unit utama dalam posisi off dan segera cabut stop kontaknya. Jika masih ada obat yang tersisa, buang sisa obat yang ada pada tanki obat. Pisahkan bagian-bagiannya untuk mempermudah pencucian. Cuci dengan air hangat dan detegern ringan. Bilas semua bagian dengan air panas lalu keringkan dengan cara alami. Untuk unit utama (kompresor), tidak boleh dicuci dengan air. Cukup lap dengan kain bersih karena kompresor tidak tahan air. Bersihkan veporizer head dengan air mengalir setelah pemakaian. Beberapa bagian nebkit bisa dididihkan selama 15-20 menit, kecuali pipa udara, masker (PVC), filter udara dan penutup filter udara.
Jika ada bagian yang mengembun bisa dibersihkan dengan cara nyalakan kompresor dan pipa udara tanpa memasang nebkit. Jika filter udara sudah berubah warna atau telah digunakan lebih dari 60 hari, harap ganti filter udara dengan filter yang baru. Caranya tarik penutup filter udara dari kompresor, ganti dan tutup kembali. Filter tidak boleh terkena air, jadi jangan lakukan pencucian filter dengan air. Jika terkena air, harap ganti dengan filter yang baru. Yang boleh dicuci hanya penutup filternya saja dan itupun tidak boleh dididihkan.

Produk Omron Nebulizer di Indonesia
Menurut informasi yang didapat dari website Omron Indonesia di http://omronhealthcare.co.id/ ada 6 produk kompresor nebulizer dan 1 mess nebulizer. Tentunya masing-masing produk disesuaikan dengan selera penggunanya. Adapun penjelasan singkat masing-masing sebagai berikut.

1. Nebulizer NE-C803
Kompresor NE-C803 dilengkapi teknologi D.A.T  sehingga mempunyai suara yang hening, bentuknya kecil, ringan dan mudah dibawa (portabel). Kompresor NE-C803 memberikan rasa aman dan nyaman saat digunakan oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Keunggulan lain dari NE-C-803 adalah :
  • Penggunaan obat yang efisien
  • Mengoptimalkan durasi terapi
  • Laju nebulasi (0,3ml/menit)
  • Ukuran partikel uap 3µm MMAD
  • Kapasitas obat 10ml (max)
  • Power listrik (AC Adaptor)
Download brosur resmi Nebulizer NE-C803 klik disieni
Download petunjuk manual  resmi Nebulizer NE-C803 klik disini
Tonton video tutorial  resmi Nebulizer NE-C803 klik disini 
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan

2. Nebulizer NE-C801
Kompresor NE-C801 dilengkapi  dengan teknologi V.V.T yang akan membuat kompresor ini lebih aman dan mudah digunakan meskipun tanpa silikon. Dimensi yang kecil dan ringan dirancang untuk efisiensi terapi gangguan pernapasan. Pada kompresor ini juga tidak ada bagian-bagian kecil yang mudah hilang atau dapat tertelan oleh anak. Kompresor NE-C801 dapat mengurangi sisa residu obat serta sudah memenuhi standard kebersihan. Selain itu juga mempunyai keunggulan lain seperti :
  • Suara pengoprasian yang kecil
  • Ukuran alat yang kecil dan ringan
  • Penggunaan obat yang efisien
  • Mengoptimalkan durasi terapi
  • Laju nebulasi (0,3ml/menit)
  • Ukuran partikel uap 3µm MMAD
  • Kapasitas obat 7ml (max)
  • Power listrik (AC Adaptor)
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan 
Download brosur resmi Nebulizer NE-C801 klik disini
Download petunjuk manual resmi Nebulizer NE-C801 klik disini
Tonton video tutorial Nebulizer NE-C801 klik disini

3. Nebulizer NE-C801KD
Kompresor NE-C801KD sama dengan kompresor NE-C801. Hanya saja NE-C801KD didesain khusus untuk infant dan anak-anak. Pada model ini dilengkapi dengan masker untuk infant dan anak- anak yang dilengkapi aksesoris boneka lucu.
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan
 4. Nebulizer NE-C28
Kompresor Nebulizer NE-C28 menggunakan  teknologi Katup Virtual (V.V.T) yang akan lebih mengurangi sisa residu obat, serta aman dan mudah digunakan meski tanpa silikon.  NE-C28 dirancang khusus untuk jumlah pemakaian tinggi dengan laju nebulisasi tinggi untuk mengoptimalkan durasi terapi. Pada kompresor NE-C28 tidak ada bagian-bagian kecil yang mudah hilang atau dapat tertelan oleh anak serta sudah memenuhi standar kebersihan. Selain itu juga mempunyai keunggulan lain seperti :
  • Penggunaan obat yang efisien
  • Laju nebulasi (0,4ml/menit)
  • Ukuran partikel uap 3µm MMAD
  • Kapasitas obat 7ml (max)
  • Power listrik (AC Adaptor)
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan 
Download brosur resmi Nebulizer NE-C28 klik disini
Download petunjuk manual resmi Nebulizer NE-C28 klik disini
Tonton video tutorial Nebulizer NE-C28 klik disini

