Header Ads

Kemenhub Fasilitasi Mudik Motor Gratis, Yakin Masih Mau Mudik Pakai Motor?

Kemenhub Fasilitasi Mudik Motor Gratis, Yakin Masih Mau Mudik Pakai Motor?
Kabar persiapan mudik 2017 sudah santer terdengar. Bulan Februari lalu, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sudah merilis tanggal pemesanan tiket kereta api online edisi mudik lebaran 2017. Pihak KAI sudah resmi menginfokan jadwal pemberangkatan kereta lebaran yang sudah bisa dipesan pada H-90 keberangkatan. Informasi tersebut selain sebagai media promosi KAI, juga sebagai pengingat bagi para pelanggan KAI yang akan mudik menggunakan moda transportasi kereta api.

Selain PT. KAI, Kabar persiapan mudik juga datang dari Kementerian Perhubungan. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian kembali menyelenggarakan pengangkutan Motor Gratis (Motis) bagi para pemudik pada Lebaran tahun 2017. Program Motis adalah program rutin dari Kemenhub untuk mengurangi kemacetan serta  mengurangi risiko kecelakaan saat mudik lebaran.

Menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono, Ada sedikit perbedaan pada penyelenggaraan Motis (Mudik Motor Gratis) tahun 2017 ini. Apabila pada tahun 2016 lalu pengangkutan motis para pemudik difasilitasi dengan moda transportasi darat (truk) dan moda transportasi kereta api, bahkan beberapa tahun sebelumnya moda transportasi laut (kapal laut) juga turut digunakan. Maka pada tahun 2017 ini, penyelenggaraan Motis hanya dengan menggunakan moda transportasi kereta api.

Waktu Pendaftaran
Pendaftaran Mudik Gratis Moda Kereta Api, dilaksanakan dengan 2 tahap :

Pendaftaran Motor (bukan penumpang) secara online mulai tanggal 15 Februari 2017 s.d 14 Juni 2017 dimana dalam waktu tersebut dibagi lagi dalam tahapan sebagai berikut :

Tahap 1 akan dimulai pada tanggal 16 Februari s.d. 16 April 2017 dengan mekanisme pendaftaran motor dengan fasilitas kemudahan membeli tiket kereta api sebanyak 3 orang penumpang (2 Dewasa + 1 Anak). 

Pada tahapan ini para peserta motis 2017 akan difasilitasi untuk dapat memesan tiket KA Penumpang, baik itu KA Ekonomi PSO maupun KA Ekonomi Non PSO serta KA Tambahan sampai hari ke-30 (tiga puluh) penjualan KA Tambahan

Tahap II akan dimulai pada tanggal 17 April s.d. 4 Juli 2017 (Online) dengan mekanisme pendaftaran hanya untuk motor saja (bukan penumpang).

Sadangkan untuk perjalanan contra flow atau arus balik, pendaftaran dilakukan pada tanggal 16 Mei s.d 4 Juli 2017 di Stasiun persinggahan KA Motor Gratis (Motis) di Daerah setempat. Tapi jika ingin mendaftar online juga bisa di coba ke laman mudik motor gratis kemenhub.  Klik disini untuk pendaftaran online. 

Selain menerima pendaftaran online, Pendaftaran Motis juga bisa dilakukan offline pada stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. Pendaftaran arus mudik ataupun arus balik akan ditutup apabila kuota telah terpenuhi.

Waktu Pemberangkatan Motis
Masa pengangkutan motor peserta Motis, yaitu :
    - Untuk arus mudik akan dilaksanakan selama 6 hari dimulai dari tanggal 18 s/d 23 Juni 2017;
    - Untuk arus balik akan dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari tanggal 29 Juni s/d 5 Juli 2017.
Jalur/ Daerah yang Menyelenggarakan Mudik Gratis
Jalur Lintas Utara
Lintas Utara, meliputi :
Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Lemah Abang - Stasiun Cirebon Prujakan - Stasiun Tegal - Stasiun Pekalongan - Stasiun Semarang Tawang - Stasiun Ngrombo - Stasiun Cepu - Stasiun Bojonegoro - Stasiun Babat - Stasiun Surabaya Pasar Turi. Jalur ini menggunakan stamformasi Lok CC + 8 Bagasi yang mempunyai kapasitas angkut  464 motor per hari.

Jalur Lintas Selatan
Lintas Selatan I, meliputi :
Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Lemah Abang - Stasiun Cikampek - Stasiun Purwakarta - Stasiun Cimahi - Stasiun Kiaracondong - Stasiun Cicalengka - Stasiun Leles - Stasiun Cipeundeuy - Stasiun Tasikmalaya - Stasiun Banjar - Stasiun Maos - Stasiun Kroya - Stasiun Gombong - Stasiun Kebumen - Stasiun Kutoarjo. Jalur ini menggunakan Stamformasi Lok CC + 8 Bagasi yang mempunyai Kapasitas angkut 464 motor per hari.

Lintas Selatan II, meliputi :
Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Lemah Abang - Stasiun Cirebon Prujakan - Stasiun Purwokerto - Stasiun Kroya - Stasiun Kutoarjo - Stasiun Lempuyangan - Stasiun Klaten - Stasiun Purwosari - Stasiun Madiun - Stasiun Kertosono - Stasiun Kediri - Stasiun Tulungagung - Stasiun Blitar. Jalur ini menggunakan Stamformasi Lok CC + 8 Bagasi yang mempunyai kapasitas angkut 464 motor per hari.

