Header Ads

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - LPG Bright Gas, LPG Andalan Keluarga yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - LPG Bright Gas, LPG Andalan Keluarga yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Untuk menjaga kualitas bahan bakar tersebut, Pertamina selalu memastikan bahwa produk yang akan didistribusikan ke konsumen sudah memenuhi standar kualitas baku dari Pertamina. Selain itu bahan bakar yang di produksi Pertamina juga ramah lingkungan sehingga aman digunakan, baik dalam skala rumah tangga, bisnis maupun industri.

Karet Sil Tabung Gas Pertamina Aman dan Berkualitas
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - LPG Bright Gas, LPG Andalan Keluarga yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com
Screnshoot Pesan Berantai
Mungkin kita adalah salah satu orang yang pernah mendapat pesan berantai terkait Gerakan Cabut Karet Sil Pengaman Tabung Gas, baik melalui pesan grup ataupun pesan personal (pribadi). Dengan beredarnya pesan tersebut, bagi beberapa orang mungkin sempat muncul keragu-raguan akan kualitas salah satu produk dari Pertamina yaitu Liquefied Petroleum Gas (LPG) Pertamina.

Pesan yang sempat masif disebar melalui aplikasi perpesanan WhatsApp (WA) atau Blackberry Messenger (BBM) ini berisikan ajakan untuk melepas karet sil tabung gas yang sudah kosong sebelum konsumen menukarnya dengan tabung gas yang akan dibeli. Menurut isi pesan berantai, hal tersebut dimaksudkan agar Pertamina dalam hal ini SPBE hendaknya selalu mengganti dengan karet sil yang baru ketika pengisian ulang tabung gas. Menurut isi pesan berantai tersebut, karet sil yang ada di tabung gas hanya diperuntukan untuk sekali pakai saja. Penggantian karet sil yang baru oleh pihak Pertamina bertujuan untuk menjaga kodisi tabung agar tidak terjadi kebocoran saat di gunakan.

Adapun isi  pesan beruntun tersebut lengkapnya seperti dibawah ini ;

GERAKAN CABUT KARET SIL PENGAMAN TABUNG GAS.

Asallamualaikum. Wr. Wb....

Saudaraku setanah air....

Karet sil gas yang ada pada tabung gas idealnya untuk sekali pemakaian. Selanjutnya pihak SPBE harus mengganti yang baru sebelum dipasarkan kembali.

Perusahaan karet sil pengaman yang berlisensi SNI telah menetapkan harga per pcs karet sil pengaman gas tersebut seharga Rp 200,-

Untuk itu share ke saudara2 kita agar mencabut karet sil pengaman tabung gas yang telah terpakai sebelum menukarkan gas baru. Dengan demikian pihak SPBE berkewajiban untuk mengganti dengan karet baru. Dampak dari penggantian karet baru akan menekan resiko terjadi kebocoran gas. Sehingga konsumen pun akan nyaman memakai gas LPG untuk kebutuhan rumah tangganya......

Semoga pihak Pemerintah dalam hal ini di wakili oleh YLKI ikut serta dalam pengawasannya.

Jadi sebelum dibawa ke warung gas
Karet nya dicopot dulu
Biarlah agen terkait mengganti nya
Demi keamanan

Wassalam.

Pesan Beruntun tentang Karet Sil Tabung Gas Adalah Tidak Benar
Tapi hal tersebut langsung mendapat bantahan dari pihak Pertamina. Dalam laman resmi Pertamina, Pertamina telah mengklarifikasi terkait dengan isi pesan beruntun tersebut yang dirasa mencemaskan konsumennya. Pihak Pertamina menjelaskan bahwa semua karet sil, dalam pemilihan bahannya sudah sesuai dengan produk hidrokarbon yang terkontak langsung dengan material LPG. Sehingga tidak benar jika umur karet sil hanya untuk satu kali pemakaian saja. Saat pengisian ulang, semua tabung gas akan di cek secara menyeluruh termasuk karet sil yang terpasang, sehingga jika ada karet sil yang tidak layak maka akan segera terdeteksi dan akan segera diganti dengan karet sil yang baru.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - LPG Bright Gas, LPG Andalan Keluarga yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com
Pertamina juga menegaskan pengambilan karet sil secara paksa (dicongkel dengan benda tajam) akan berisiko terjadi kebocoran pada tabung gas. Berita klarifikasi dari Pertamina ini bisa di cek pada siaran pers yang ada di website Pertamina. klik  Press Release Pertamina untuk penjelasan lebih detail.

