Header Ads

Inilah 3 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis Di Peta Google (Google Bisnisku)

Bisnis online, menurut saya merupakan bisnis yang harus dijalani oleh semua pebisnis. Dari pebisnis baru (newbie) ataupun bisnis yang sudah berkembang dan besar. Banyak strategi agar bisnis online kita bisa lebih berkembang, salah satunya dengan memanfaatkan strategi digital marketing menggunakan google bisnisku yang disediakan gratis oleh google.

Baca Juga : Cara Membuat Link Langsung Menuju Chat Whatsapp 

Strategi  ini akan menghilangkan sekat geografis antar negara sehingga bisnis kita bisa mudah ditemukan oleh para pengguna internet diseluruh penjuru dunia.

Artikel Manfaat Mengelola Bisnis Online Dengan Google Bisnisku akan memberikan gambaran apa itu google bisnisku. Setelah mengetahui manfaat dari google bisnisku, langsung saja kita praktik untuk membuat penanda bisnis yang kita miliki di peta google (google maps) agar lokasi bisnis kita bisa ditemukan oleh orang banyak di seluruh dunia.

Lantas bagaimana cara menambahkan toko atau lokasi bisnis kita dengan bantuan google bisnisku? Ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menambahkan lokasi bisnis kita di google maps, berikut ulasan singkat masing-masing cara yang bisa kita gunakan.

1. Cara Pertama : Menambakan Melalui Website Google Bisnisku
Google bisnisku memiliki alamat website tersendiri yang dapat di akses di https://www.google.co.id/business/. Setelah berhasil masuk, kita disuguhkan formulir isian terkait bisnis yang akan kita daftarkan. Syarat wajibnya adalah mempunyai email google. Jadi yang belum punya email google, harus membuat terlebih dahulu sebelum daftar google my business.

Isi semua data yang diminta dan pastikan  tidak ada isian yang terlewat. Jika alamat valid, maka penanda peta akan otomatis muncul pada lokasi yang sesuai dengan data yang sudah kita berikan. Tapi jika alamat tidak terbaca oleh google maps, kita bisa membuat penanda manual dengan menempatkan pin (penanda) sesuai dengan lokasi bisnis kita agar lebih akurat.
Inilah 3 Cara Yang Bisa Digunaakn Untuk Menambahakan Lokasi Bisnis Di Peta Google (Google Bisnisku)
Jika sudah terisi semua, pilih lanjutkan kemudian akan muncul sedikit review tentang bisnis yang akan kita tambahkan. Apabila penanda lokasi bisnis kita belum ada yang membuat, maka penanda bisnis kita akan masuk ke sistem. Tapi jika alamat atau penanda bisnis sudah ada yang membuat sebelum kita, kita bisa membuatnya lagi atau menggunakan saran dari google untuk menggunaka lokasi bisnis yang sudah ada.

Lokasi bisnis kita kok bisa dibuat oleh orang lain? Kok bisa? Jangan jangan ada pembajakan bisnis nih..! Eits jangan berprasangka negatif dulu. Semua orang bisa menambahkan lokasi digoogle meskipun ia bukan pemilik bisnisnya. Baca cara ke 2 dan 3 biar lebih jelas.

Baca Juga : Manfaat Mengelola Bisnis Online Dengan Google Bisnisku

Setelah review sesuai, kemudian kita akan dihadapkan pada 2 pilihan yang ditawarkan, apakah kita akan memverifikasi langsung dengan memilih "lanjutkan" atau memverifikasi lain kali dengan memilih "batal". Fungsi verifikasi bertujuan agar kita bisa mengelola penuh atas penanda bisnis yang sudah kita buat.

Jika memilih "selanjutnya" (melakukan verifikasi), maka kita diminta menuliskan nama penerima surat verifikasi lokasi bisnis. Pastikan nama penerima dan alamat sudah benar agar surat verifikasi yang dikirim oleh google bisa sampai pada nama dan lokasi yang sedang dibuat.

Nama dan alamat yang dikirim ke google itu berdasarkan data yang kita isi saat membuat tanda google my business. Jadi pastikan alamatnya sesuai dan namanya ditambahkan juga nama pemilik bisnis yang sudaf familiar di lingkungan tersebut. Banyak kasus surat verifikasi tidak sampai pada penerima alamat.

Setelah 5-10 hari surat akan sampai pada lokasi bisnis kita. Surat verifikasi dari google berisi 6 digit angka verifikasi yang nantinya kita masukkan ke google.com/verifymybusiness. Petunjuk verifikasi selanjutnya sudah ada pada surat yang dikirim oleh google.

