Header Ads

Kupas Tuntas ScreenPad™ ASUS ZenBook Pro 15 UX580

www.heriheryanto.com

ASUS merupakan salah satu merek atau perusahaan yang sangat dipertimbangkan oleh para pesaingnya dalam dunia IT. Berbagai penghargaan yang diraih ASUS setiap tahunnya menunjukkan brand ini punya pangsa pasar yang sangat menjanjikan, baik di dunia ataupun di Indonesia sendiri.


Baca juga : ASUS Vivo Aio 220IC, Bekal Utama Seorang Bloger

ASUS juga merupakan salah satu perusahaan yang termasuk dalam daftar World’s Most Admired Companies dari majalah Fortune dan berdedikasi untuk menghadirkan berbagai jenis produk komprehensif seperti Zenbo, ZenFone, ZenBook dan rangkaian perangkat IT serta komponen lain, termasuk AR, VR dan IoT.

Saat ini ASUS memiliki lebih dari 16.000 orang karyawan di seluruh dunia, di mana 5.000 orang di antaranya adalah insinyur di tim R & D (riset dan pengembangan) berkelas dunia. Di tahun 2017 lalu, ASUS juga berhasil mendapatkan revenue sebesar 13 milar dolar AS. Sebagai bukti dari komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas, ASUS telah memenangkan 4.511 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT sedunia di tahun 2016, dan telah meraih lebih dari 721 penghargaan untuk seri Zenfone sejak tahun 2014.

Baca juga :  Asus VivoBook Ultra A412, Si Kecil dan Si Gesit Yang Dilengkapi Windows Hello

Riset dan pengembangan yang menjadi kebanggaan ASUS di tahun 2018 ini adalah hadirnya ScreenPad™ yang disematkan pada laptop kelas premiun milik ASUS. Teknologi ScreenPad™ diterapkan pada ZenBook Pro 14 dan 15. Namun yang dipasarkan di Indonesia baru ZenBook Pro 15 UX580. ZenBook Pro 15 UX580 merupakan laptop pertama di dunia yang hadir dengan ScreenPad™. ScreenPad™ sendiri merupakan touchpad yang bisa difungsikan sebagai layar utama ataupun layar tambahan. ScreenPad™ merupakan inovasi terbaru ASUS yang ditujukan untuk meningkatkan pengalaman serta produktivitas penggunanya.

Baca juga :  Spesifikasi ZenBook Pro 15 UX580, Notebook Dual Screen Pertama Dunia Berteknologi ScreenPad™

“Selama 26 tahun terakhir, teknologi touchpad pada laptop tidak banyak berubah. Produsen hanya membuatnya lebih lega, lebih responsif dan mendukung multi touch dan gesture,” ucap Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia. “Dengan ZenBook Pro 15 UX580, ASUS menghadirkan inovasi lebih pada touchpad, dan bisa dikatakan ini adalah laptop idaman para profesional,” lanjutnya. 



ScreenPad™ pada ZenBook Pro 15 UX580 menggabungkan fungsi touchpad standar dengan layar sentuh LCD resolusi tinggi. Hal ini tentunya akan memberikan tampilan interaktif sekunder dengan kemungkinan tak terbatas. Kita dapat menjalankan aplikasi khusus ScreenPad™ sepenuhnya di dalam ScreenPad ™.

Dengan ScreenPad™, kita juga bisa menempatkan beberapa aplikasi yang berguna seperti kalkulator atau pemutar musik, yang bisa ditempatkan tepat di ujung jari kita. ScreenPad ™ juga dapat bekerja dalam mode adaptif dengan aplikasi desktop, dengan fitur dan alat yang berubah secara otomatis sesuai dengan tugas yang sedang dikerjakan. Ada juga kit pengembangan perangkat lunak, sehingga pengembang dapat membuat dan memperluas berbagai macam aplikasi yang bisa disinkronkan atau dijalankan dengan ScreenPad™. Penggunapun bisa menambahkan aplikasi yang kompetibel yang bisa diunduh di microsoft store.



Lantas apa saja yang bisa kita perbuat dengan ScreenPad™ yang ada pada  ZenBook Pro 15 UX580? Ada empat mode yang bisa dijalankan dengan ScreenPad™ ini. Pertama adalah mode ScreenPad™ itu sendiri, Kedua adalah mode extender dan yang ketiga adalah mode touchpad biasa (touchpad tradisional) dan yang terakhir adalah disable mode yaitu menonaktifkan mode ScreenPad™ atau touchpad itu sendiri. Untuk pindah pada mode satu ke mode lainnya, cukup menekan tombol F6 dan pilih mode sesuai dengan yang kita kehendaki.