ELPIJI Pertamina, Menguntungkan dan Ramah Lingkungan
ELPIJI adalah brand PERTAMINA untuk LPG (Liquefied Petroleum Gas). LPG merupakan gas hidrokarbon produksi dari kilang minyak dan kilang gas dengan komponen utama gas propane (C3H8) dan butane (C4H10). Pada tekanan atmosfir, LPG berbentuk gas, tetapi untuk kemudahan distribusinya, LPG diubah fasanya menjadi cair dengan memberi tekanan. Dalam bentuk cair, LPG mudah didistribusikan dalam tabung ataupun tanki.

Di Indonesia, LPG digunakan terutama sebagai bahan bakar untuk memasak. Konsumen LPG bervariasi, mulai dari rumah tangga, kalangan komersial (restoran, hotel) hingga industri. Di kalangan industri, LPG digunakan sebagai bahan bakar pada industri makanan, keramik, gelas serta bahan bakar forklift. Selain itu, LPG juga dapat digunakan sebagai bahan baku pada industri aerosol serta refrigerant ramah lingkungan.

Dibandingkan dengan bahan bakar lain, penggunaan LPG lebih menguntungkan dan ramah lingkungan. Lantas, keuntungan apa saja jika kita menggunakan LPG ?

Bersih dan Ramah Lingkungan
Pernah membandingkan tidak, pembakaran menggunakan LPG dan non LPG? mana yang lebih bersih? Aktifitas didapur saja ketika masih menggunakan minyak tanah atau kayu bakar, mana yang menimbulkan asap paling banyak dan asap paling pekat?. Nah dengan memasak era LPG ini, hasil pembakaran lebih bersih dan emisinya juga rendah. Emisi yang rendah, bahkan tak kasat mata dan tak berbau membuat LPG lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan lainnya.

Dengan  emisi rendah maka LPG sangat ramah lingkungan dan cocok digunakan untuk skala rumah tangga yang terkadang tidak terlalu mempertimbangkan faktor keamanan yang lebih teliti dari pada skala industri atau skala bisnis. Karena hasil pembakaran LPG yang bersih, penggunaan LPG akan ikut menunjang tuntutan dunia akan penggunaan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Stabil
Era memeasak sebelum menggunakan LPG, terkadang akan membutuhkan waktu masak yang berbeda-beda karena tidak stabilnya kalori atau panas yang dihasilkan. Tapi dengan memasuki era LPG, maka proses pembakarannya menghasilkan nilai kalori yang tinggi dan stabil.


Fleksibel
Untuk lebih menjangkau seluruh pelosok Indonesia, LPG telah didistribusikan ke daerah manapun menggunakan skid tank ataupun tongkang. Sehingga akan sangat mudah dalam menjangkau daerah yang terpencil sekalipun.

Cocok bagi yang sensitif  terhadap bau
Hasil pembakaran LPG tidak meninggalkan bau, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar ataupun bahan baku untuk industri yang produknya sensitif terhadap bau.

Mudah Mendapatkannya
Pertamina telah mendistribusikan produk LPG berbagai merek dan berbagai ukuran ke seluruh wilayah Indonesia. Sehigga tidak perlu khawatir lagi kalau-kalau LPG Pertamina sulit ditemui. Bahkan disetiap warung yang jaraknya hanya beberapa meter saja, mereka bersaing mecari peruntungan dengan menyediakan LPG Pertamina di warung mereka.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com
Bright Gas Tersedia di Warung non Agen
LPG Pertamina, Produk Andalan Ibu-Ibu Di Rumah
LPG Pertamina adalah salah satu produk Pertamina yang sangat di andalkan bagi konsumen  rumah tangga. Sehingga untuk menjaga kepercayaan pelanggan (konsumen) Pertamina akan selalu memastikan bahwa produknya yang beredar di masyarakat sudah memenuhi standar keamanan dan kualitas dari Pertamina. Dengan begitu produk Pertamina yang sudah didistribusikan tidak akan membahayakan pemakainya (konsumen). Jadi sudah bisa dipastikan, LPG Aman adalah LPG yang diproduksi oleh Pertamina.

Salah satu produk LPG Pertamina yang populer di masyarakat adalah Bright Gas. Bright Gas hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen rumah tangga dengan berbagai macam variannya. Bright Gas 12 kg, Bright Gas 5,5 kg, dan Bright Gas kemasan 220 gram. Setiap varian Bright Gas ini memiliki keunggulan dan kegunaannya masing-masing.

