Header Ads

Inilah 5 Keutamaan Menghafal Alquran Yang Perlu Anda Ketahui


Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi mukjizat Nabi Muhammad SAW. Kita sebagai makhluk Allah yang paling mulia seharusnya rajin dan bisa menghafal Alquran. Keutamaan menghafal Alquran bisa menjadi jembatan bagi kita untuk hidup tenang dunia akhirat. 

Alquran merupakan petunjuk jalan yang lurus. Tidak ada keraguan di dalamnya. Kita juga seharusnya tidak ragu untuk menghafalkannya atau hanya sekedar membaca bila belum mampu menghafal. Dengan begitu, hidup akan tertata dengan arah dan tujuan yang benar. 

Keutamaan Menghafal Alquran 

Umat manusia bisa memelihara Alquran sebagai kitab suci dengan cara menghafal, tidak membuat kepalsuan isi, dan tidak mengganti sedikitpun ayat ataupun huruf sekalipun. Berikut keutamaan seseorang yang menghafal Alquran: 

Termasuk Golongan Manusia Terbaik 

Dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhari dan Ustman dimana sebaik-baik manusia adalah yang mampu mempelajari dan menghafal Alquran. Kita akan mendapatkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT. 


Sesuai janji Allah kepada penghafal Alquran akan selalu bersama para Malaikat dan juga mendapatkan pahala yang tidak terbata-bata. 

Mendapat Penghormatan Rasulullah 

Rasulullah mengibaratkan seseorang yang membaca Alquran seperti bekal makanan yang terdapat minyak misik. Baunya sangat wangi dan tercium ke mana-mana. 

Satu-satunya Sifat Hasud yang Diperbolehkan 

Hasud merupakan sikap seseorang yang bisa mengharapkan agar nikmat yang diterima oleh orang lain hilang kepadanya. Sebenarnya sifat ini haram hukumnya. Namun, boleh dilakukan pada orang yang ingin memperoleh kebaikan seperti yang diperoleh orang lain tanpa ingin nikmat yang dimiliki orang lain itu hilang. 

Mendapat Pahala yang Berlipat Ganda 

Membaca Alquran secara rutin merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Orang yang senantiasa membaca dan menghafal ayat Alquran akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. 

Disematkan Mahkota dan Jubah 

Yang terakhir adalah akan disematkannya mahkota dan jubah karomah bagi penghafal Alquran. Dari keridhoan Allah SWT, orang tersebut mendapatkan penghormatan. 

Setelah mengetahui keutamaan menghafal Alquran, ada baiknya kita segera rajin membaca dan menghafalkannya. Agar kelak bisa bahagia dunia dan akhirat. Selain itu, bisa memperkuat iman kita terhadap Allah SWT dan kitab-kitabnya. (Sumber: cendekiaprivat.com)

2 comments:

  1. Terima kasih atas reminder-nya. Klo gak ditekati, kita bakalan sulit untuk rutin baca Alquran.

    ReplyDelete
  2. Masyaallah semoga anakku nanti bisa hafiz alquran :D Amiin

    ReplyDelete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.