Friday, January 18, 2013

Heri Laregrage

Prosedur Slip Tilang Merah VS Slip Tilang Biru

Saya pernah membaca sebuah artikel di blog dan milis terkait slip tilang biru yang dikeluarkan oleh Bapak Polisi lalu lintas yang menandakan bahwa kita mengakui kesalahan dan diminta membayar ke Bank BRI dengan membawa Bukti tilang dari Pak Polisi tersebut. Setelah membayar ke BRI kita diminta mengambil STNK/ SIM yang sebelumnya ditahan dengan menyerahkan bukti setoran dari BRI. Setelah itu perkara selesai, dalam artian kita tidak akan terlibat dengan kepolisian lagi karena sudah mmbayar kewajiban tilang dan surat-surat kitapun bisa langsung kita ambil. Mudah bukan….

Baca Juga : Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com Beswerta 11 Alasannya

Bagi orang yang anti memberi jajan kepada Pak Polisi atau Orang yang sedang perjalanan ke luar kota mungkin kalau melihat cerita di atas akan memilih cara tadi ketimbang kita ikut sidang dengan jumlah terdakwa (peserta) diatas lima ratus orang lebih pada hari tersebut. Berdasarkan pengalaman pribadi, ternyata kenyataannya tidak seindah cerita di atas.

Kejadian sebenarnya adalah sebagai berikut ;

Ketika kita kena tilang, maka polisi yang “baik” akan menawarkan 3 pilihan. Pilihan pertama kita di tawarkan slip tilang warna merah, pilihan kedua ditawari slip tilang warna biru dan tawaran terakhir adalah  tanpa slip tilang (damai ditempat).

Jika kita memilih opsi pertama (slip tilang warna merah) maka untuk mengambil STNK/SIM yang ditahan Bapak Polisi yang terhormat maka kita harus mengikuti sidang Pelanggaran lalu lintas di Pengadilan Negeri setempat. yang jangka waktunya paling cepat 2 pekan dan paling lama satu bulan setelah kita menerima slip tilang. Undangan yang tertera di slip tilang biasanya jam 08.00, tetapi setelah 2 kali mengikuti Sidang tersebut, persidangan baru dibuka pukul 09.00 WIB. Jika kita mendapat nomer urut 500 keatas, maka disarankan untuk datang jam 10.00 WIB agar tidak menunggu terlalu lama. untuk nomer urut yang lain bisa diperkirakan sendiri.

Untuk mendapatkan nomor urut,  kita harus mencocokan nomor tilang terlebih dahulu di papan informasi tilang yang sudah disediakan oleh panitia setempat. Ketika kita datang pagi-pagi maka kita harus “bergelut” untuk mendapat nomor tersebut dengan ratusan orang lainnya. Kalau kita tidak ingin repot, biasanya ada orang yang menawarkan jasa agar kita mendapat nomor urut dengan tidak ikut berdesakan, cukup dengan mengeluarkan Rp 2000,-. Setelah orang yang menawarkan jasa itu mendapat nomor urut untuk kita, maka dia akan segera melapor ke kita dan akan mengarahkan kita pada ruangan tempat persidangan. Duduk yang manis jika masih tersedia kursi, kalau sudah kehabisan kursi berarti bersabar berdiri sembari nunggu panggilan dari Pak Hakim.

Panitia biasanya menyebutkan range nomer urut yang akan dipanggil oleh Pak Hakim. Jika nomor kita masuk dalam range tersebut maka bersiaplah maju ke dapan dengan mempersiapkan bukti tilang yang sudah kita bawa. Setelah dipanggil maka Pak Hakim langsung menjatuhkan vonis berapa nominal rupiah yang harus dibayarkan ke pangadilan dengan melihat keterangan pelanggaran yang ada pada slip tilang. kisaran nomilal dendanya Rp 30.000,- s.d Rp 40.000,- bagi pemegang slip merah. Tarif ini untuk wilayah kota semarang tertanggal 7 Desember 2012. Untuk perbandingan saja, tarif denda slip merah kota semarang Oktober 2008 sebesar Rp 16.500,-.
Setelah nomilal denda sudah kita ketahui makan kita diarahkan untuk kekasir untuk membayar denda dan mengambil STNK/SIM yang ditahan sebelumnya. setelah SIM/ STNK sudah ditangan maka aktifitas persidangan selesai.



