Header Ads

Ikhtiar Menyambut Buah Hati 8 : Persiapan Kebutuhan si Kecil (Bayi)


 

Melahirkan memang harus dipersiapkan segalanya. Selain keuangan untuk proses persalinan, persiapkan juga alokasi dana untuk membeli kebutuhan si kecil saat lahir ke dunia.Melahirkan merupakan proses yang dinanti semua wanita. Waktu pastinya tidak bisa ditetapkan, beda orang beda hal yang dirasakan. Beda orang, beda lamanya persalinan bahkan hamil anak yang satu dan lainnya juga mempunyai ke khasan sendiri-sendiri. Karena waktunya tidak pasti, maka setidaknya 2 atau 3 pekan sebelum HPL semua peralatan utama yang dibawa saat melahirkan sudah siap dan dikemas dalam tas khusus.  Agar Pengeluaran tidak terasa besar maka pembelian perlengkapan bisa bertahap, mana dulu yang lebih penting untuk didahulukan.

Saking senengnya membelikan perlengkapan untuk calon anaknya, kadang bisa membuat kita tidak memperhitungkan berapa jumlah yang harus disiapkan. bisa jadi barang-barang yang tidak perlu dibeli malah kita beli sehingga pengeluaranpun menjadi membengkak.

Perlengkapan bayi baru lahir mempunyai masa pakai yang sebentar sehingga sangat disayangkan jika kita membeli dalam jumlah banyak tanpa mempertimbangkan kebutuhan sebenarnya, baik yang sedang digunakan dan sebagai cadangan.

Sebaiknya jangan terlalu mepet HPL untk membeli perlengkapan bayi karena bisa jadi HPL nya maju 2-3 pekan dari perkiraan. Berdasarkan pengalaman, berikut perlengkapan si kecil yang harus dipersiapkan ;

Bantal Peang  
1 buah bantal peang dibutuhkan untuk menjaga kepala bayi agar tetap simetris karena kepala bayi masih bisa berubah bentuknya tergantung posisi kepala bayi saat di kasur.

Perlak
Gunakan perlak meteran saja untuk menghemat dana, karena fungsinya sama saja. Membeli perlak meteran juga lebih bisa menyesuaikan ukuran yang kita butuhkan. Bayi baru lahir masih belum banyak bergerak sehinga ukuran ½ meterpun cukup untuk alas penahan ompol si bayi. Sediakan 2 buah saja sudah cukup satu ditempatkan khusus di kamar dan yang satu di ruang depan. Biar kalau mau pindah ke kamar atau ke ruang depan tidak usah membawa perlak.

Kelambu
Agar fleksibel gunakan kelambu mini yang  ukurannya cukup untuk menutupi seluruh tubuh bayi. Tak perlu kelambu besar sebagai anti nyamuk yang di pasang di atas tempat tidur. Selain sebagai pelindung nyamuk, bisa juga sebagai pelindung lalat dan penahan angin yang di hempuskan oleh kipas angin. Sediakan kelambu1 saja sudah cukup.

Alas Penyerap ompol
Sediakan minimal 1,5 lusin karena bayi kan lebih sering pipis sehingga ada cadangan jika alas lain sedang dipakai atau dijemur. Sehari bisa 4-6 kali ganti alas ompol. jumlah tersebut mengantisipasi jika sedang musim penghujan dimana jemuran susah kering. Jika yakin kering dalam sehari 1 lusin sudah cukup untuk persediaan alas ompol si kecil.

Selimut 
Minimal sediakan 1 buah untuk menjaga kehangatan bayi. Selimut juga bisa digunakan untuk menjaga si kecil dari nyamuk, lalat dan hembusan kipas angin.