5. Nebulizer NE-C29
Kompresor NE-C29 memiliki kinerja tahan lama serta kualitas terbaik untuk terapi pernapasan terbaik yang efisien. Teknologi   V.V.T (Virtual Valve Technology) pada NE-C29  akan menghasilkan pengobatan yang efisien karena tidak menggunakan katup silikon. Selain itu lebih aman untuk anak, tidak mudah kotor yang akan mengurangi kemungkinan infeksi. Laju nebulisasi yang tinggi menjamin durasi pengobatan yang optimal dengan residu pengobatan yang sangat minimal. Pengoperasian dan perawatan mudah. Ketersediaan model pada tipe ini bervariasi dimasing-masing negara.
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan
Download brosur resmi Nebulizer NE-C29 klik disini
Download petunjuk manual resmi Nebulizer NE-C29 klik disini

6. Compressor Nebulizer NE-C30
Model ini dapat beroperasi dengan baterai sehingga bisa digunakan meskipun sedang mati lampu. Teknologi V.V.T nya menjadikan penggunaan obat lebih efisien dan residu obat yang minimal. Bisa digunakan dengan katup atau tanpa katup silikon. Penggunaan tanpa katup silikon menjadikan lebih aman untuk anak-anak dan mudah dibersihkan. Ketersediaan model pada tipe ini bervariasi dimasing-masing negara.
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan

Download brosur  resmi Nebulizer  NE-C30 klik disini
Download petunjuk manual resmi Nebulizer NE-C30 klik disini

7. Mesh Nebulizer NE-U22
Mesh Mebulizer Ne-U22, merupakan nebulizer ultra compact yang dirancang agar penggunaannya lebih mudah, cepat, efisien dan dapat  digunakan untuk semua usia. NE-22 menghasilkan kabut uap yang sangat halus sehingga akan memastikan obat masuk hingga mencapai saluran pernapasan. Model ini juga memungkinkan untuk menghirup uap disegala posisi, bahkan ketika miring atau berbaring.
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan
Bentuk kecil, ringkas, suara hening dan mudah dibawa menjadikan model ini cocok untuk digunakan didalam ataupun diluar ruangan. Pada pengoperasiannya model ini menggunakan  3 VDC (dua baterai alkaline ukuran AA) atau 2,4 VDC (dua baterai isi ulang nikel hidrogen ukuran AA) atau adaptor AC (komponen opsional dari Omron). Model ini juga dilengkapi masker untuk dewasa dan anak-anak.
Download brosur resmi Nebulizer  NE-U22 klik disini
Download petunjuk manual  resmi Nebulizer  NE-U22 klik disini


Cara Mendapatkan Omron Nebulizer
Saat ini Omron Nebulizer bisa didapatkan di apotek kepercayaan keluarga. Selain itu produk ini juga bisa dibeli melalui e-commerce atau situs belanja online populer di Indonesia. Jika kita mengetikkan "Nebulizer" dikolom pencarian, kebanyakan situs jual beli online akan merekomendasikan Omron Nebulizer pada hasil pencarian teratas. Hal ini membuktikan Omron Nebulizer ini menjadi nebulizer populer yang banyak dicari dan dijual pada toko online. 
OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik Dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan
Jika kita mencari di toko online, banyak toko yang memberikan diskon terbaik atau promo spesial setiap pembelian produk Omron Nebulizer pada toko online tersebut. Buruan buktikan sendiri agar kita bisa mendapatkan Omron Nebulizer yang kita inginkan dengan harga yang spesial. Klik gambar dibawah ini untuk mendapatkan penawaran spesial produk Omron Nebulizer.

http://www.dinomarket.com/Omron-NE-C803
 

Demikian ulasan tentang produk nebulizer dari Omron. Jika artikel berjudul OMRON Nebulizer, Terapi Uap Yang Bisa Menjadi Partner Terbaik dalam Mengatasi Gangguan Pernapasan ini dirasa bermanfaat silakan klik tombol untuk membagikannya.

14 comments:

  1. Alat ini sangat membantu banget yaa mas buat yang menderita penyakit pernafasan, kalau harus ke RS kasian harus nahan sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalo sedia dirumah bisa lbh cepat penanganannya

      Delete
  2. keren bro artikelnya ini ane baru tau. tapi ada efek sampingnya apa gan ya? walaupun kemungkinannya kecill

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalopun ada, efeknya lbh kecil dari obat telan brod

      Delete
  3. Nice info gan,,, sangat membantu...

    ReplyDelete
  4. harganya kurang bersahabat hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada harga ada rupa. Cari yg lbh miring ada diskon ditoko tertentu. Setimpal dg kesehatan yg didapat

      Delete
  5. Waduh, lengkap banget reviewnya mas, semoga menang ya mas..aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Sama sama mbakyu.. Sukses jg ngontesnya

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.