Pilihan ke dua adalah dengan memilih slip biru. Ketika kita memilih slip biru maka kita diminta membayar denda ke BRI terlebih dahulu jika mengingingkan STNK/ SIM kita kembali lebih cepat tanpa menunggu waktu yang cukup lama untuk sidang. Uang tersebut lebih tepatnya digunkan sebagai titipan sidang yang besarnya adalah denda maksimal yang harus dibayarkan. Meski pada kenyataanya tidak akan sampai pada denda maksimal. Pilihan nominal denda titipan yang ada pada slip tilang adalah Rp 100.000,- ; Rp 250.000,- ; Rp 500.000,- dan Rp 1.000.000,- Tergantung kita bisa nego sama pak polisi mau diceklis diangka berapa. untuk sepeda motor umumnya adalah Rp. 500.000,-

Setelah ditetapkan nominalnya, kita diminta untuk menyetorkan sejumlah uang tersebut ke BRI atas nama titipan tilang. Wilayah Semarang biasanya di BRI Patimura. tapi bisa juga di bayarkan ke bank BRI terdekat jika kita mengetahui nomor rekening titipan tilang tersebut, atau minta tolong ke customer servis (CS) untuk lebih mudahnya.

Setelah uang kita setor maka, slip setoran dan slip tilangnya kita fotokopi untuk arsip kita guna mengambil lebihan (selisih) antara uang awal yang disetor ke bank dan denda seharusnya yang kita keluarkan saat persidangan. Bukti pembayaran asli kita serahkan kepada Pak Polisi dan kita bisa mengambil langsung STNK/ SIM kita yang sempat ditahan Pak Polisi.

Ternyata urusannya belum selesai sampai disini. Masih ada uang lebihan denda di bank yang menjadi hak milik kita yang bisa kita ambil jika kita membawa slip/ kwitansi nominal tilang saat persidangan. Berarti mau tidak mau kalau kita menginginkan uangnya kembali harus mengikuti persidangan. Kecuali kalau kita mengikhlaskan sisanya untuk shodaqoh.

Kita harus mengikuti persidangan yang sudah terjadwal di slip tilang yang kita fotokopi tadi. Karena slip biru asli dan bukti setoran bank akan dibawa pak polisi untuk keperluan persidangan. Prosedur selanjutnya hampir sama seperti prosedur slip merah. Perbedaannya adalah, berdasarkan hasil observasi/ pemantauan lapangan, yang menggunakan slip biru (sudah membayar dibank) mendapat vonis rata dan nominalnya adalah nominal tertinggi yang dikeluarkan hakim saat persidangan roda dua yaitu Rp 50.000,-. sedangkan yang menggunakan slip merah kisarannya Rp.30.000 s.d Rp. 40.000,-.

Setelah mengetahui nominal kita diminta ke kasir untuk mengambil kwitansi. Sebelumnya oleh kasir, kita diminta menfotokopi berkas-berkas yang ada seperti slip kwitansi, slip setoran bank dan slip tilang. Setelah mendapatkan kwitansi maka untk mengambil kembalian tilang kita harus ke BRI Patimura, tidak boleh diambil di cabang lainnya. Batas waktu pengambilan tidak terbatas, asalkan kita masih  mempunyai kwitansi tilang dan slip setoran dari BRI. jika salah satunya hilang kemingkinan prosedurnya akan lebih lama dan bisa jadi hangus.

Pengambilan kembalian melalui CS BRI seperti biasa dengan mengambil nomor antrian terlebih dahulu. setelah dipanggil kita mengutarakan maksud dan tujuannya maka petugas CS akan merespon cepat dan membantu kita. Untuk kelancaran administrasi keuangan maka pengambilan uang harus menggunakan perjanjian materai Rp 3000,- dan memperlihatkan identitas diri asli dan menyerahkanentitas fotokopian identitas diri. Maka beberapa menit uang kita kembali dan yang menandakan urusan kita terkait penilangan dari awal hingga akhir sudah selesai.

Pilihan ketiga adalah tilang ditempat atau tanpa surat tilang alias damai. mungkin prosedur ini sudah sangat familiar ditelinga  sehingga tidak perlu diceritakan lagi. ingat-ingat saja nominal denda diatas agar kita tidak terlalu besar memberi jajan Bapak Polisi ang terhormat.

