Header Ads

9 [Sembilan] Alasan Kenapa kamu Harus Ganti ke Domain Berbayar (TLD)

heriheryanto.com
Suka Ngeblog (nulis) tapi masih pakai platform gratisan? ndak masalah juga sih, semua mempunyai alasan masing-masing kenapa masih menggunakan hal itu.

Gara-gara dikomporin sama komunitas sebelah, sayapun  tertarik untuk hijrah menuju yang #lebihbaik. katanya!. Menjajal berpindah dari domain gratisan menuju domain berbayar. Songong sekali ni anak, kaya kuat bayar biaya tahunannya aja?. Namanya juga usaha boss, kalau gitu mari kita pantau bersama, berapa lamakah heriherryanto.com akan bertahan didunia maya.

Eits.. tapi bukan berarti yang masih pakai gratisan itu ndak baik juga loh ya! Sangat baik kok! Bahkan yang pakai domain gratisan malah banyak yang sudah berpenghasilan dan lebih produktif nulisnya dari pada yang pakai domain berbayar seperti saya. Tapi domain berbayar juga penting loh... Kenapa? Berikut 9 [Sembilan] alasan kenapa harus pindah ke domain berbayar.
1 [SATU] Lebih Semangat Ngisi Tulisan di Blog
Teringat cerita seseorang yang mendirikan desa bahasa, ia menggratiskan satu dusun untuk belajar bahasa inggris di tempatnya. Ternyata semangat dan kesungguhannya berbeda dengan yang berbayar. Mungkin karena tanpa beban dan pengorbanan harta yang ia lakukan, meskipun hal itu dikembalikan lagi ke orangnya masing-masing tidak bisa disama ratakan.

Begitu juga dengan menggunakan domain berbayar, harapannya seseorang akan lebih punya beban dan tanggung jawab sehingga akan serius lagi dan nambah greget dalam mengisi konten blognya. Ndak asyik dong kalo sudah pake domain berbayar tapi postingnya sebulan sekali. Bisa-bisa tu domain hanya bertahan 1 tahun saja tanpa perpanjangan ditahun berikutnya.


2. [DUA] Berusaha menyajikan tulisan yang segar dan Up-to date
Dengan menggunakan domain berbayar, ada keinginan yang kuat agar bisa rutin memposting artikel di blog. Bisa dibilang sebagai cambuk atau pendorong kita untuk bisa mempublish artikel rutin.  Dengan munculnya semangat membuat postingan di poni 1, maka ia akan berusaha mencari ide dan bahan tulisan yang segar dan up to date.  ia juga kan memperkaya bahan yang berkualitas sehingga tulisan yang akan di tampilkan tidak asal tulisan.

Suatu tulisan akan dinilai pembaca apalagi mesin pencari apakah itu tulisan sampah atau tulisan berkualitas. Hingga muncul penilaian apakah tulisan itu layak dibaca sampai tuntas atau hanya baca judulnya saja. Atau layakkah tulisan itu dibagikan keteman atau berada di top search google. 

Jika tulisannya segar, dan up to date serta berkualitas maka akan membantu menaikkan Page Authority dan Domain Authority, Dengan begitu blog tersebut akan sering dikunjungi orang dan menambah nilai popularitas dari sebuah blog.


3. [TIGA] Tawaran kerjasama biasanya melirik domain TLD (berbayar]
Tak dipungkiri, sebagian besar orang menggunakan domain berbayar (TLD) untuk menambah kepopuleran agar mudah menjaring dollar atau rupiah. Beberapa tawaran kerjasama biasanya akan mempertimbangkan domain yang digunakan sipemilik blog. Apakah sudah berbayar atau masih pakai yang gratisan. Faktanya mereka sering mensyaratkan domain TLD dan sehingga menandakan kalau  mereka lebih tertarik kerjasama dengan blog yang menggunakan domain berbayar (TLD) dari pada yang gratisan tanpa mempertimbangkan nilai PA (Page Authority) ataupun DA (Domain Authority) domain berbayar.

