Header Ads

Apa itu Succession Planning, Seberapa Penting untuk Perusahaan?

www.heriheryanto.com

Succession Planning merupakan sebuah strategi penting yang harus dilakukan setiap perusahaan dan juga pelaku bisnis. Apa itu pengertian dari succession planning? Apa pentingnya untuk perusahaan dan bagaimana cara kerja dari succession planning itu sendiri? Pada artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai succession planning. 

Apa itu Succession Planning?

Succession Planning adalah sebuah strategi dari sebuah perusahaan atau pelaku bisnis untuk mengembangkan berbagai potensi dan kemampuan guna memilih calon pemimpin di masa yang akan datang. Succession planning ini biasanya digunakan untuk mengganti pemimpin atau petinggi perusahaan di masa sekarang, dengan pemimpin baru. Perusahaan memperhitungkan berbagai kemungkinan dimulai dari kemampuan, skill, dan kompetensi yang harus dimiliki. 

Succession planning ini sendiri sangatlah cocok untuk diterapkan pada perusahaan baik perusahaan dengan skala besar, menengah maupun skala kecil. Succession planning terkadang juga dikenal dengan nama “replacement planning”, karena pada dasarnya bertujuan membentuk calon pengganti yang tepat untuk masa yang akan datang. 

Cara Kerja Succession Planning

Cara kerja dari sucession planning sendiri cukup sederhana. Perusahaan mengidentifikasi kemampuan, skill, dan kecapakan yang dimiliki oleh setiap pemimpin unit kerja, dan kemudian mencari orang yang tepat untuk menggantikannya baik dari luar perusahaan ataupun dari dalam perusahaan.

Jika diambil dari dalam, maka perusahaan yang biasanya dengan bantuan staff HR membantu mengembangkan kemampuan para calon pengganti untuk mendapatkan berbagai kompetensi yang dibutuhkan di posisi yang akan digantikan. Strategi succession planning sendiri merupakan strategi yang harus berjalan terus menerus, bukan hanya sekali saja.

Emergency succession plan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai strategi succession planning yaitu terdapat beberapa strategi seperti emergency succession plan, dimana proses pergantian terjadi karena hal – hal yang tidak terduga, sebagai contoh kematian, kecelakan, dan sebagainya.

Long-term sucession planning

Kemudian ada juga long-term sucession planning, yang biasanya merupakan antisipasi awal untuk masa pergantian.Di beberapa perusahaan yang besar dan berkelas multi nasional, succession planning ini akan sangat berpengaruh bukan hanya dari segi karyawan, perusahaan, tapi juga para pemegang saham.  

Dan untuk perusahaan yang lebih kecil di skala menengah, strategi ini berarti melatih dan juga mempersiapkan generasi yang lebih muda untuk memimpin di masa depan.

Strategi Penerapan Sucession Planning

Karena succession planning ini erat kaitannya dengan pergantian pemimpin, seperti CEO, Direktur Eksekutif, dan figur – figur pemimpin penting lainnya, merupakan tugas dari perusahaan untuk menerapkan strategi ini agar perusahaan tetap berjalan dengan baik.

Salah satu cara untuk menggantinya adalah dengan modul succession management yang mampu meng-automasi semua proses yang diperlukan dalam rangka mengadakan strategi sucession planning. Modul ini mampu memberikan gambaran besar calon – calon pengganti berdasarkan dengan kemampuan dan juga performa kerja mereka. Selain itu modul ini juga bisa mengelompokan karyawan ke dalam kelompok siap dan belum siap untuk menjadi pemimpin selanjutnya.

Pentingnya Sucession Planning Untuk Sebuah Perusahaan

Peran strategi ini tentunya sangat penting dan berpengaruh terhadap berjalannya sebuah perusahaan. Berikut ini adalah pentingya sucession planning untuk sebuah perusahaan:
  • Karyawan merasa dan tahu akan adanya peluang untuk menjadi pemimpin perusahaan selanjutnya dengan strategi ini sehingga tingkat kepuasan karyawan meningkat dan akan meningkatkan kinerja.
  • Succession planning membuka peluang lebih besar dari dalam perusahaan karena perusahaan mempunyai penilaian yang terus menerus berjalan.
  • Succession planning juga merupakan hal penting yang bisa digunakan untuk saling membantu, saling mendukung, dan juga sharing mengenai visi dan misi dari perusahaan.
  • Dengan succession planning akan menjadi lebih mudah untuk memanage calon – calon pemimpin di masa yang akan datang.
Nah, mari melakukan Succession Planning yang akurat dan mudah melalui software HR dari LinovHR. 

Melalui Modul Succesion Management dari Software HR LinovHR management akan dapat memastikan bahwa posisi-posisi penting atau critical yang akan atau sudah kosong di perusahaan telah memiliki calon karyawan yang memang layak untuk menduduki posisi tersebut .

Uji coba Software HR LinovHR sekarang juga melalui Link dibawah ini
https://www.linovhr.com/

4 comments:

  1. Berarti lebih ke "The right man on the right position". Dengan metoda ini, perusahaan juga turut dimudahkan dalam mencari calon pengganti atasan.. Dan pastinya jatuh di orang yang tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas.. bisa konsultasi juga jika ada apa apa

      Delete
  2. Ini mah susah-susah gampang. Kdang nemu yang bagus, tapi harga mehong. Mau yang harga biasa aja, tapi kemampuan juga biasa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga nemu bagus tapi dibayar murah lo mas..

      Delete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.