Heri Laregrage

About Heri Laregrage

Ayah satu anak | Suka melingkar |Blogger asal Cirebon berdomisili di Semarang | Penulis Lepas | Bukan Pemula, Tapi Juga Bukan Mastah | Konsultan Kelautan | twitter @heri_laregrage | ig @herilaregrage.

Subscribe to this Blog via Email :

64 comments

Write comments
Alvin Snoozle
AUTHOR
October 2, 2013 at 1:42 AM delete

Saya baru kena tilang didepan sun plaza, kota Medan gara2 hanya menyalakan lampu kecil motor saya, karena uda eneq ngeliat polisi yang belagak preman, saya lebih memilih slip biru dan membayar nya 100rb ke Bank BRI, yg saya tanyakan pada saat mengambil sim, bukti setoran dan slip biru diminta semua sama polisi nya, saya jadi penasaran dan bertanya-tanya, kalau saya mau ambil kembaliannya apa yg saya harus tunjukan ke persidangan? sementara semua slip pembayarannya diminta polisi tsb, lalu apa polisi tersebut yg akan memanfaatkan slip setoran yg ada sama dia utk mengambil kembaliannya??? Polisi skrg sungguh licik dan sangat tidak mengayomi masyarakat, panteslah skrg banyak teror utk polisi, krn masyarakat sudah gerah dengan prilaku yg tidak layak utk disebut penganyom masyarakat!!!!!!_

Reply
avatar
December 5, 2013 at 8:51 AM delete

Bang Alvin, Bukti asli memang diserahkan ke polisi sebagai bukti kita sudah melakukan pembayaran/ transfer ke rekening titipan tilang. syarat agar sim/ surat surat lain yg ditahan bisa segera kembali memang hanya dengan menyerahkan bukti asli ke pak polisi. Bukti pembayaran tersebut di steples dengan surat tilang yg sudah di buat dan diserahkan ke pengadilan. yg perlu di perhatikan bahwa kita juga harus punya kopian surat tilang dan kopian bukti pembayaran untuk ditujukan ke pengadilan. pengadilan akan memutuskan brp nominal yg seharusnya di bayar dan akan diteruskan ke bagain penerima uang tilang. bagian penerima uang tilang akan menuliskan nominal dibelakang surat tilang dan kopian surat tilang yg ada nominal denda sebenarnya itu yang kita urus ke bank BRI untuk meminta pengembaliannya.

Reply
avatar
March 14, 2014 at 1:05 PM delete

Saya barusan dpt slip biru, krn tidak sy bayar ke BRI terpaksa harus ke pengadilan sesuai yg tertulis di surat tilang. Rupanya di pengadilan prosesnya sama dengan slip merah. Jadi lain kali kalo ada polisi maksa slip biru..paksa tulis dengan jelas tgl dan pengadilan mana

Reply
avatar
April 22, 2014 at 12:10 PM delete

betul mas,,, jika kita tidak membayar ke BRI padahal sudah megambil slip biru maka otomatis STNK/ SIM kita langsung masuk ke pengadilan dan bisa di tebus disana.
sudah menjadi kewajiban polisi jika menulis surat tildang wajib menuliskan tanggal sidang dan tempatnya. baik di slip biru atau merah

Reply
avatar
Suda Metet
AUTHOR
June 3, 2014 at 3:52 PM delete

iya mas ati ati kalo lewat simp. sun plaza..
mang sering banget tu polisi nonggo di sono ...
:v

Reply
avatar
July 11, 2014 at 10:15 AM delete

mas Heri Laregrage minta bantuanya. saya tadi malam ditilang dan saya minta slip biru.
jika kita tidak membayar lewat bang BRI , bisakah kita ikut sidang langsung dan membayarnya disana??
jika saya membayarnya arsip apa saja yang harus saya pegang untuk mengambil sisa uang sidang yang telah saya setorkan??

Reply
avatar
July 11, 2014 at 11:33 AM delete

jika tidak sempat ke BRI bisa ikut sidang dijadwal sidang yg tertera di slip tilang.

jika membayar lewat bank, anda harus :
-menfotokopy bukti transfer kepada titipan tilang
-memfotokopi surat tilang slip biru
-memfotokopi bukti penetapan sidang yg tertera nominal dendanya.

Reply
avatar
Nathalia Lie
AUTHOR
September 6, 2014 at 5:00 AM delete

Mas Heri, setelah setor ke BRI maka stnk/sim bisa diambil di posko tempat kita ditilang atau ke kantor polisi lalu lintas?