Baju bayi 
Siapkan minimal 3 jenis baju yang dipakai tergantung suasana lingkungan.
  • Baju lengan pendek dan celana pendek entah calanannya bentuk kacamata ataupun bentuk lainnya,
  • Baju lengan panjang dan celana panjang
  • Baju lengan panjang dan celana panjang  yang tidak ada tempat keluar tangan dan kaki
masing masing sediakan 3 stel sudah cukup. meskipun beberapa toko menjualnya minimal stengah lusin (6 setel). Gunakan baju yang berkancing, jangan bentuk kaos. Baju kaos lebih baik digunakan jika bayi sudah berumur 1 bulan atau lebih.
 
Popok bayi
Sediakan 2 lusin popok kain biasa karena diawal-awal bayi akan lebih sering pipis. sehingga butuh persedian yang mencukupi.  Lebih hemat lagi jika menggunakan popok kain dengan insert tebal. Tapi tetep harus memperhatikan kapan waktunya diganti jika menggunakan popok kain  yang bisa di cuci ulang.
 
Bedongan bayi 

Bedong bayi 4 buah sudah cukup. Selain sebagai bedong juga bisa digunakan sebagai alas ompol ataupun selimut. Bagi yang tidak percaya bedong, perlengkapan ini tidak dibutuhkan.
Tempat Bedak dan Spons Bedak *


Perkap ini opsional, tanpa tempat pun tidak mengapa. Tapi karena ingin sempurna kadang kita membeli perlengkapan ini. Penggunaan bedak tanpa tempat bedak bisa ditaburkan terlebih dahulu di tangan atau dengan cara lain yang lebih kreatif lainnya. Sedangkan kebutuhan akan spons bedak lebih penting untuk diadakan. sediakan spons bedak 1 saja sudah cukup. Gunakan spons busa jangan spons yang seperti bulu.

Bantal dan Guling*
Sebenarnya ini tidak terlalu dibutuhkan. Karena bayi lebih enak menggunakan bantal peang atau tanpa bantal sekalian agar lebih memudahkan dalam membentuk kepala bayi dan membebaskan bayi bereral bebas. Tidak dibelipun tidak mengapa.


Kasur Mini
Minimal kita siapkan 1 kasur mini  untuk si kecil jika memang sikecil mau di tidurkan di ruang tengah atau ruang depan. Tak perlu kasur box atau kasur set dengan bantal gulingnya. Yang paling dibutuhkan adalah kasurnya saja. Tapi jika diruang tengah atau ruang depan itu sudah ada alas yang cukup empuk untuk tidur si bayi maka kasur mini tidak terlalu dibutuhkan.

Jaket atau Jumper Bayi
Ini juga dibutuhkan jika bayi akan diajak bepergian. Selama bayi berada di rumah atau diruangan manfaatnya bisa digantikan oleh selimut atau, bedong, atau alas ompol atau kain jarit.

Sarung tangan dan kaki Kaos kaki
Penting untuk kehangatan si kecil selain itu juga untuk melindungi dari garukan tangannya jika mmempuyai kuku panjang. Sediakan minimal 3 pasang sarung tangan dan 3 pasang sarung (kaos) kaki bayi

 
Topi bayi*
Tidak terlalu penting jika bayi tidak sering keluar rumah, tapi untuk jaga jaga sediakan minimal 1 buah. tipo juga bisa digunakan untuk mempercantik dan memperganteng bayi saat tidur.

Sepatu bayi*

Masih belum terlalu membutuhkan untuk bayi baru lahir. Dengan sarung atau kaos kaki sepertina sudah cukup. Jika dirasa perlu 1 pasang juga sudah cukup.

Gurita bayi 
½ lusin juga cukup. Sangat penting dipakai jikai pusar bayi belum puput. Digunakan untuk menjepit kasa agar menempel di pusar bayi. Tapi jika sudah puput dan  sudah kering maka fungsinya akan hilang. Meskipun ada yang mempercayai bahwa gurita diperlukan untuk meluruskan atau meratakan tubuh (perut) bayi serta menghangatkan tubuh bayi.

Ember bayi*
Ember mandi atau bak Mandi bayi tidak terlalu penting jika bayi belum bisa duduk sendiri. Sebagai gantinya bisa menggunakan ember bulat besar tempat mencuci baju. Atau gunakan selonjoran kaki saat memandikan bayi.

