Header Ads

Mengenal Usaha Secara Online

Menjalankan bisnis atau usaha kini menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan mengandalkan mencari pekerjaan. Hal ini karena hanya orang dengan kualifikasi terbaik yang dapat memiliki pekerjaan terbaik pula. Tak heran, meskipun seseorang sudah menjadi karyawan kantoran, banyak juga dari mereka yang punya unit usaha sampingan.


Persaingan dalam mencari pekerjaan sangat ketat sehingga akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan gaji yang memadai. Banyak orang akhirnya hanya mendapat pekerjaan yang biasa. Beberapa bahkan tidak dapat memiliki pekerjaan atau hanya bekerja menjadi buruh harian yang tidak memiliki jaminan apapun. Untuk menghindari hal tersebut, membuka usaha sendiri justru dapat menjadi salah satu hal yang lebih menjamin masa depan. Jika Anda dapat menjalankan usaha dengan baik, Anda tidak hanya dapat mandiri secara keuangan saja, tetapi juga bisa membantu mereka yang membutuhkan pekerjaan dengan menyediakan lapangan kerja baru. 


Ada banyak cara untuk menghasilkan uang. Jika Anda tertarik dengan menjalankan sebuah usaha, ada banyak jenis usaha yang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Yang sedang booming dilakukan adalah dengan menjalankan usaha secara online. Cara ini menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan karena sangat memudahkan terutama dalam menjaring konsumen. Dengan menjalankan usaha secara online, Anda dapat menjaring konsumen dengan lebih luas karena internet memiliki sifat mendekatkan dan membuat kabur batasan jarak. Kita bahkan dapat melakukan transaksi sampai ke luar negeri dengan menggunakan internet.

Menjalankan usaha secara online
Seperti yang sudah disinggung di atas, menjalankan usaha secara online menjadi salah satu hal yang marak dilakukan banyak orang. Mulai dari usaha besar sampai dengan usaha kecil dan mikro, mengandalkan jejaring online dalam memasarkan produknya. Dalam menjalankan usaha secara online, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Adapun hal yang perlu Anda perhatikan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1.  Keamanan
Walaupun pertumbuhan pengguna internet di berbagai wilayah selalu meningkat setiap tahunnya, namun, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap transaksi melalui internet masih rendah. Hal ini karena masih banyak orang yang masih menyangsikan keamanan transaksi menggunakan internet. Oleh karenanya, jika Anda ingin menjalankan usaha secara online, jangan lupa beri jaminan keamanan transaksi pada calon pembeli Anda. Kini, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjamin keamanan transaksi. Ada yang menggunakan jasa pihak ketiga untuk menjamin keamanan transaksi. Pihak ketiga tersebut menjamin keamanan pembelian. Jika barang sudah sampai ke tangan pembeli, maka uang pembayaran baru dapat dicairkan oleh penjual. Hal ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjaga keamanan transaksi baik bagi pembeli maupun penjual.

 2.  Kecepatan respond
Hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah kecepatan respond. Respond yang cepat menjadi salah satu hal yang diunggulkan dalam menjalankan usaha secara online. Jika Anda tidak melakukan respond dengan cepat, maka Anda akan dengan ditinggalkan oleh calon pembeli karena masih banyak penjual lain yang memiliki respond cepat. 

Respond cepat dibutuhkan pada saat pembeli ingin bertanya atau melakukan konsultasi mengenai produk yang kita jual. Respond yang cepat juga dibutuhkan saat pembeli melakukan komplain mengenai barang yang diterima. Hal-hal tersebut harus kita layani dengan baik agar tingkat kepercayaan pembeli pada kita tinggi. Menjadi toko online yang terpercaya akan membantu Anda mendapatkan pelanggan setia dan memudahkan pembeli baru tertarik dengan produk yang kita jual dari testimoni positif para pembeli lainnya.