Reply
avatar
Nathalia Lie
AUTHOR
September 6, 2014 at 5:04 AM delete


Mas Heri, setelah transfer BRI maka stnk/sim ambil sama pak polisi yg diposko saat kiya ditilang atau ke kantor polisi lalu lintas? Mohon petunjuknya

Reply
avatar
September 8, 2014 at 10:32 AM delete

kalau transfernya bisa saat har iitu juga, stnk/ sim yg ditahan bisa ambildi diposko polisi saat kita ditilang

Reply
avatar
September 8, 2014 at 10:38 AM delete

-Mulai tanggal tilang sampai dengan H-4 tanggal sidang, BB dan Tilangg masih di Polsek, pelanggar dapat menitipkan denda di Polsek. Besar denda yang diterapkan sama dengan yang diterapkan di Pengadilan.
-Mulai H-3 sampai dengan h-1 tanggal sidang, BB dan Tilang sudah diserahkan ke satuan lebih atas, yaitu Satlantas Polrestabes. Jadi bagi pelanggar yang mau nitip denda, datangnya ke Satlantas Polrestabes Surabaya bagian Tilang.
-Hari H atau tepat tanggal sidang, lembar tilang dan BB berada di Pengadilan, dan pelanggar menyelesaikan dendanya di pengadilan.
-Apabila sampai hari H, rekan-rekan tidak punya waktu menyelesaikan Tilang, tidak masalah… Santai saja. Namun tilang dan BB sudah berpindah ke Kejaksaan. Jadi rekan-rekan menyelesaikannya disana.

ingo lengkap ke tkp http://herih2o.blogspot.com/2013/11/tidak-bersalah-tapi-di-tilang-pak.html

Reply
avatar
October 7, 2014 at 6:30 PM delete

slip biru makin mahal dan ribet.....

Reply
avatar
October 8, 2014 at 9:00 AM delete

semuanya pilihan. sesuai dengan keadaan

Reply
avatar
Gunawan
AUTHOR
October 9, 2014 at 9:15 PM delete

bang heri, saya kena tilang nih dan dapat slip biru. prosesnya akan diadakan besok di pengadilan negeri cibinong.
saya mau tanya, jika bsk saya mengambil urutan nomor untuk diadili, apakah ada kejadian gak dapat giliran diadili hari itu juga?dan jika kjadiannya bgtu, apakah nanti akan masuk ke kejaksaan?

Reply
avatar
Gunawan
AUTHOR
October 9, 2014 at 9:15 PM delete

bang heri, saya kena tilang nih dan dapat slip biru. prosesnya akan diadakan besok di pengadilan negeri cibinong.
saya mau tanya, jika bsk saya mengambil urutan nomor untuk diadili, apakah ada kejadian gak dapat giliran diadili hari itu juga?dan jika kjadiannya bgtu, apakah nanti akan masuk ke kejaksaan?

Reply
avatar
October 10, 2014 at 8:53 AM delete

ndak akan dapet slip biru klo kita tidak minta slip tsbt.
intinya hanya bisa mengikuti sidang sesuai dengan tangal yg tertera di slip tersebut. kalo tanggalnya tertera besok berarti ikut sidang besok.
kalau blm sempat bayar ke bank dan ingin ikut langsng persidangan dipersilahkan. sehingga mekanismenya seperti kita mendapatkan slip merah. hadir disidang, nunggu pangggilan dan bayar denda sesuai dengan vonis pak hakim

Reply
avatar
October 10, 2014 at 8:53 AM delete

ndak akan dapet slip biru klo kita tidak minta slip tsbt.
intinya hanya bisa mengikuti sidang sesuai dengan tangal yg tertera di slip tersebut. kalo tanggalnya tertera besok berarti ikut sidang besok.
kalau blm sempat bayar ke bank dan ingin ikut langsng persidangan dipersilahkan. sehingga mekanismenya seperti kita mendapatkan slip merah. hadir disidang, nunggu pangggilan dan bayar denda sesuai dengan vonis pak hakim

Reply
avatar
yesy gusman
AUTHOR
January 13, 2015 at 12:19 PM delete

Bang heri, saya kena tilang dan dapat slip biru tapi didalam slip biru tersebut tidak menunjukan bank yang harus kita setor dan denda yang harus kita setor. menurut bang heri bagaimana?

