Wednesday, May 25, 2016

Heri Laregrage

Ikhtiar menyambut Buah Hati 5 : Menjadi Calon Ayah Siaga (Siap Antar dan Jaga)


Menjadi Orang tua adalah sebuah amanah yang didambakan semua orang. Semoga yang belum segera menyusul, dengan proses kehamilan yang ringan dan proses persalinan  normal serta lancar. Selamat dan sehat, baik bayi dan orang tuanya.

Banyak pengalaman luar bisa yang akan dirasakan oleh Ibu hamil (bumil) muda atau yang baru hamil pertama kalinya (calon anak pertama). 

Pengalaman yang dirasakan bumil satu dengan bumil lainnya bisa sama persis atau bisa sama sebagian.

Dari artikel dan pengalaman pribadi yang istri ceritakan, ada beberapa prilaku bumil yang berbeda dari biasanya. meskipun ada juga tidak merasakan apa apa saat hamil hanya merasakan kontraksi saja saat akan melahirkan. Berikut beberapa hal yang bumil rasakan :
  • Ada bumil yang merasakan mual ada yang tidak
  • Ada bumil yang langsung enek mencium aroma suaminya ada yang tidak
  • Ada bumil yang enek (mau muntah) saat mencium bumbu dapur atau aroma tertentu, tapi ada juga yang tidak
  • Ada yang mengalami kaki bengkak ada yang tidak
  • Ada yang merasakan pinggangnya panas ada yang tidak
  • Ada yang ngidam, menginginkan hal atau barang atau makanan tertentu, ada yang tidak
  • Ada yang nambah manja sama suaminya ada yang biasa saja
  • Ada bumil yang tidak doyan makan, banyak juga bumil yang doyan makan.
  • Dan kodisi lainnya (bisa tulis pengalaman pribadi atau pengalaman istri di kolom komentar barangkali ada yg belum kesebut)
Sehingga para suami harus tau dan mengerti tentang kondisi tersebut dan kondisi lain yang mempengaruhinya. Terlebih yang punya riwayat keguguran, harus ada perhatian ekstra.


“Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …” (HR. Bukhari dan Muslim)
Wanita yang sedang hamil memerlukan perhatian lebih, terlebih lagi untuk keselamatan calon bayinya. sehingga kedekatan dan interaksi suami  kepada istri sebisa mungkin harus ditingkatkan. Jika ada yang sedang menjalani hubungan jarak jauh/ LDR-an bisa mencoba berkomunikasi lebih sering melalui telepon selulernya. Karena wanita pada dasarnya sangat senang jika ada yang memperhatikan. Apalagi pasangannya sendiri. terlebih jika ia sedang hamil.

Pengetahuan akan kehamilan, persalinan dan bahkan sampai merawat serta membesarkan sang buah hati harus diketahui juga oleh seorang suami, sehingga sudah sewajarnya sang suami juga rajin mencari bekal terhadap peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan kehamilan, persalinan, dan merawat bayi serta mendidik anak. Yang tidak kalah penting adalah kewajiban dan sunah sunah apa saja yang ada pada peristiwa tersebut. serta harus mengetahui mana yang masuk mitos dan mana yang masuk fakta.

Artikel mengenai tahap perkembangan janin dan dampaknya bagi bumil banyak sekali sehinga dengan mudah kita menemukan apa yang kita inginkan. Tapi juga harus cermat dalam menimbang tulisan yang akan kita gunakan sebagai referensi. Alangkah baiknya jika tahap-tahap perkembangan tadi kita dengar juga langsung dari praktisinya. minimal dari bidan terdekat atau yang bisa di ajak diskusi. Kalau konsul sama Spesialis harus membayar uang lebih meskipun jika diperhitungkan dengan keselamatan dan kesehatan calon bayi dan calon ibu harga atau biaya tersebut belum apa-apa. Selama calon bayi dirasa sehat, bidan atau puskesmas terdekat insyaAllah sudah cukup.

Sebagai langkah praktis, Orang tua bisa beli buku dari sebelum kehamilan hingga mendidik anak sesuai yang ada di samping kanan blog ini. 


Sebagai seorang suami, kita juga melakukan ikhtiar agar Ibu dan calon bayi selalu sehat, baik masa kehamilan ataupun setelahnya. Pada masa kehamilan, coba menginisiasi atau menemani aktifitas istri yang berguna bagi kehamilan dan persalinanya diantaranya adalah :

1. Temani Kontrol Rutin  Bulanan. 

Menurut anjuran Depkes Kunjungan ANC bagi ibu hamil minimal dilakukan 4x selama kehamilan, dengan jadwal kunjungan 1x pada trimester I, 1x pada trimester II dan 2x pada trimester ke III. 
 