Bagi keluarga kecil seperti saya, Bright Gas 5,5 kg Sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan dapur rumah tangga setiap bulannya. Ukuran yang pas (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil) serta memiliki bobot yang tidak terlalu berat membuat ukuan Bright Gas 5,5 kg ini mudah dibawa dan peletakkannya cukup memanfaatkan ruang terbatas. Jadi Bright Gas 5,5 kg tidak terlalu memakan tempat. Dengan ukuran yang lebih kecil sudah pasti harga Bright Gas juga lebih terjangkau dibandingkan dengan pendahulunya.

Dengan ukurannya yang lebih kecil, Bright Gas 5,5 kg akan lebih mudah jika dibawa dengan menggunakan sepeda, karena tidak akan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Jika diangkut menggunakan mobil saat isi ulang, Bight Gas 5,5 kg tidak memerlukan bagasi yang besar. Bagi yang tidak mau repot saat isi ulang, order saja melalui Bright Gas Layan Antar. Jadi Bright Gas Hemat, baik hemat di ukuran, hemat di kantong dan hemat di tempat peletakannya serta hemat di pemakainnya.

Kenapa Harus Memilih Bright Gas?
Untuk kebutuhan rumah tangga, Bright Gas memang layak untuk diandalkan dengan segala keunggulannya. Apalagi Pertamina telah memberikan perlindungan ganda pada tabung Bright Gas yang tidak diberikan pada tabung gas lainnya. Apakah hanya itu saja keunggulannya? nah, berikut beberapa keunggulan Bright Gas yang bisa menjadikan kita semakin mantap kenapa harus memilih  dan menggunakan Bright Gas.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - LPG Bright Gas, LPG Andalan Keluarga yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com

1. Lebih Aman
Tabung Bright Gas 5,5 kg memiliki fitur Katup Ganda DSVS (Double Spindle Valve System) yang 2x lebih aman dalam mencegah kebocoran pada kepala tabung. Untuk menjamin kualitas dan ketepatan isi, Bright Gas 5,5 kg juga dilengkapi dengan Segel Hologram dengan fitur OCS (Optical Color Switch) yang telah memperoleh paten dan tidak dapat dipalsukan. Selain itu, pada tabung Bright Gas 5,5 Kg juga terdapat Sticker safety penggunaan tabung sehingga konsumen dapat lebih tersosialisasikan bagaimana cara memasang dan menggunakan tabung yang benar.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - LPG Bright Gas, LPG Andalan Keluarga yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com
2. Lebih Nyaman
Tabung Bright Gas 5,5 kg lebih ringan untuk dijinjing. Sehingga untuk para Ibu yang sendirian dirumah, dimana selama ini merasa kesulitan dalam membawa tabung gas saat isi ulang untuk memasak, kini tidak perlu khawatir lagi. Jika tidak ada kendaraan dirumah untuk melakukan isi ulang tabung Bright Gas, ibu-ibu atau asisten rumah tangga juga dapat memesan langsung Bright Gas 5,5 Kg melalui fasilitas Layanan Antar Bright Gas dengan menelepon ke  1 500 000.

3. Lebih Terjangkau
Dengan variasi harga yang ditawarkan, Bright Gas menawarkan tabung dengan ukuran yang sedang yaitu Bright Gas 5,5 kg. Dengan adanya ukuran sedang tersebut, maka harga isi ulang Bright Gas 5,5 lebih murah dari produk LPG lainnya yang dikeluarkan oleh Pertamina. Tapi jangan di bandingkan dengan yang ukuran melon ya! karena Tabung gas "melon" atau ukuran 3 kg adalah produk yang di subsidi oleh Pertamina. Sedangkan Bright Gas adalah produk LPG Pertamina non subsidi.

Harga isi ulang yang ditawarkan oleh Pertamina jika kita mengisi di agen resmi termasuk indomaret atau SPBU untuk daerah Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 57.500/tabung. Sedangkan Untuk daerah lainnya pertamina mematok harga  62.000/tabung.

4. Lebih Tenang
Memiliki fitur katup ganda menjadikan konsumen lebih tenang karena tidak takut lagi akan kebocoran tabung gas. Segel resmi yang dikeluarkan Pertamina juga akan menjamin kualitas dan keakuratan kemasan dan isi tabung Bright Gas Pertamina. Segel merupakan rangkaian pengaman yang dirancang sedemikian rupa oleh Pertamina sehingga tuas pembukanya memudahkan untuk dibuka bagi pengguna sekaligus berfungsi melindungi isi tabung.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - LPG Bright Gas, LPG Andalan Keluarga yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com
Segel tabung Bright Gas dilengkapi hologram bertuliskan “PERTAMINA” dan “LPG” dengan teknologi Optical Color Switch dengan ciri-ciri antara lain warna hologram akan berbeda dari dilihat dari sisi yang berbeda. Hologram akan meninggalkan bekas pola tertentu apabila stiker hologram dilepas. Fitur ini hampir sama dengan teknologi yang digunakan dalam benang pengaman uang kertas dan dokumen-dokumen berharga lainnya. Segel itu juga yang memastikan bahwa tabung tersebut merupakan tabung yang pengisian ulangnya dilakukan di SPBE resmi milik Pertamina. Sistem Segel dalam tabung Bright Gas milik Pertamina ini sudah dilindungi Hak Paten loh! Sehingga tidak bisa dipalsukan oleh pihak lain.