Reply
avatar
January 14, 2015 at 10:50 AM delete

wah, kasus seperti ini jarang terjadi. karena nominal tersebut yg menentukan adalah pak polisi yg terhormat. kalau banknya itu hanya satu pintu di bank BRI. terkait nomor rekening bisa ditanyakan ke petugas BRI setempat. kalo nominal tinggal dilingkari saja nominal titipan denda terkecil

Reply
avatar
david aprilas
AUTHOR
January 26, 2017 at 11:27 AM delete

mau nanya,kalau ikut sidang tilang tanpa bayar dulu ke bank ga papa ?
soalnya dari blog ini https://1hat.blogspot.co.id/2013/05/surat-tilang-slip-biru-pengalaman.html?showComment=1485403074818#c8858695834292186935 ga papa katanya

Reply
avatar
January 28, 2017 at 3:05 PM delete

Bisa mba..
Jika kita blm mengambil stnk atau sim dipos polisi karena blm bayar ke bank kita bisa ikut sidang pada tempat dan tanggal yg tertera di surat tilang

Reply
avatar
January 28, 2017 at 3:10 PM delete

Klo ndak bayar ke bank bisa ikut sidang.

Reply
avatar
Trisna ptrk
AUTHOR
February 7, 2017 at 9:20 AM delete

halo mau nanya kalo di slip biru nya gak ada tanggal sidang gimana ya sedangkan saya dapat slip biru waktu tgl 19/2/2016, sudah mau 1 tahun . Kira2 SIM yang ditahan masih di kantor polisi atau udah di kejaksaan ya?
Makasih

Reply
avatar
February 8, 2017 at 9:04 AM delete

setahu ku harusnya ada tanggal sidangnya. Karena untuk mengambil kelebihan titipan tilang diketahui saat persidangan.
Jadi kalau belum diambil berarti masih di kejaksaaan

Reply
avatar
goez panzer
AUTHOR
February 17, 2017 at 3:32 AM delete

lebih enak slip merah, tilang, ikud sidang, vonis bayar dan selesaiiii,,,

Reply
avatar
February 17, 2017 at 7:37 AM delete

Betul mas..
Memang lbh enak slip merah. Krna kmren ambil slip biru cuma penasaran dan mau membuktikan katanya klo dapet slip biru bayar 30rb-an ke atm bisa kelar urusan itu ternyata hoax.

Reply
avatar
avisha
AUTHOR
February 17, 2017 at 4:21 PM delete

Mass, tadi saya kena tilang dan dikasih slip biru padahal saya gaminta slip biru. Dan di slip biru tertulis denda 1 jt karna saya tdk ada sim. Di slip itu jg ada tanggal dan tempat untuk sidang. Jika saya ikut sidang tsb dan tidak sempat untuk ke bri apakah sy di tmpt sidang tetap bayar denda 1 jt?

Reply
avatar
February 17, 2017 at 7:29 PM delete

Kalo ikut sidang ndak nyampe 1jutw mba. Dibawah 100rb.
Ikut sidang aja saran saya

Reply
avatar
avisha
AUTHOR
February 17, 2017 at 9:18 PM delete

Slip biru trs ikut sidang emg gapapa mas? Nanti sama aja dendanya kl ikut sidang-_-

Reply
avatar
February 18, 2017 at 8:36 AM delete

Nanti kenanya sama sperti slip merah. Lebbih murah. Bukan denda maksimal

Reply
avatar
February 18, 2017 at 8:39 AM delete

Klo ambil slip biru dan bayar ke bank, ujung2nya ikut sidah juga untuk ambil kembaliannya. Klo bayar di bank 1jt berarti ada kembalian sekitar 900rb lebih.

Reply
avatar
avisha
AUTHOR
February 18, 2017 at 11:16 AM delete

Oke deh mass, makasih yaaa info nyaa.

