Header Ads

Ketika Kaki Tangan Berkata : Inspirasi Lagu Chrisye dari Surah Yasin 65

Siapa tak mengenal Chrisye? Lagu-lagunya banyak yang melegenda dan dinyanyikan ulang oleh penyanyi generasi setelahnya. Dan yang menyanyikan ulang adalah penyanyi atau band-band terkenal pada zamannya pula. Seakan meski Chrisye kini sudah tiada, tapi karyanya masih tetap ada.
Baca Juga  FILM CHRISYE (2017) : Sebuah Perjalanan Pencarian akan Hakikat Tuhan
Salah satu lagu Chrisye yang sangat sulit ditulis lirik nya serta sulit dinyanyikan oleh Chrisye adalah lagu Ketika Kaki Tangan Berkata.

Berawal dari keinginan Chrisye memasukkan lagu tentang Tuhan dalam salah satu albumnya. Ia pun mencoba membuat lirik lagunya. Sudah mencoba berkali-kali untuk menulis lirik lagu tentang Tuhan, tapi apa daya Chrisye tidak bisa menuangkan idenya untuk menjadi sebuah lirik. Hingga akhirnya ia meminta bantuan kepada Penyair ternama Taufiq Ismail.

Taufiq Ismail kemudian mengiyakan permintaan Chrisye dan ia mencoba membuat lirik seperti apa yang Chrisye minta. Tapi meski instrumennya diputar setiap hari, Taufiq ismail pun hanya bisa mendengarkan hingga tuntas, tanpa bisa menulis satu bait lirik sama sekali. Sampai suatu waktu setelah Taufiq Ismail selesai membaca Alquran, Ia pun melanjutkan lagi menulis lirik yang di minta Chrisye.

Saat mendengarkan instrumen lagu, ia langsung teringat dengan surat yang baru ia baca, yaitu surah Yasin ayat 65. Ia pun mengaitkan irama lagu yang di dengar dengan surat yasin yang ia baca sebelumnya. Pada akhirnya ia mendapat ide untuk membuat lirik yang diinginkan oleh Chrisye. Merujuk teks terjemahan QS. Yasin ayat 65, Taufik Ismail berhasil menyelesaikan permintaan Chrisye.

ٱلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰٓ أَفْوَٰهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَآ أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ

"Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan" (QS. Yasin : 65)

Akan datang hari
Mulut dikunci
Kata, tak ada lagi...

Akan tiba masa
Tak ada suara
Dari mulut kita..

Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya...

Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya...

Tidak tahu kita
Bila harinya
Tanggung jawab, tiba...

Rabbana...
Tangan kami...
Kaki kami...
Mulut kami...
Mata hati kami...

Luruskanlah...
Kukuhkanlah...
Di jalan cahaya...
Sempurna...

Mohon karunia
Kepada kami..
Hamba Mu..
Yang hina..

Meski Taufiq ismail sudah membuatkan lirik seperti apa yang Chrisye minta, tetap saja Chrisye merasa kesulitan untuk menyanyikannya. Berkali-kali ia mencoba menyanyikan lagu itu tapi yang terjadi hanya bisa mengeluarkan air mata tanpa bisa mengeluarkan suara. Kemudian ia pun menghubungi Taufiq ismail dan Taufiq Ismail pun menjelaskan proses lirik itu selesai dibuat.

Proses rekaman harus selesai hari itu juga, hingga akhirnya Chrisye mnghubungi istrinya Damayanti Noor (Yanti) untuk menemaninya rekaman di Studio meski sudah larut malam. Yanti pun bergeas ke studio. Setelah bertemu Yanti ia menceritakan apa yang terjadi sebelumnya.

Setelah selesai menceritakan kepada yanti, Chrisye dan Yanti shalat 2 rakaat sebelum melanjutkan rekaman kembali. Di awal masih kesulitan menyanyikannya, tapi kemudian Chrisye bisa menyelesaikan lagu tersebut.

Nah itulah sekilas inspirasi dibalik lagu Ketika Kaki Tangan Berkata.yang dinyanyikan oleh Chrisye. Jika artikel atau tulisan  Ketika Kaki Tangan Berkata : Inspirasi Lagu Chrisye dari Surah Yasin 65  ini dirasa bermanfaat, silakan dishare atau dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga menemukan artikel lain yang cocok untuk dibaca selanjutnya.

2 comments:

  1. Lagunya menggetarkan kalbu yaa mas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em.. Kalo dihayati akan meninggalkan pertanyaan, sdh siap mati blm ya

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.