Mengenal Apa Itu Magento atau Magestore



Apa itu Magento; Magento Adalah

Magento adalah tool yang bisa Anda gunakan untuk membuat toko online. Tool ini menyediakan fitur, performa, dan kemudahan kustomisasi yang luar biasa. Magento merupakan sistem pengelolaan konten open-source yang menyediakan fitur canggih untuk membuat toko online. Mulai dari metode pembayaran yang beragam, panel pengelolaan produk, hingga sistem cart belanja, semuanya ada di Magento.

Anda bisa membuat toko online sesuai keinginan dengan Magento, baik untuk bisnis kecil maupun perusahaan besar. Sistem ini menyediakan opsi kontrol lengkap yang memungkinkan Anda mendesain website yang ramah konsumen dan dimaksimalkan untuk Search Engine Optimization atau SEO.

Magento adalah web application yang berbasis CMS atau sering kita kenal Content Management System yang dikhususkan untuk ecommerce atau penjualan online. aplikasi ini dibuat menggunakan Zend Framework, sedangkan untuk database-nya, aplikasi ini menggunakan Entity-Attribute-Vale (EAV). Magento adalaha Aplikasi yang paling banyak digunakan pemain e-commerce. Magento sendiri sudah merilis aplikasi ecommerce untuk versi mobile. Magento juga menyediakan beberapa fitur dan tools untuk mengembangkan sebuah situs e-commerce.

Berikut ini merupakan fitur-fitur yang terdapat pada Magento :
  • Site Management – Pengaturan dari sisi admin untuk situs
  • Order Management – Pengaturan order untuk admin
  • Catalog Browsing – memiliki sistem navigasi yang mudah, terdapat penyaringan produk dan pencarian secara detail
  • Product Browsing – beberapa gambar untuk produk Opsi diulas luas, daftar wishlist dan lain-lain
  • Analytics and Reporting – terintegrasi dengan Google Analytics dan memiliki beberapa jenis laporan
  • Payment – Banyak metode pembayaran : kartu kredit, PayPal, Authorize.net dan lainnya
  • Shipping – pengiriman untuk beberapa alamat
  • International Support – terdapat list Negara yang diizinkan untuk pendaftaran, pembelian dan pengiriman
  • Marketing Promotions and Tools – memberikan fungsi untuk pemberian kupon maupun diskon
  • Checking – halaman untuk checkout customer
  • Mobile Commerce – dapat digunakan pada mobile phone yang berbasis iOS
  • Tools untuk Product suggestion, dengan adanya ratings dan reviews pada product yang diberikan oleh customer
  • Pengaturan Search Engine Optimization
Untuk menambah fitur-fitur pada Magento, Pengguna dapat menginstal Magento Extension yang terdapat pada Magento Marketplace, ada extension yang free dan juga berbayar. Magento sangat cocok untuk membangun sebuah e-commerce, dengan begitu banyak fitur yang lengkap.

Tujuan pengembangan Magento yaitu membangun sebuah platform untuk e-commerce di mana kontrol sepenuhnya dikendalikan oleh pemilik yang berlaku menjadi admin namun tetap dalam koridor sebuah proses bisnis sebagaimana adanya. Saat ini, Trend e-commerce yang semakin populer dan meningkatnya request dalam pengembangan aplikasi e-commerce sudah membuat banyak aplikasi open sorce sebagai solusi e-commerce. Magento sendiri memiliki banyak kelebihan yang dimiliki untuk digunakan sebagai CMS (Content Management System) e-commerce dalam sebuah persaingan bisnis yang semakin meningkat.

Dua (2) Versi Magento : Gratis dan Berbayar

Magento memiliki 2 Versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Magento Open source adalah versi gratis dari Magento. Sebelumnya disebut dengan Magento Community Edition, yang menyasar untuk kamu pemilik UKM yang baru mencoba berjualan dengan memanfaatkan platform online. Berbentuk platform komunitas, Magento Open Source telah dikreasikan sedemikian rupa untuk bisa digunakan oleh semua orang.