Reply
avatar
February 18, 2017 at 12:30 PM delete

Sama sama.. Mhn maaf klo balasnya lama.
Dikabari hsl akhirnya y. Utk menilai apakah artikel dan komennya disini msh relevan sbg rujukan. Tks

Reply
avatar
avisha
AUTHOR
February 18, 2017 at 4:15 PM delete

Iyaaa mass, sidang nya masih tangga 24 besok -,-

Reply
avatar
avisha
AUTHOR
February 24, 2017 at 4:36 PM delete

Halo masss, ternyata bener kalo langsung ikut sidang bayarnya gasama kaya yg ditulis di slip biru hehe. Saya cuma kena 200rb alhamdulillah gajadi sejuta wkwkwk makasih ya mas sarannya

Reply
avatar
February 26, 2017 at 6:39 PM delete

Wah 200rb itu termasuk mahal mba..
Temenku sidang ditanggal yg sama kena 69rb karena nerobos lampu merah.
Terimakasih infonya mba

Reply
avatar
Fani Fahrizal
AUTHOR
March 21, 2017 at 7:45 PM delete

Selamat malam mas heri,
Sya mau bertanya perihal prosedur tilang dengan slip biru ini..

Wktu minggu kemarin sy kena tilang dengan pelanggaran pasal 281 (gapunya sim), dstu nominal denda tidak ada yg d ceklis atau d tandai, hanya trtera tanggal sidanng saja..

Td siang bpk saya coba ngewakilin sy buat ambil sim (asumsi saya lembar merah/biru sama saja )

Tp ternyata dsuruh bayar k BRI dlu dan d kasihlah sy VA'nya..

Nah yg saya bingungkan utk nominal'a nnti pas sya datang ke bank bagaimana ya?

Klo mslkan ga mesti pake bayar dlu k bank, brarti tinggal ikut sidang aja dan bayar d tempat bsa gak mas??

Need info bgt, soalnya baru kali ini kena tilang pake slip biru..

Makasih sblmnya mas..

Reply
avatar
March 22, 2017 at 9:59 AM delete

Pagi Mas Fani..
maaf baru balas.

Kalo mau bayar ke bank, tinggal ceklis sendiri saja pilihan nominal yang ada.
saran saja pilih yang paling kecil aja. setelam mantep milih nominal, baru bayar ke Bank.

Tapi saya lebih ke ikut sidang saja tanpa bayar ke bank.
karena bayar ke bank atau tidak, kita harus ikut sidang jika memang ada kembalian atau selisih dari yang dibayarkan ke bank dg hasil sidang.

Seperti halnya mas avisha yang komen di tas mas fani, bliau juga terima slip biru tapi milih tidak bayar ke bank dan mimil ikut sidang.

semoga membantu

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
March 23, 2017 at 10:12 PM delete

Permisi mas Heri saya mau nanya....

Kebetulan kemarin saya kena tilang lwan arus,, saya bilang polisii minta slip merah sama dia tp polisinya bilang ga bisa lewat pengadilan hrus lewat bank...

Disurat tilang nominalnya 500rb..
Minta sarannya donk mas enakan ikut sidang apa pengadilan??? Kalo misalnya dibank kita bayarnya denda maksimal apa tidak??

Terima kasih
Mohon bantuannya ma

Reply
avatar
Lucky indra
AUTHOR
March 24, 2017 at 4:28 AM delete

Permisi mas Heri saya mau nanya

Saya kemarin ditilang,tp polisinya asal kasih saya slip biru,, pas saya bilang slip merah ajja pak.. Dia tetep kekeh kasih saa warna biru dia bilang kamu bayar ke bank... Sayapun bingung..


Saya mau nanya kira2 kalo slip biru bisa ga yah? Tebusnya dikejari ajja mas ??
Mohon infonya mas
Thanks

Reply
avatar
March 24, 2017 at 5:11 PM delete

kalau dikasih slip biru berarti ada dua pilihan. Mau dibayar dibank ataupun ikut sidang.

Kalau keberatan dengan nominalnya mending tidak usah dibayar ke bank. Ikut sidang saja di tanggal dan tempat yang tertera pada slip biru. tks

Reply
avatar
Lucky indra
AUTHOR
March 25, 2017 at 3:55 AM delete

Kalo saya tebusnya dikejaksaan kira2 bisa ga mas yah??

Soalnya banyak temen yang bilang lebih baik tebus kejaksaan ga ngantri paling lebih mahal 20-40rb dr sidang mas.

Reply
avatar
March 25, 2017 at 1:06 PM delete

Mulai tanggal tilang sampai dengan H-4 tanggal sidang, Barang Bukti (BB)Tilangg masih di Polsek, pelanggar dapat menitipkan denda di Polsek. Harusnya Besar denda yang diterapkan sama dengan yang diterapkan di Pengadilan. tapi pada kenyataannya bisa saja tidak sama.