Ante Natal Care (ANC) merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh ibu hamil dimana seorang ibu akan mendapatkan pelayanan kesehatan mengenai kesehatan ibu hamil. Tetapi sebagai bentuk menjaga amanah yang diberikan agar terpantau selamat dan sehat, kebanyakan bumil melakukan ANC (kontrol) rutin setiap bulan dan bahkan bisa sampai 2 pekan sekali jika usia kandungan sudah mencapai 7 atau 8 bulan. Hal ini kadang dimanfaatkan skaligus untuk berbisnis, baik menjual obat, suplemen atau susu ibu hamil.

 
Pada saat ANC bumil setidaknya memperhatikan  7 T (Timbang, Tensi, TFU/ Tinggi Fundus Uteri, TT jika belum lengkap imunisasinya, Tambah Darah, Temu Wicara/Konsul dan Tes kesehatan jika diperlukan).


Dengan melihat riwayat tingginya tingkat kematian ibu saat melahirkan, untuk pencegahan biasanya petugas kesehatan akan menyarankan untuk melakukan beberapa tes / pemeriksaan laboratorium berdasarkan usia kehamilan. Saat istri hamil beberapa pemeriksaan Ibu Hamil yang pernah dijalankan seperti :

  • Pemeriksaan Darah Lengkap yang digunakan untuk mengetahui kadar Hb, retikulosit, eritrosit yang digunakan sebagai pendeteksi anemia, mengetahui leukosit untuk mendeteksi infeksi oleh virus atau bakteri,
  • Pemeriksaan Glukosa untuk mengetahui kadar darah
  • Pemeriksaan HBsAg, Anti HBs dan anti HCV untuk mendeteksi hepatitis B dan C dan HIV
  • Pemeriksaan Urine (Urinalisa) untk mendeteksi infeksi atau penyakit disaluran kencing atau kandung kemih.
  • Pemeriksaan Hormon kehamilan
  • Pemeriksaan Gigi, mulut dan gusi.
Dokumentasikan hasil ANC dan semua hasil pemeriksaan dalam buku KIA kita.


2. Cari, Ikuti dan Antar ke kelas ibu hamil. 
Memang tidak banyak organisasi atau intansi kesehatan yang setiap bulannya mengadakan kelas untuk ibu hamil. Bagi Ibu Hamil yang tinggal di Kota Semarang bisa datang langsung Ke Rumah Bersalin Gratis (RBG) milik rumah Zakat yang ada di Jl Sompok belakang Java Mall dan RS Roemani.
Pamflet Kelas Ibu Hamil RBG
RBG menyelenggarakan kelas edukasi untuk ibu hamil dan menyusui. Kelas ibu  hamil RBG berlangsung selama 4 kali pertemuan setiap bulannya, dimana setiap minggu materinya berbeda dan di ulang di bulan berikutnya. Jika waktu masih memungkinkan, dalam 1 kali pertemuan kadang mendapatkan 2 materi sekaligus. Apabila ada yang ketinggalan materi karena ada keperluan lain, bisa mengulang di bulan berikutnya di pekan yang sama. 

Materi yang diberikan dari mulai masa kehamilan hingga pasca kehamilan, ada juga materi pijat bayi dan memandikan bayi. Gratis untuk member Rumah Zakat. Sedangkan non member cukup mengganti biasa snack Rp 10.000. Setelah sesi selesai bisa konsultasi gratis langsung dengan bidannya. RBG Juga melayani pemeriksaan kehamilan dan USG dengan harga Murah.
Selain kelas kehamilan, jika ada waktu luang bisa mengikuti juga senam bagi ibu hamil yang diselenggarakan RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Senam ibu hamil dijadwalkan setiap pahad pagi jam 08.00 WIB s.d Selesai di Gd. Yusuf Lantai 2 dengan biaya Rp. 20.000. Persyaratan untuk mengikuti program senam hamil adalah usia kehamilan diatas 7 bulan. Pendaftaran bisa ke BKIA RS Roemani Telp 024-8444623 ext 31115 atau Hubungi Bidan Naning di 085 876 273 273.