Pada segel tersebut juga terdapat QR code yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemindaian yang akan memberikan informasi lokasi di mana Bright Gas 5,5 kg tersebut diisi. Pemindaian dapat menggunakan aplikasi yang dengan mudah diunduh. Dengan demikian, konsumen pengguna Bright Gas 5,5 kg dapat merasakan jaminan kenyamanan memasak di rumah maupun apartemennya, karena dengan fitur-fitur ini Bright Gas 5,5 kg bebas dari pengoplosan ataupun kurang isi.

5. Mudah Didapat
Produk Bright Gas dari Pertamina sudah mudah ditemui. Bukan hanya bisa di dapatkan di agen besar, SPBU dan Indomaret saja. Bahkan sampai warung-warung kelontong sedang pun telah menyediakan Bright Gas Pertamina.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com
Bright Gas tersedia di Indomaret
Bagaimana Cara Mendapatkan Bright Gas?
Konsumen yang ingin beralih menggunakan Bright Gas bisa membeli langsung di Indomaret, SPBU, atau Pangkalan (Agen) LPG terdekat. 

Harga isi ulang Bright Gas 5,5 kg di SPBU atau Indomaret akan dikenakan biaya Rp 57.500 per tabung. Jika konsumen belum mempunyai tabung Bright Gas sebelumnya dan ingin membeli baru, harga  tabung bright gas dan isinya dijual dengan harga Rp. 317.500 per tabung, itu jika kita membeli di Agen LPG. Tapi jika kita membelinya di SPBU atau di Indomaret kita bisa menebus tabung beserta isinya dengan harga sebesar Rp 321.500. Harga bright gas ini belum termasuk ongkos kirim jika memang konsumen menghendaki tabung Bright Gas diantar ke rumah konsumen langsung. Biaya ongkos kirim dibebankan kepada konsumen sebesar 8.000/tabung.

Baca Juga : Informasi Keamanan Yang Sering Ditanyakan dan Wajib Diketahui Dalam Menggunakan Bright Gas atau Tabung Gas Elpiji Pertamina lainnya.

Tukar Tabung Gas Lama Dengan Bright Gas
Selain melakukan pembelian tabung baru Bright Gas, Untuk mendapatkan Bright Gas kita bisa menukarkan tabung gas lama kita dengan tabung Brght Gas dengan ketentuan sebagai berikut ;
  • Tukarkan 2 Tabung ELPIJI 3 kg kita dan membayar biaya tambahan sebesar Rp 107.500 untuk mendapatkan 1 tabung Bright Gas baru beserta isinya di Agen Resmi Pertamina.
  • Tukarkan 1 Tabung ELPIJI 3 kg dan membayar tambahan biaya sebesar Rp 216.500 untuk mendapatkan 1 tabung Bright Gas baru beserta isinya di Agen Resmi Pertamina.
  • Tukarkan 1 Tabung Ease Gas 9 kg dan  membayar tambahan biaya sebesar Rp 103.500 untuk mendapatkan 1 tabung Bright Gas baru beserta isinya di Agen Resmi Pertamina.
  • Tukarkan 1 Joy Cook dan  membayar tambahan biaya sebesar Rp 103.500 untuk mendapatkan 1 tabung Bright Gas baru beserta isinya di Agen Resmi Pertamina.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com
Tukar tabung lama dengan tabung Bright Gas

Ceritaku Bersama Bright Gas.
Hampir semua rumah tangga menggunakan ELPIJI Pertamina dalam menghidupkan aktifitas dapurnya. Bahkan untuk olahan makanan bakar dan makanan panggang sekalipun, sudah banyak menggunakan peralatan modifikasi yang bahan bakar utamanya menggunakan LPG Pertamina. Contohnya saja para penjual sosis bakar dipinggir jalan. Begitu juga dengan keluarga kami yang selalu mengandalkan LPG Pertamina untuk menggerakan aktifitas dapur kami.