-Mulai H-3 sampai dengan h-1 tanggal sidang, BB dan Tilang sudah diserahkan ke satuan lebih atas, yaitu Satlantas Polrestabes. Jadi bagi pelanggar yang mau nitip denda, datangnya ke Satlantas Polrestabes bagian Tilang.

-Hari H atau tepat tanggal sidang, lembar tilang dan BB
berada di Pengadilan, dan pelanggar menyelesaikan dendanya di pengadilan.

-Apabila sampai hari H, rekan-rekan tidak punya waktu menyelesaikan Tilang, tidak masalah… Santai saja. Namun tilang dan BB sudah berpindah ke Kejaksaan. Jadi rekan-rekan menyelesaikannya disana.

info lengkap ke tkp http://herih2o.blogspot.com/2013/11/tidak-bersalah-tapi-di-tilang-pak.html

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
April 6, 2017 at 12:56 PM delete

Jadi ikutan nanya nih mas,
Klo dikasih tilang slip biru mending langsung sidang aja ya? Diwakili orang juga boleh'kan??

Reply
avatar
April 6, 2017 at 6:32 PM delete

Kalo saya lebih milih sidang jika diberi slip biru.
Diwakilkan jg boleh

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
April 6, 2017 at 7:21 PM delete

Jadi ga perlu setor ke bank dulu ya!?

Reply
avatar
April 7, 2017 at 2:05 PM delete

ndak usah...
kerja dua kali nanti

Reply
avatar
April 10, 2017 at 11:10 PM delete

Nice info mas..masalahnya saya dapet slip biru tapi tanggal sidangnya sengaja di gak jelasin tulisannya jadi gatau tanggal sidangnya..jadi bisa ya di kejaksaan...hemmm makasih mas

Reply
avatar
hitamputih
AUTHOR
April 13, 2017 at 7:28 PM delete

Mas heri, saya kena tilang pasal 291 ayat 2, dan saya d kasih slip biru tp d slip tsb tdk d tulis/ceklis nominal yg harus saya setor k BRI..ap boleh saya ceklis sendiri nominalnya?...trus klo saya g bs setor k BRI dan ikut sidang bayar denda di tmpt sidang bs g? Katanya klo slip biru harus setor k BRI g bs bayar d tmpt sidang mas

Reply
avatar
April 14, 2017 at 6:13 PM delete

Sama dengan yang mas fani diatas.
Tinggal ceklis sendiri aja nominalnya. Pilih yang paling kecil atau sesuai keinginan.

Dari pada lewat bank mending ikut sidang aja biar ndak 2 kali dikerjain polisi.

Slip biru juga bisa ikut sidang seperti slip merah

Reply
avatar
Heri Heryanto
AUTHOR
May 30, 2017 at 12:01 PM delete

Maaf komentarnya masuk spam. jadi baru bisa saya balas dan saya baca.
meski dapet slip biru kedepannya mending ikut sidang saja mas. lebih murah dan tidak kerja dua kali

Reply
avatar
June 6, 2017 at 1:55 PM delete

Hallo mas heri, mau nanya saya kena tilang seminggu yg lalu dapet slip biru,disuruh lah ke bank BRI,disitu saya gak dikasih no.BRIVA nya,terus di slip tilang suruh dateng ke kejaksaan,jadi lebih baik saya langsung saja ke kejaksaan ikut sidang sesuai tgl sidangnya?atau harus ke pengadilan terlebih dahulu?
Terima kasih

Reply
avatar
June 6, 2017 at 1:59 PM delete

Dan jadii bayar dendanya pas sidang nya aja?
Terima kasih

Reply
avatar
June 6, 2017 at 9:56 PM delete

Ikut sidang aja mas.. Nominalnyabresmi dan dijamin masuk kas negara. Klo di kejaksaan rawan masuk kantong dan mahal meskipun seharusnya nominalnya yg dibayarkabln nilainyab sama dengan saat kita bayar dipengadilan

