Header Ads

Ritual Sebelum Jumatan

Jumat Mubarak

-Hari dimana mendapatkan kesempatan pengampunan dosa selama 7 Hari kebelakang dan 3 hari kedepannya

"Orang yang wudlu dengan sempurna lalu menghadiri shalat #Jumat & mendengarkan khotbah dg baik, pasti diampuni dosa-dosanya antara jumat yg lalu sampai jumat saat itu, ditambah tiga hari." (HR. Muslim)

-Terhindar dari kategori lalai versi Allah swt

“Hendaknya sekelompok kaum berhenti dari meninggal shalat-shalat #Jumat, atau Allah akan menutup hati-hati mereka, kemudian mereka tergolong orang-orang yang lalai.”
[HR. Muslim]

-Badan menjadi lebih segar

"Mandi #Jumat wajib bagi setiap orang baligh. Juga memakai wangi" wangian seadanya" (HR. Bukhari Muslim) #jumatberkah

- Mandi yang berpahala (sunah rasul)

Ibnu umar ra menceritakan bahwa satu waktu Umar nin Khatab sedang berdiri menyampaikan khotbah #jumat. Tiba-tiba seorang laki-laki muhajirin yaitu Utsman masuk masjid. Umar berkata kepadanya, "Hari apa ini?!" Ia menjawab, "saya sibuk, saya belum sempat pulang. Saya mendengar adzan, lalu berwudlu (tidak sempat mandi)." Umar berkata, "kamu hanya wudlu, padahal kamu tahu kalau Rasul saw menyuruh kita mandi". (HR. Bukhari)

-Bersegera menyambut panggilan

“Wahai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat #Jumat, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui.” [Al-Jumu’ah: 9]

-pelaksanaan mandi jumat dari sejak subuh sampai sebelum shalat jumat. Sehingga mandi setelah shalat jumat tidak dikategorikan dalam mandi jumat.

"Setiap muslim wajib mandi sekali dalam sepekan. Membersihkan kepala & seluruh badan" (HR Bukhari muslim).

Dari ibnu Umar ra Rasul bersabda "jika kalian hendak menghadiri shalat jumat maka mandilah" (HR bukhari, muslim, abu daud, tirmidzi, an-nasai, ahmad)

-Jika sudah mandi dan berhadas maka, tidak usah mengulang mandi. Cukup berwudlu saja

Atsam berkata, "Imam ahmad pernah ditanya tentang seseorang yang sudah mandi #jumat lalu berhadas (wudlunya batal. Apakah cukup berwudlu saja?" Ia menjawab,"ya, cukup berwudlu. Dalam masalah ini tidak ada hadis yang lebih kuat dari dari hadist ibnu Abza, hadis shahih yg diriwayatkan Ibnu Abi saybah bahwa ibnu absa pernah bercerita, ayahnya pernah mandi jumat lalu berhadast. Ia cukup berwudlu lagi dan tidak mengulangi mandi jumatnya"

Disarikan dari fiqih sunah Syekh Sayid Sabiq

No comments:

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.