Cara Mengurus Kartu SIM Hilang Atau Rusak di Galeri Indosat OOredoo , Grapari Telkomsel dan Tri Store (3 Store)


Cung yang sering bolak balik ngurus sim card atau kartu sim ponsel (teplon seluler) karena hilang atau rusak? Kalau saya sendiri mungkin sudah ada 5 kali bolak balik ngurus sim card hilang atau rusak, terutama  kartu Tri, Telkomsel dan Indosat. Pengurusan terakhir sekitar tanggal 24 Agustus 2022 kemarin.

Yang menjadi pemimpin dalam pelayanan kartu hilang atau rusak menurut pandanganku adalah telkomsel. Dengan cara dan pelayanan yang diberikan untuk mengurus kartu sim hilang, kartu sim rusak dan juga upgrade kartu 4G LTE cukup membawa KTP saja. Selanjutnya ada kartu Tri dan paling ribet adalah pengurusan kartu hilang indosat. 

Lalu bagaimana dengan smartfren dan XL ? Untuk smartfren cukup membawa Ektp dan mengisi formulir, sedangkan untuk Kartu XL saya belum pernah pakai sama sekali, jadi belum pernah berhubungan dengan pelayanan ganti kartu XL Axiata.

Langsung saja kita bahas satu satu ya bagai,mana Cara Mengurus Kartu SIM Hilang Atau Rusak di Galeri Indosat OOredoo , Gaapari Telkomsel dan Tri Store (3 Store), XL dan Smartfren Tahun 2023

Cara Dan Syarat Mengurus Kartu SIM Hilang Atau Rusak di Grapari Telkomsel

Sebelum mengenalkan pelayanan self service atau pelayanan mandiri melalui MyGrapari. Saya masih inget betul ketika ngurus atau ganti kartu hilang, kartu rusak pasti ada "punglinya", ralat bukan pungli tapi pemsa alias pembelian paksa. 
Pembelian paksa disini diberlakukan wajib bagi yang akan ganti kartu atau ngurus kartu hilang dengan sejumlah nominal tertentu sesuai dengan daerah masing-masing. Jadi tiap daerah bisa sangat mungkin berbeda nilai pembelian wajibnya, dari kisaran 25.000 sampai dengan 120rb.

Meskipun demikian syarat yang ditawarkan tergolong mudah, hanya membawa KTP asli saja tanpa syarat tambahan lainnya. Jadi tidak perlu surat kehilangan dari kepolisian setempat , tidak  harus membawa KK Asli dan tidak perlu mengingat 3 nomor telpon yang sering dihubungi.

Prosedur diatas adalah prosedur jadul (jaman dulu), waktu masih belum berlaku sistem pelayanan online dan self service. Mungkin dibeberapa daerah yang belum ada MyGrapari atau belum dijangkau sistem online masih berlaku sistem feodal yang ribet seperti diatas.

Apalagi sekarang sudah semakin canggih dan lebih memudahkan,  kita sudah bisa mendapatkan kartu baru dengan pelayanan mandiri melalui MyGrapari. Sekarang kita bisa ganti kartu tanpa harus bertatapan dan berkata panjang lebar dengan custamer service. Dengan berhadapan dengan mesin, 5 menit kemudian kartu baru sebagai pengganti kartu lama sudah jadi dan bisa langsung dipakai. 

MyGrapari merupakan sebuah mesin elektronik milik telkomsel yang ada di grapari atau tempat strstegis lainnya yang fungsinya memberi kemudahan pelanggan dalam mengganti kartu baik hilang atau rusak, mengupgrade kartu ke 4G LTE serta pembelian dan pembayaran. Dengan menggunakan MyGrapari, pengurusan ganti kartu bisa 24 jam penuh tanpa ada jam khusus pelayanan.

