Header Ads

Benar(kah), Ponsel Baru harus di Charge Selama 8 Jam!?

www.heriheryanto.com

Benarkah ponsel atau smartphone baru harus di charge (di cas)/ isi daya selama 8 (delapan) jam agar daya tahan baterai lebih maksimal?

Pertanyaan tersebut muncul dibenak saya baru-baru ini, karena dirasa  performa baterai smartphone mulai menurun. Salah satu yang masuk dalam list penyebab menurunnya daya tahan baterai adalah saat pertama kali mendapatkan ponsel, ponsel tersebut tidak di isi daya (charge) selama 8 jam.

Baca Juga : Berapa Harga Samsung Gear S3 Saat Ini dan Apa Saja Spesifikasinya?

Usut punya usut, hasil penelusuran di buku panduan beberapa ponsel ternyata tidak selalu sama dengan artikel yang ada di dunia maya.

Jika kita mencari artikel dengan kata kunci mirip atau sama seperti diatas, maka semua artikel  seakan bersepakat mengarah pada tidak perlunya pengecasan baterai ponsel baru selama 8 jam.

Menurut kebanyakan artikel, kenapa ponsel atau baterai tidak memerlukan pengecasan selama 8 jam? karena hampir semua baterai ponsel saat ini sudah menggunakan bahan Li-ion (lithium Ion) atau Li-Po (Lithium Polymer) yang di klaim lebih baik dan lebih tahan (awet) masa pakainya. Serta tidak memerlukan pengecasan 8 jam saat kondisi baru.

Baterai jenis Li-ion ataupun Li-Po bisa digunakan sesuai kebutuhan. Baterai jenis ini saat pengecasan tidak harus menunggu baterai penuh terlebih dahulu jika ingin di cabut dari stop kontak. Baterai Li-ion ataupun Li-Po  juga tidak harus menunggu kosong jika ingin diisi daya. Meskipun demikian, aktifitas tersebut (mencabut sebelum penuh dan mengisi sebelum habis) jika dilakukan  katanya tidak akan menggangu kinerja baterai.

Berbeda dengan ponsel jaman dulu (jadul) yang keluar sekitar tahun 90-an atau diawal 2000-an, dimana masih menggunakan baterai berbahan NICd (NIcket-Cadmium) dan NiMH (Nikel-Metal Hydride).

Konon baterai jenis tersebut penggunaannya akan lebih maksimal jika di charge dalam kondisi kosong. Dan saat pertama kali pemakaian (baru) harus di chagre selama 8 jam untuk mengaktifkan memori (sel) baterai agar lebih terisi sempurna. Dengan demikian baterai akan menyimpanan daya lebih banyak dan lebih tahan lama.
Panduan Pengisian Daya pada Ponsel Lenovo
Tapi bagi saya lain. Berapa lama baterai ponsel harus di charge saat awal pemakaian (ponsel baru) tergantung pada instruksi yang ada pada buku panduan ponsel baru masing-masing. Jadi baterai ponsel di charge selama 8 jam atau tidak tergantung dari buku panduan masing-masing-ponsel.

Berdasarkan fakta dilapangan, meskipun sudah menggunakan baterai berbahan Li-ion ataupun Li-Po masih ada produsen ponsel yang dalam buku panduan (manual book) menyarankan untuk dilakukan pengecasan selama 8 jam saat kondisi baru digunakan.

Sebut saja ponsel hasil rakitan ASUS yang dalam buku panduan singkatnya menyarankan untuk men-charge ponsel baru selama 8 jam. Berbeda dengan SAMSUNG, LENOVO, ANDROMAX yang hanya menganjurkan untuk mengisi daya hingga penuh terlebih dahulu sebelum digunakan.
Panduan Pengisian Daya Ponsel Andromax
Jadi untuk pengguna ponsel baru ASUS baiknya dilakukan penngecasan selama 8 jam untuk ponsel barunya, entah itu dalam kondisi baterai kosong ataupun masih ada isinya. 
Panduan pengisian daya ponsel ASUS
Sedangkan untuk pengguna ponsel SAMSUNG, maka baiknya dicharge penuh dulu sebelum digunakan meskipun kondisi baterai masih ada sisa. Pada ponsel baru samsung tidak perlu mengecas selama 8 jam. Jika pengisian sudah 100% maka sudah bisa dicabut. Adapun untuk ponsel lain silakan bisa dilihat dibuku panduan masing-masing jangan disamaratakan.
Benar(kah), Ponsel Baru harus di Charge Selama 8 Jam!?
Panduan pengisian daya ponsel SAMSUNG
Sebelum memutuskan harus mencharge selama 8 jam atau cukup sampai indikator menampilkan baterai penuh 100%. Agar baterai ponsel lebih awet sebaiknya kita kembalikan kepada buku panduan masingBisa jadi, meskipun satu produsen satu merek namun beda tipe akan menyebabkan instruksi pengecasan awal yang berbeda pula.

So.. selamat menengok buku panduan bagi pengguna ponsel baru atau calon pembeli ponsel baru.

Jika artikel Benar(kah), Ponsel Baru harus di Charge Selama 8 Jam!? ini bermanfaat, silakan boleh di -share atau dibagikan.

2 comments:

  1. Kalo misalnya gak di cas awal pemakaiannya gimana bang? Soal nya gak tau bang lw harus di cas dulu, karena penjual hp jg gak bilangin bang, tp pas btrai nya habis baru saya baca buku petunjuk pengguna,katanya di anjurkan cas sebelum pemakaian pertama, nah karena udah terlanjur, gimana bang? Apakah btrai nya cepat mudah habis atau kualitasnya menurun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sudah terjadi janganlah disesali kak...
      mumpung masih baru,biasanya tidak akan berpengaruh kalau kedepannya mengikuti sesuai aturan. dijaga betul batre hapenya agar awet ya kak..

      Delete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.