Monday, January 23, 2017

Heri Laregrage

Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25 Jagonya Motor Sport

Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport
PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)  memang tak kenal henti dalam berinovasi. Tengok saja, berapa jenis motor Yamaha menggunakan awalan Mio yang beredar di Indonesia. Ada Mio GT, Mio GT Moto GP Livery , Mio J CW FI, Mio J CW FI Teen, Mio J FI, Mio M3 125 CW, Mio M3 125 SP, Mio Soul, Mio Sporty CW, Serta lainnya. Itu baru satu tipe, belum lagi pengembangan pada tipe lainnya.

Sebagai pembuktian inovasi dan mengokohkan tagline "Semakin Didepan", Yamaha pada gelaran Indonesian Motorcycle Show (IMOS) 2016 November lalu mengeluarkan motor Mio dengan inovasi terbarunya seperti Mio M3 SSS serta   Mio Soul GT AKS SSS. Pada pagelaran tersebut, Yamaha juga memamerkan motor lainnya seperti Aerox 155 dan XMax 250.

Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing YIMM dalam acara IMOS 2016 sempat memberikan pernyataan bahwa, tahun 2016 merupakan jadwal perusahaan untuk lebih memfokuskan pada model skutik. Mengingat skutik adalah pasar terbesar Yamaha yang menguasai sampai 70 persen. Tapi bukan berarti mengesampingkan produksi motor lainnya seperti halnya motor sport. Sedangkan di tahun 2017   akan menjadi giliran model motor sport yang didorong ke depan walau YIMM tetap tidak mengendurkan skutik.

Pada tahun 2017 ini, YIMM berusaha kembali untuk mengoptimalkan penjualan Motor Sport yang masih mengusung Teknologi DNA Racing. Teknologi DNA Racing ini merupakan teknologi  Yamaha yang terinspirasi dari teknologi MotoGP. Ajang MotoGP 2012 yang pada waktu itu mengantarkan Jorge Lorenzo menaiki podium pertama, hal ini tak lepas dari dukungan Yamaha. Teknologi MotoGP pada sepeda motor yang ditunggangi Jorge Lorenzo saat memenangi balapan kini telah diaplikasikan juga pada sepeda motor harian Yamaha, teknologi MotoGP tersebut dikenal dengan  DNA Racing.

Teknologi DNA Racing merupakan teknologi yang menggabungkan unsur teknologi, inovasi dan sporty. Inovasi desain motor yang stylish membuat sepeda motor keluaran Yamaha semakin modern dan tetap gagah. Bukan hanya itu saja, distribusi bobot yang cenderung kedepan khas motor sport akan lebih menstabilkan saat pengereman atau saat melaju kencang ditikungan. Teknologi inovatif yang dikembangkan dari ajang balapan MotoGP menjadikan sepeda motor keluaran Yamaha memunyai kecepatan tinggi namun tetap stabil (aerodinamis). Tampilan sporty dan trendy menjadi kebanggaan tersendiri para pengendaranya. Di Indonesia sendiri,  teknologi itu diterapkan pada motor YZF-R15 dan YZF-R25 yang merupakan keluaran motor R-Series dari Yamaha.
Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport
YZF-25R Jagonya Motor Sport
Sejak peluncurkan perdananya, YZF-25R atau Yamaha R25 mampu memikat para pecinta motor sport di Indonesia. Desain yang modern serta teknologi MotoGP yang handal membuat Yamaha R25 sangatlah pantas disebut sebagai Jagonya Motor Sport di Indonesia. Motor sport ini mengadaptasi desain YZR-M1 yang merupakan kasta paling tinggi dalam ajang balapan MotoGP. Desain itupun membuat Yamaha R25 mambuat semakin gagah dan sporty dijalanan.

Dual Predator Head Light
Desain stylish dan modernnya tetap membuat tampilan semakin gagah, ditambah lampu depan yang agresif dengan sudut angel yang unik akan menghasilkan pencahayaan lebih terang, tajam dan fokus, layaknya predator yang siap menerkam mangsa. Sorotan yang optimal pada malam hari baik pada kondisi jalan dengan lampu penerangan jalan ataupun tanpa lampu penerangan jalan.
Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport

Floating Front Disc Brake & Biggest tube Front Suspension
Sistem pengereman dilengkapi cakram tipe floating berukuran 298 mm & 2 pot kaliper membuat Pengereman lebih optimal dengan Inner Tube suspensi depan berukuran 41 mm terbesar dikelasnya, sehingga menghasilkan handling mantap dan stabil  saat menikung pada kecepatan tinggi. Jika menginginkan kenyamanan lebih, R25-ABS dilengkapi dengan Anti-locking Breaking System untuk keamanan saat pengereman mendadak.
Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport

Speedometer
Fitur speedometer yang lengkap (multy information display) membantu pengendara memantau jarak antara titik suatu tujuan dengan titik jarak daerah tujuan lainnya. Pengendara juga bisa memantau setiap saat informasi mengenai speedometer,  tripmeter, jam, indikator pengingat ganti oli, odometer,  konsumsi bbm per 100 km sesaat, konsumsi bbm per 100 km secara rata-rata, heatmeter, fuelmeter, tachometer, indikator gear, lampu penunjuk sein, indikator pompa bensin, indikator netral serta lampu yang akan berkedip pada rpm tertentu (ecoriding indicator. Tampilan yang lengkap akan memudahkan dan memanjakan para pengendaranya dalam mengetahui informasi tertentu yang diinginkan.
Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport
Superbike Engine
Yamaha R25 bermesin 250 cc yang membuat pengendaranya melesat dengan kecepatan tinggi seperti pembalap MotoGP. Liquid cooled 4 stroke dan 2 silinder yang membuat performa mesin dari Yamaha R25 semakin mantap. Pada mesinnya juga disematkan teknologi Direct Drive Camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston yang semakin menambah kegarangan mesin dari motor sport 250 cc. Motor ini juga memiliki tenaga maksimal 35,54 dk (26,5 kW) pada 12.000 rpm dan torsi 22,1 Nm di 10.000 rpm. Superbike engine yang dibenamkan dalam motor ini mebuat sepeda motor semakin keren dan kencang.
 Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport
Asymmetrical Rear Arm and Twin Tube Rear Suspension by KYB
Lengan ayun Asimetris berbahan baja yang kuat dan kokoh menghasilkan pengendalian lebih stabil. Suspensi belakang Monocross Twin-Tube menghasilkan handling mantap dan stabil  saat menikung pada kecepatan tinggi.Hal ini akan membuat pengendara semakin nyaman meski memacunya di area terbuka ataupun pada jalanan menikung. Baik dijalanan yang halus ataupun bergelombang.
Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport

Super Sport Led Tail Light
Lampu belakang Full LED dengan pencahayaan yang lebih terang dan lebih baik. Baik sebagai lampu belakang ataupun sebagai lampu indikator saat pengereman. Tampilan lampu sein belakang meskipun mungil tapi maksimal dan elegan saat memberi aba-aba sebelum menikung kekanan ataupun kekiri. Desain lampu belakang yang modern dan sporty, terinspirasi dari YZF-R1 yang merupakan pelopor di kelasnya.
Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport

Mid Ship Sporty Muffler
Tampil sporty dengan dimensi compact dan memberikan keseimbangan Center of Gravity yang sempurna. Menghasilkan suara Super Sport Berkarakter, yang mampu menggetarkan jiwa pengendaranya.
Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport
Super Sport Split Seat
Tampilan Jok anti slip dengan ujung meruncing dan meninggi khas ala Yamaha menjadikannya sebagai super motor sport sejati. Motor ini juga mendukung performa sporty riding yang optimal. Jok anti slip akan meneguhkan posisi dan membuat lebih nyaman berkendara baik saat jalanan menurun ataupun naik.
Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport

Untuk lebih memanjakan selera warna konsumen, Motor ini tampil dengan 3 pilihan warna yaitu Racing blue, Diablo white dan Spectre grey. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan pabrikan motor terpercaya kelas dunia membuat motor sport inipun mendapat sambutan baik di Indonesia dan di negara lainnya.
Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport


Bagaimana, tertarik untuk membawa pulang Yamaha R25 kerumah? Jika artikel Teknologi Yamaha DNA Racing, Menjadikan Yamaha R25  Jagonya Motor Sport ini bermanfaat, silakan bagikan 😐

Tulisan ini dikutkan dalam Lomba Blog Yamaha Jagonya Motor Sport. Tulisan serta segala sesuatu yang ada dalam tulisan ini di luar tanggung jawab Yamaha!.


Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

4 comments

Write comments
Kang Masroer
AUTHOR
January 26, 2017 at 6:56 PM delete

R25 memang jagonya motor sport, keren abis dah..

Reply
avatar
January 26, 2017 at 11:32 PM delete

Kalau cewek naikin R25 gimana ya..

Reply
avatar
February 1, 2017 at 12:17 AM delete

Ndak gimana gmna mba.. Tinggal naik aja.. Hehe

Reply
avatar
February 1, 2017 at 12:17 AM delete

Jago banget. Teknologi motogp gitu loh.

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.