Fitur Magento Open Source memudahkan kamu untuk bisa dengan mudah melakukan analisa data penjualan di toko online. Kamu bisa mendapatkan analisa laporan dengan menggunakan Fitur Magento Business Intelligence Essentials untuk mendapatkan analisa yang lebih solid. Namun, Magento Open Source ini dikabarkan tidak akan lama lagi. Magento Open Source e-Commerce dikabarkan akan berakhir pada Juni 2020

Versi kedua adalah versi berbayar atau disebut Magento Commerce. Versi berbayar dari Magento ini diluncurkan pada 11 April 2016. Tetap menggunakan cloud computing sehingga memudahkan pengguna untuk tetap bisa menjalankan aplikasi dimanapun. Magento versi berbayar ini merupakan bentuk CMS pasangan atau Platform as a Service (PaaS) karena pelanggan terhitung menyewa platform dan melakukan pembayaran setiap bulan. Timbal balik yang dilakukan Magento adalah pembaharuan sistem layanan yang terus pada server yang ada pada cloud.

Jika kamu menginginkan layanan dengan performa cukup bagus, Magento versi ini cukup memenuhi kebutuhanmu karena pelayanannya cukup komplit. Magento versi berbayar ini bisa digunakan oleh siapa pun, baik itu korporasi besar, perorangan, hingga bisnis UKM. Salah satu fitur unggulan yang diberikan pada Magento versi ini adalah Instant Purchase. Fitur ini menyimpan alamat penagihan yang dimiliki pelanggan, menyimpan kode pembayaran check out yang dilakukan dengan sistem single click, sehingga memudahkan pelanggan yang berbelanja secara mobile.

Keunggulan Magento

Magento memiliki dashboard intuitif yang menyertakan semua fitur penting untuk pengelolaan toko. Dengannya, Anda tidak akan kesulitan menjelajahi elemen seperti katalog, konten, hingga opsi konsumen.

Setelah masuk ke dashboard, Anda akan melihat laporan penjualan. Laporan ini menyertakan jumlah total pesanan, pelanggan, istilah pencarian, dan produk populer.

Anda bahkan bisa menyiapkan beberapa toko sekaligus dengan satu kali instalasi, serta mengelola semuanya dari satu area admin. Terlebih lagi, Anda juga bisa mengatur produk ke dalam beberapa kategori tanpa perlu repot. Mudah, bukan?

Plus, Magento juga SEO friendly. Anda bisa menambahkan keyword target, mengedit kunci URL produk, serta meta title dan description dengan mudah. Tag meta link canonical sistem ini juga bisa diatur untuk mencegah konten duplikat.

Selain itu, tersedia dukungan untuk beberapa bahasa agar Anda bisa memperluas cakupan target konsumen. Beberapa di antaranya adalah bahasa Rusia, Jerman, dan Arab. Untuk menambahkan bahasa lain ke situs Anda, cukup cari di marketplace dan install paket bahasa yang Anda inginkan.

Dalam hal keamanan, Magento merilis patch keamanan secara rutin untuk mencegah serangan brute force atau DDoS. Jika ingin meningkatkan keamanannya lebih jauh lagi, install ekstensi keamanan seperti Astra.

Karena Magento adalah platform open-source, ada komunitas developer yang masih terus meningkatkan dan memperbarui software ini. Dengan demikian, Anda pun bisa mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis online Anda.

Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Menggunakan Magento

Dalam pembuatan website diperlukan penguasaan bahasa pemrograman. Namun, hal ini tidak berlaku lagi jika Anda menggunakan Content Management System (CMS). Suatu alat bantu untuk urusan manajemen konten. Salah satu CMS yang paling populer saat ini yakni Magento yang sudah dikembangkan oleh Varien Inc sejak 31 Maret 2008.

Magento merupakan platform khusus E-Commerce open source yang memenuhi kebutuhan bisnis online shop. Berkat Magento, Anda tidak harus membuat website dari nol. Siapapun dapat membuka platform E-commerce dengan bebas mengedit, memodifikasi, dan mendistribusi ulang.

Coding tidak dipakai sama sekali mengingat Magento sudah siap pakai. Magento memiliki 2 versi yaitu Magento Enterprise & Magento Community edition. Pada Magento versi Enterprise Anda dikenakan biaya tiap tahunnya sedangkan versi Magento Community edition ini gratis. Meskipun gratis, Anda harus tetap mempelajari seluk beluk dari Magento agar E-Commerce yang nanti Anda bangun agar berjalan dengan baik

Bahkan brand raksasa seperti Adidas, Nike, Samsung menggunakan Magento untuk memasarkan produknya secara online. Sebenarnya tidak mengherankan mengingat Magento unggul dalam segala fitur yang mampu mendukung pemasaran produk digital tanpa mengalami banyak bug.

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Magento atau Magestore"