ScreenPad™ Mode

Sekarang kita bahas yang fungsi Screenpad sebagai ScreenPad™ itu sediri. Banyak mode dan pengaturan saat kita menggunakan mode ini. Apa saja yang bisa kita lakukan dengan mode ini?! Kita ulas beberapa fitur atau menu yang bisa dijalankan dengan mode ScreenPad™ ini.

1. ScreenPad™ Toolbar
ScreenPad™ Toolbar adalah pusat kontrol untuk semua aplikasi ScreenPad™. Untuk membukanya, kita cukup menyeret dari atas kebawah. Untuk menutup toolbar, ketuk di luar area toolbar. Tampilan ini masih memungkinkan kita bekerja dengan menggunakan touchpad pada ScreenPad™. Dibagian atas, ada deretan aplikasi terpilih, yang mana tampilan aplikasinya bisa kita atur, aplikasi mana yang muncul pada halaman utama toolbar.


2. ScreenPad™ Music dan Video Player
Dengan menjalankan ScreenPad™ pada mode Music Player, kita dapat langsung mengubah trek atau urutan lagu dan menyesuaikan volume sembari menikmati musik, tanpa mengganggu pekerjaan pada layar utama, baik dengan memunculkan cover album, wallpaper music player atau tanpa tampilan. Jika memilih tanpa tampilan, yang muncul hanya tombol pengaturan seperti play, pause dan tombol untuk mengganti lagu berikutnya atau lagu sebelumnya.

Tak hanya pemutar musik, jika memilih mode video player, mode ini memungkinkan kita menonton video YouTube di browser web Chrome, yang bisa dikontrol melalui ScreenPad™. ScreenPad™ ASUS memiliki ukuran 5,5 inch dengan warna full-color dan resolusi tinggi Full HD (1920 x 1080p). Besarnya layar sama dengan besarnya layar pada smartphone, dengan begitu seolah-olah kita sedang menonton video pada layar ponsel namun resolusi layar yang dihadirkan jauh lebih bagus dan sangat luar biasa.


3. ScreenPad™ Launcher
Launcher atau Peluncur adalah cara tercepat untuk memulai aplikasi favorit kita. Cukup ketuk ikon aplikasi untuk membuka dan menutup aplikasi yang kita inginkan. Kita bisa menyesuaikan launcher apa saja yang akan ditampilkan pada ScreenPad™ Launcher dan menyesuaikan letak aplikasi seperti apa yang kita kehendaki. Tak hanya itu saja, kitapun bisa menambahkan aplikasi lain yang bisa di download melalui Microsoft Store.



4. ScreenPad™ Calculator
Mode ScreenPad™ kalkulator ini sangat memudahkan kita untuk menghitung deretan angka ketika kita masih sibuk menggunakan layar utama. Tampilannya juga sudah familiar seperti tampilan kalkulator bawaan windows 10 pada umumnya.

5. ScreenPad™ NumKey
Untuk merampingkan desain, ZenBook Pro 15 UX580 memang sengaja tidak memberikan ruang khusus numkey pada keyboard. Tapi hal ini bisa disiasati dengan menggunakan numkey pada ScreenPad™ dengan mode numkey. Dengan begitu kita juga akan leluasa mengetik angka tanpa ribet harus menekan tombol shift terlebih dahulu.

6. ScreenPad™ Calender
Menu lain yang ada pada ScreenPad™ toolbar adalah penanggalan atau kalender. Kalender ini bisa kita sinkronkan dengan Kalender Windows sehingga kita dapat memeriksa agenda penting yang sudah kita jadwalkan.

7. Sinkronisasi ASUS/ ASUS Sync
Sinkronisasi yang dimaksud disini adalah mensinkronkan smartphone kita dengan ZenBook Pro 15 UX580. Menu ini bisa kita jumpai ketika kita masuk pada ScreenPad™ Launcher dan memilih ASUS Sync. Sinkronisasi ini juga bisa memantau notifikasi yang masuk kepada ponsel kita melalui laptop. Tak hanya tu saja, fitur sinkronisasi ini juga bisa menampilkan layar ponsel kita pada ScreenPad™ sembari kita mengerjakan sesuatu pada layar utama. Atau bisa juga mengoperasian pesan atau aplikasi pada smartphone melalui  ASUS ZenBook Pro 15 UX580. Saat ponsel berada jauh pun, kita juga bisa mengontrolnya melalui perangkat ASUS ZenBook Pro 15 UX580.


8. ScreenPad™ for Office
Mode ini akan menampilkan menu-menu familiar pada microsoft office baik Exel, Word ataupun Powerpoint. Menu-menu bantuan yang tampil pada ScreenPad™ saat kita membuka microsoft office diantaranya adalah menu memberi warna huruf, menebalkan huruf, memiringkan huruf.


