Saturday, April 29, 2017

Heri Laregrage

Rumah Prestasi Insan Mulia (RPIM) Adakan Kemah Kampus Tanggap Bencana 2017

 

Bagi sebagian aktifis kampus UNDIP, Polines, Poltekes Semarang, Serta mahasiswa yang tinggal di sekitar tembalang, Nama Rumah Prestasi Insan Mulia sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Dari sebelumnya hanya sekedar komunitas kontrakan islami atau lebih familiar dengan sebutan wisma islam, hingga kini sudah berbentuk yayasan resmi berbadan hukum.

Rumah Prestasi Insan Mulia (RPIM) mempunyai kegiatan rutin harian, bulanan dan tahunan bagi para penghuninya. Dari mulai kajian wisma, mentoring, mabit, kegiatan olahraga, serta kegiatan bermanfaat lainnya.  Kemah Kampus adalah agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh RPIM.
Untuk membekali anggotanya dalam hal ketanggap bencanaan, Rumah Prestasi Insan Mulia (RPIM) mengadakan Kemah Kampus Tanggap Bencana 2017 dengan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang serta Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Semarang sebagai pemateri utama acara tersebut.

Acara yang dilaksanakan 2 hari  di Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang ini dikemas menarik dan atraktif sehingga mendapat sambutan baik dari peserta. Tidak kurang dari 80 peserta yang merupakan penghuni  wisma  RPIM dan juga simpatisan RPIM mengikuti acara tersebut. 
Acara yang diadakan tanggal 14-15 April 2017 ini dikhususkan untuk penghuni wisma putra. Sedangkan untuk penghuni wisma putri (muslimah) sendiri, agenda kemah kampus telah dilaksanakan lebih dulu,  yaitu pada tanggal 1 April 2017. 


Materi penanggulangan bencana baik sebelum, saat dan setelah bencana disampaikan oleh Pak Kabul dari BPBD Kota Semarang dan Mas Didik dari PMI Kota Semarang, menekankan bukan hanya keberanian yang harus dimiliki oleh para relawan, tapi juga niat yang lurus dan tulus relawan saat memberikan bantuan baik saat dilapangan ataupun setelah selesai bertugas. 

Setelah selesai materi kebencanaan, panitia sudah menyiapkan materi menarik lainnya yang dikemas dalam bentuk permainan atau outbound. Sesi outbound ini dikomandani oleh Kang Yana dari Oase Indonesia.

Tak Ketinggalan, materi beladiripun diberikan kepada peserta agar bisa mempertahankan diri saat ada musuh yang menyerang. Tentunya bukan untuk sekedar gagah-gagahan, tapi lebih untuk menjaga aset pribadi, golongan, serta orang-orang disekitarnya dari hal yang tidak diinginkan. 

Materi beladiri yang diberikan adalah Kungfu Muslim Tifan Po Khan. Dalam satu detik, kita bisa memanfaatkan beberapa kali pukulan. Materi Tifan Po Khan ini disampaikan oleh Sifu Lilik.

Hari semakin larut, para pesertapun harus menyiapkan tempat istirahatnya dengan mendirikan tenda yang sudah dibawa. Sebelum aktifitas istirahat malam, Masing-masing kelompok menampilkan pertunjukan bakat yang dimiliki oleh masing-masing anggota atau perwakilan anggotanya  (Haflah)

Setelah acara haflah selesai, peserta langsung diminta istirahat karena pada sepertiga malam akan dibangunkan untuk shalat malam dan mempraktekkan semua materi yang sudah didapat yang dikemas dengan permainan Patrol Ranger.


Permaian Patrol Rangerpun selesai mendekati shalat subuh. Setelah shalat subuh, matsurat, kultum dan bersih diri, peserta bersiap melakukan aktifitas terakhir sebelum penutupan. Acara terakhir tersebut adalah memobilisasi peserta dari Hutan Wisata Tinjomoyo menuju GSG Undip tembalang yang merupakan tempat upacara penutupan dengan berjalan kaki alias long march.

Setelah semua peserta sampai di GSG Undip Tembalang,  upacara penutupanpun siap dilaksanakan. Upacara penutupan dipimpin  oleh Bapak Adi Darmawan, SSi., MSi., PhD yang merupakan Dewan Pembina dari Rumah Prestasi Insan Mulia. 
Selain Pak Adi, turut hadir juga Bapak Muhammad Hasib Ardani, S.Kp.,M.Kes yang juga Ketua Umum Rumah Prestasi Insani Mulia. Keduanya setia membersamai peserta dan panitia dari awal hingga akhir acara.

Untuk mengenang atau melihat keseruan acara kemah kampus 2017, Tonton Full Kompilasi Video dan Slide Show Kemah Kampus 2017 yang berdurasi 19.39 menit dibawah tulisan terakhir artikel ini. 

Jika artikel Rumah Prestasi Insan Mulia Adakan Kemah Kampus Tanggap Bencana  2017 ini bermanfaat, silakan bisa di share atau dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya.


Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

1 comments:

Write comments
salaminzaghi
AUTHOR
April 30, 2017 at 9:37 AM delete

seru banget kebersamaannya :D

Reply
avatar

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.