3. Layanan purna jual atau komplain
Layanan purna jual dan layanan komplain akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan pembeli. Jika komplain dapat terlayani dengan baik, maka rating toko online Anda pun akan meningkat. Walaupun layanan purna jual dan komplain harus terlayani dengan baik, bukan berarti kita harus melayani semua keinginan pembeli yang kadang tidak masuk akal. Kita dapat memberikan batasan mana yang merupakan komplain yang wajar dan mana komplain yang mengada-ada. Jika memang kesalahan ada pada kita sebagai penjual, memberikan ganti rugi yang sesuai dapat membuat citra toko online kita tetap baik. Testimoni yang diberikan pelanggan pun akan baik.

Itu tadi, hal yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis secara online. Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda akan lebih mudah dalam menjalankan usaha secara online. Melakukan bisnis secara online tentunya akan melibatkan suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen. Anda dapat menjual dalam bentuk barang ataupun jasa. Berikut ulasan mengenai hal tersebut.


Penjualan barang secara online
Ada banyak jenis barang yang dapat dijual secara online. Tidak hanya barang dalam bentuk fisik saja, tetapi juga barang dalam bentuk non fisik. Lalu, apa sih sebenarnya perbedaan dari keduanya? Berikut penjelasannya.

1. Barang fisik
Yang dimaksud dengan barang fisik adalah barang yang dapat kita pegang atau memiliki wujud secara fisik. Barang fisik dapat dikelompokkan dalam banyak jenis. Mulai dari kelompok makanan, barang supermarket, furnitur, otomotif, barang hobi, barang perlengkapan olahraga, dan berbagai jenis kelompok barang lainnya. Barang jenis ini memerlukan biaya pengiriman saat pembelian. Pengiriman dapat menggunakan jasa pengiriman pos indonesia atau jasa pengiriman swasta lainnya.

2.  Barang non fisik
Yang dimaksud dengan barang non fisik adalah barang yang tidak memiliki wujud secara fisik. Misalnya saja token listrik, pulsa, voucher, dan sebagainya. Barang non fisik ini dapat langsung ditransfer begitu pembeli membayar sejumlah harga produk yang diinginkan.

3. Penjualan jasa secara online
Selain penjualan barang ada juga penjualan jasa yang dapat dilakukan secara online. Ada banyak jenis jasa yang dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis. Ada beberapa jasa yang dapat dikerjakan langsung secara online diantaranya adalah jasa desain grafis, jasa penerjemah, kursus dan pelatihan tertentu, dan sebagainya.

Ada juga jasa yang ditawarkan secara online namun dikerjakan secara offline. Misalnya jasa catering, jasa pemasangan tarub, jasa sewa dan pemasangan baliho dan papan iklan, jasa jahit pakaian, dan sebagainya. Jasa-jasa tersebut dapat Anda jadikan sebagai salah satu alternatif usaha. Apalagi jika Anda memiliki kemampuan khusus. Anda dapat memanfaatkan kemampuan Anda untuk dijadikan sebuah usaha secara online.

Sumber permodalan
Ada banyak sumber modal yang dapat Anda gunakan untuk membuka sebuah usaha termasuk membuka usaha online. Anda dapat menjadi anggota koperasi simpan pinjam dan mengajukan pinjaman dengan memenuhi syarat meminjam uang di koperasi. Anda juga dapat mencari tempat meminjam uang tanpa agunan dengan angsuran ringan. Anda dapat menggunakan tabungan pribadi jika memungkinkan.

Jadi, tidak ada alasan terhambat modal jika Anda ingin membuka sebuah usaha. Jika usaha dilakukan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah, Anda akan mendapatkan buahnya kelak. Jangan lupa untuk menjalankan usaha dengan benar dan terus belajar untuk memperbaiki diri agar usaha dapat berkembang dengan baik.

Sekian ulasan mengenai usaha online yang dapat dijalankan oleh banyak orang. Sehingga artikel ini dapat memberi inspirasi Anda untuk membuka usaha secara online. Selamat mencoba!

Jika artikel  Mengenal Usaha Secara Online  ini dirasa bermanfaat, silakan dishare atau dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga menemukan artikel lain yang cocok untuk dibaca selanjutnya.

No comments:

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.