3. Temani aktifitasnya, Penuhi Keinginannya.
Perhatian dan kebersamaan suami sangat penting bagi bumil, karena kadang bumil merasa setiap waktunya perlu perhatian suami. Meskipun hal yang dilakukan suami sangat sepele terkadang itupun sangat disenangi oleh bumil seperti :
  • Jalan-jalan pagi kadang menjadi aktifitas rutin yang dilakukan para bumil, dengan harapan dan keyakinan aktifitas tersebut akan memperlancar proses persalinan dan menghilangkan kepenatan dengan masih segarnya udara pagi.
  • Menemani dan menjadwalkan Kontrol dan konsultasi rutin kehamilan. Sudah sepantasnya suami juga mendampingi saat control rutin dan konsultasi kehamilan sampai dengan mengantar masuk dan berkonsultasi dengan dokter atau bidan. bukan hanya mengantar dan menunggu diluar ruang periksa tapi masuk keruangan mendengarkan penjelasan dan bertanya jika ada yang perlu ditanyakan.
4. Jangan terlalu membuatnya banyak pikiran dan banyak aktifitas.
Bagi yang hamil anak pertama maka sangat dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh dan janinnya, apalagi trisemester awal adalah masa paling rawan dalam kehamilan. Karena sang bumil baru merasakan pertama kali maka kita belum tahu riwayat kehamilan sebelumnya.  Apakah aktifitas tersebut cocok dilakukan saat ia hamil atau tidak. Sehingga perlu kehati-hatian sekali. Terlebih banyak pemberitaan keguguran di trisemester awal kehamilan.
Jangan membuat bumil terlalu banyak fikiran karena akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Sehingga resiko paling fatalnya bisa menimbulkan pendarahan dan  keguguran sang janin.
Pamflet Kelas Ibu Menyusui RBG
Hindari aktifitas bepergian jauh jika tidak terlalu penting. Wajib konsultasi dengan ahli kesehatan jika ingin melakukan perjalanan jauh agar diberikan arahan dan nasehat.  

5. Cari tahu proses tumbuh kembang Janin usia 0-40 Pekan dan Dapatkan Bonusnya.
Sebagai orang tua hendaknya kita harus mengetahui berapa usia janin dan hal apa yang harus dilakukan orang tua, serta efeknya pada ibu hamil. Selain didapat dari ANC rutin, kita juga bisa memperoleh informasi perkembangan janin sesuai umur janin pada saat itu. Salah satunya adalah memanfaatkan forum yang dibuat oleh iklan suplemen ibu hamil. Masuk websitenya dan daftarkan di forum perkembangan ibu dan bayi.Jika ingin dapat bonus coba cari produk nutrisi ibu hamil yang menyediakan sampel gratis untuk ibu hamil. Sehingga sebelum membeli prodaknya kita sudah mempunyai pengalaman akan produk tersebut. Selain mendapatkan produknya, kita juga akan diberi pengarahan berdasarkan umur sang janin. Terkadang ibu hamil akan di telpon oleh "ahli kesehatan"  dari perusahaan suplemen tersebut untuk sekedar memberikan informasi kesehatan pada saat umur kehamilannya dan tips lainnya secara gratis.

6. Pelajari Buku Merah Muda (Buku KIA)
Buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) merupakan buku khusus yang harus dimiliki oleh ibu hamil. jangan hanya dimiliki tapi juga dibaca sampai tuntas. Buku KIA memberikan informasi terkait dengan masa kehamilan (Kehamilan normal dan kehamilan yang perlu diwaspadai), persalinan (penjelasan persalinan pra dan pasca serta Petunjuk IMD), imunisasi (jenis dan jadwal imunisasi), menyusui dan MPASI.
Ada juga grafik tumbuh kembang anak yang bisa kita pantau setiap bulan.
Buku Pink atau Buku KIA

Semoga Bermanfaat.


Artikel terkait :
Ikhtiar Menyambut Buah Hati 1 -Sebuah Prolog : -Kisah Nabi Zakaria dan Nabi Ibrahim-

Ikhtiar Menyambut Buah Hati 2 : Program Kehamilan

Ikhtiar Menyambut Buah Hati 3 : Saat Buah Hati tak Kunjung Hadir

Ikhtiar Menyambut Buah Hati 4 : Sebuah Nasehat [Menahan Diri Untuk tidak Bertanya]

Ikhtiar Menyambut Buah Hati 5: Menjadi  Calon Ayah Yang Siaga (Siap Antar dan Jaga)

Ikhtiar Menyambut Buah Hati 6 : Persiapan Finansial (Keuangan) Melahirkan

Ikhtiar Menyambut Buah Hati 7 : Persiapan Melahirkan Bagi Bunda (Orang tua)
Ikhtiar Menyambut Buah Hati 8 : Persiapan Kebutuhan Si Kecil (Bayi Baru Lahir)
Ikhtiar Menyambut Buah Hati 9 -Detik-Detik Persalinan
Ikhtiar Menyambut Buah Hati 10 -Sunah-Sunah Pada Bayi Baru Lahir
Ikhtiar Menyambut Buah Hati 11 -Memberi Adzan dan Iqomat Pada Bayi, Aku sih YES!!



Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.