Header Ads

Inilah 4 Dampak Berbahaya Jika Penyakit Asam Lambung Dibiarkan Terus-menerus


Asam lambung kerap kali menjadi salah satu penyakit yang dialami oleh masyarakat, khususnya adalah anak-anak, apalagi yang tidak teratur jam makannya atau memiliki masalah dengan nafsu makan. Hal ini jika dibiarkan secara terus-menerus tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan.  kalau sewaktu kecil terkena asam lambung, orang tersebut beresiko untuk mengidap asam lambung hingga ia dewasa bahkan hingga ia sudah tua.

Orang-orang pengidap asam lambung, biasanya dianjurkan mengkonsumsi obat untuk mengatasinya dalam jangka waktu tertentu, seperti diantaranya adalah Domperidone yang banyak dijual di apotek. Selain mengobati asam lambung, mual dan muntah, domperidone dapat digunakan untuk mengatasi gangguan gerakan saluran cerna, seperti gastroparesis. Domperidone juga bisa dimanfaatkan untuk merangsang atau memperbanyak produksi ASI.

Domperidone termasuk obat kategori C karena studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Domperidone terserap ke dalam ASI. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pengobatan dengan domperidone biasanya tidak lebih dari 1 minggu. Jika telah lewat 1 minggu dan gejala belum mereda, hentikan penggunaan domperidone dan konsultasikan dengan dokter.

GERD atau yang lebih dikenal sebagai refluks asam lambung ini bisa terjadi pada siapa saja karena berbagai macam faktor. Tak hanya telat makan, melainkan kondisi tersebut juga bisa terjadi disebabkan oleh stress atau kebanyakan pikiran. Jika dibiarkan secara terus-menerus ternyata penyakit yang satu ini dapat memicu beberapa macam masalah kesehatan yang lainnya, seperti diantaranya adalah:

1. Heartburn, 
Heartburn yaitu rasa nyeri atau panas yang terjadi pada bagian ulu hati hingga tenggorokan dan juga dada, disebabkan oleh naiknya produksi asam lambung. Jika hanya terjadi selama sesekali maka masih normal, artinya tidak perlu dikhawatirkan, namun jika seandainya intensitasnya sudah cukup sering, maka harus segera diobati.

2. Gigi rusak, 
Gigi rusak seperti namanya, cairan asam lambung ini memang memiliki efek asam, dimana kondisi tersebut sangat rentan untuk menyebabkan kerusakan pada gigi, membuatnya lebih cepat keropos dan juga berlubang. Apalagi jika seandainya sampai berkali-kali dimuntahkan.

3. Masalah pernapasan, 
Masalah pernapasan asam lambung ternyata juga beresiko tinggi menyebabkan terjadinya masalah pada sistem pernapasan. Apalagi untuk mereka yang pada dasarnya memang sudah memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan pernapasan, seperti diantaranya adalah pneumonia.

4. Radang 
Radangyang terjadi pada kerongkongan, asam lambung yang sering naik akan menyebabkan masalah pada kerongkongan yaitu esofagotis, iritasi yang disebabkan oleh asam lambung tersebut nantinya bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan esofagus, sehingga ada rasa sakit ketika digunakan untuk menelan.

Jadi jangan sepelekan masalah yang berhubungan dengan asam lambung jika tidak ingin membahayakan tubuh, sebaiknya langsung dilakukan pengobatan. Beli obat untuk mengobat berbagai penyakit di Go Apotek, karena menyediakan obat yang lengkap dan berkualitas. Selain asal lambung, temukan juga obat demam berdarah anak yang efektif disana. Sudah masuk musim penghujan harus lebih waspada pada genangan air dan semua yang berisiko menjadi sarang nyamuk.

Itu mungkin sedikit penjelasan efek yang bisa diakibatkan oleh asam lambung. Jika artikel yang berjudul Inilah 4 Dampak Berbahaya Jika Penyakit Asam Lambung Dibiarkan Terus-menerus ini bermanfaat, silakan di sebarluaskan atau dibagikan. Terima kasih atas kunjungannya.

11 comments:

  1. Replies
    1. Alhamdulillah aku ngga punya asam lambung. jangan deh :(

      Delete
  2. Saia termasuk yang suka menyepelekan asam lambung nih. Padahal teenyata berbahaya juga ya. Terimakasi infonya.

    ReplyDelete
  3. Aku sedih, aku kebanyakan minum obat atau salah minum obat dari RS setelah operasi, aku jadi punya sakit lambung. :(
    Padahal selama ini aku kalau makan dan minum selalu berusaha tepat waktu dan sesuai dengan porsinya.

    Terus membaca dampak bahaya kalau penyakit lambung dibiarkan terus-terusan tambah takut lagi. Huwaaa...

    ReplyDelete
  4. Duh saya banget nih. Klo lagi bnayak pikiran asam lambung lgsg berekasi.

    Trims infonya mas

    ReplyDelete
  5. Duh, kemaren beberapa minggu yang lalu saya di diagnosis asam lambung oleh dokter gara gara pikiran berat. Smoga tidak sampai seperti di atas dampaknya.

    ReplyDelete
  6. Wahhh kita harus tetap menjaga kestabilan tubuh kita yaa, agar tidak terjadi serangan penyakit yang tidak mengenakkan seperti ini..

    ReplyDelete
  7. ooo boleh pengaruh sampai ke gigi?

    ReplyDelete
  8. Kok mengerikan ya.. Cuma asam lambung doang bisa merusak banyak jaringan tubuh. Huhu
    Pdhl q juga punya riwayat penyakit asam lambung :(

    ReplyDelete
  9. Memang benar kemungkinan besar asam lambung dapat berdampak pada kerusakan gigi karena cairan yang keluar dari lambung bersifat asam.
    Pernah aku mengalaminya,untungnya gigiku ngga sampai rusak.

    ReplyDelete
  10. Nah ini yang terjadi padaku kang. Heartburn yaitu rasa nyeri atau panas yang terjadi pada bagian ulu hati hingga tenggorokan dan juga dada, disebabkan oleh naiknya produksi asam lambung. Rasanya sungguh tidak enak banget.😭

    ReplyDelete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.