Bright Gas hadir memberikan kemudahan saat aktifitas dapur sempat lumpuh, karena tabung gas yang menjadi andalan utama tiba-tiba habis dan harus segera diisi ulang. Bisa dibayangkan jika istri tercinta yang ada dirumah harus angkat-angkat seorang diri untuk melakukan isi ulang tabung gas, belum lagi ia tersebut harus mengerjakan aktifitas utama lainnya yaitu mengasuh putri kecil. Kalau menuju agen langsung, tidak mungkin harus meninggalkan si kecil sendiri dirumah. Jadi kalau mau isi ulang langsung  pasti putri kecil harus dibawa, ditambah harus angkat-angkat tabung gas sambil membawa kendaraan. Mau minta tolong tetangga, takut tetangga kondisinya lebih sibuk dari kita. Mau minta tolong sama orang yang sedang lalu lalang, juga tidak ada yang lewat! Beginilah nasib jika tinggal di perumahan yang kebanyakan penghuninya kerja kantoran. Bukan hanya bapak-bapaknya saja, bahkan ibu-ibunya juga menjadi wanita karir, kadang sangat susah untuk minta tolong di waktu sibuk karena suasana perumahan yang selalu sepi dan tenang. Para penunggu rumah pun dipaksa menunggu didalam rumah, karena mau ngobrol atau ngerumpi diluar pun tidak ada lawan mainnya.

Solusi untuk menyelesaikan masalah diatas adalah dengan memanfaatkan fasilitas pesan antar, baik itu menggunakan Bright Gas Layan Antar dengan menelepon nomor resmi Pertamina di nomor 1 500 000 atau menghubungi nomor warung atau agen langganan kita. Untuk kemudahan pembelian, baik air galon ataupun tabung gas isi ulang, istri selalu mengandalkan layan antar oleh penjual terdekat. Cukup dengan mengirim SMS saja kepada si penjual, beberapa menit kemudian datanglah tabung Bright Gas pesanan kita.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan heriheryanto.com
Masih banyak produk pertamina lain yang berkualitas dan ramah lingkungan bahkan bisa bersaing dengan pasar internasional. Informasi lebih lanjut seputar produk, layanan, karir (lowongan/rekrutmen), kegiatan lain bisa melalui ;
Telepon Partamina     : 1 500 000
Website Pertamina     : http://www.pertamina.com/
Facebook Pertamina  : https://www.facebook.com/ptpertaminapersero
Youtube Pertamina    : https://www.youtube.com/user/PTPertamina
Twitter Pertamina      : https://twitter.com/PTPERTAMINA
Google + Pertamina  : https://plus.google.com/102630745448093009394
Instagram Pertamina  : https://www.instagram.com/pertaminaind/

Demikian artikel tentang Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. LPG Bright Gas, LPG Andalan Keluaga, semoga bermanfaat.

    25 comments:

    1. Bright gas emang ok's banget yaa mas, merasa terbantu dengan kemudahan yang dihadirkan..Alhamdulillah :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. layanan antarnya sangat mebantu sekali ya

        Delete
    2. Replies
      1. tidak harus sih mba... sesuai kebutuhan saja

        Delete
    3. Makasih tips nya yah. Bermanfaat!

      ReplyDelete
    4. Wah inovasi yang hebat, think pink kalau begini, jadi ingin ganti

      ReplyDelete
      Replies
      1. semoga disegerakan ya gan.. think pink , think bright gas

        Delete
    5. jujur saya baru tahu ternyata ada tabung pink/ungu, soalnya sekitaran rumah dan kost-an ini barang tidak bergentayangan :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Makanya perlu agan share ini berita biar penjual deket rumah agan juga pada jual bright gas.
        semoga segera berjumpa dengan miss pink nya ya gan...

        Delete
    6. Makasih tips nya yah. Bermanfaat!

      ReplyDelete
    7. Tentang seal yang bermasalah saya sering mengalami mas, kadang pas beli gas sealnya bermasalah, alhasil gasnya ngowos, setelah diganti seal nggak ngowos lagi. Nice info mas, sampai saat ini masih nyaman pakai yang 12 kilo.

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya mas... kalau memang masih ngowos bisa dituker tabungnya dengan yang baru. berapapun ukurannya memang bikin nyaman yang punya dapur :D

        Delete
    8. Heri, itu buat bright gas 5,5kg apakah regulatornya sama seperti yang digunakan di tabung 3kg..?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Untuk regulator sama saja sprti 3 kg dan 12 kg.
        Cukup ganti tabungnya saja. Kompor dan regulator bisa digunakan kembali :D

        Delete
      2. Untuk regulator sama saja sprti 3 kg dan 12 kg.
        Cukup ganti tabungnya saja. Kompor dan regulator bisa digunakan kembali :D

        Delete

    Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

    Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

    Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

    Powered by Blogger.