Header Ads

Menjemput Bidadari Dunia , Part 8 ~Tes Kesehatan Pra Nikah ~



Kesehatan adalah salah satu faktor penting dalam pernikahan. Faktor kesehatan yang ditekankan adalah kesehatan reproduksi calon pengantin. karena salah satu fungsi pernikahan salah satunya adalah melahirkan keturunan. Dan itulah salah satu yang bisa dibanggakan Rasul dari umat yang lain adalah banyaknya jumlah umat Nabi Muhammad di banding dengan umat rasul atau nabi yang lain. 
"Dari Ma’qil bin Yasar al-Muzani radhiallahu ‘anhu dia berkata: Seorang lelaki pernah datang (menemui) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata: Sesungguhnya aku mendapatkan seorang perempuan yang memiliki kecantikan dan (berasal dari) keturunan yang terhormat, akan tetapi dia tidak bisa punya anak (mandul), apakah aku (boleh) menikahinya? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak (boleh)”, kemudian lelaki itu datang (dan bertanya lagi) untuk kedua kalinya, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kembali melarangnya, kemudian lelaki itu datang (dan bertanya lagi) untuk ketiga kalinya, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Nikahilah perempuan yang penyayang dan subur (banyak anak), karena sesungguhnya aku akan membanggakan (banyaknya jumlah kalian) dihadapan umat-umat lain – dalam riwayat lain: para Nabi ‘alaihimussalam (pada hari kiamat nanti)” [ HR Ahmad (3/158) dan Ibnu Hibban (no. 4028) dengan sanad yang hasan ]

Untuk mengetahui tingkat kesuburan maka harus diperlukan tes kesehatan organ reproduksi dan jika diperlukan maka ada juga tes pendukung lain yang bisa mengetahui penyakit penyakit yang dapat menyebabkan sulit mengalami kehamilal. Menurut Ibnul Qoyyim dalam I’lam al-Muwaqqi’in (vol.III/14), sekalipun tidak ada riwayat dan indikasi penyakit ataupun kelainan keturunan di dalam keluarga, berdasarkan prinsip syariah tetap dianjurkan untuk dilakukan pemeriksaan standar termasuk meliputi tes darah dan urine. Hal itu karena prinsip sentral syariah.



Mungkin atas dasar tersebut pemerintah mengatur surat kesehatan pranikah merujuk Instruksi Bersama Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Urusan Haji Departemen Agama dan Direktur Jenderal Pemberantasan  Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman Departemen Kesehatan No : 02 Tahun 1989 Tentang Imunisasi Tetanus Toksoid Calon Pengantin dan sebagai dasar dari pelaksanaan UU no. 1 tahun 1974 tentang perkawinan dan Peraturan Pemerintah no. 9 tahun 1975 tentang pelaksanaan UU no. 1 tahun 1974, serta Instruksi Presiden RI no .1 tahun 1991 tentang Kompilasi Hukum Islam. 

Surat keterangan kesehatan calaon pengantin merupakan salah satu kelengkapan administrasi yang tak kalah penting yang harus kita siapkan. Dimana dalam surat itu isinya menerangkan bahwa “setelah dilakukan penyecekan (pemeriksaan) kesehatan, yang bersangkutan dinyatakan sehat dan surat ini digunakan untuk menikah”.  Ada banyak macam dan tariff tes kesehatan pra nikah dalam rangka mendapatkan surat izin menikah dari dokter. 

Pada beberapa wilayah, masih ada juga KUA yang boleh tidak melampirkan surat kesehatan alias tidak perlu melakukan tes kesehatan pra nikah. Di beberapa kasus ada juga yang mewajibkan sebagai prasyarat agar berkas diterima oleh KUA kecamatan setempat.

Jika ingin dibuat sederhana, Tes kesehatan untuk calon pria relative mudah. Untuk membuat surat kesehatan izin menikah cukup dengan datang ke puskesmas terdekat. Disana kita akan di tes atau di ukur berat badan, tinggi badan, tensi darah, golongan darah, buta warna. Dalam waktu 5 menit setelah bertemu dengan dokter maka Surat Izin Menikah sudah bisa kita kantongi. Selain di Puskesmas, bisa juga ke rumah sakit atau klinik terdekat jika kita ingin pemeriksaaan yang mendalam tapi harga juga di sesuaikan dengan fasilitas dan pelayanan. Sehingga tiap instansi atau klinik mematok tariff yang berbeda. 