Washlap
 
Beguna jika bayi disarankan untuk tidak mandi sebgai kain pembersih badan bayi atau sebagai pengering setelah bayi dibersikan. Juga untuk mengeringkan anggota tubuh yang baru saja dibersihkan dengan tissue basah atau kapas basah baik saat BAB atau BAK.  . Sediakan minimal 3 buah.

Sabun dan Shampo Bayi 
Sabun penting untuk menjaga kebersihan kulit si kecil. Kulit si kecil masih sensitive jika kurang bersih dalam penanganannya maka akan menimbulkan ruam hingga bisul. Sedangkan shampoo juga penting untuk membersihkan kulit kepala. Tapi terkadang masih belum berani memberi samphoo kepada bayi alhasil hanya dibasahi saja kepalanya.Gunakan saja sabun yang bisa digunakan sebagai samphoo untuk mengehemat dana.

Minyak Telon*
Katanya untuk menjaga kehangatan tubuh bayi. Tapi hanya bahasa iklan saja. Tidak dipakai pun tidak mengapa. Tidak usah beli nanti juga ada yang ngado minyak telon. :D
 
Kapas Bulat/ Tissue Basah
Digunakan untuk membersihkan setelah bayi pipis atau pun BAB. Sehingga tidak perlu tissue basah dan jadi Lebih hemat. Jangan lupa gunakan air hangat saat mengelap atau membersihkan pipis bayi. Tapi jika tidak mau ribet tissue basah menjadi pilihannya.

Kassa Steril 
Kasa steril digunakan untuk menutupi pusar yang belum puput sediakan saja 2 dus karena tiap pagi dan sore hari harus diganti. Jika kurang bisa beli di apotik terdekat.

Tempat Pakaian Bayi.
Sudah membeli Pekaian untuk si kecil tentunya harus menyediakan tempatnya. Yang paling minimalis adalah menggunakan kardus bekas, atau keranjang besar yang biasa diunkan untuk pakaian kering. Karena sering mengambil baju/ celana atau popok maka tempat ini dirasa efektif dan bisa diletakkan di dekat kasur. Jika sewaktu waktu butuh bisa langsung ambil tanpa harus melangkah atau membuka pintu almari.

Thermometer 
Perlu menyediakan 1 buah termometer di rumah untuk memantau dan memastikan suhu tubuh si kecil. Karen jika sepintas dengan tangan terkadang suhunya cukup hangat, tapi jika di cek dengan thermometer menunjukkan suhu yang normal. Keberadaan thermometer juga membantu kapan si kecil diberi tindakan serius saat demam atau hanya memerlukan tindakan yang biasa (wajar)

Gunting Kuku Bayi 
Kuku bayi cepat sekali tumbuh, maka dari itu pilihlah gunting bayi berbentuk gunting agar memudahkan bunda memotong kuku si kecil. Memang harganya lebih mahal dari gunting kuku bayi biasa. Tapi ini demi kenyamanan dan kemudahan bunda dalam memotong kuku si kecil yang masih sensitive.

Sisir Bayi
Tak perlu menggunakan sisir khusus, sisir kecil sebagai oabat ganteng kaum adam pun bia digunakan untuk si kecil jika rambut kepalanya lebat. Tapi gunakan satu sisir khusus yg digunakan untuk bayi, dan tidak dipakai oleh orang lain. Apalagi sama orang yang berketombe, takut menular.

Gendongan bayi atau kain jarit
Minimal gendongan dari kain jika tidak ada gendongan khusus bayi, karena tidak mungkin bayi disuruh tidur terus, karena bayi juga butuh suasana baru meskipun hanya di luar rumah atau di teras rumah. sesekali perlu digendong. Jika tanpa bantuan gendongan akan lebih cepat capek dan gendongan kain jarit sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Iodine povidone 

No comments:

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.