Saturday, August 5, 2017

Heri Laregrage

Jadwal dan Cara Mengurus (Prosedur) Perpanjangan SIM di Loket SIM Keliling Semarang Jawa Tengah


Jadwal dan Cara Mengurus (Prosedur) Perpanjangan SIM di Loket SIM Keliling Semarang Jawa Tengah
Salah satu event lima tahunan yang harus kita tunaikan dan harus sudah selesai sebelum hari ulang tahun kita adalah perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dari pada berurusan dengan pak polisi di jalan raya karena SIM kita habis, mending segera diperpanjang. Lumayan uang yang dipakai untuk berdamai atau membayar perkara di persidangan bisa buat beli cilok.


Untuk mengurus perpanjangan SIM tidak usah menunggu jatuh tempo. Jika sudah masuk tahun ke lima segera saja diperpanjang. Kita bisa mengurusnya diawal tahun pada saat SIM kita memasuki tahun terakhir.

Jadwal dan Cara Mengurus (Prosedur) Perpanjangan SIM di Loket SIM Keliling Semarang Jawa Tengah
Gampangnya, kalau SIM kita habis di tahun 2017 bulan apapun, maka kita bisa memperpanjang SIM pada saat 2 januari 2017. Sebelum januari juga bisa sih, tapi eman-eman ada masa waktu yang terpotong yang akan mempengaruhi masa aktif, sehingga berlaku SIM tidak sampai 5 tahun yang dihitung saat kita memperpanjang SIM.

Terus kenapa harus tanggal 2 januari? Bukan tanggal 1 januari? karena kan 1 Januari itu tahun baru dan tanggal merah, tidak ada jadwal pelayanan pada tanggal tersebu hehehe.

Tenang saja, meskipun kita mengurusnya lebih cepat, tapi tanggal kadaluarsanya tetap mengikuti tanggal ulang tahun kita ditahun tersebut. Tapi kalau telat ngurus satu hari saja, maka kita harus membuat SIM dengan prosedur pembuatan SIM baru (mengulang), bukan perpanjangan.

Jadwal dan Cara Mengurus (Prosedur) Perpanjangan SIM di Loket SIM Keliling Semarang Jawa Tengah
Mengurus perpanjangan SIM, lebih mudah dibandingkan dengan mengurus perpanjangan STNK. Karena kalau perpanjangan STNK berhubungan dengan pajak lokal (pajak kota/ kab asal yang menerbitkan STNK), jadi mau tidak mau harus ada yang diurus ditempat pembuatan STNK awal. Apalagi kalau pajak lima tahunan.

Tapi sekarang untuk pengurusan SIM, bisa kita urus online lintas provinsi. Jadi kita tidak harus pulang kampung. Kalau tidak bisa lintas provinsi minimalnya bisa diurus online masih dalam satu provinsi yang sama.

Jika masih dalam satu provinsi, kita bisa mengurusnya dipelayanan SIM keliling yang tersebar dibeberapa titik pada jadwal tertentu. Tapi jika ingin pelayanan SIM lintas provinsi, maka kita bisa datang langsung ke markas satlantas polres terdekat dengan syarat KTP sudah menggunakan KTP elektronik. Tentunya harus menyediakan waktu lebih lama juga.

Artikel ini khusus membahas perpanjangan SIM menggunakan mobil sim keliling, sehingga yang bisa dilayani hanya pelanggan yang mempunyai KTP masih satu provinsi. Dimana alamat yang tertera pada KTP dan SIM yang akan habis masa berlakunya diharuskan mempunyai kesamaan alamat. Jika tidak sama, harus diurus ke satlantas terdekat atau diurus di kampung halaman (daerah asal).

Untuk proses perpanjangan lintas provinsi atau pengurusan di satlantas polres terdekat akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Lantas Bagaimana prosedur perpanjangan SIM dengan memanfaatkan fasilitas SIM keliling? Berikut prosedurnya. Silakan disimak baik-baik.


Agar SIM kita bisa diperpajang di loket SIM keliling, kita atau yang bersangkutan harus datang langsung, tidak boleh diwakilkan. Karena ada sesi pemotretan wajah terbaru yang akan digunakan sebagai identitas diri (foto diri) pada SIM baru.

Tapi yang utama dan paling utama tetunya kita harus tau lokasi (jadwal) SIM keliling di daerah kita. Cari yang terdekat aja sesuai jadwal kalao masih lama kadaluarsanya mah. Kalau di Kota semarang sendiri pangkalannya di Depan PMI Kota Semarang atau di samping Stars Hotel Semarang (deket Java Mall)

Jadwal dan Cara Mengurus (Prosedur) Perpanjangan SIM di Loket SIM Keliling Semarang Jawa Tengah
Agar lebih aman, bawa KTP asli dan SIM asli. Inget ya, pengurusan di SIM keliling hanya untuk orang yang alamat di SIM lama dan KTP nya sama. Kalau tidak sama berarti tidak bisa, harus diurus didaerah asal sesuai KTP atau di Kantor satlantas kota domisili. Jangan lupa untuk masing-masing difotokopi 2 kali.


Biasakan tertib dan antri. Jika sudah berada di loket pendaftaran, maka serahkan berkas yang disebutkan diatas dan siapkan uang sebesar Rp 75.000 (tujuh puluh lima ribu rupiah) sebagai biaya resmi perpanjangan SIM dan Rp 50.000 (lima uluh ribu) untuk jasa pemeriksaan Kesehatan. Siapkan juga Rp. 2000 untuk jasa parkir. Adapun yang diperiksa saat tes kesehatan meliputi Tensi, Tes buta warna dan katanya ada rekam mata juga (scan retina)

Tapi setahuku saat membuat SIM pertama kali, pemeriksaan scan retina mata itu masuknya ke kelengkapan data diri yang sudah ditanggung biaya pendaftaran 75.000 (tujuh pulu lima ribu rupiah) yang digabungkan dengan pemeriksaan data diri lainnya seperti pengambilan foto, scan sidik jari dan tanda-tangan. 

Setelah pemeriksaan kesehatan, kita diminta masuk ke mobil pelayanan. Disana ada perekaman sidik jari, pemotretan, perekaman tanda tangan dan perekaman retina mata. Setelah semua proses selesai maka kartu SIM baru siap cetak dan siap diberikan.

Jadwal dan Cara Mengurus (Prosedur) Perpanjangan SIM di Loket SIM Keliling Semarang Jawa Tengah
Terus kapan saja jadwal pelayanan SIM Kota Semarang Jawa Tengah. Jam pelayanan SIM keliling reguler adalah jam 08.00 s.d jam 14.00 WIB tapi jam 13.00 adalah waktu pendaftaran terakhir. Sedangkan SIM keliling istimewa melayani dari jam 16.00 sampai dengan 21.00 WIB tapi pendaftaran terakhir pada pukul 20.00 WIB.

Oh iya, masih banyak yang belum tahu tentang keberadan Pelayanan SIM keliling sore hari. Yang bisa di manfaatkan oleh para pekerja kantoran yang tidak sempat melakukan perpanjangan saat jam kantor.

Nah sekian informasi tentang Perpanjangan kali ini, Jika artikel Jadwal dan Cara Mengurus Perpanjangan SIM di Loket SIM Keliling Semarang Jawa Tengah dirasa bermanfaat, silakan di-share atau dibagikan. terimakasih atas kunjungannya.

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.