Monday, June 12, 2017

Heri Laregrage

Amati Jenis Makanannya dan Segera Cek Jika Anak Terindikasi Alergi Makanan

www.heriheryanto.com
Siang Sahabat.?!.. Masih semangat puasanya kan ya? Ibu ibu hamil dan ibu-ibu menyusui saja puasa, masa kita yang tak ada kendala tidak puasa?!

Meskipun seharian puasa, bukan berarti pas buka boleh makan apa saja loh ya! Tetap perhatikan kapasitas perut biar masih bisa ibadah setelah berbuka. Apalagi anak-anak yang terkadang suka 'balas dendam' kalau sudah waktunya berbuka.

Terlebih, menu apa  yang akan kita dan anak kita makan juga harus diperhatikan. Terutama yang punya alergi pada jenis makanan tertentu. Karena kadang kalau lagi laper, kita tidak mengindahkan rambu-rambu makanan yang berpotensi alergi baik untuk kita atau untuk sikecil.

Agar pekerjaan harian terselesaikan, pastilah kita harus mempunyai tenaga yang cukup untuk menunjang aktifitas harian kita. Sumber energi yang digunakan tubuh untuk menunjang aktifitas sehari-hari tersebut  berasal dari makanan yang kita konsumsi. 

Makanan yang kita konsumsi untuk pemenuhan energi tubuh kita sebaiknya pilih yang 4 sehat dan 5 sempurna (baca : syarat gizi). Jika kita mengkonsumsi makanan yang tidak mempunyai nilai gizi,  maka dikhawatirkan tubuh kita akan kekurangan energi yang akan digunakan dalam beraktivitas. 

Berbicara soal makanan tentu saja kita tidak boleh sembarangan untuk mengkonsumsinya, terlebih lagi bagi orang-orang yang menderita alergi terhadap makanan tertentu. Tetapi sebelum mendiagnosis diri sendiri ada baiknya jika kita melakukan cek alergi apakah benar makanan tersebutlah yang menyebabkan alergi pada tubuh kita atau bisa jadi jenis makanan lainnya.

Dari banyaknya alergi yang disebabkan oleh makanan, kasus yang sering terjadi yaitu terjadi pada jenis makanan seperti
  • Telur, susu, ikan, kerang, gandum.
  • Kedelai dan berbagai jenis kacang-kacangan lainnya
Biasanya para penderita alergi tersebut lebih sensitif terhadap makanan yang disebutkan diatas. Bila alerginya kambuh maka akan muncul berbagai tanda seperti ruam merah pada kulit, gatal- gatal pada tubuh dan berbagai tanda lainnya. 

Yang perlu diingat biasanya orang terkena alergi pada zat atau bahan yang tidak berbahaya, sehingga bila anda mengalami gejala tadi karena efek suatu zat yang tidak berbahaya, bisa jadi kita terkena alergi.

Tetapi jangan merasa khawatir, setelah kita cek jenis makanan apa yang membuat kita alergi, selanjutnya kita dapat melakukan pengobatan dan penanganan alergi susu sapi dengan segera. 

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia ataupun dengan ramuan herbal. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu mengatasi efek alergi. Hanya saja, biasanya obat yang mengandung campuran bahan kimia dengan yang seratus persen alami reaksinya lebih cepat yang menggunakan bahan kimia. Maka dari itu pilihan ada di tangan kita, untuk memilih mana obat yang cocok untuk menyembuhkan alergi makanan yang kita derita.

Masing-masing dari kita sudah mengetahui makanan apa saja yang menyebabkan alergi saat kita konsumsi. Untuk itu, sebaiknya kita hndari makanan-makanan yang berpotensi menyebabkan alergi pada kita, meskipun keinginan untuk memakan makanan tersebut sangat besar

Sekian artikel terkait Amati Jenis Makanannya dan Segera Cek Jika Anak Terindikasi Alergi Makanan ini saya sampaikan. Terima kasih atas kunjungannya. Jika dirasa memberikan manfaat, silakan share atau bagikan.

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.