4. [EMPAT]  Menaikkan DA (Domain Authority)
Ada beberapa tawaran pekerjaan yang mensyaratkan nilai  otorisasi (otoritas) suatu domian / domain authority (DA). Agar mempunyai otoritas domain yang kuat, maka blogger akan dipaksa untuk eksis agar domian kita bisa masuk dalam mesin pencari google. Setiap harinya banyak domain baru bermunculan dan domain kita akan bisa bersaing jika konten yang kita suguhkan diminati dan bermanfaat bagi khalayak.

Masa domainnya cuma bisa nongol selama setahun? dengan lebih sering update maka mesin pencaripun akan melirik domain kita dan perlahan bisa menaikkan nilai logaritmik domain authority (DA)-nya. 

5. [LIMA] Menaikkan Nilai PA (Page Authority)
Dengan munculnya semangat menulis dan memposting konten blog, maka akan memperbanyak jumlah page atau halaman di blog kita. Hal ini secara perlahan akan mengangkat dan menaikkan nilai orotitas halaman atau Page Authority (PA) blog kita. Nilai PA dan DA ini tidak bisa dibohongi. Karena nilainya bisa langsung dicek oleh pengunjung blog kita tanpa harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik blog.

Makjleb rasanya ketika terjadi proses tawar menawar  postingan review tapi langsung ditembak "Situ kan nilai  DA dan PA nya baru 1 jadi saya rasa nominal segitu adalah hal yang wajar!" Duh... kalau ada yang bilang gitu rasanya tuh manis asam asin deh...!

6. [ENAM] Rajin Nengok Tampilan Blog
Yup, Kalau sudah berbayar pasti mau ganti templete juga dong? ndak mungkin pake templete  blogger yang ada di setelan templete dasar. Meskpun jika disana ada yang sreg dihati kenapa tidak dipakai? Kalaupun belum ada budget untuk beli yang premium, minimal cari yang gratisan tentunya yang adsense dan seo friendly.

Tampelete atau tampilan blog merupakan suatu unsur yang bikin betah pengunjung berlama-lama mantengin blog kita. Tapi jangan terlalu menor dan alay juga tampilannya (templete-nya), segala jenis widget dipasangkan, alhasil loading pagenya jadi lambreta. Jadi carilah templete yang tidak terlalu berat saat membuka blog agar tidak langsung ditinggalkan pengunjung. ..

7. [TUJUH] Rajin Ngecek Isi BlogUntuk mempertahankan reputasi domain, tentu hal ini harus dilakukan, rajin rajinlah baca postingan lama, jika ada hal yang perlu di update atau ada narasi yang perlu diperbaiki narasi maka perbaikilah.

8. [DELAPAN] Mumpung masih baru nyemplung
Nah, bagi yang yakin mau berkecimpung didunia blogging. Langsung saja ganti yang TLD, karena semakin cepat ganti,semakin berjalannya waktu akan semakin bertambah umur domain kita. kalau gantinya nanti-nanti atau tahun depan ya bisa jadi kita harus membranding ulang. kerja dua kali kan kalau harus membranding dari awal padahal ngeblognya sudah bertahun-tahun lamanya!

9. [SEMBILAN] Kebanggaan Tersendiri
Jelas bangga dong punya blog pribadi yang sudah berbayar, tapi tidak mesti sombong juga kali boss..!  cukup sebarkan dalam diam kumpulan artikel dalam blog pribadi kita. Masa iya harus ngasih tahu orang sekampung dulu kalau kita sudah ganti domain!. Cukup isi dengan tulisan yang bermanfaat nanti mereka akan tau  dan bisa menilai sendiri kualitasnya seperti apablog kita. Jadi Biasa saja, cukup kita dan Tuhan saja yang tau :D

Sekian Alasan yang tidak penting ini saya sampaikan ke khalayak. Semoga bisa bermanfaat

4 comments:

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.