9. ScreenPad™ Adobe Sign
Dengan ekstensi Adobe Reader Sign, kita dapat menandatangani dokumen PDF dengan menulis tanda tangan pada ScreenPad™ dan menyimpannya dalam dokumen. Selain itu, dengan menggunakan mode handwriting kita juga bisa menulis sesuatu pada ScreenPad™ yang kemudian akan ditampilkan pada layar utama.


Menggunakan Extender Mode pada ScreenPad™ ZenBook Pro 15 UX580

Selain difungsikan sebagai ScreenPad™, touchpad ZenBook Pro 15 UX580 juga bisa beralih fungsi ke Extender Mode dengan menekan tombol F6. Extender Mode adalah menu yang memungkinkan kita bisa menggunakan dua layar sekaligus dalam satu perangkat. Caranya, arahkan kursor pada aplikasi yang ada di desktop, kemudian seret kebawah sampai aplikasi itu muncul pada ScreenPad™. Selagi kita menggunakan extender mode, kita juga masih bisa menggerakkan touchpad untuk layar utama.


Menggunakan Tradisional Touchpad dan Menonaktifkan Mode Touchpad

Fungsi lain selain sebagai ScreenPad™ mode dan extender mode, ScreenPad™ ASUS ZenBook Pro 15 ini juga bisa difungsikan hanya sebagai touchpad biasa atau touchpad tradisional seperti laptop pada umumnya. Dalam mode ini, fitur ScreenPad™  tidak aktif dan hanya bisa dipakai sebagai touchpad.



Bukan itu saja, jika dalam menggunakan laptop kita lebih sering menggunakan keyboard, touchpad juga bisa dinonaktifkan agar tidak menggangu kerja kita didepan layar. Mungkin sebagian dari kita  sering sekali kejadian, ketika sedang mengetik, secara tidak sengaja telapak tangan menyentuh touchpad yang membuat kursor berpindah tempat dan mengacaukan ketikan kita. Hal ini bisa memecah konsentrasi dan bisa membuat tidak semangat dalam bekerja. Apalagi kesalahan itu muncul ketika sedang dikejar deadline. Dengan menekan tombol F6 dan memilih mode disabel touchpad, maka fitur touchpad atau ScreenPad™ tidak lagi aktif.

Menarik bukan fasilitas dari ZenBook Pro 15 UX580 ini?!, jika kalian penasaran dengan spesifikasi lainnya, bisa baca-baca di Spesifikasi ZenBook Pro 15 UX580, Notebook Dual Screen Pertama Dunia Berteknologi ScreenPad™. Jika masih kurang jelas terkait ScreenPad™ ASUS, temen-temen bisa pelajari langsung dari web ASUS disini.

Sekian ulasan saya mengenai ScreenPad™ dari ASUS ZenBook Pro, Jika artikel yang berjudul Kupas Tuntas ScreenPad™ ASUS ZenBook Pro 15 UX580 ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terimakasih atas kunjungannya.

10 comments:

  1. Ini sih laptop buat kalangan Pro..fiturnya benar benar memanjakan penggunanya, konsekuensinya tentu dari sisi harga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bang... Speknya maksimal, screenpadnya juga sangat membantu dan memanjakan

      Delete
  2. screenpad seperti shortcut ya mas, mempercepat tugas atau pekerjaan, jadi gak perlu buka aplikasi, cukup lewat screen pad

    ReplyDelete
  3. Laptop canggih. Fitur keren dan penuh pertimbangan serta berdaya guna. Jadi pengen beli. Sayang harganya belum bisa terjangkau ukuran tabungan saya. Yah, cuma sebatas mupeng. Soalnya cuma bisa beli yang murah nanti dan jenis netbook agar bisa disegerakan punya.
    Moga saja rezeki saya kelak mengalir lancar agar bisa punya laptop demikian. Itu laptop masa depan yang bisa memenuhi kebutuhan zaman, tren pemakai gawai akan selalu bergerak dinamis dan butuh perubahan yang lebih canggih serta terkini. Salut pada inovasi yang ASUS lakukan.
    Teman-teman saya banyak yang pakai merek itu, meski saya fanatik pada satu merek saja namun pengen coba punya ASUS kelak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada rejeki ya mba...
      Doa akan saya juga pengen punya sendiri utk dipake dirumah 😁

      Delete
  4. Serasa ada smartphone sendiri di dalam laptop. Padahal ya bukan smartphone. Tapi kecee sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitur sinkronisasi bisa menjadikan layar hape pada screenpad

      Delete
    2. Betul, teknologi asus sync bisa mensinkronkan hape pada perangkat

      Delete
  5. ASUS memang selalu terdepan ya soal teknologi. Keren banget idenya bisa bikin teknologi super begini, jadi kepo next dia mau bikin apa lagi di laptop-laptop berikutnya. Semoga bisa punya satu di rumah ya mas, kalau punya dua bagi satu buat saya, hahaha.

    ReplyDelete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.