Tata cara kerjanya ganti kartuy melalui pelayanan mandiri (self service) MyGrapari Telkomsel ,:
  1. Masukan nomor yang akan di ganti atau diurus dan tekan oke
  2. Tempelkan eKTP pada pemindai yang telah disediakan, jangan lepas sampai proses pengurusan selesai
  3. Konfirmasi sidik jari atau tanda tangan yang dugunakan
  4. Pilih Ganti kartu dan pilih upgrade atau ganti kartu hilang atau rusak.
  5. Tunggu beberapa menit, kartu baru akan keluar dari tempat yang telah disediakan.
Biaya pengurusan kartu hilang rusak atau upgrade  melalui MyGrapari atau Layanan Mandiri (Self Service ini adalah gratis.

Cara Dan Syarat Mengurus Kartu SIM Hilang Atau Rusak di Tri (3) Store

Sekarang kita beralih ke Pengurusan Kartu Tri (3). Dahulu pelayanan ganti kartu dan updgrade kartu Tri hampir sama dengan telkomsel. Namun biaya pembelian paksa nominalnya tidak sebesar telkomsel, cukup mengeluarkan 20.000 saja kita sudah dapat kartu baru dengan tambahan pulsa Rp 20.000. Itu kalau pake cara konvensional ya.


3 Store juga sudah dilengkapi Mesin Mandiri untuk membantu pelanggan ganti kartu hilang rusak atau up grade kartu. Bedanya disini kita diminta menyiapkan nomor Kartu Keluarga. Hanya nomornya saja tana perlu mengeluarkan atau membawa fisiknya. dan tata caranya sama seperti  mygrapari telkomsel. Kalau Tri Store atau Tri Care menyebutnya 3 (tri) DigiBox.

Tata cara kerja ganti kartu 3 (Tri) melalui pelayanan mandiri 3 (Tri) Care DigiBox ,:
  1. Masukan nomor yang akan di ganti atau diurus dan tekan oke
  2. Tempelkan eKTP pada pemindai yang telah disediakan, jangan lepas sampai proses pengurusan selesai
  3. Konfirmasi sidik jari
  4. Masukan nomor Kartu Keluarga
  5. Pilih Ganti kartu dan pilih upgrade atau ganti kartu hilang atau rusak.
  6. Tunggu beberapa menit, kartu baru akan keluar dari tempat yang telah disediakan.
Biaya pengurusan kartu hilang rusak atau upgrade  melalui 3 (Tri) DigiBox ini adalah gratis.

Cara Dan Syarat Mengurus Kartu SIM Hilang Atau Rusak di Galeri Indosat Ooredoo

Ngurus kartu hilang atau rusak dan upgrade indosat IM3 atau Mentari paling ribet sendiri karena masih memberlakukan verifikasi berkas fisik, dimana pelapor atau pelanggan harus memperlihatkan minimal 2 berkas asli seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK) jika ingin dilanjutkan proses updgradenya dan harus di tambah surat kehilangan dari kepolisian minimal polsek setempat jika kartu hilang. Jika kartu rusak harus membawa kartu lama yang rusak.
Pengurusan kartu hilang atau rusak dan upgrade di Galeri Indosat OOredoo ini masih jadul bin feodal karena harus bertatap muka dengan cs dengan menyerahkan berkas atau dokumen persyaratan yang diwajibkan. Ditambah harus membayar biaya penggantian yang akan dikonversi menjadi pulsa sebesar 25.000 atau dua puluh lima ribu rupiah.

Syarat pergantian kartu hilang rusak dan upgrade di galeri indosat ooredoo adalah sebagai berikut
  • Surat Kehilangan yang diterbitkan kepolisian (polsek)
  • Kartu Keluarga Asli
  • e-KTP Asli
  • Uang penggantian 25.000
Itulah artikel Cara Mengurus Kartu SIM Hilang Atau Rusak di Galeri Indosat OOredoo , Gaapari Telkomsel dan Tri Store (3 Store) terbaru 2023, jika artikel ini bermanfaat silakan share dan bagikan. Terima  kasih

Post a Comment for "Cara Mengurus Kartu SIM Hilang Atau Rusak di Galeri Indosat OOredoo , Grapari Telkomsel dan Tri Store (3 Store)"