Header Ads

Unit Transfusi Darah (UTD) Kota Semarang : Gedung Baru, Jam Kerja (Pelayanan) Baru



Para pen-Donor Darah Sukarela (DDS) Kota Semarang mungkin sudah tidak asing dengan gedung baru yang dipakai sebagai gedung operasioal donor darah atau transfusi darah. Gedung yang mulai beroperasi sejak diresmikan oleh walikota Semarang Hendrar Prihadi pada tanggal 20 Oktober 2014 bisa dibilang megah dan mempunyai peralatan yang lengkap.

Baca Juga : Syarat  Donor Darah Di UDD/UTD  PMI Kota Semarang

 Sudah banyak masyarakat yang melakukan donor darah sukarela dan mengerti akan pentingnya melakukan donor darah sukarela. Baik di gedung lama ataupun baru, aktifitas donor atau transfusi darah di PMI Kota Semarang ini tak pernah sepi saat jam operasional.

Bahkan jika di hari libur, petugas bisa kualahan dalam menangani antrian pendonor. Akibatnya para pendonor harus bersabar menunggu giliran, karena yang jaga pas libur nasional hanya 2 orang saja. Biar lebih cepat pelayanannya, mungkin bisa ditambah petugas jaganya saat hari libur nasional.

Antrian panjang tersebut saya alami sendiri saat melakukan donor darah sukarela saat hari libur imlek 16 Februari 2018 kemarin. Saat itu hanya ada 2 orang yang bertugas memeriksa calon pendonor dari pemeriksaan awal hingga selesai melakukan donor darah.

Biasanya kalau bukan libur nasional ada dokter yang ikut membantu pada tahap pemeriksaan kesehatan pendonor. Tapi karena tangggal merah, dokter jaga pun libur, jadi ya harap maklum. Sebenarnya saya jarang sekali donor saat liburan, biasanya donor di hari aktif saat jam istirahat kantor.
Saat liburan,  orang yang hendak melakukan donor bisa memakan waktu sekitar 1 jam bahkan lebih. Saya sendiri datang ke Unit Transfusi Darah (UTD) atau Unit Donor Darah (UDD) sekitar pukul 13.48 WIB dan baru selesai semua prosesnya sekitar pukul 14.56 WIB. Waktu kedatangan saya berpatokan pada saat selesai mengisi formulir dan waktu selesai saya ambil pada saat saya keluar dari gedung UTD kota semarang.

Gedung Baru, Jam Pelayanan Baru
Jam pelayanan donor darah sejak menggunakan gedung baru dibatasi jam pelayanannya. Kalau sebelumnya di gedung lama pendonor bisa datang kapanpun selama 24 jam jika ingin melakukan donor darah, tapi di gedung pelayanan yang baru dibatasi  dengan jam pelayanan UTD Kota Semarang.

 Baca Juga : Prosedur Donor Darah Di UDD/UTD  PMI Kota Semarang


Di gedung baru, petugas melayani pendonor darah sukarela dari jam 07.30 sampai dengan 20.30 WIB saja. Tidak melayani di luar jam tersebut, mungkin kecuali ada permintaan atau kejadian khusus jika ingin dilayani di luar jam operasional. Tentunya harus melapirkan surat keterangan dari rumah sakit. Sedangkan untuk hari kerjanya masih tetap sama, 7 hari kerja.

Kerja Ekstra di Gedung Baru
Kepala PMI Kota Semarang saat peresmian gedung baru Bapak Saman Kadarisman mengatakan, pembangunan gedung UDD/UTD  PMI Kota Semarang tersebut dilakukan karena kebutuhan darah tiap tahun terus meningkat. Adanya gedung khusus harapannya mampu memenuhi kebutuhan darah yang semakin meningkat, serta menjaga standar kualitas darah itu sendiri.
Gedung UTD/UDD Kota Semarang terdiri dari empat lantai. Lantai dasar digunakan sebagai pusat layanan pengambilan darah donor. Ruangan itu terdiri dari ruang tunggu dimana terdapat sejumlah 20 kursi donor darah yang disediakan untuk menunggu proses donor darah, agar para pendonor lebih nyaman,. Kemudian ada ruang pengambilan darah, ruang pendaftaran, café/ kantin, ruang konsultasi, ruang aferesis, ruang bermain anak,  ruang perlengkapan mobile unit dan ruang  lainnya.

Baca Juga : Manfaat Donor Darah Sukarela Bagi Diri Sendiri dan Orang Lain


Sementara di lantai dua digunakan sebagai loket permintaan darah dan pusat laboratorium, seperti laboratorium IMLTD, NAT, pembuatan komponen, distribusi, croosmatching dan kendali mutu dan referal. Lantai tiga dipergunakan untuk ruang pengurus dan lantai empat digunakan sebagai aula.

Gedung Baru , Mesin Berteknologi Baru
Proses pengolahan darah di UTD Kota Semarang dilakukan secara profesional. Saat ini, pengolahan darah dilakukan menggunakan mesin pemisah darah dengan teknologi terbaru. Disini memungkinakan mengambil darah hanya kompenen tertentu saja misal trombositnya saja atau lainnya.

Teknologi di laboratorium NAT saat ini memiliki keunggulan dapat mendeteksi virus. Misalnya pentakit HIV, Hepatitis dan sebagainya. UTD Kota Semarang mulai menggunakan kantong pediatrik dan tes golongan darah secara otomatis.

Pengolahan darah merupakan kegiatan yang bersifat infeksius, yaitu mengakibatkan infeksi kepada seseorang yang terlibat dalam pengolahan. Untuk itulah, perlu tempat khusus yang berfungsi sebagai kegiatan donor darah. Maka dibangunlah gedung UDD atau UDD seerti sekarang ini.


UTD/UDD PMI Kota Semarang ini beralamat di Jl Mgr Sugiyoprnoto No  31 Semarang No. Telp. : (024) 3541237 dengan alamat Website di http://utdpmikotasemarang.or.id/

Sekian artikel yang bisa saya bagikan tentang Unit Transfusi Darah (UTD) Kota Semarang : Gedung Baru, Jam Kerja Baru. Jika artikel ini bermanfaat, silakan di share atau di bagikan. Boleh juga membaca artikel lainnya. Terimakasih atas kunjungannya.

2 comments:

  1. Semoga dengan gedung baru dan peralatan yang lengkap ini semakin bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.