Reply
avatar
June 15, 2017 at 6:55 AM delete

Selamat pagi bang herri
Mohon mnt pendapatnya
Kmrn saya ditilang dpt slip warna biru krn tdk membawa sim melanggar psl 288 tp besoknya saya br sadar klo srt tilang saya ditulis menglanggar psl 281 krn tdk memiliki Sim yg dendanya lbh besar dr psl 288. Dan pd saat melakukan razia pihak kepolisian tdk memberikan palang/tnda apabila akan adanya pemeriksaan kendaraan shingga melanggar psl 15 ayat 1. Otomatis saya tdk akan membyar denda ke bank krn saya menghadiri sidang dan ingin mngajukan keberatan dan pembelaan kpd hakim krn menurut saya dakwaan yg diberikan kpd saya tdk sah dan batal demi hukum.
Pertanyaan saya dsni bang, kira" saya bs atau tdk mngajukan diri untk ikut lngsng mnghadiri sidang,krn saya prnh dngr dr pngalaman tmn saya klo kt dpt slip wrn biru kt tdk disidang lngsng oleh hakim,tetapi lngsng membyar denda kpd panitera ?
Tlong bantuannya bang

Reply
avatar
June 15, 2017 at 10:48 AM delete

Pagi Bang...
Sebenarnya kita bisa mengajukan banding kalau tindakan yang diterima tidak sesuai dg apa yg kita lakukan. Tapi siapkan bukti untuk menguatkan pernyataan banding kita.
Ini yang kadang kita tidak mempersiapkannya. Tapi kalau kita punya power dan yakin bisa membuktikan kebenaran. Boleh dicoba untuk banding sekalian memberi pelajaran pada pak polisi yg menilai kalo banding kita menang.

Tapi saya pesimis, kalo dalam pelaksanaanya tidak ada kerjasama atau pengkonsisian pihak internal.

jika saat ditilang mendapat slip biru, kita masih bisa ikut sidang pada tanggal dan tempat yang tertera pada slip tilang. jadi tidak usah bayar ke bank. selain mahal, lewat bank kita akan dikerjain 2x.
meskipun slip biru kita bisa langsung ikut sidang tanpa konfirmasi ke pengadilan atau kepolisian.

mending ikut sidang aja bang,

Reply
avatar
dewi apriani
AUTHOR
July 20, 2017 at 7:01 PM delete

sy pernah baca lebih simpel kalo ambil di kejaksaan klo kt mutusin gak ikut sidang, bener gak ya? bsk jadwal sidang tp kayak males gt buat dateng krn polisi yg nilang pakai pasal 288, padahal yg ditilang pajak saya yg telat bayar (baru dua bulan). baiknya gmn ya, gan? minta saran dong. makasih.

Reply
avatar
July 21, 2017 at 9:32 AM delete

saya pribadi belum pernah ke kejaksaan mba. mungkin bisa dicoba dan nanti diinfokan dikomen sini.

Jika ikut sidangpun kita tidak akan ketemu dengan pak polisinya. hanya sidang formalitas tanpa ada pertanyaan untuk kita. begitu juga kita tidak punya waktu untuk bertanya saking banyaknya peserta sidang.
Jika kita disebut namanya kita bisa langsung maju dan hakim yg terhormat akan lgsgung menyebutkan nominal sidang.

Tapi ada juga versi lain yang nominalnya sudah ditempel di papan pengumuman. kita tingal bayar ke loket pembayaran.

Reply
avatar
Rija
AUTHOR
August 5, 2017 at 10:18 PM delete

Bantu mantau dan terima kasih atas komentar juga masukanya nya.
saya baru kena tilang dengan kasus slip biru tanpa ditulis nominal dan nama bank nya untuk domisili jakarta.
Semoga dapat hasil terbaik seperti rekan-rekan di atas jika langsung mengikuti jadwal sidang tanpa membayar ke bank terlebih dahulu.

Reply
avatar
agoes neiro
AUTHOR
August 12, 2017 at 9:43 AM delete

Mas maaf saya mau tanya...saya kena tilang dikasih slip biru...pasal 288(1)padahal saya komplit cuma pajak aja mati....kok motor saya yg ditahan...bukannya pasal 288(1) bagi perdarahan yg ga bawa STNK..

Reply
avatar
August 20, 2017 at 2:30 PM delete

Banyak kasus ketilang pasal apa tapi ditulisnya pasal apa.
Biasanya pada operasi tidak resmi.



Reply
avatar

Terimakasih sudah berkenan untuk berkunjung. Mohon berkenan juga untuk memberikan tanggapan disetiap tulisan yang pernah dibaca atau dikunjungi.

Mohon tidak menggunakan nama anonim/ unknow, karena akan terdeteksi spam dan tidak langsung terbaca dan ditampilkan.

Yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan link hidup pada komentar ini. Tunggu saja kunjungan balik dari saya.