Syarat dan Ketentuan Peserta Motis
Untuk bisa menikmati mudik motor gratis ini, peserta wajib untuk memperhatikan dan mentaati syarat dan ketentuan sebagai berikut ;
  1. Memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku;
  2. Wajib membawa STNK, SIM, KTP, KK asli beserta masing-masing 3 (tiga) lembar fotocopiannya;
  3. Tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada sepeda motor;
  4. Kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemilik atau pemudik;
  5. Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan, dibawa oleh pemilih saat mudik;
  6. Harus ada penyangga atau standar tengah (standar dua);
  7. Harus dilengkapi dengan pegangan belakang;
  8. Untuk keamanan pengangkutan, tangki bensin harus kosong saat akan diangkut, pihak ekspeditur akan melakukan pengecekan ulang dan pengosongan tangki bbm;
  9. Kunci sepeda motor diberikan kepada petugas ekspedisi atau panitia pelaksana;
  10. Mengisi formulir pendaftaran.
  11. Bagi peserta yang berkeinginan untuk dapat difasilitasi pembelian tiket (selama masih tersedia) harus tunduk dan taat pada persyaratan :
    1.  1 unit motor untuk untuk pembelian tiket maksimal 3 (tiga) orang dalam 1 keluarga (2 orang dewasa 1 orang anak usia maksimal 11 tahun);
    2.  Mengisi formulir isian pembelian tiket; 
    3.  Melakukan pembayaran pembelian tiket pada kasir yang telah ditunjuk pada hari yang sama;
    4. Peserta mudik motor berhak mendapatkan bukti / tanda terima pembelian tiket yang nantinya dapat ditukarkan dengan tiket  asli pada saat dropping/penyerahan motor (H-2) keberangkatan di stasiun yang ditunjuk; 
    5.  Bukti/tanda terima pembelian tiket TIDAK BISA DIBATALKAN atau DIPINDAHKAN tanggal keberangkatannya untuk itu RENCANAKAN PERJALANAN ANDA DENGAN BAIK DAN BENAR.
Kapasitas Angkut Total Motis
Stamformasi/rangkaian KA barang yang akan dioperasikan untuk mengangkut sepeda motor peserta Motis tahun 2017 terdiri atas 8 Gerbong. Masing-masing gerbong berkapasitas 58 motor, dengan kapasitas angkut 1 KA barang sebanyak 464 motor. Masing-masing lintas layanan akan dioperasikan 1 KA barang, sehingga total kapasitas angkut KA barang dalam satu hari sebanyak 1.392 sepeda motor. 

Selama penyelenggaraan Motis tahun 2017 yang berlangsung selama 13 hari, kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut oleh KA Barang tersebut sebanyak 18.096 sepeda motor. “Kuota angkutan Motis tahun ini alami peningkatan sebesar 14% dari tahun sebelumnya, dengan alokasi anggaran sebesar ± Rp 50 Milyar dikarenakan peniadaan moda transportasi darat yang digunakan pada motis 2016.

Bagi peserta motis yang telah mendaftar pada periode tanggal 16 Februari s/d 16 April 2017 pada stasiun ditunjuk diberi fasilitas pembelian tiket kereta penumpang, yaitu 2 tiket dewasa dan 1 tiket anak umur < 11 tahun (infant), untuk KA-KA berikut :
    1.KA Reguler:
    ·KA Serayu Pagi
    ·KA Serayu Malam
    ·KA Brantas
    ·KA Matarmaja
    ·KA Kahuripan
    ·KA Bengawan
    ·KA Kertajaya
    ·KA Kutojaya Utara
    ·KA Kutojaya Selatan
    ·KA Tawang Jaya

    2.KA Tambahan Lebaran:
    ·KA Kutojaya Utara Tambahan
    ·KA Kertajaya Tambahan
    ·KA Pasundan Tambahan
Kemenhub Fasilitasi Mudik Motor Gratis, Yakin Masih Mau Mudik Pakai Motor?
Pemudik Ke Arah Jakarta Juga Bisa Ikut Motis
Program Motis ini bukan hanya berlaku bagi para pemudik yang berasal dari jakarta. Tapi juga bisa dinikmati oleh pemudik lain asalkan jalurnya dilalui oleh jalur motis. Karena kuota terbatas, rencanakan  perjalanan mudik motis mulai dari sekarang.

Bagi Pemudik dari daerah lain ke arah jakarta juga bisa mengikuti program ini, asalkan masih berada di Pulau Jawa dan stasiun setempat ditunjuk sebagai penyelenggara motis 2017. Jadi mudik motis ini berlaku dua arah baik menuju arah jakarta atau keluar dari jakarta. Baik saat mudi dan juga saat balik.

Jika artikel  Kemenhub Fasilitasi Mudik Motor Gratis, Yakin Masih Mau Mudik Pakai Motor? ini bermanfaat silakan share atau bagikan. Terimakasih atas kunjungannya.

2 comments:

  1. sudah difasilitasi oleh pemerintah mending cari mudik yang aman lh salah satunya dengan kereta api

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, semoga tiap tahun terus berkurang deh angka kecelakaan lalu lintas saat momen mudik. ��

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.