Header Ads

Cara Mengaktifkan/ Membebaskan Saldo e-Money Bank Mandiri Yang Tertahan / Mengendap



Cara membebaskan atau mengaktifkan saldo e-money yang tertahan atau mengendap ini diperuntukan bagi pengguna emoney yang mengisi saldo lewat internet banking, mobile banking (mandiri mobile) atau mesin ATM. Entah apa alasan bank mandiri menahan saldo emoney yang baru diisi lewat internet banking, mobile banking atau mesin ATM. Harusnya kalau sudah diisi ya bisa langsung digunakan, tanpa harus ribet-ribet ada upaya pembebasan saldo yang ditahan.

Jadi ceritanya gini... Pernah suatu ketika kami hendak menuju Karanganyar lewat tol Semarang- Salatiga. Waktu itu tol menuju solo atau karanganyar masih belum jadi atau belum beroperasi. Kami dengan percaya diri masuk dari pintu tol banyumanik yang ada di jalan tirto agung semarang, karena kami yakin etoll kami masih cukup saldo karena baru diisi lewat mandiri mobile.. Seperti biasanya, pembayaran atas pemakaian toll dibayarkan di exit tol (tol keluar) tempat tujuan akhir. Sampailah kami di gerbang pintu tol Salatiga yang terkenal dengan background gunung merbabunya.

Dulu belum ada lajur khusus pengisian etoll di pintu toll, jadi kalau merasa perjalanan berikutnya saldo tidak mencukupi, biasanya mampir ke kantor jasa marga atau pengelola tol yang berada di dekat pintu masuk atau pintu keluar toll. Karena yakin sudah mengisi saldo lewat mobile mandiri dan saldo sudah terpotong 150 ribu untuk pengisian kartu emoney atau etoll, kami pun langsung menempelkan kartu etoll atau kartu mandiri emoney ke detektor kartu. Berkali-kali ditempelkan bahkan bukan hanya ditempelkan tapi juga di gesek memutar ke detektor kartu tapi pintu tol masih saja memberi tanda merah yang menandakan proses pembayaran atau potong saldo etol tidak berhasil. Dengan begitu pintu toll tetap saja melintang, tidak segera (otomatis) terbuka. 

Kejadian ini tentu menambah antrian panjng yang ada dibelakang kami. Petugas terdekatpun langsung menghampiri kami dan menjelaskan kalau saldo kami tidak cukup untuk transaksi etoll,  jadi pintu toll tidak bisa membuka pintu toll yang tengah melintang. Kami melakukan pembelaan, karena kami yakin sudah mengisi saldo emoney bank mandiri ewat mobile mandiri.

Petugas pun berusaha menjawab dan melayani kami dengan tenang. Dia menjelaskan kalau saldo yang baru diisi masih tertahan dan belum bisa digunakan. Harus dibebaskan atau diupdate terlebih dahulu. Pembebasan saldo emoney yang tertahan bisa melalui mesin ATM atau mesin EDC. 

Supaya antrian dibelakang kami bisa segera lewat, solusinya kami harus membayar tunai agar portal segera di buka. Kami pun membayar tunai tarif tol Semarang (Banyumanik)- Salatiga. Setelah itu kami diminta menepi ke kantor agar dibantu oleh petugas terkait dengan pembebasan saldo emoney yang tidak bisa digunakan. Kami menuju kantor dan memarkirkan kendaraan. Kami masuk dan mencari petugas yang ada untuk meminta bantuan membebaskan saldo emoney kami yang tertahan atau mengendap dagar bisa dipergunakan. Kartu emoney bank mandiri kami serahkan ke petugas dan petugas mengecek kartu kami dan mengupdate saldo emaney kami. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan kembali ke Karanganyar.

Terus jika tanpa bantuan petugas, bisakah kia membebaskan sendiri saldo emaney bank mandiri yang tertahan atau mengendap? Jawabannya adalah bisa. Seperti dijelaskan diawal, bahwa pembebasan saldo mengendap hanya bisa melalui mesin EDC (Electronic Data Capture)  atau Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). 

EDC sendiri sudah banyak digunakan toko besar atau kecil dalam melayani pembayaran. Pengguna tinggal menggesek atau memasukan kartu dan menekan tombol yang diinginkan apakah itu melakukan transfer (pembayaran), cek saldo atau membebaskan saldo yang tertahan, bisa juga mencetak (mengecek) 10 transaksi terkahir yang telah digunakan dengan kartu tersebut. 

Sedangkan ATM, semua sudah sangat familiar dengan fungsi dan kegunaannya. ATM adalah mesin praktis yang memudahkan transfer dan pembayaran berbagai ecommerce, tagihan kebutuhan pokok rumah tangga, pembayaran penerimaan negara pajak dan non pojak hingga biaya kuliah.

