Header Ads

Memasang Google Analitik di Channel Youtube dan Blog


Bagi pemain internet marketing, blogger dan aktivis media sosial tentunya tidak asing dengan google analitik. Sebuah tools atau perangkat yang bisa menampilkan data atau lalu lintas yang lengkap terkait dengan website kita.

Tapi manfaat dan penggunaan google analitik ini ternyata masih banyak yang belum tahu, sehingga banyak juga yang mengambil data pengunjung hanya dari statistik dashbord blogger bagi pengguna blog dari google (blogger), yang tentunya data tersebut kurang valid.

Ternyata semua alamat website atau situs apapun bisa kita pantau kinerjanya dengan google analitik. Google analitik akan menampilkan umur pengunjung, geografis pengunjung, waktu kunjungan efektif, durasi kunjungan, berapa banyak jumlah pengunjung, berapa pengunjung yang balik lagi ke website kita, serta tampilan data lainnya yang bisa diperoleh dengan membuka google analitik.

Perlu diketahui bahwa 1 (satu) website atau channel atau media sosial wajib menggunakan ID google analitik yang berbeda. Jadi kalau kita memakai media sosial twitter, instagram dan facebook kemudian mau di pasang google analitik, berarti kita harus punya masing-masing Id google analitik yang berbeda yang akan di pasangkan pada masing-masingnya. 

Tapi untuk yang sosmed, saya sendiri kurang faham apakah ada cara untuk memasukan id pelacakan google analitik di akun sosmed tersebut. Meskipun masing-masing web punya tools atau bagian khusus untuk bisa melihat keterlibatan atau interaksi orang lain dengan akun yang kita gunakan. 

Sedangkan untuk yang punya blog dan akun youtube,  kita wajib mempunyai properti masing-masing (blog dan channel youtube) di google analitik dan wajib mempunyai id pelacakan masing-masing. Karena google analitik melacak berdasarkan alamat situs/portal/website yang kita sematkan (daftarkan).

Memasang ID Pelacakan Google Analitik di Blog

Nah untuk memudahkan pemasangan, jika kita ingin memasang ID Pelacakan Google analitik di Akun blogger atau blogspot, maka kita cukup masuk ke setelan  kemudian pilih lainnya. Dibagian paling bawah nanti akan muncul ID Properti Web Analytics. 


Isi ID Properti Web Analytics dengan id pelacakan dari goggle analitik kita. Cirinya ada kode UA terus dilanjutkan tanda strip, kemudian deretan angka, kemudian tanda strip lagi, dan ditutup dengan angka 1 (satu), misal UA-14812937-1

Untuk mendapatkan ID Pelacakan google analitik tentu kita harus mendaftar dan punya akun di google analitik dan membuat properti di google analitik. Letak ID Pelacakan di google analitik bisa dilihat di properti masing-masing dengan cara masuk ke admin dan pilih setelan akun.



Memasang ID Pelacakan Google Analitik di Youtube

Terus gimana dengan cara memasang id pelacakan google analitik pada channel youtube? kalian bisa langsung ke setelan lanjutan atau advance setting. Karena saya lupa gimana caranya dari buka youtube hingga masuk ke setelan lanjutan, jadi teman-teman bisa langsung ke link https://www.youtube.com/advanced_settings?nv=1 nanti akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini


Jika sudah kita pasang, tunggu setelah 48 jam, setelah itu kita bisa pantau lalu lintas/ traffic channel youtube kita di google analytic. Jika memang tampilannya masih kosong, berarti channel youtube kita tidak ada pengunjungnya, berarti kita diminta memperbanyak produksi konten dan melakukan riset kata kunci serta membagikan postingan atau video kita agar ada orang yang tertarik dan mampir ke blog atau channel youtube kita.

Baiklah, sekian dulu sedikit penjelasan belepotan yang bisa saya bagikan. Jika artikel yang berjudul memasang Google Analytic di Channel Youtube dan Blog ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjunganya.

4 comments:

  1. Sebetulnya google analitik ini berbayar tidak, mas ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gratis mas.. Bisa dicoba buat mantau pengunjung dn perkembangan blognya

      Delete
    2. Oh, jadi tidak berbayar tow ..
      Tau gitu dari dulu aku pasang saja 😁

      Siap meluncur menyetting google analitik sekarang 🏃

      Delete
  2. saya main di wordpress, dan masi numpang, jadi ngga pasang ginian ._.

    ReplyDelete

PERHATIAN :
Balasan dari komentar anonim/ unknown akan dihapus setelah 24 jam.

Menyisipkan Link hidup akan langsung DIHAPUS

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung.
Simak juga komentar yang ada karena bisa jadi akan lebih menjawab pertanyaan yg akan diajukan.

Powered by Blogger.