Header Ads

Cara Membuat Link Langsung Menuju Chat Whatsapp

Bagi para pebisnis online, aplikasi perpesanan whatsapp merupakan sarana yang sangat membantu dalam mengkonversi jumlah pengunjung menjadi transaksi. Baik dari segi penggunaan dasarnya sebagai sarana yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli serta dari segi penunjang lainnya yaitu untuk memfasilitasi orang-orang yang tertarik dengan bisnis kita agar disatukan atau dikumpulkan dalam sebuah grup whatsapp.

Baca Juga :  Inilah 3 Cara Menambahkan Lokasi Bisnis Kita Di Peta Google (Google Bisnisku)

Ada fitur atau fasilitas dari whatsapp yang memungkinkan calon pembeli bisa langsung menghubungi nomor whatsapp kita atau menghubungi admin toko online kita. Baik hanya untuk sekedar mencari info (tanya-tanya) mengenai barang atau jasa yang kita jual atau langsung melakukan pembelian. Fasilitas ini memungkinkan calon pembeli/ pelanggan langsung menghubungi penjual tanpa menyimpan nomor kontak penjual terlebh dahulu.  

Fitur atau fasilitas tersebut berupa tampilan url atau link yang akan mengarahkan langsung pada percakapan personal antara penjual dengan calon pembeli, serta memfasilitasi pembeli untuk masuk atau bergabung dengan grup whatsapp melalui bantuan link (invitation link) tersebut.

Baca Juga : Manfaat Mengelola Bisnis Online Dengan Google Bisnisku  

Invitation Link whatsapp bisa kita buat sendiri yang tujuannya untuk mengarahkan calon pembeli agar bisa bertanya langsung kepada penjual melalui chat wahtsapp. Sedangkan Invitation Link grup memungkinkan admin grup memasukkan angota baru yang tertarik dengan mengklik tautan link yang disebar oleh admin tanpa memasukkannya satu persatu. Anggota lain juga bisa ikut menyebarkan link tersebut jika memang  diberikan izin oleh admin atau mengetahui link grup whatsapp tersebut.

Invitation Link whatsapp ini sangat berguna sekali untuk optimasi bisnis online kita. Tapi jangan coba coba membuat link chat whatsapp kalau kita sebagai penjual masih lama dalam membalas atau merespon pesan-pesan yang masuk dari calon pembeli. Karena salah satu kunci bisnis online sendiri adalah respon yang cepa terhadap perilaku calon pembeli.

Dengan membuat link chat whatsapp ini, siap siap saja penjual mendapat pesan dan orderan yang lebih banyak dari biasanya. Perilakunya beragam, ada yang  hanya sekedar bertanya, ada juga yang langsung melakukan pembelian atau transaksi.

Lantas bagaimana cara membuat Link chat whatsapp atau  invitation link agar bisa chat langsung yang terhubung ke whatsapp?
Tidak harus faham coding atau bahasa pemrograman untuk membuat link chat langsung melalui wahtsapp. Cukup menyalin,  mengingat-ingat dan mengganti script yang dibutuhkan. Misal saya akan membuat link whatapp yang akan mengarah ke nomor saya dengan script sebagai berikut :

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285725710320&text=*_Assalamualaykum_*%20%0ASaya%20Berminat%20Mengikuti%20Kursus%20_Agama%20Islam_%20Bagi%20Pemula%20%0A%0AData%20Diri%20Singkat%20Saya%20Sebagai%20Berikut%0A%0ANama%20%3A%0AJenis%20Kelamin%20%3A%0AAlamat%20%3A%0AUsia%20%3A%0AMotivasi%20%3A%0A

Ganti nomor telepon seluler yang aa di scrip dengan nomor telfon admin atau nomor ponsel kita. Ganti juga kata-kata di script dengan kata-kata yang kita inginkan. Adapun script lainnya bisa melihat keterangan sebagai berikut :
  • %3A untuk tanda titik 2
  • %0A untuk enter/baris baru
  • %20 untuk spasi 
Bisa juga dengan menambahkan variasi huruf tebal, huruf miring atau huruf yang dicoret.
  • Tambahkan tanda bintang  ( * )di awal dan akhir kata untuk membuat huruf tebal
  • Tambahkan tanda bintang  ( _ ) di awal dan akhir kata untuk membuat huruf miring   
  • Tambahkan tanda bintang  ( ~ )di awal dan akhir kata untuk membuat huruf  coret

Skrip diatas terlalu panjang jika ingin kita pasang atau sebar di website, instagram, facebook, twitter serta media sosial lainnya. Jadi skrip tersebut harus diperpendek atau disingkat terlebih dahulu. Bagaimana cara memperpentek ata umempersingkat url atau link? caranya dengan menggunakan fasilitas short link yang sudah umum digunakan.

Kita tinggal pilih menyingkat url dengan bantuan bitlink di https://app.bitly.com/ (bit.ly), dengan bantuan google url shortener di https://goo.gl/ atau mengunakan adf.ly atau menggunakan bantuan web atau aplikasi lainnya. Saran saja, jangan menggunakan adf.ly, penggunaan adf.ly dalam menjalankan bisnis online sangat tidak disarankan karena malah akan membuat pelanggan malas balik lagi untuk mengklik url kita.

Unuk bisa menggunakan fasilitas short link atau memendekan link/ url, kita harus login dahulu di masing masing situs. Jika belum punya akun atau beum terdaftar, maka kita wajib mendaftar terlebih dahulu. Setelah login, copy url yang akan kita singkat, letakkan pada kotak yang tersedia kemudian klik create atau shorten url. Beberapa detik kemudian url kita sudah menjadi pendek. 

Jika kita menggunakan bitlink kita bisa memodifikasi akhiran url sesuai dengan keinginan kita selama belum dipakai orang lain. Tapi kalau menggunakan google shortener, kita tidak bisa merubah akhiran url yang sudah kita buat. Saya mengunakan fasilitas dari bitlink sehingga link diatas berubah menjadi http://bit.ly/HubungiNow

Bagaimana? Setelah mencoba cara diatas apakah percobaannya berhasil? Jika belum berhasil mari kita diskusikan dikomentar. Atau dari teman-teman yang lain bisa memberi tambahan karena dirasa artikel ini terlalu singkat.

Apabila artikel Cara Membuat Link Langsung Menuju Chat Whatsapp ini bermanfaat dipersilakan untuk di share atau dibagikan. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga menemukan artikel lain yang cocok untuk dibaca selanjutnya. 

No comments:

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.