Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tertarik dengan Bitcoin? Simak Cara Bermain bitcoin untuk Pemula

cara bermain Bitcoin untuk pemula


Cryptocurrency atau mata uang kripto saat ini telah menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Sebagai instrumen investasi, cryptocurrency sangat diminati karena harganya yang tinggi. Apalagi kini di Indonesia, regulasi mata uang digital telah diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), sehingga legalitas dan kredibilitas mata uang crypto pun tidak perlu diragukan. Jenis mata uang ini memiliki beberapa jenis, namun yang paling familiar bagi Anda saat ini mungkin adalah Bitcoin. 

Daya tarik Bitcoin sebagai mata uang crypto saat ini semakin tinggi, tercatat, hingga akhir Desember 2020, harga Bitcoin bahkan sudah menembus US$22.588 atau setara dengan Rp 318,64 juta per koin. Nilai ini dianggap sebagai titik paling tinggi dalam sejarah mata uang kripto. Bagi Anda yang tertarik dan ingin memulai untuk menggunakan Bitcoin, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu cara bermain Bitcoin untuk pemula

Performa Mata Uang Kripto di Kala Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19, mata uang kripto menunjukkan kinerja positif dibandingkan instrumen investasi lainnya. Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa performa mata uang kripto di tengah pandemi bisa membantu mendorong kembali bangkitnya perekonomian. Bitcoin dan emas juga digadang-gadang menjadi adalah investasi yang paling diburu karena dianggap sebagai investasi paling aman. 

Di masa pandemi, keduanya menunjukkan performa yang mengagumkan dibanding investasi lainnya yang melemah karena Covid-19. Hal ini yang kemudian menarik minat para investor sebagai upaya mengamankan harta kekayaan mereka dari ancaman resesi global. Bagi Anda yang memutuskan untuk memiliki Bitcoin, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

Cara Bermain Bitcoin Untuk Pemula

Memilih Platform Exchange yang Tepat

Sudah memutuskan untuk bermain Bitcoin? Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan diri ke platform exchange atau Exchanger, sebuah platform yang menjual Bitcoin atau aset kripto lainnya sesuai dengan harga pasar yang sedang berlaku. Namun, sebelum itu, Anda perlu melakukan background check untuk mendapatkan platform exchange yang tepat, karena masing-masing platform memiliki perbedaan pada trading fee, withdrawal fee, aset kripto yang tersedia, fitur trading yang ada, serta kemudahan mengoperasikannya. Saat ini, sudah banyak platform exchange di Indonesia yang telah memiliki verifikasi dari Pemerintah melalui badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Melakukan Registrasi dan menyelesaikan proses KYC

Apabila Anda telah menentukan pilihan untuk platform exchange, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah registrasi pada platform exchange pilihan Anda. Setelah registrasi, Anda pasti wajib melalui proses KYC atau Know Your Customer. Dalam proses ini, Anda sebagai pengguna harus mengunggah foto KTP dan foto pribadi. Hal ini diharuskan agar menghindari adanya penipuan atau akun-akun bodong (fiktif). Setelah mengunggah dokumen yang diperlukan, akun Anda akan diverifikasi dalam waktu 1x24 jam oleh platform exchange.

Melakukan Deposit Sejumlah Uang

Setelah menerima verifikasi akun dari platform exchange pilihan, Anda pisa langsung mulai deposit. Umumnya, pembelian aset kripto minimal deposit dapat dimulai dari Rp50 ribu. Nah, pada proses deposit ini, sebaiknya Anda menggunakan metode bank transfer karena lebih mudah dan bisa memilih mata uang rupiah. Beberapa platform exchange juga menyediakan fitur pembayaran kartu kredit. Setelah transfer, nominal Rupiah yang Anda depositkan sudah bisa digunakan untuk membeli Bitcoin atau aset kripto lainnya. Biasanya proses ini juga membutuhkan waktu 1x24 jam untuk diverifikasi. 

Membeli Bitcoin

Setelah berhasil melakukan deposit Rupiah, Anda kini sudah dapat memulai untuk beli Bitcoin atau aset kripto lainnya. Caranya, Anda hanya perlu masuk ke dalam bursa dan pilih aset kripto yang ingin dibeli. Biasanya, harga pembelian Bitcoin pun berbeda-beda sesuai dengan platform exchange yang digunakan. Belilah Bitcoin saat harga masih rendah, karena Anda dapat menjualnya saat harga sedang tinggi.

Saatnya menggunakan Bitcoin

Sekarang, Anda sudah siap untuk bermain Bitcoin. Anda dapat melakukan trading atau jual/beli Bitcoin. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Bitcoin untuk keperluan lainnya seperti mengirimkannya kepada orang lain, atau melakukan pembayaran sesuatu dengan menggunakan Bitcoin. Anda juga dapat mencairkan Bitcoin ke dalam mata uang preferensi Anda. Meskipun begitu, Anda perlu mempelajari cara bermain Bitcoin sebelumnya untuk mendapatkan keuntungan maksimal.


Dengan keunggulan utamanya yang tidak mudah goyah saat masa pandemi, top cryptocurrency tersebut dapat Anda jadikan investasi hingga masa mendatang. Segera kunjungi Tokocrypto sebagai tempat beli bitcoin di indonesia yang terpercaya dan temukan mata uang digital impian Anda. Salam to the moon!

Bagaimana, tertarik dengan bitcoin? Jika artikel yang berjudul Tertarik dengan Bitcoin? Simak Cara Bermain bitcoin untuk Pemula ini bermanfaat, silakan dibagikan atau disebarluaskan. Terima kasih atas kunjungannya. 

Post a Comment for "Tertarik dengan Bitcoin? Simak Cara Bermain bitcoin untuk Pemula"

Berlangganan via Email