Header Ads

Sarapan Aman untuk Penderita Diabetes


www.heriheryanto.com

Bila Anda penderita diabetes, jangan pernah melewatkan sarapan. Anda bisa sontek menu sarapan yang aman di sini.

Setelah didiagnosis menderita diabetes tipe 2, beberapa orang yang menjadi ‘takut’ makan. Penyebabnya, karena takut gula darah melonjak tinggi sesaat setelah sarapan. Padahal, melewatkan sarapan bagi penderita diabetes tipe 2 adalah berbahaya.

Penderita diabetes biasanya mengonsumsi obat yang bekerja dalam jangka panjang. Apabila Anda tidak sarapan, gula darah bisa menjadi sangat turun dan jatuh dalam kondisi hipoglikemia, kondisi dimana kadar gula darah sangat rendah. Gejala yang timbul dari kondisi hipoglikemia adalah pusing, pandangan mata kabur, berdebar, berkunang-kunang, pingsan, bahkan koma.

Menu sarapan bagi penderita diabetes

Penyandang diabetes tetap harus sarapan, tapi menunya harus dipilih agar tidak meningkatkan kadar gula darah. Menu rekomendasi bagi penderita diabetes atau sarapan aman bagi penderita diabetes tersebut antara lain:

1. Overnight oatmeal

Bagi penderita diabetes, tentunya oatmeal sudah tidak asing ditelinga. Ternyata aotmeal ini bisa digunakan sebagai rekomendasi sarapan aman untuk penderita diabetes. Caranya campur oatmeal dengan susu rendah lemak, lalu diamkan di lemari es semalaman. Anda dapat menambah irisan pisang dan stroberi di atasnya ketika ingin dimakan. Oatmeal tinggi serat dan kaya akan vitamin sehingga sangat baik menjaga kadar gula darah penderita diabetes.

2. Shake yoghurt

Yoghurt juga ternyata sangat rekomendasi bagi penderita diabetes. Campuran yoghurt, pisang, stroberi, dan es batu bisa menjadi menu sarapan sehat yang aman untuk penyandang diabetes.

3. Gado-gado

Siapa yang tidak kenal gado-gado? Makanan khas nusantara dari tataran sunda ini bisa menjadi alternatif sarapan aman untuk penderita diabetes. Campuran sayuran dan kuah kacang ini kaya akan karbohidrat kompleks, vitamin, dan serat, sangat cocok untuk pasien diabetes. Namun sebaiknya, hanya makan putih telur saja dan tidak perlu tambahan lontong atau nasi.

4. Sereal dan susu rendah lemak

Semangkuk sereal dicampur susu rendah lemak dan melon akan menjadi kombinasi sarapan yang baik. Karbohidrat, protein, vitamin, dan serat yang cukup akan membuat Anda cukup kenyang hingga jam makan siang nanti.

5. Sandwich

Roti gandum dengan putih telur dan sayuran merupakan menu sarapan lain yang bagus dan aman bagi penyandang diabetes.

6. Nasi merah dengan lauk pauk

Sarapan nasi merah dengan tumis sayur jamur dan telur juga baik. Menu ini bisa digunakan untuk Anda yang tidak menyukai menu makanan barat seperti shake, oatmeal, dan sandwich.


Selain jenis makanannya, penderita diabetes juga harus memperhatikan porsi, cara memasak, dan pilih camilan yang tepat. Tentu tidak baik jika porsi terlalu banyak, jenis makanan dalam piring harus lebih dominan sayuran, dan cara memasak tidak digoreng.

Bila Anda penderita diabetes, jangan pernah melewatkan sarapan. Anda bisa sontek menu sarapan yang aman di atas. Kalau Anda masih belum yakin, konsultasikan dengan dokter tentang jenis dan porsi makanan yang paling tepat untuk Anda konsumsi saat sarapan.

Terakhir, jika artikel yang berjudul Sarapan Aman untuk Penderita Diabetes ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya.

4 comments:

  1. musti menjaga asupan makanan agar kadar gula darah seimbang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak... Jaga pola makan dan gayaa hidup seimbang

      Delete
  2. wah bisa jadi masukan juga nich agar terhindari dari diabetes

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah berkunjung.. semoga bermanfaat

      Delete

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan. Jika tampil harap maklum jika tidak dibalas

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.

Powered by Blogger.