Sedangkan untuk wanita biasanya paling minimal adalah suntik tetanus, diluar pro kontra dari aktifitas tersebut. Bahkan ada pemeriksaan kesehatan pra nikah yang menawarkan paket-paket pemeriksaan dan harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Bagus sih, karena akan mengetahui kondisi  kesehatan yang berkaitan dengan reproduksi wanita. 

Jika anda mempunyai uang lebih maka lebih baik lagi melakukan tes kesehatan organ reproduksi sehinga bisa mengetahui tingkat kesuburan serta dapat mengetahui penyakit penyakit yang dapat menyebabkan sulit mengalami kehamilal, dengan begitu sebelum merencanakan kehamilan, penyakit tersebut bisa disembuhkan terlebih dahulu.

Bebera[a penyakit yang bisa menyebabkan kesulitan kehamilan :
  • Kesuburan ssprerma dan seltelur
  • Penyakit TORCH (toksoplasma, rubella, virus cytomegalo, dan herpes), Virus yang bisa mengakibatkan kecacatan pada bayi ini biasanya disebabkan seringnya kaum perempuan mengkonsumsi daging yang kurang matang atau tersebar melalui kotoran atau bulu binatang piaraan
  • sipilis dan gonorrhea
  • anticardiolipin antibody (ACA). Penyakit yang berkaitan dengan hal itu bisa mengakibatkan aliran darah mengental sehingga darah si ibu sulit mengirimkan makanan kepada janin yang berada di dalam rahimnya. Selain itu, jika salah satu calon pengantin memiliki catatan down syndrome karena kromosom dalam keluarganya, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih intensif lagi. Sebab, riwayat itu bisa mengakibatkan bayi lahir idiot.
  • Kista dan Miom
  • Menoupause Dini, Terjadinya kekurangan atau hilangnya menstruasi ditandai dengan folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Perempuan memasuki menoupause apabila fungsi ovarium dan datang bulan terhenti. Menopause dini dapat disebabkan karena radiasi yang memicu kekebalan di dalam tubuh wanita tersebut.  
  • Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba), Penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia. Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik. 
  • Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), Merupakan kondisi yang mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen dan salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada wanita. Ketidakseimbangan ini yang akan mengakibatkan PCOS bermasalah dengan ovulasi dan terganggunya siklus datang bulan. 
  •  Endometriosis, Jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma. Pada kasus ringan, konsepsi mungkin terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.
  •  Ovarium jaringan parut, Kerusakan fisik pada ovarium dapat mempengaruhi ovulasi wanita, kerusakan ini dapat disebabkan pembedahan akibat terjadinya kista ovararium. Operasi konstan yang lebih luas akan mengakibatkan jaringan perut, folikel yang melekat akan mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi yang tidak lengkap. 
  • Adhesi Pelvis, Jaringan perut akibat terjadinya operasi panggul, usus buntu akan mengganggu kesuburan yang mengubah struktur saluran tuba dan mengalami perjalanan yang sulit pada telur wanita. Sehingga seringkali mengakibatkan gangguan pada kesuburan wanita akibat perjalanan melalui saluran yang terhambat.
  •   Masalah Tiroid, Hipertitodisme kondisi ini dikarenakan adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif, sedangkan tiroid hipotorodisme merupakan kondisi dikarenakan tiroid tidak aktif, kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.
Allahu a'lam bishowab


Bacaan Terkait :
Menjemput Bidadari Dunia , Part 2 ~Mengunci Incaran atau Ta’arufan ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 3 ~ Pilih Ta’arufan saja ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 4 ~Contoh Proposal Ta’arufan ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 5 ~AgendaTa’aruf ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 6 ~Khitbah~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 7 ~Mengurus Surat Rekomendasi (Andon) Nikah ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 8 ~Tes Kesehatan Pra Nikah ~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 9 ~Menentukan Mahar~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 10 ~Seserahan~
Menjemput Bidadari Dunia , Part 11 ~Sembunyikanlah lamaran (khitbah), Umumkanlah Pernikahan~


Menjemput Bidadari Dunia , Part 13 ~Akad ~


Menjemput Bidadari Dunia , Part 17~Malam Pertama ~





No comments:

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.