Header Ads

Anak Terjatuh Jangan Panik, Lakukan Hal Ini di Rumah


Hai-hai pengunjung blog heriheryanto.com...

Anak-anak memang sering kali mengalami kecelakaan kecil saking aktifnya mereka, ya. Kecelakaan kecil yang paling sering terjadi adalah terjatuh saat bermain atau sedang berjalan kesuatu lokasi akibat tersandung batu atau lainnya. Jika hanya jatuh ringan, dalam artian anak hanya mengalami luka memar misalnya, Anda bisa melakukan hal ini di rumah untuk mengobati luka tersebut.

Baca juga : Kelabuhi Pencuri Agar Tidak Masuk Rumah dengan Alat Ini

Jangan panik dulu ya! Yang tinggal bersama anak kecil wajib tahu informasi dibawah ini. Untuk sekedar pertolongan pertama pada luka jatuh pada anak. Yuk simak ulasan di bawah ini sampai selesai!

Bersihkan Lukanya


Sebelum membersihkan luka si kecil, cuci dulu tangan Anda dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Setelah itu, barulah bilas luka tersebut dengan air dingin sembari menghilangkan kotoran yang menempel di lukanya. Gunakanlah sabun anti bakteri yang lembut untuk mencuci luka si kecil.

Jangan menggunakan cairan yang terlalu keras seperti alkohol atau rivanol untuk luka kecil. Itu justru bisa mengiritasi luka dan membuatnya semakin nyeri. Jika sudah bersih, tutup luka tersebut dengan kasa steril atau plester. Jika ada, Anda juga bisa memberikan obat luka jatuh cepat kering terlebih dahulu sebelum menutupnya dengan kasa.

Hentikan lah Perdarahan


Jika anak terjatuh sampai mengeluarkan darah, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghentikan perdarahannya. Tekan dengan kuat luka yang mengeluarkan darah tersebut dengan kasa steril atau kain lembut yang bersih. Lakukan ini selama beberapa menit sampai darah berhenti keluar. Setelah itu, bersihkan luka dan tutup dengan kasa steril.

Mengoleskan Antibiotik


Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan saat anak terjatuh adalah dengan mengoleskan krim antibiotik. Ini dilakukan untuk menjaga permukaan kulit yang terluka tetap lembab. Mengoles krim antibiotik tidak akan mempercepat penyembuhan luka, namun bisa mencegah luka tersebut dari infeksi bakteri. Tentu ini dilakukan setelah luka dibersihkan dan dalam keadaan kering, ya. Jika terjadi alergi atau ruam setelah pemakaian salep, segera hentikan pemakaiannya.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk menyembuhkan luka si kecil bila dia terjatuh. Bagaimana, mudah dipraktekkan, bukan? Langkah-langkah lainnya bisa Anda baca di blog kesehatan, ya! 
Semoga artikel ini bermanfaat! Jika dirasa bermanfaat, silakan boleh dibagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya.

2 comments:

  1. Keponakan gw kalo jatuh terus nangis, nangisnya keras banget


    -___-'

    ReplyDelete
  2. Intinya kita yang dewasa jangan panikan apalagi sampai latah itu sama saja membuat anak makin ketakutan & sakit. Secara psikologis memang penting harus ditenangkan

    ReplyDelete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.