Monday, July 16, 2012

Heri Laregrage

Prosedur Perpanjangan SIM

Membuat sim jika melalui prosedur normal terbilang murah sekitar Rp 150.000 untuk jangka waktu 5 tahun. angka 150.000 itu adalah angka pembulatan, mungki bisa lebih murah dari itu. berdasarkan pengalaman pribadi untuk memperpanjang SIM total biaya yang dikelurakan adalah Rp 90.000 dengan rincian Rp 75.000 untuk biaya resmi perpanjangan SIM C, sedangkan untuk (SIM A Rp 120.000), dan Rp 15.000 untuk biaya kesehatan (penerbitan surat keterangan sehat dari dokter), biaya photo kopi ktp 1 lembar dan transportasi ke Polres tidak termasuk hitungan.
adapun syarat perpanjangan SIM harus melampirkan
  • SIM Asli
  • Photo kopi KTP
  • Surat keterangan sehat dari dokter,
setelah berkas disatukan dalam Map yang disediakan oleh polres, kita diminta kebagian arsip untuk mengambil arsip permohonan pembuatan sim, dan arsip sidik jari. serta keterangan keterangan lain.
setelah berkas ketemu maka diserahkan ke kita dan berkas tersebut diserahkan ke loket pendaftaran perpanjangan. , setelah itu tinggal nunggu panggilan utuk prosedur selanjutnya.
prosedur selanjutnya kita dminta membayar ke Bank untuk biaya perpanjangan sebesar Rp 75.000. setelah itu kita dikasih resi pembayaran dan dipanggil ulang untuk melengkapi form pengajuan perpanjangan dan setelah terisi, berkas kita kembalikan ke loket pedaftaran.
Sekarang tinggal menunggu panggilan terakhir untuk pemotretan dan cetak kartu SIM baru. mudah bukan....
ingat jangan sekali kali memakai jasa pihak ketga alias Calo. Hanya membutuhkan waktu 3 jam dari pertama dateng sampai keluar SIM baru.
sedangkan untuk untuk pembuatan baru, harus melengkapi dengan tes sidik jari dan tes ujian tulis serta praktek. Biaya pembuatan baru sebesar Rp 120.000 untuk SIM A dan Rp. 100.000 untuk SIM C. tempat ujian tulis dan praktek sudah disediakan dalam satu lokasi untuk memudahkan, untuk pembuatan baru waktunya bisa sampai seharian.
Selamat mencoba


Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.