Cara Membebaskan/ Mengaktifkan Saldo E-money yang Tertahan / Mengendap Dengan Mesin EDC.

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, ada beberapa menu yang bisa digunakan saat menggunakan EDC, salah satunya adalah membebaskan saldo emoney yang tertahan atau mengendap dengan cara sebagai berikut ;

1. Tekan tombol hijau untuk memunculkan pilihan, 
2. Pilih menu Prepaid untuk mandiri, Menu Brizzi untuk BRI dan BNI TapCash untuk BNI 
3. Masukan atau gesek atau tempelkan kartu pada reader
4. Pilih update saldo untuk Mandiri, Aktivasi Deposit untuk BRI dan Balance Inquiry untuk BNI


Jika ada saldo yang tertahan, maka mesin akan memunculkan notifikasi saldo berhasil dibebaskan dan mesin EDC akan mencetak saldo akhir. Tapi jika tidak ada saldo yang tertahan, maka di layar EDC akan muncul keterangan tidak ada saldo yang tertahan.

Cara Memebaskan/ Mengaktifkan Saldo e-money Yang Tertahan / Mengendap Dengan Mesin ATM

Selain untuk kebutuhan transfer dan pembayaran, ATM juga bisa digunakan untuk membebaskan saldo yang tertahan serta dapat mengisi saldo emoney kita.


Setelah mengisi saldo lewat Mandiri Mobile, Internet Banking Mandiri dan Mesin ATM, yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan saldo emoney yang baru kita isi. Caranya dengan menggunakan mesin ATM. Setelalah berada di depan mesin ATM cara yang dilakukan untuk membebaskan atau mengaktifasi saldo emoney yang tertahan adalah sebagai berikut ;
1. Tekan tombol hijau pada pilihan tombol mesin ATM
2. Pilih menu update saldo
3. Monitor atau layar menginstruksikan untuk menempelkan kartu emoney kita pada tempat yang telah disediakan
4. Tunggu hingga kartu kita terdektesi atau terbaca oleh mesin ATM.
5. Setelah itu akan muncul notifikasi saldo berhasil dibebaskan jika memang benar ada saldo yang tertahan. Tapi jika tidak ada saldo yang mengendap maka akan muncul keterangan tidak ada saldo yang tertahan.

Nah, itu lah 2 cara mudah yang bisa kita lakukan untuk  mengaktifasi saldo emoney yang terhahan. Jika artikel yang berjudul Cara Mengaktifkan/ Membebaskan Saldo e-Money Bank Mandiri Yang Tertahan / Mengendap ini bermanfaat silakan dibagikan atau disebarl luaskan. Teriama kasih atas kunjungannya.

18 comments:

  1. baru tau ternyata bisa di aktifkan atau diambil ya

    ReplyDelete
  2. Terimakasih . Segera tak coba mas

    ReplyDelete
  3. Halo mas. Maaf saya naro link hidup berkaitan pemenanga GA di climate4life.
    https://www.climate4life.info/2019/10/pemenang-giveaway-pada-blog-cuaca-iklim-climate4life-dot-info.html

    mohon dicek untuk pengiriman pulsa yah. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini masih tdk termasuk link hidup karena tdk bisa diklik..
      Makasih bangday, sdh memilih komentarku..

      Delete
  4. owalah ternyata gini ya baru tau,makasih mas

    ReplyDelete
  5. Wah, gini ya ternyata cara mengaktifkan saldo e-money di Bank Mandiri. Semoga bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkan.

    Saya sih nggak pakai Bank Mandiri. Tapi, setidaknya tahu, jadi bisa bahan pertimbangan ke depannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat kedepannya, karena emoney mandiri paling familiar diantara emoney bank lain

      Delete
  6. boleh jg nih artikel, bsa di save dlu kalau kejadian sama diri sendiri. thanks gan

    ReplyDelete
  7. Saya pernah kaya gini, udah isi tapi gak masuk. Terus saya komplain beberapa saat kemudian baru masuk -__-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih mantap, kalo sultan yang nelpon mah langsung masuk saldonya ya..

      Delete
  8. wahh ternyata bisa begini ya,ternyata bisa dibebaskan sendiri pakai atm, makasih tipsnya mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, bisa dibebaskan pake atm, klo ada nfc di smartphone bisa lgsg pake smartphone

      Delete
  9. Kebetulan sangat mampir kesini, jadi saldo yang mengendap bisa segera dicairkan, tapi gimana caranya Mengaktifkan/ Membebaskan Saldo e-Money Bank Mandiri Yang Tertahan / Mengendap kalau mamang nggak nabung di Mandiri atuh?
    Mohon petunjuknya ya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saldo yg tidak aktif bisa diaktifkan biar bisa dipakai. Klo dicairkan bisa di indomaret berlogo khusus..

      Delete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.