Monday, February 2, 2015

Heri Laregrage

Menjemput Bidadari Dunia , Part 4 ~Contoh Proposal Nikah (Ta’aruf) ~



Dengan proposal, kita berusaha memberikan gambaran kita, siapa sejatinya diri kita. Jadi pergunakan bahasa sopan dan jelas, berikut contoh proposal taaruf sederhana. Cover bikin sendiri, biar proposalnya lebih  kece… 😎

Baca Juga : Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Beswerta 11 Alasannya

Proposal Pernikahan
Segala Puji BAgi Allah SWT, Rabb Semesta alam yang dapat menyatukan hati-hati antara dua insan. Atas segala nikmat dzohir maupun batin, terutama nikmat iman, islam dan dakwah yang semoga senantiasa menjadikan segala aktifitas kita benuh ridho lagi berkah. Shalawat dan salam tak lupa semoga tercurah atas baginda kita nabi agung Muhammas SAW.
Pernikahan adalah tanda kekuasaan Allah swt bagi makhluknya.
”Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung & merasa tenteram kepadanya, & dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih & sayang.Sesungguhnya pd yg demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yg berpikir. (Al Qur’an Surat: Ar-Rum :21)
Di dalam surat Ar-Rûm disebutkan bahwa Nikah adalah salah satu ayat Allah Swt. Allah telah menciptakan makhluk secara berpasang-pasangan. Kita yang masih sendiri berfitrah untuk mencari pasangan hidup Sehinga dengannya Allah turunkan  kedamaian, cinta dan kasih sayang di antara pasangan .

Pernikahan merupakan simpul ikatan yang menyatukan seseorang dengan orang yang lain yang dengan itu ada pelimpahan amanah dari orang tua sang wanita kepada sang pria. Sehingga pantaslah pernikahan merupakan perjanjian yang berat yang harus dilandasi dengan penerimaan sepenuh hati tanpa terbesit hal yang buruk dihati serta harus dilandasi dengan pengetahuan akan konsekuensi dari janji tersebut. Meskipun berat tidak ada alasan bagi kita untuk menghindari pernikahan. Ketika dijalanan dengan sabar lagi ikhlas maka Allah akan mendatangkan pahala yang sangat besar.
Dengan pernikahan, berarti mempunyai VISI Membentuk keluarga muslim yang mencintai dan dicintai Allah sehingga sudah seharusnya pernikahan di dasarkan pada MISI :
     - Senantiasa berpedoman pada Al qur'an dan As sunnah
     - Meniatkan karena Allah
     - Menjadi pribadi yang selalu belajar dan memperbaiki diri
     - Memilih pasangan dengan proses yang syar'i
     - Senantiasa mengingat, mohon ampun, dan bersyukur kepada Allah

Pernikahan adalah proses penyatuan dua keluarga yang mempunyai adat, watak, budaya dan kebiasaan serta sifat yang berbeda sehingga tidak mudah seperti orang memasangkan merpati dengan merpati lainnya. Sehingga perlu kesiapan dan penerimaan sepenuhnya dari dua belah pihak, bukan hanya pada orang yang mau menikah. Meskipun pada akhirnya kitalah yang menjalankan aktifitas rumah tangganya.
Bagi saya pribadi, menikah mempunyai TUJUAN untuk mendapat ridho dan keberkahan dari Allah SWT sehingga dengan ridho dan keberkahan itu di dapat pula tujuan tujuan lainnya seperti :
·         Melaksanakan perintah Allah dan Sunnah Rasul
·         Menundukkan pandangan
·         Menjaga kemaluan /menghidari zina/ menghindarkan diri dari hal yang haram
·         Memenuhi (menggenapkan) separuh dien
·         Mendapat pertolongan Allah.
·         .Melanjutkan generasi muslim sebagai pengemban risalah Islam.
·         Mewujudkan keluarga Muslim menuju masyarakat Muslim.
·         Mendapatkan cinta dan kasih sayang Allah.
·         Agar kaya (sebaik-baik kekayaan adalah isteri yang shalihat).
·         Meluaskan kekerabatan (menyambung tali silaturahmi / menguatkan ikatan kekeluargaan)
·         Membanggakan Rasulullah dengan jumlah ummat beliau yang sholeh dan banyak.
·          Melipatgandakan dan menambah semangat serta kekuatan dakwah

Jodoh salah satu takdir Allah SWT yang akan berlaku bagi setiap hamba-Nya. Oleh karena itu segala usaha yang dilakukan oleh manusia hanyalah suatu cara meraba-raba takdir Allah swt tersebut. Proses ini merupakan salah satu bentuk ikhtiyar dalam hal menjemput takdir tersebut (Jodoh). Sehngga kemungkinan untuk berhasil atau tidak berhasil pastilah ada.
Berhasil atau tidaknya proses ini adalah suatu yang wajar dan manusiawi, mengingat jodoh manusia memang Allah yang menentukan. Sehingga jika berhasil atau tidak berhasil proses ini tidak ada unsur intervensi atau pemaksaan dari masing-masing pihak yang terlibat dan sepenuhnya keputusan diserahkan oleh pihak yang mengajukan dan diajukan. Sehingga apapun hasil nya (menolak atau menerima serta berhasil atau tidaknya) semua pihak harap maklum dan menerima dengan lapang dan serta bersih hati. Jika dalam awal, tengah dan akhir dari proses ini ada hal yang mengganjal dan lainnya alangkah baiknya jika dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Sehingga semua masalah bisa tersolusikan dan terselesaikan tanpa menimbulkan bekas luka dari proses yang sedang berjalan.
Sebagai pertimbangan memilih calon bagi saja berikut saya lampirkan beberapa hal yang semoga bisa mempermudah dan membatu meliputi :
1.      Lampiran I (Biodata diri)
2.      Lampiran II (Biodata Singkat Keluarga)
3.      Lampiran III (Kriteria yang diinginkan)
4.      Lampiran IV (Gambaran singkat diri dan Keluarga serta rencana Pasca Nikah)
5.      Pas Photo
Demikian proposal ini saya buat dan saya ajukan yang dibauat dengan sebenar-benarnya dan dalam kondisi sadar.  Semoga Allah ridho dan memberkahi segala prosesnya.
Atas perhatian dan bantuannya saya sampaikan jazakumullah khairan katsiron.

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

4 comments

Write comments
chokeylates
AUTHOR
August 27, 2016 at 7:29 PM delete

Assalamu'alaikum.
Maaf mas/mba.. di lampiran 1 terdapat Izin Prinsip Menikah, nah itu maksudnya gimana ya?
Terima kasih.

Reply
avatar
August 29, 2016 at 3:00 PM delete

maksudnya sudah mendapat persetujan orang tua apa belum.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 4, 2017 at 11:13 PM delete

Izin copy ya akhi dan izin copy lampiran nya..
Syukron jaza kallah khairan katsiira

Reply
avatar
January 8, 2017 at 10:26 AM delete

bagusnya sih ada namanya, meskipun nama samaran.
silakan, bisa di copy dan dibagikan mas/mba..

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.