Penanda lokasi atau bisnis yang sudah dibuat bisa dilihat di https://www.google.co.id/business/. Cari garis 3 yang ada di pojok kiri atas. Klik dan  pilih semua lokasi, dengan begitu akan ditampilkan semua penanda yang sudah kita buat.

2. Cara Kedua : Menambahkan Melalui Google Maps
Google maps bukan hanya digunakan untuk menelusuri atau mencari suatu lokasi, tapi bisa juga digunakan untuk membuat atau menambahkan penanda atau lokasi bisnis. Penambahan lokasi melalui google maps, biasanya lebih sering digunakan oleh  google pemandu lokal (google local guide). Local guide juga merupakan sayap google yang memfasilitasi pemandu lokal untuk bisa menambahkan dan mereview lokasi yang ada di google maps.

Untuk menambahkan lokasi bisnis melalui google maps, buka Peta Google (Google Maps) dan pilih garis tiga yang ada di pojok kiri atas. Kemudian pilih tambahkan tempat atau tambahkan lokasi bisnis baru. Setelah itu kita akan diminta mengisi form yang sama seperti kita menambahkan lokasi bisnis melalui google bisnisku.

Nah lewat google maps, kita bisa menambahkan  lokasi bisnis orang lain agar bisa muncul di peta google. Penanda akan muncul setelah di setujui oleh google.

Baca Juga : Google Local Guide Semarang : Tak Hanya Mengulas, Tapi juga Berbagi Ilmu Sesama Anggota Komunitas 

Jika memilih menambahkan lokasi bisnis lewat google maps, kita harus sabar menunggu persetujuan dari pengelola google maps. Jika penambahan tempat yang kita buat sudah dipublikasikan (disetujui), google akan mengirimkan pemberitahuan ke email kita.

Jika sudah di approve atau sudah disetujui oleh google, kita bisa melakukan klaim terhadap penanda bisnis yang sudah kita buat  dengan cara mengajukan verifikasi pada tempat yang telah kita tambahkan. Cara atau prosedur verifikasi akan sama seperti saat kita mendaftarkan lokasi bisnis melalui google bisnisku ( baca cara pertama).
Inilah 3 Cara Yang Bisa Digunaakn Untuk Menambahakan Lokasi Bisnis Di Peta Google (Google Bisnisku)

3. Cara Ketiga :Dengan Memilih "Klaim Bisnis Ini" Pada Google Maps
Ada kalanya kita belum pernah menambahkan lokasi bisnis kita di google maps atau google bisnisku tetapi bisnis kita sudah tampil di google maps. Ini berarti ada orang lain yang sudah berkunjung ke bisnis kita dan telah membuat lokasi bisnis kita di google maps.

Orang tersebut juga kadang telah memberikan informasi lengkap terkait bisnis kita. Atau kadang ada juga yang sudah mendapatkan review yang banyak dan positif dari pengunjung. Jika memang benar itu adalah lokasi bisnis kita tetapi yang menambahkan orang lain, kita bisa melakukan klaim atas penanda tersebut atau pada penanda bisnis kita yang telah dipublikasikan di google maps. 

Bagaiana cara mengklaim lokasi bisnis di google maps? Caranya buka lokasi bisnis kita di google maps dan pilih "klaim bisnis ini". Setelah itu google akan memberikan penegasan "apakah ini bisnis anda? Verifikasi sekarang!".

Cara atau prosedur verifikasi selanjutnya akan sama seperti saat kita mendaftarkan bisnis melalui google bisnisku atau melalui peta google (baca penjelasan cara pertama dan kedua).
Inilah 3 Cara Yang Bisa Digunaakn Untuk Menambahakan Lokasi Bisnis Di Peta Google (Google Bisnisku)

Jika masih bingung, bisa ditanyakan di kolom komentar. atau tonton juga video tutorial singkat yang saya share melalui goggle drive di sini. Nah itulah tiga cara yang bisa kita lakukan untuk menambahkan dan mengelola bisnis kita di google maps atau google bisnisku. Jika artikel Inilah 3 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis Di Peta Google (Google Bisnisku) ini bermanfaat, silakan dishare atau dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga menemukan artikel lain yang cocok untuk dibaca selanjutnya.

2 comments:

  1. punya usaha sekarang harus cepat cepat didaftarkan di google, apa lagi sekarang semua HP sudah memili fitur mencari lokasi.




    http://www.arminarekaperdanatravel.com/

    ReplyDelete
  2. Bagus ini mas, menambahkan peta google bisnis biar mudah di cari pelanggan lokasinya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.